Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

31 January 2011

openSUSE 11.4 Milestone 6 - Datang Terlambat Dari Jadwal



openSUSE - Pada awalnya, openSUSE 11.4 milestone 6 dijadwalkan akan rilis pada tanggal 20 Januari, proyek openSUSE baru saja mengumumkan kehadiran rilis milestone terakhir openSuse 11.4 baru-baru ini. Milestone keenam (M6) akan diikuti dengan dua release candidate, dimana RC 1 dijadwalkan untuk rilis pada 20 Februari. Sedangkan Final release openSUSE 11.4 dijadwakan untuk hadir pada Maret 2011 mendatang.

Datang bersama kernel Linux 2.6.37, openSUSE 11.4 Milestone 6 telah menghapus HAL (hardware abstraction layer) sepenuhnya dan dilengkapi fitur desktop environment KDE 4.6 RC2 serta GNOME 2.32.1 - pengembang berencana untuk menyertakan GNOME 2.32.2 dan KDE 4.6 (yang versi finalnya telah dirilis beberapa hari yang lalu). Xfce desktop environment juga diperbarui ke versi 4.8.0 . Paket-paket yang telah di-update dalam M6 ini meliputi Scribus 1.3.9, VirtualBox 4.0.2 dan GnuCash 2.4.0. Sedangkan office suite OpenOffice.org telah digantikan oleh LibreOffice sejak milestone sebelumnya.

LibreOffice 3.3
Untuk web browser populer Mozilla Firefox masih dalam perdebatan, apakah akan menyertakan versi 3.6.13 atau menggunakan Firefox 4 pada final release openSUSE 11.4 nanti. Hal ini perlu dibicarakan oleh developer mengingat masih sedikitnya extensi dan add-on yang kompatibel dengan Firefox 4.

Informasi lebih lanjut mengenai milestone terbaru ini dapat ditemukan pada pengumuman rilis. Milestone keenam openSUSE 11.4 telah tersedia untuk download, baik untuk arsitektur 32-bit maupun 64-bit dan juga tersedia sebagai LiveCD/DVD. Versi stabil terbaru adalah openSUSE 11.3 yang telah dirilis pada pertengahan Juli 2010.

Download openSUSE 11.4 Milestone 6:




Disarikan dari h-online.com

30 January 2011

Nafas Yang Tak Terasa

malam bertabur bintang

Apa yang ingin aku tuliskan?
Semua terasa kosong tak berkesan...
Seperti putaran roda...
Dan nafas yang ada namun tak berasa..

Bagai manapun aku hanya manusia biasa...
Punya keinginan namun penuh keterbatasan...
Kekadang bersemangat... kekadang terasa amat-amat letih...
Kekadang memberi nasihat.. kekadang butuh dinasihati...

Kini...
Aku hanya memandang seorang sahabat...
Dalam bingkai dan untai persahabatan...
Kerana dia aku ingin tetap ada...
Dengan nafas yang masih tersisa...

Untuk sahabat yang tetap setia...
Tuntun dan tunjukilah jalan...
Terimalah senyum dan salam hormat...
Semoga kebersamaan ini...
Akan kekal dan abadi...

29 January 2011

Cara Menginstal KDE 4.6 Pada Ubuntu 10.10

KDE 4.6
Ubuntu - Pengembang KDE baru saja merilis versi final KDE 4.6.0, sebuah update mayor untuk KDE 4. KDE 4.6.0 datang dengan membawa banyak pembaruan dan update untuk memastikan bahwa KDE tetap menjadi desktop environment tercanggih yang ada saat ini.

Bagi pengguna Ubuntu 10.10 yang ingin menggunakan KDE 4.6.0 disamping GNOME yang merupakan default sesi desktop saat ini, silahkan ikuti tutorial berikut untuk menginstal KDE 4.6.0 pada sistem yang Anda gunakan...


Menambahkan repositori KDE dan Meng-update repositori;

Pastikan komputer telah terhubung ke internet. Tekan kombinasii tombol Alt+F2 untuk menampilkan jendela "Run Application", pada jendela yang terbuka ketik atau copy paste baris perintah berikut untuk menambahkan repositori KDE...

gksu add-apt-repository ppa:kubuntu-ppa/backports

Centang opsi "Run in terminal" lalu tekan enter atau klik tombol "Run"...

