Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

17 August 2010

Cara Memasang Komentar Terkini (Recent Comments) Pada Blog Dengan Berbagai Cara


Tutorial - Memasang widget komentar terkini (recent comment) disamping untuk menampilkan komentar pada sebuah artikel, juga bisa digunakan untuk lebih cepat merespon pesan yang disampaikan. Secara default, blogger.com telah menyediakan widget semacam ini.

Pada tutorial ini, kami akan menyampaikan cara memasang komentar terkini pada blogspot dengan beberapa cara, sehingga anda akan memiliki beberapa pilihan sesuai selera Anda.

Cara pertama, kita akan menggunakan widget yang disediakan oleh blogger. Masuklah pada design template bagian "Page Element". Tambahkan sebuah gadget baru, pada halaman "Add a Gadget" carilah pada bagian "Featured". Scroll kebawah hingga anda mendapatkan gadget "Recent Comments", klik pada gadget tersebut.


Pada jendela "Configure Gadget", aturlah widget sesuai kebutuhan, masukkan judul widget, tinggi, jumlah komentar dan panjang komentar yang ingin ditampilkan. Sesaat kemudian, komentar yang ada akan ditampilkan pada bagian preview. Selesai melakukan pengaturan, simpan gadget yang anda buat dengan mengklik tombol "Save".


Widget yang Anda buat akan terlihat kurang lebih seperti ini;



Widget ini memiliki kelemahan, pada blog dengan background gelap (hitam dan warna-warna tua) seperti blog ini, teks tidak nampak jelas atau bahkan tidak nampak sama sekali. Hal itu disebabkan karena secara default widget akan dibuat dengan teks berwarna hitam (#000000). Celakanya, blogger tidak menyediakan pengaturan untuk mengubah teks sehingga kami perlu melakukan modifikasi sendiri agar komentar bisa ditampilkan.

Cara kedua, membuat widget komentar terkini dengan kode java script. Kelebihannya, kita bisa mengubah bahasa pengantar pada recent comments sesuai keinginan kita. Karena blog ini menggunakan bahasa Indonesia, kami membuat bahasa pengantar dalam bahasa Indonesia. Namun Anda dapat menyesuaikan dengan bahasa yang Anda inginkan seperti bahasa Jawa, Inggris, Malay dan atau bahasa lainnya. Untuk membuatnya, silahkan download kode widget komentar terkini ini. Setelah kode Anda dapatkan, sesuaikanlah dengan kebutuhan anda. Opsi yang bisa anda ubah adalah bahasa pengantar, jumlah dan panjang komentar, sedangkan warna teks akan secara otomatis menyesuaikan dengan template blog yang anda gunakan. Tambahkanlah sebuah widget berjenis HTML/JavaScript lalu copy paste kode yang telah Anda sesuaikan dan akhiri dengan menyimpan widget.


Hasilnya, widget akan ditampilkan kurang lebih seperti ini;





Selamat mencoba....

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

6 comments :

  1. TQ ilmunya Sob, saya akan coba cara ke-2.

    ReplyDelete
  2. @vvv: sama-sama kawan.. silahkan dicoba.. :)

    ReplyDelete
  3. thank gan buat ilmu nya,,, kita pelajari dulu deh

    ReplyDelete
  4. @jg: terimakasih datang berkunjung.. sukses buat Anda.. :)

    ReplyDelete
  5. Numpang sedot codenya gan, langsung paste, maturnuwun

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...