Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

24 September 2010

Cara Menampilkan Shortcut Aplikasi Pada Desktop Ubuntu



Ubuntu - Setelah peroses instalasi selesai, secara default Ubuntu 10.04 akan menampilan sebuah desktop yang bersih. Tak ada satupun shortcut yang terpampang padanya. Bagi pengguna Linux pemula bahkan yang baru pertama kali mengenal Ubuntu, kondisi tersebut tentu sangat membingungkan.


Semua shortcut aplikasi sebenarnya dengan mudah bisa ditemukan pada menu Gnome, namun bagi pengguna awan yang terbiasa menggunakan shortcut aplikasi dari desktop ini akan sedikit merepotkan, sekurangnya mereka harus membiasakan diri untuk selalu mengakses aplikasi dari menu Gnome.

Lantas apakah memang demikian tampilan desktop Ubuntu itu? bersih tanpa shortcut apapun?, tentu tidak... Anda dapat meletakkan shortcut aplikasi dan pintasan menuju lokasi tertentu pada desktop. Bagai mana cara memasang shortcut aplikasi pada desktop Ubuntu tersebut?, berikut adalah salah satu cara untuk menampilkan shortcut pada desktop.

Ini cara mudah yang dapat diikuti oleh pengguna awam sekalipun, bagi Anda pengguna mahir, tak ada salahnya juga mengikuti cara ini, namun tentu Anda lebih tebiasa menggunakan cara lain yang mungkin dipandang lebih praktis.

Dalam contoh ini kita akan menampilakn shortcut untuk beberapa lokasi dan aplikasi, diantaranya adalah Computer/My Computer, Home Folder, Mozilla Firefox, openoffice spreadersheet dan openoffice word processor, tentu saja Anda dapat menampilkan aplikasi lain yang Anda kehendaki dengan cara yang sama.

Silahkan jalankan file manager Nautilus dengan cara menekan kombinasi tombol Alt+F2 untuk menampilkan dialog "Run Aplication". Setelah dialog Run Aplication ditampilkan, ketik "nautilus" (tanpa tanda kutip) lalu tekan enter atau klik tombol "Run". tunggulah beberapa saat, Nautilus akan segera dijalankan.


Pada Nautilus panel sebelah kiri, klik "File System" bergambar hardisk lalu bukalah folder usr/share/applications/, disinilah semua shortcut system dan aplikasi Ubuntu disimpan. Pada folder tersebut, cari shortcut Computer lalu klik kanan pada shortcut, pada menu yang ditampilkan pilih Copy to > Desktop. Lihat gambar untuk lebih jelasnya...


Begitu pula untuk shortcut Home Folder, Mozilla Firefox, openoffice spreadersheet dan openoffice word processor atau aplikasi lain yang Anda inginkan, cari masing-masing shortcut aplikasi tersebut lalu lakukanlah hal yang sama. Sekarang tutup jendela aplikasi Nautilus dan lihatlah, desktop sudah tidak bersih lagi dan shortcut aplikasi yang dikehendaki telah ditampilkan pada desktop Anda.


Mudah bukan?, selamat mencoba....

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

2 comments :

  1. cara setting wifi wirelessnya gmna

    ReplyDelete
  2. VLC saya masih bentuk .exe gimana caranya biar bisa shorcut

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...