KDE 4.6
Masukkan password Anda jika diminta, beberapa saat kemudian jendela terminal akan dibuka selama beberapa detik dan secara otomatis akan ditutup jika proses telah diselesaikan.

Tekan kombinasii tombol Alt+F2, pada jendela yang terbuka ketik atau copy paste baris perintah berikut untuk mengupdate repositori...

gksu apt-get update

Centang opsi "Run in terminal" lalu tekan enter atau klik tombol "Run"...

KDE 4.6
Jendela terminal akan dibuka dan proses pembaruan repositori akan dilakukan, tunggulah proses hingga selesai, ini akan memerlukan beberapa waktu bergantung kecepatan internet yang Anda gunakan. Setelah proses update selesai jendela terminal secara otomatis akan ditutup.

Menginstal KDE 4.6.0 pada Ubuntu 10.10;

Klik pada link INSTALL KDE 4.6.0 ini untuk memulai proses instalasi. Tunggulah beberapa saat hingga jendela Ubuntu Software Center terbuka. Pada jendela yang terbuka, klik tombol "Install" untuk menginstal paket KDE 4.6.0, silahkan masukkan password jika diminta....

KDE 4.6
Tunggulah hingga proses download dan instalasi KDE 4.6.0 diselesaikan...

KDE 4.6
Saat semua proses instalasi selesai, tutup jendela Ubuntu Software Center lalu restart komputer Anda...

Pada layar login, pilih atau masukkan username dan password Anda lalu pada menu "Session" pilih opsi KDE. Tekan enter atau klik tombol "Login" untuk memasuki sesi KDE desktop...

KDE 4.6
Nah.. kini desktop cantik dan canggih KDE 4.6.0 telah siap Anda gunakan.

Catatan: Jika Anda mengaktifkan fitur "autologin", setelah komputer direstart secara otomatis sistem akan tetap menggunakan GNOME sebagai default sesi Ubuntu desktop. Untuk dapat menjalankan desktop KDE, Anda perlu logout terlebih dahulu dari sesi saat ini untuk dapat memilih KDE pada menu "Session".

Selamat mencoba...







Disarikan dari news.softpedia.com

28 January 2011

Google Toolbar - Cara Mudah Mengetahui Perkembangan PageRank

Google toolbar
Google - Beberapa pekan terakhir, ketika saya berkunjung dari blog ke blog sahabat, nampaknya sedang ramai dibicarakan masalah PageRank (PR). Banyak kawan meluapkan kegembiraan atas prestasi blognya dalam menjaring peringkat Google itu.

Google PageRank bukanlah hal baru di dunia blog. Banyak diantara para blogger dan pengelola situs yang berupaya sekuat tenaga untuk mendapatkan peringkat yang tinggi. Konon, situs dengan PR tinggi akan ditempatkan pada posisi penting dalam halaman pencarian Google.

Tentang PR itu saya tak begitu paham apa manfaat, cara kerja dan trik untuk mendapatkannya. Bagi sahabat blogger yang ingin mengetahui lebih lanjut perihal PageRank, silahkan mengunjungi wikipedia untuk mendapatkan informasi secukupnya.

Untuk mengamati perkembangan situs atau blog, termasuk perkembangan PR dan lainnya, bagi para blogger disarankan memasang toolbar dan plugins/pengaya pada browser yang digunakan. Namun demikian Anda juga dapat memanfaatkan situs penyedia layanan untuk menampilkan informasi PageRank dan memasangnya sebagai widget pada blog.

Display Pagerank

Google toolbar dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan PR sebuah blog/situs dari waktu ke waktu. Cara menginstalnya, Anda cukup mengunjungi toolbar.google.com. Dari halaman tersebut, Anda bisa langsung menginstalnya.

Google toolbar
Sebagai catatan, Google toolbar hanya bisa diinstal sebagai plugin pada browser Mozilla Firefox dan IE saja.

Setelah toolbar diinstal, Anda dapat mengatur opsi-opsi yang dibutuhkan, termasuk untuk menampilkan Google PageRank pada tiap situs yang sedang dibuka.

Google toolbarPilih menu "Options" untuk mengatur opsi...

Google toolbarPada bagian "Tools", pastikan pilihan "PageRank" telah Anda centang..

Google toolbarSetiap kali Anda mengunjungi sebuah halaman situs, maka informasi PageRank halaman tersebut akan ditampilkan...


