Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

10 July 2011

Menginstal Transformers Plymouth Theme

Mendorong munculnya ide-ide kreatif dari kalangan anak muda adalah tanggung jawab bersama. Begitupun dengan gerakan open source yang kini telah mulai terasa denyutnya.

Berbeda dengan beberapa tahun lalu, saat open source (Linux) belum banyak diminati, jangankan untuk menggunakan, bahkan referensi untuk mempelajaripun sukar didapatkan. Dan kini, masa gelap itu pun telah berlalu. Masa gelap sebagai gambaran ketakutan orang untuk mempelajari Linux hanya karena tampilannya yang gelap dan identik dengan baris-baris perintah.

Kini semua telah berubah, Linux bukan hanya menjadi sistem yang handal dan stabil, kuat dan kokoh sebagai sebuah sistem operasi, namun juga mengagumkan dari sisi keindahan tampilan. Meski masih butuh usaha serius dan sungguh-sungguh, masuknya open source di dunia pendidikan tentu akan semakin memudahkan dalam usaha memasyarakatkan Linux.

Ide-ide bagus sebenarnya banyak dimiliki generasi muda kita, sayangnya ide tersebut kadang tidak didukung dengan konsep yang jelas. Bermunculannya distro-distro lokal karya anak bangsa tentu menjadi kebanggaan tersendiri, namun dari sekian banyak distro lokal itu, mana yang mampu bertahan dan berkembang?.

Itulah mengapa ide-ide saja tidak cukup tanpa dilandasi konsep yang jelas dan sikap yang konsisten untuk mengembangkannya, sekali publikasi setelahnya lenyap tak berbekas, kalau toh masih ada, apa-apa yang ditawarkan telah tertinggal dari yang lain hingga orang enggan meliriknya.

Dalam usaha mendukung tumbuhnya pengembang-pengembang lokal yang potensial, kali ini kami akan menyampaikan sebuah tutorial menginstal theme plymouth pada Ubuntu, theme ini dikembangkan oleh seorang kawan. Mungkin ini adalah sebuah awal yang baik untuk melangkah lebih jauh kedepan.

Theme plymouth yang kami sebut adalah "Transformers Plymouth theme". Untuk dapat menginstalnya, silahkan mendownload theme Transformer tersebut dari gnome-look.org.

Setelah mendapatkan theme tersebut, silahkan extract sehingga Anda mendapatkan sebuah folder "transformers" dan beberapa file pendukung. Dalam contoh ini kami mengextractnya pada desktop, jika Anda meletakkannya pada lokasi lain, silahkan sesuaikan tutorial ini dengan dimana Anda menyimpan folder transformers.

Jalankan terminal lalu beri perintah "cd Desktop" untuk menuju tempat penyimpanan folder "transformers".



Salin folder "transformers" ke folder /lib/plymouth/themes dengan mengetik perintah berikut...

sudo cp -r transformers/ /lib/plymouth/themes

Catatan: Anda dapat men-copy paste folder tersebut ke tempatnya dengan mode grafis, caranya dengan menjalankan nautilus sebagai root.

Instal theme plymouth Transformers dengan memberi perintah berikut...

sudo update-alternatives --install /lib/plymouth/themes/default.plymouth default.plymouth /lib/plymouth/themes/transformers/trans.plymouth 100

Memilih Transformers sebagai default plymouth dengan memberi perintah sebagai berikut...

sudo update-alternatives --set default.plymouth /lib/plymouth/themes/transformers/trans.plymouth

Update initramfs dengan memberi perintah sebagai berikut...

sudo update-initramfs -u

Tutup jendela terminal lalu reboot komputer Anda untuk melihat hasilnya. Berikut ini adalah gambar theme plymouth "Transformers" yang sedang dijalankan...






Selamat mencoba...

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

4 comments :

  1. untuk uninstall nya gimana ya kang??ane dah nyoba tapi error...

    ReplyDelete
  2. @Anonim Anda tinggal menjalankan perintah ini:

    sudo update-alternatives --set default.plymouth /lib/plymouth/themes/ubuntu-logo/ubuntu-logo.plymouth

    lalau jalankan perintah ini:

    sudo update-initramfs -u

    maka plymouth anda akan kembali seperti semula.. :)

    ReplyDelete
  3. sebelumnya makasih banyak buat admin yang udah posting, ane udah nyoba instal dan berhasil tapi pas log in layarnya kok gambarnya kegedean ya? wallpaper transformernya kepotong di samping kiri dan kanannya. kalo memang ada solusi mohon ane di kasi tau ya.. :)

    ReplyDelete
  4. @Ichan Chan Nampaknya memang demikian dari pembuatnya, jika Anda cukup paham cara kerja theme plymouth ini dapat mencoba mengecilkan sendiri gambar yang kebesaran tersebut dari tempatnya diinstall.. :)

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...