23 November 2010

Server Error - Update Virus Definisi Clamav Gagal


Clamav - Beberapa hari terakhir ini pengguna Clamav di Indonesia mungkin akan kesulitan untuk mengupdate otomatis virus definisi. Tidak ada sumber resmi yang mengabarkan terjadinya kegagalan update ini. Kami hanya mencoba menelusuri penyebab Clamav antivirus dan juga aplikasi serupa yang menggunakan database signature Clamav tak dapat menemukan server yang dituju. Sangat mungkin ada dari pengunjung mengalami kejadian yang sama.

Kami hanya mendapati bahwa ternyata server Clamav mirror lokal Indonesia (db.clamav.or.id) memang sedang tidak aktif. Silahkan lihat gambar berikut...


Tak dapat dipastikan bahwa ketidakaktifan server mirror ini yang menyebabkan update virus definisi Clamav mengalami kegagalan. Kami hanya menduga ini adalah salah satu penyebabnya. Mungkin ada dari pembaca yang memiliki pengalaman berbeda atau memiliki informasi yang dapat menjelaskan kejadian ini, silahkan sampaikan melalui komentar.

Bagi Anda yang berminat untuk memeriksa status server mirror Clamav, silahkan kunjungi situs ini.

Jika Anda termasuk pengguna Clamav yang mengalami kegagalan update, hal yang bisa Anda lakukan adalah mendownload virus definisi secara manual. Untuk mendownload database signature Clamav (daily.cvd, main.cvd, bytecode.cvd dan safebrowser.cvd) secara manual, Anda dapat menggunakan link download pada artikel Download Clamav Terbaru atau mendownloadnya langsung dari www.clamav.net.

Your comments:

Gunakan kode " :) :( ;) :p :d :xd :o :s :'( :x( :* :8) :a 3: " untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

2 comments :

  1. Dulu kalo pake PCMedia sering update db ClamAv, sekarang udah jarang makenya

    ReplyDelete
  2. @Putra Eka: Benar sob.. PCMAV memang dapat menggunakan library Clamav sebagai plugins.. ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...