Plugin lain yang disarankan untuk dipasang adalah Alexa toolbar untuk mengetahui perkembangan ranking Alexa, Google safebrowsing dan Web Of Trust (WOT) untuk mengetahui rating dan reputasi blog di mata Google.

Google PageRank dan Blog ini...

Seperti kawan-kawan blogger yang lain, kami pun patut bersyukur, karena tahun ini Google memberikan peningkatan ranking untuk blog ini. Semoga ranking yang diberikan dapat dipertahankan dan tidak mengalami penurunan di tahun depan.

Kami tentu sangat berterima kasih kepada Google dan sumber-sumber media kami. Juga pada sahabat-sahabat blogger dan pengunjung setia blog ini. Tanpa Anda semua, kami tentu tak berarti apa-apa.

Pada tanggal 20 Januari lalu, blog ini mendapat peningkatan satu perigkat menjadi PR 3 pada halaman utama, setelah tahun sebelumnya Google memberikan PR 2 dalam usia yang ketiga bulan (3 Januari 2010), blog ini kami buat pada 18 Oktober 2009.

Pemberian peringkat juga diberikan Google untuk 68 halaman posting masing-masing dengan satu peringkat yang tersebar antara pertengan Januari 2010 sampai pertengan Juni 2010.

Bagi sahabat-sahabat blogger yang telah mendapat update PageRank saya ucapkan selamat, bagi yang belum mendapat update harap bersabar siapa tahu sebentar lagi akan diberikan dan bagi yang mengalami penurunan jangan berkecil hati, masih ada banyak waktu dan kesempatan. Yang terpenting, mari tetap berbagi dan berkarya demi kemajuan kita dan untuk memberi manfaat pada sesama...

27 January 2011

KDE 4.6 Final Telah Resmi Dirilis



KDE - KDE SC 4.6 telah dirilis sesuai jadwal. Rilis terbaru dari software compilation populer datang dengan membawa banyak pembaruan dan fitur baru di seluruh komponen utama. KDE Plasma Workspace datang dengan Activities system baru, yang seharusnya membuat lebih mudah untuk mengelola tugas yang berbeda, KDE Applications datang dengan beberapa fitur baru, termasuk Dolphin, dan KDE Platform juga dilengkapi dengan beberapa kemampuan baru.

"KDE sangat senang mengumumkan rilis terbaru, memberikan perubahan penting pada KDE Plasma Workspace, KDE Applications dan KDE Platform. Rilis ini adalah versi 4.6, menyediakan banyak fitur baru pada setiap lini di tiga produk KDE tersebut", demikian disampaikan dalam pengumuman rilis.

Pada KDE Plasma Workspace telah ditambahkan Activities manager baru. Idenya adalah untuk memungkinkan pengguna mengelompokkan aplikasi bergantung pada bagaimana dan kapan mereka menggunakannya.


Sebuah contoh adalah menciptakan 'activities' yang berbeda untuk Work dan Home. Dengan cara ini, berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, seluruh rangkaian aplikasi yang berhubungan dengan mereka akan mengalami perubahan juga.

Jendela dan compositing manager KWin nampaknya juga telah mendapatkan update, terutama kemajuan besar dalam kecepatan dan kinerja.

File manager Dolphin memperkenalkan cara baru untuk mencari dan menemukan file dengan faceted browsing. Terutama berguna jika Anda memiliki banyak file, faceted browsing memungkinkan Anda untuk menemukan berbagai file berdasarkan filter dan metadata.

Hal yang menarik lainya adalah kemungkinan untuk mengekspor foto dan screenshot langsung ke sejumlah jaringan sosial atau situs berbagi foto - seperti Facebook, Flickr, Picasa dan lainnya menggunakan Gwenview dan KSnapshot.


Ada banyak pembaruan dan perbaikan lainnya di KDE 4.6. Anda dapat menemukan ikhtisar aplikasi di sini. Rincian fitur baru Plasma workspaces di sini. Dan beberapa daftar perbaikan dapat Anda lihat di sini.


Download KDE SC 4.6 Final Release:








Disarikan dari news.softpedia.com

26 January 2011

Mozilla Firefox 4 Beta 10 Telah Siap Diuji Publik

firefox 4
Firefox 4 - Dua minggu setelah melepaskan Firefox 4 beta 9, Proyek Mozilla telah mengeluarkan beta kesepuluh untuk versi 4.0 dari web browser open source Firefox. Menurut posting di Google Group mozilla.dev.planning, para pengembang berencana untuk merilis satu versi beta lagi, Firefox 4 Beta 11, sebelum akhir bulan ini, hal ini akan diikuti oleh release candidate pada awal Februari. Rilis final Firefox 4 diharapkan telah tiba "sebelum akhir bulan Februari".

