Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

24 June 2010

GoogleCL "Google Command Line" - Google Memanjakan Pengguna Linux



Google - Google meluncurkan sebuah tool baru yang diberi nama GoogleCL. Tool ini berupa command line yang dijalankan pada terminal Linux sehingga memungkinkan pengguna untuk mengirim, membuat atau menghapus foto dari akun Picasa, video dari akun YouTube, mengedit, membuat atau meng-upload dokumen dari akun Google Docs, menambahkan atau menghapus daftar acara dari Google Calendar dan memposting ke weblog Blogger Anda . Ini hanya beberapa dari berbagai fungsi GoogleCL tersebut.

Saat ini banyak pengguna komputer yang terbiasa dengan antarmuka grafis , dan sudah tak biasa menggunakan command line. Ini contoh sederhana bagaimana bergunanya tool ini jika Anda menggunakan layanan Google setiap hari . Perlu diingat bahwa Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu ( GMail sebagai alamat e-mail ).

Cara menginstal GoogleCL:

Jika Anda pengguna Ubuntu, GoogleCL sangat mudah untuk dinstal. Anda hanya perlu men-download file .deb dari sini, simpan pada komputer Anda lalu double klik file yang baru saja anda download untuk segera menginstalnya. Untuk mulai menggunakannya, Anda cukup membuka terminal lalu ketik google dan tekan Enter . Nah, sekarang Anda memiliki layanan Google yang sangat berguna di ujung jari Anda :).

Contoh penggunaan GoogleCL:

Contoh pertama; Membuat sebuah album baru dengan banyak foto di Picasa.
Seperti telah sebutkan di atas , Anda harus sudah memiliki akun Picasa untuk bisa memanfaatkan tool ini.
Bila kita ingin membuat sebuah album baru dengan banyak foto. Berapa lama waktu yang kita butuhkan jika menggunakan antarmuka web standar? tentu akan menghabisakan banyak waktu. Mengapa ? Karena kita harus membuat album dahulu, dan setelah itu anda baru bisa mengupload foto, itupun hanya lima foto dalam satu waktu. Belum lagi jika Anda harus menelusuri setiap foto yang ingin Anda upload.

Dengan GoogleCL, seluruh proses hanya memerlukan beberapa detik saja. Yang harus anda lakukan adalah, ketik perintah seperti contoh ini lalu tekan Enter setelahnya :

google picasa create --title "album saya" /home/lab/Pictures/Wallpapers1/*

Perintah tersebut akan membuat sebuah album bernama "album saya" sekaligus mengupload semua foto yang berada di "/home/lab/Pictures/Wallpapers1/".



Contoh kedua; Mengganti Vide di Youtube.
Bila anda belum memiliki akun di Youtube, silahkan membuatnya terlebih dahulu, namun bila anda telah memilikinya, anda bisa segera mempraktekkan contoh berikut ini. Ketik perintah berikut pada terminal lalu tekan enter:

google youtube delete --title "videoku" google youtube post --category Musik /home/lab/Videos/video_baru.wmv

Ini adalah proses untuk mengganti video berjudul "videoku" dengan video berjudul "video_baru" berkategori "Musik" dari "/home/lab/Videos/video_baru.wmv"



Contoh ketiga; Memposting artikel yang telah disiapkan ke blog anda.
Buatlah terlebih dahulu sebuah artikel, lalu simpan dalam format text, dalam contoh ini kita akan memposting sebuah artikel yang tersimpan pada file "Linux.txt". Ketik perintah berikut pada terminal lalu tekan enter.

google blogger post /home/lab/Documents/How\ to\ Use\ GoogleCL\ in\ Linux.txt

Perintah tersebut akan memposting artikel dari file bernama "Linux.txt" yang berada di "/home/lab/Documents/How" ke webblog yang anda miliki.



Contoh-contoh tersebut hanyalah sedikit dari banyak fitur yang dimiliki GoogleCL. Silahkan kunjungi situs Google ini untuk mendapatkan contoh lebih lengkap bagaimana memanfaatkan GoogleCL agar pekerjaan anda menjadi mudah, cepat dan efisien. Selamat mencoba....



Suber: softpedia.com

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

7 comments :

  1. mantab neh....
    sukses slalu

    ReplyDelete
  2. @odah: terima kasih kawan.. :)

    ReplyDelete
  3. informasi yang sangat bermanfaat, makasih sahabat sudah berbagi. Salam

    ReplyDelete
  4. @BRI: Sama-sama kawan.. semoga bermanfaat bagi semuanya.. :)

    ReplyDelete
  5. pecinta linux ya..???

    perjuangkan "GO OPEN SOURCE"

    ReplyDelete
  6. @data hardisk: iya ni mas.. masih belajaran... mari dukung dan tetap semangat dengan IGOS ya mas hehehe.. ^_^

    ReplyDelete
  7. perlu dicoba nih sob, thank's

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...