Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

10 August 2010

Download Dan Install Stellarium Untuk Mengetahui Posisi Hilal (Bulan)





يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡڪُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِڪُمۡ

لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ


Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. Al-Baqarah 183)

Personal - Telah datang bulan penuh barakah, bulan penuh ampunan, bulan suci Ramadhan 1431 H. Bersukur atas karunia Illahi yang telah memberi kesempatan bertemu kembali dengan bulan seribu bulan stelah sebelas bulan dalam penantian.

Menjadi kebiasaan setiap tahun, pada awal-awal penentuan bulan ibadah terutama penentuan 1 Ramadhan dan 1 Sawwal, kasak kusuk kemungkinan perbedaan penetapan telah menjadi hal yang wajar. Sebagai seorang Muslim kita tak perlu risau dengan adanya perbedaan semacam ini. Yang dibutuhkan adalah sikap arif dan bijaksana serta dewasa untuk menerima setiap perbedaan sebagai anugrah yang bisa diambil hikmah dan bukan untuk berpecah belah.

Setiap keputusan penetapan tentu ada dasar dan landasannya, baik penganut metode hisab maupun rukyah, keduanya memiliki dasar yang kuat dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan demikian, kita tak perlu lagi mebesar-besarkan perbedaan, namun yang lebih penting adalah semangat untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan itu. Bukankah dalam hidup ini kita selalu dihadapkan pada perbedaan?, karenanya kita harus selalu sipa bersama dalam perbedaan dan berbeda dalam kebersamaan. Alhamdulillah, sepertinya penetapan awal bulan Ramadhan tahun ini tidak akan terjadi perbedaan, sebab menurut perhitungan para ahli hisab, ketinggihan hilal (bulan) saat matahari terbenam tanggal 10 Agustus 2010 sudah diatas ufuk lebih dari 2 derajat.

Bagi orang awam seperti kami, yang tidak mengerti tentang perhitungan hisab (ilmu Falaq) namun ingin mengetahui lebih cepat kapan datangnya bulan baru, tentu memerlukan alat bantu yang akan memberi gambaran lebih jelas dimana posisi bulan itu. Berbagai aplikasi astronomi kami coba dan salah satu aplikasi yang sangat bagus dan menarik untuk digunakan adalah Stellarium. Bagusnya lagi, Stellarium berjalan hampir disemua sitem operasi, baik Linux, Windows mupun sistem operasi lainnya.

Bagi anda pengguna Linux Ubuntu dan tertarik untuk mencoba aplikasi Stellarium, silahkan ikuti panduan berikut ini. Bagi anda pengguna linux distro lain dan atau pengguna sitem operasi lain, silahkan download Stellarium yang link downloadnya kami sediakan di bagian akhir artikel ini.

Cara menginstall Stellarium di Ubuntu adalah sangat mudah. Pertama jalankanlah Synaptic Package Manager lalu pada bagian Quick search silahkan masukkan "stellarium" sebagai pilihan pencarian. Beberapa saat kemudian Synaptic akan menampilkan paket stellarium dan siap untuk anda install, klik kanan pada stellarium, pada menu yang ditampilkan, pilih "Mark for Installation"


Setelah paket Stellarium terpilih, lanjutkanlah proses installasi dengan mengklik tombol "Apply"...


Tunggulah beberapa saat agar Synaptic memeriksa dependensi, silahkan klik tombol "Mark" pada dialog "Mark additional required..." agar proses installasi dilanjutkan...


Carilah program Stellarium yang baru saja anda install. Setelah dijalankan, aturlah lokasi observasi (pengamatan) sesuai tempat tinggal Anda, dalam contoh ini kami mengatur lokasi observasi di kota Semarang...


Setelah tempat ditentukan, lanjutkanlah menentukan obyek pengamatan, dalam hal ini adalah "bulan" jika anda menggunakan bahasa Indonesia atau "Moon" jika anda menggunakan bahasa Inggris.


Sesaat kemudian Stellarium akan menampilkan posisi bulan saat ini...


Kini saatnya anda mengatur waktu agar Stellarium menampilkan posisi bulan mendekati waktu terbenamnya matahari. Inilah posisi bulan saat matahari terbenam pada tanggal 10 Agsutus 2010 dari kota Semarang...


Bagaimana kalau kita ingin mengetahui posisi bulan saat akhir Ramadhan tahun ini?, silahkan atur waktu mendekati saat matahari terbenam pada tanggal 8 September 2010...


Nampak terlihat saat matahari terbenam di ufuk barat bulan telah mendahului terbenam, ini artinya bulan Ramadhan akan digenapkan menjadi 30 hari dan 1 Sawwal 1431 H akan jatuh pada tanggal 10 September 2010. Nah... dengan demikian, Andapun dapat mengetahui kapan datangnya bulan Ramadhan tahun depan ataupun sepuluh tahun mendatang sejak sekarang, tentu menurut versi Stellarium dan bukan menurut penetapan pemegang otoritas di wilayah Anda masing-masing...

Bagimana dengan jadwal imsakiyah dan waktu sholat?, Anda tak perlu khawatir, dengan Winhisab semuanya akan terselesaikan. Winhisab merupakan software hisab standart yang digunakan Departemen Agama RI. Sayangnya, software ini hanya berjalan pada sistem Windows saja, jika anda berminat, silahkan download Winhisab melalui link berikut ini. Aturlah Winhisab agar sesuai dengan waktu dan kota tempat tinggal anda. Andapun bisa menambahkan sendiri tempat anda berada dengan memasukkan nama tempat, zona waktu dan koordinatnya...

Selamat mencoba...

Download Stellarium & Winhisab:




Dipersembahkan Oleh: BojaLinuxer Blog

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

4 comments :

  1. Halo teman,
    Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat postingan di atas untuk kaum muslim, smoga Alloh ta'ala beri balasan dgn sbaik -baik balsan .. amiin "

    ReplyDelete
  3. @mas arey: makasih.. selamat datang mas.. ^_^

    ReplyDelete
  4. gak bisa dibuka program stellarium nya
    http://reza-solidaritas.blogspot.com/

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...