Pengembangan dari versi sebelumnya, beta terbaru Firefox 4 ditujukan untuk meningkatkan stabilitas dan performa browser secara keseluruhan. Perubahan meliputi "perbaikan penggunaan memori, remote blacklisting untuk hardware acceleration dan dukungan Flash yang lebih baik untuk pengguna Mac OS X."

Informasi lebih rinci tentang beta sepuluh ini, termasuk daftar masalah yang diketahui, Dapat ditemukan di catatan rilis dan change log. Firefox 4 beta 10 telah tersedia untuk sistem operasi Linux, Windows dan Mac OS X. Atau jika Anda pengguna Firefox 4.0 beta sebelumnya, dapat meng-upgrade ke versi beta yang baru, baik dengan menunggu pemberitahuan update otomatis atau secara manual memilih "Check for update" dari "Help Menu".

firefox 4

Download Mozilla Firefox 4 beta 10:
  • Firefox 4 beta 10 for Linux i686 | x86_64;
  • Firefox 4 beta 10 for Mac 32 | 64;
  • Firefox 4 beta 10 for Windows;





Disarikan dari h-online.com

25 January 2011

LibreOffice 3.3.0 Final Release For Linux, Mac Dan Windows

LibreOffice 3.3

LibreOffice - The Document Foundation secara resmi telah mengumumkan ketersedian untuk di-download rilis final LibreOffice 3.3 beberapa saat lalu. LibreOffice merupakan paket office suite sumber terbuka yang berbasis pada OpenOffice 3. LibreOffice 3.3 telah tersedia untuk platform Linux, Windows dan Macintosh, baik 32-bit maupun 64-bit.

Saat ini dan mungkin dimasa mendatang, LibreOffice (LO) akan menjadi bagian penting dalam dunia open source. Persaingan diantara pengembang office suite sumber terbuka akan semakin menguat dan tidak menutup kemungkinan LO akan memukul jatuh popularitas Oracle OpenOffice.org (OOo).

Terlepas dari memanasnya persaingan diantara pengembang, ini tentu akan sangat menguntungkan bagi pengguna, sekurangnya, kini kita memiliki pilihan lebih banyak untuk menentukan office suite yang sesuai kebutuhan kita.

Beberapa distro Linux populer sepertinya juga telah bersiap untuk mengganti default paket office suite dari OpenOffice.org menjadi LibreOffice pada distribusi baru mereka. Beberapa distro tersebut diantaranya Ubuntu, KNOPPIX serta Pardus Linux.

Khusus untuk Ubuntu, LibreOffice 3.3 sudah dapat diinstal pada Ubuntu 10.04 dan Ubuntu 10.10 sejak beberapa waktu lalu. Silahkan baca artikel kami cara menginstal LibreOffice 3.3 pada Ubuntu, dan tentu saja pada Ubuntu 11.04 LibreOffice sudah akan menjadi default paket yang menurut rencana dimulai saat rilis alpha 2, Februari mendatang.

libreoffice
"The Document Foundation meluncurkan LibreOffice 3.3, rilis stabil pertama dari office suite gratis yang dikembangkan oleh komunitas. Dalam waktu kurang dari empat bulan, jumlah developer hacking LibreOffice telah berkembang dari kurang dari dua puluh pada akhir September 2010 menjadi lebih dari seratus pada hari ini. Hal ini memungkinkan kita untuk merilisnya lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan oleh proyek ini". - Dinyatakan dalam press release hari ini.

