Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

13 December 2009

Ubuntu Linux 9.10 Karmic Koala

Setelah perilisan versi Alpha enam kali, Beta satu kali, dan RC (Release Candidate) satu kali, Cannonical, pengembang resmi Linux Ubuntu, melalui Mark Shuttleworth mengumumkan secara resmi versi final dari Ubuntu 9.10 yang memiliki nama sandi Karmic Koala dan mulai hari ini tersedia di berbagai situs-situs mirror di seluruh dunia untuk didownload. Di versi terbarunya ini, Ubuntu, distro Linux paling populer ini, menghadirkan berbagai peningkatan, perbaikan, update, dan fitur baru.

Ubuntu adalah bahasa Afrika yang berarti 'untuk kemanusiaan', merupakan sistem operasi berbasiskan Linux Debian yang dikembangkan pertama kali oleh Mark Shuttleworth, yang kini menjadi CEO Cannonical, perusahaan resmi pengembang Linux Ubuntu. Kepopuleran Ubuntu sebagai sistem operasi yang mudah dan free, telah banyak mengundang banyak pujian dari berbagai kalangan. Kehadirannya seperti sebuah 'oase' di padang pasir.

Kini setelah bergulat dan bekerja keras, pengembang Ubuntu kembali menggebrak dunia Linux/open source dengan menghadirkan Ubuntu 9.10 (Karmic Koala). Ubuntu 9.10 merupakan edisi ke-11 dari sistem operasi Ubuntu dan akan didukung oleh Cannonical selama 18 bulan. Jadi selama delapan belas bulan, Cannonical akan tetap memberikan berbagai perbaikan, update, dan upgrade untuk versi ini. Ubuntu 9.10 tersedia untuk dua platform komputer, desktop dan server.

Berbagai perbaikan, peningkatan, update aplikasi serta fitur baru dihadirkan untuk lebih memanjakan dan memuaskan pengguna dalam kegiatan komputasinya bersama Ubuntu. Beberapa fitur yang dihadirkan, antara lain:

  • Gnome 2.28.1
Penggunaan Gnome sebagai default dari desktop environment Ubuntu telah dilakukan semenjak pertama kali Ubuntu hadir, karena lebih ringan, mudah, dan efektif. Dan kini Ubuntu 9.10 menggunakan versi terbaru dari Gnome.

  • Linux Kernel 2.6.31.1
Dipilihnya kernel versi ini, karena telah mendukung berbagai perangkat keras komputer terkini. Ditambah lagi dukungan terhadap format filesystem EXT4.

  • New artwork
Tampilan grafis dari theme, wallpaper, serta screensaver, kini lebih cantik dan indah dengan image yang memiliki 'seni'

  • Improved boot times
Waktu booting dari Ubuntu 9.10 kini menjadi lebih baik dan lebih cepat dibandingka versi Ubuntu sebelumnya.

  • Ubuntu One
Dengan fitur ini, pengguna dapat menyimpan dan berbagi file mereka secara online. Juga dapat disinkronisasikan dengan fitur Tomboy notes dan Evolution contacts.

  • Ubuntu Software Center
Fitur ini menggantikan fitur Add/Remove. Dengan fitur ini diharapkan manajemen aplikasi lebih user friendly dan efektif. Fitur ini menawarkan deskripsi dan screenshot program-program aplikasi yang ada, sehingga Anda dapat memilih program yang dibutuhkan.

Selain itu, aplikasi-aplikasi untuk kegiatan komputasi sehari-hari tetap dihadirkan di Karmic Koala ini, seperti OpenOffice.org Suite 3.1.1, GIMP 2.6.7, Brasero 2.28.1 (CD/DVD burning application), XSane 0.996 (scan, copy and fax images), Totem 2.28.1 (DVD-Video, DivX, XviD, WMV, MOV player), dan games yang menarik, serta masih banyak lagi yang bisa Anda dapatkan dalam paket sistem operasi bersifat open source dan free ini.

Ubuntu Netbook Remix

Selain menghadirkan Ubuntu 9.10 edisi desktop dan server, Cannonical juga merilis secara bersamaan sistem operasi Ubuntu yang didesain khusus untuk digunakan pada netbook, yaitu Ubuntu 9.10 Netbook Remix.

Seperti edisi desktop dan server, Ubuntu 9.10 Netbook Remix juga dihadirkan dengan berbagai peningkatan, perbaikan, update, dan fitur baru dibandingkan versi sebelumnya.

Menurut Cannnical, versi ini akan lebih mudah diinstal pada model netbook apapun. Selain itu, Cannonucal juga lebih meningkatkan fitur untuk akses internet dan aplikasi perkantoran, karena kedua fitur ini paling banyak digunakan oleh para pengguna netbook.

Ubuntu Netbook Remix ini pertama kali hadir pada bulan April dan menggunakan Ubuntu 9.04 sebagai basis pengembanganya, sedangkan di versi ini menggunakan Ubuntu 9.10 sebagai basisnya.

Sedangkan untuk tampilan, Ubuntu Netbook Remix versi ini lebih simpel dan sesuai dengan spesifikasi netbook pada umumnya, sehingga tidak akan membebankan netbook.


Pilih yang sesuai kebutuhan
Bagi Anda pengguna Linux yang lebih familiar dengan KDE (K Desktop Environment), Cannonical juga menyediakan Ubuntu dengan KDE sebagai desktop environment default-nya, yaitu Kubuntu 9.10.

Sama seperti dengan edisi Ubuntu 9.10, Kubuntu juga memiliki berbagai paket aplikasi yang tidak jauh berbeda dengan Ubuntu 9.10, bedanya hanya desktop environment-nya dan aplikasi bawaan dari desktop environment tersebut.

Selain Ubuntu dan Kubuntu, Cannonical juga menyediakan berbagai edisi yang dapat dipilih oleh para pengguna sesuai dengan kebutuhan dan keperluan dalam kegiatan komputasi pengguna sehari-hari, antara lain:

Edubuntu 9.10 - sistem operasi Ubuntu ini sesuai untuk Anda yang sehari-harinya berkegiatan ataupun berhubungan dengan aktvitas pendidikan;

Xubuntu 9.10 - Ubuntu ini menggunakan XFCE sebagai desktop environment-nya. XFCE merupakan desktop environment berukuran ringan dan kecil, sehingga cocok bagi komputer lawas.

Ubuntu Studio 9.10 - sistem operasi Ubuntu berbasiskan multimedia.

Dengan berbagai variasi tersebut, Cannonical berharap penggunaan Ubuntu 9.10 sebagais sistem operasi semakin meningkat dan mampu menjadi pilihan bagi para pengguna komputer secara umum dan pengguna Linux secara khusus. (ydn)


Sumber: CBN



Nah sudah jelas kan? kalau belum untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs Ubuntu Linux. Anda juga bisa langsung mengunduh installer Ubuntu dari sana atau memesan CD secara gratis. Namun jika Anda belum ingin melakukannya, jangan khawatir.. karena Anda tetap dapat melihat bagai mana tampang si Karmic Koala, berikut kami sajikan video Ubuntu 9.10 Karmoc Koala.



Selamat menikmati, semoga bermanfaat....




submitgooglesitemap.com Sitemap Generator

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

1 comment :

  1. dah lama gak pake linux..jadi pengen nyoba lagi. makasih infonya sob

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...