LibreOffice 3.3.0 datang dengan banyak fitur asli dan baru, seperti:
  • Kemampuan untuk bekerja dengan dan mengimpor file SVG;
  • Mengimpor filter untuk dokumen Lotus Word Pro;
  • Mengimpor filter untuk dokumen Microsoft Works;
  • Kemudahan memformat halaman judul dan penomoran dalam LibreOffice Writer;
  • Peningkatan Navigator Tool pada LibreOffice Writer;
  • Peningkatan untuk sel dan sheet management di LibreOffice Calc;
  • Dukungan untuk mengimpor PDF;
  • Slide-show presenter konsol;
  • Report builder yang lebih baik;

"Kami sangat senang: ini adalah rilis stabil pertama kami, dan karena itu kami sangat ingin untuk mendapatkan feedback dari pengguna, yang kemudian akan diintegrasikan sesegera mungkin ke dalam kode, dengan peningkatan pertama yang akan dirilis pada bulan Februari. Mulai bulan Maret, kita akan berpindah ke jadwal rilis yang real time-based, predictable dan transparan, sesuai dengan tujuan Engineering Steering Committee dan permintaan pengguna". - Kata Caolan McNamara dari RedHat.

libreoffice
Dalam LibreOffice 3.3.0, Anda juga akan menemukan fitur besar dari software OpenOffice.org yang baru saja dirilis. Di antaranya:
  • Kustomisasi penanganan properti;
  • Embedding dokumen PDF standar dan font PDF;
  • Font Liberation Narrow;
  • Perlindungan dokumen yang lebih baik untuk Calc dan Writer;
  • Desimal digit otomatis untuk format "General" pada Calc;
  • Dukungan untuk 1 juta baris dalam spreadsheet;
  • Fitur baru dalam fungsi impor CSV dari Calc;
  • Kemampuan untuk menyisipkan objek gambar dalam Charts;
  • Hierarchical axis label untuk Charts;
  • Penanganan yang lebih baik tata letak slide dalam Impress;
  • Antar muka pencetakan yang lebih mudah;
  • Pewarnaan tab sheet untuk Calc.

Download LibreOffice 3.3 rilis final:






Disarikan dari news.softpedia.com

Server Google Code Dalam Perawatan - 26 Januari 2011

Google-bojalinuxer
Google - Sebuah pemberitahuan singkat telah di berikan Google kepada semua pengguna Google Code bahwa pada hari Rabu tanggal 26 Januari 2011 pukul 07.30 waktu Los Angeles atau pukul 22.30 WIB, status server code.google.com akan berada dalam masa perawatan singkat. Bagi Anda yang memiliki akun di Google code, silahkan masuk pada akun tersebut maka sebuah pemberitahuan akan ditampilkan.

"Project Hosting will be READ-ONLY Wednesday at 7:30am PST due to brief maintenance", demikian bunyi pemberitahuan tersebut.

Walau dikatakan server akan tetap berfungsi untuk mode pembacaan, namun bagi pengelola situs termasuk kawan-kawan blogger yang meletakkan semua kode situsnya pada server tersebut sebaiknya melakukan langkah antisipasi. Kemungkinan gangguan seperti kode-kode tidak dapat atau akan sulit di-load pada masa perawatan tersebut tentu tetap ada, meskipun kemungkinan terjadinya gangguan itu kecil.

Kita berharap, semua akan berjalan lancar dan kekhawatiran terjadinya gangguan tidak akan menjadi kenyataan, semoga...

24 January 2011

openSUSE 11.1 - Dukungan Teknisnya Telah Berakhir

openSUSE 11.1

openSUSE - Dukungan teknis untuk openSUSE 11.1 telah berakhir terhitung sejak 13 Januari lalu. Ini menandakan bahwa openSUSE 11.1 kini memasuki masa end of life (EOL) yang telah didukung oleh pengembang sejak rilis pertamanya dua tahun silam.

Pengembang openSUSE, melalui Marcus Meissner, mengumumkan pada 14 Januari bahwa rilis perbaikan keamanan untuk distribusi Linux openSUSE 11.1 telah berakhir dan sudah tidak akan ada update lagi. Namun, sebuah proyek komunitas yang disebut "Evergreen" telah siap dimulai untuk menjaga kelangsungan hidup openSUSE 11.1.

"Dengan rilis perbaikan keamanan opensc pada Kamis 13 Januari Novell telah merilis update terakhir untuk openSUSE 11.1. openSUSE 11.1 kini secara resmi dihentikan dan keluar dari dukungan teknis Novell. Namun, sebuah upaya dari komunitas telah dimulai untuk melanjutkan perawatan 11.1 di bawah codename "Evergreen"". - Kata Marcus Meissner openSUSE security team leader dalam pengumumam.

Pengguna openSUSE 11.1 yang tidak ingin meng-upgrade ke versi yang baru harus mengunjungi halaman official overview proyek Evergreen, untuk mengetahui cara mengaktifkan dan menggunakannya serta untuk mengetahui rincian lainnya. Wolfgang Rosenauer, seorang anggota senior komunitas openSUSE, telah memimpin proyek Evergreen ini.

Versi stabil openSUSE saat ini adalah openSUSE 11.3 dan versi pengembangan saat ini adalah openSUSE 11.4 Milestone 5.

Dalam waktu kurang dari dua bulan, pada tanggal 10 Maret, Pengguna openSUSE 11.1 akan memiliki kesempatan untuk meng-upgrade ke rilis openSUSE terbaru, openSUSE 11.4.








Disarikan dari news.softpedia.com

22 January 2011

GNOME 3 - Situs Resminya Telah Diluncurkan

gnome 3
GNOME - Bulan Maret 2011 adalah target waktu dimana Gnome 3 akan diluncurkan. Gnome 3 telah mengalami penundaan rilis yang semestinya dirilis September tahun lalu. Kita berharap lingkungan desktop populer yang ditulis dengan Gtk2 ini akan merapat dengan sempurna.

Untuk memperkenalkan dan mempopulerkan Gnome 3, tim pengembang telah meresmikan sebuah situs baru yang dapat Anda akses di alamat http://gnome3.org.

"Untuk GNOME 3, Proyek GNOME telah memulai dari awal dan menciptakan sebuah desktop baru yang lengkap, desktop modern yang dirancang untuk teknologi dan pengguna saat ini", ditulis dalam situs tersebut.

GNOME 3 mengalami perubahan besar, terutama di bagian tampilan. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan antarmuka, membuatnya lebih bermanfaat dan intuitif.

"Kami telah membersihkan kekacauan, membuatnya sederhana mungkin dan mudah untuk digunakan. Kami telah membuat desktop GNOME ini menjadi yang paling indah yang pernah ada, dengan visual theme yang baru, font baru dan animasi yang dibuat dengan hati-hati".

gnome 3
Garis-garis yang sederhana, ikon monokromatik dan kemudahan untuk menemukan komponen kontrol membuat GNOME 3 tampak jauh lebih baik dari pada yang ditawarkan GNOME 2.

Task manager telah dipindahkan ke panel/dock samping mengikuti paradigma modern. Mac OS X dan Windows 7 mengambil pendekatan yang sama, meskipun ada perbedaan.

Yang cukup menarik, Ubuntu juga menggunakan sebuah dock vertikal dalam Unity, shell desktop yang dirancang untuk menggantikan GNOME pada distro Linux populer itu.

Sebuah dock vertikal adalah sesuatu yang masuk akal karena sebagian besar display saat ini memiliki aspek rasio wide 16:9 atau 16:10.

gnome 3
Anehnya, tim GNOME memutuskan untuk mempertahankan panel bawah, yang sekarang dikhususkan bagi house system dan app notifications.

Dengan perubahan besar tersebut, mungkin Gnome 3 akan memerlukan waktu sebelum benar-benar dapat menggantikan versi sebelumnya.

KDE 4.0 sangat dikritik ketika pertama kali diluncurkan karena kurangnya fitur dan kinerja yang buruk. Tiga tahun kemudian KDE 4.6 bisa dibilang merupakan upgrade besar sejak rilis pertamanya.




Disarikan dari softpedia.com

20 January 2011

VM VirtualBox 4.0.2 - Update Pemeliharaan Pertama VirtualBox 4.0

virtual box 4
VirtualBox - Oracle telah mengeluarkan update pertama untuk VM VirtualBox 4.0, aplikasi desktop virtualisasi cross-platform untuk hardware x86. Menurut para pengembang, update pemeliharaan pertama, versi 4.0.2 ini, memuat lebih dari 30 update, termasuk berbagai perbaikan bug yang ditemukan pada rilis sebelumnya.

VirtualBox 4.0.2 dimaksudkan untuk memperbaiki masalah-masalah yang berkaitan dengan multi-monitor X11 guests, mekanisme Extension Pack dan beberapa bug yang dapat menyebabkan aplikasi crash. Perubahan Platform spesifik termasuk memperbaiki masalah alokasi memori pada host Linux dan pada Windows Guests (Vista/Windows 7); logon otomatis sekarang mendukung unlocking yang sebelumnya terkunci. Sebuah bug yang dapat menyebabkan penghapusan image pada saat suspend, fungsi pause atau power juga telah diperbaiki. Semua pengguna VirtualoBox 4.0 disarankan untuk meng-upgrade ke versi ini.

virtual box 4
Rincian tentang pembaruan, termasuk daftar lengkap perubahan, dapat ditemukan dalam change log. VM VirtualBox 4.0.2 telah tersedia untuk sistem operasi Linux, Windows, Mac OS X dan Solaris. Kode sumber dan biner Oracle VM VirtualBox dilisensikan di bawah GPLv2, sedangkan mekanisme Extension Pack, yang memungkinkan sumber pihak ketiga untuk mengimplementasikan fungsionalitas add-on mereka sendiri, dilisensikan di bawah PUEL.



Catatan: Jika ketika Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak tersedia, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software ini.




Disarikan dari h-online.com

19 January 2011

Debian 6 Squeeze Akan Dirilis Awal Februari

debian
Debian - Saat kami menyampaikan kabar ini, kita masih menanti kehadiran release candidate kedua yang direncanakan akan menjadi rilis pengembangan terakhir untuk distro populer dan stabil, Debian 6 Squeeze.

Diharapkan Debian 6.0 RC2 akan hadir pada akhir pekan ini dan bila tak ada masalah mendasar pada rilis tersebut maka dipastikan rilis final Debian 6.0 akan diluncurkan awal bulan depan.

Persiapan akhir sedang dilakukan untuk tanggal 5 dan 6 Februari 2011, periode yang telah ditargetkan untuk rilis final Debian 6. Hal ini didasarkan atas pengumuman dalam milis Neil McGovern. Batasan waktu tersebut hanya akan berubah jika terjadi kesalahan kritis atau ada kegagalan lain yang bersifat kritis.

Seperti halnya final code submissions, McGovern memastikan untuk penyelesaian daftar inovasi serta untuk seluruh dokumentasi dan terjemahan akan selesai sesuai rencana. Dia mengatakan bahwa semua pekerjaan ini diperlukan untuk memastikan Debian Squeeze menjadi "rilis terbaik yang pernah ada".

Debian 5.0 adalah rilis stabil saat ini, dengan 5.0.7 sebagai update terbaru yang dikeluarkan pada tanggal 27 November 2010.

Para pengembang Debian telah bekerja untuk merilis distribusi dengan kernel yang hanya terdiri dari free code, dan Debian 6.0 akan menjadi rilis pertama dengan 'free' kernel.





Disarikan dari h-online.com

18 January 2011

Download Mozilla Firefox 4 Beta 9 For Linux, Windows Dan Mac



Firefox - Proyek Mozilla telah meluncurkan beta kesembilan untuk versi 4.0 dari web browser open source Firefox. Firefox 4 adalah web browser generasi mendatang yang didasarkan pada versi 2.0 dari platform rendering Gecko (pada Firefox 3.6 menggunakan Gecko 1.9.2), sebuah fitur baru Add-ons Manager dan ekstensi manajemen API. Perubahan lain termasuk tata letak baru 'tab di atas', integrasi Firefox Sync yang sebelumnya dikenal sebagai Weave, dan berbagai fitur baru yang ditujukan untuk pengembang web.


Menurut posting di Blog Mozilla, dibandingkan dengan beta sebelumnya, Firefox 4 Beta 9 berfokus pada kinerja dan perbaikan fitur untuk mempercepat waktu start-up browser, serta perbaikan bookmark dan kode history. Para pengembang juga telah mengaktifkan per-compartment garbage collection, untuk mengurangi jumlah pekerjaan yang harus dilakukan selama memuat animasi yang kompleks dan membuat mereka lebih halus. Perubahan lain termasuk penambahan standar database baru, IndexedDB, yang menggantikan Web SQL dan perbaikan untuk lebih dari 650 bug.

Mozilla Firefox 4 Beta 9 pada Windows 7

Seperti halnya rilis pengembangan yang lain, penggunaan pada lingkungan produksi tidak disarankan. Versi beta ini akan diikuti oleh satu lagi versi beta, serta direncanakan sebuah release candidate. Rilis final Firefox 4 diharapkan sudah akan hadir "Sebelum akhir bulan Februari".

Binari Firefox dirilis di bawah Mozilla Firefox End-User License Agreement Software dan kode sumber yang dirilis di bawah disjunctive tri-licensing yang meliputi Mozilla Public Lisensi, GPLv2 dan LGPLv2.1. Rilis stabil terbaru adalah versi 3.6.13 yang dutujukan untuk update keamanan kritis sejak awal Desember.


Download Mozilla Firefox 4 Beta 9:
  • Mozilla Firefox 4 Beta 9 For linux i686;
  • Mozilla Firefox 4 Beta 9 For linux x86_64;
  • Mozilla Firefox 4 Beta 9 For Mac OS X 32-bit | 64-bit;
  • Mozilla Firefox 4 Beta 9 For Windows;
  • Mozilla Firefox 4 Beta 9 Source.





Disarikan dari h-online.com

PCMAV Terbaru, PCMAV 4.6 Ragnarok3, PCMAV Januari 2011 - PCMAV Februari 2011 Telah Resmi Dirilis

PCMAV Terbaru

PCMAV - Sedikit lambat dari jadwal penerbitan, majalah PC Media edisi 2/11 bulan Februari 2011 kini telah resmi dirilis.

Dalam prologuenya, Group Chief Editor PC Media hanya menyampaikan sekilas perkembangan dunia TI di Indonesia selama tahun 2010 dan ucapan terima kasih kepada semua pembaca setia majalah komputer terpopuler ini.

"Di tahun 2010, PC Media masih kokoh menjadi majalah komputer paling laris di Indonesia. Bahkan oplag-nya, kini jauh meninggalkan semua majalah sejenis lainnya yang ada", demikian disampaikan Anton R Pardede.

"Untuk itu, perkenankanlah kami mengucapkan terima kasih kepada Anda semua, pembaca PC Media tercinta. Karena Andalah kami mampu melewati tahun 2010 yang penuh tantangan, dan menyambut tahun 2011 dengan penuh antusias", imbuhnya.

Beralih ke perkembangan anti virus PCMAV yang kini hadir dalam versi 4.6. PCMAV terbaru bulan Januari 2011 - Februari 2011 ini datang dengan beberapa peningkatan dan update database pengenalan virus baru.

Database pengenalan virus telah diupdate sehingga PCMAV 4.6 Ragnarok3 kini mampu mengenali 3.809 virus beserta variannya. Perbaikan bug yang ditemukan pada versi sebelumnya dan penambahan removal engine khusus untuk pembersihan tuntas virus-virus tertentu juga telah disertakan pada PCMAV 4.6.

Seperti biasa, kami mengingatkan kepada Anda untuk membaca terlebih dahulu README.txt yang disertakan bersama PCMAV 4.6 sebelum menggunakannya.

Bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan PCMAV 4.6 Ragnarok3?

Salin paket PCMAV 4.6 dari DVD PC Media ke dalam hardisk sehingga Anda mendapatkan PCMAV 4.6 yang siap digunakan.

Bagi Anda yang berada di wilayah tak terjangkau distribusi majalah PC Media atau karena suatu hal tidak dapat menggunakan paket PCMAV yang disertakan dalam DVD PC Media namun sangat membutuhkannya, silahkan download PCMAV 4.6 dari sini.

Jika Anda menggunakan PCMAV hasil download dari internet, extract file pcmav46.zip, scan hasil extract dengan PCMAV versi sebelumnya untuk memastikan PCMAV 4.6 yang Anda dapatkan tidak terkontaminasi dengan malware atau program jahat lainnya.

Jika PCMAV 4.6 yang didapatkan dinyatakan aman, silahkan matikan terlebih dahulu PCMAV versi sebelumnya dengan cara meng-klik kanan ikon PCMAV (bebek kuning) pada notifikasi area lalu pilih menu "exit".

http://bojalinuxer.blogspot.com/
Tunggu beberapa saat hingga proses PCMAV.exe benar-benar telah dimatikan. Copy paste semua file dan folder PCMAV 4.6 ke folder di mana PCMAV lama diletakkan (silahkan timpa semua file dan folder lama), sebagai contoh, kami meletakkannya pada folder "D:\PCMAV\". Seharusnya pada folder PCMAV akan terdapat file PCMAV.exe, README.txt, dua buah folder masing-masing adalah folder "lib" yang berisi file library PCMAV, "vdb" yang berisi PCMAV engine serta update definisi virus dan sebuah folder bernama "plugins" yang bersisi folder "Clamav" jika Anda telah mengintegrasikan Clamav engine bersama PCMAV.

Catatan: Bila ingin memanfaatkan fitur exception dan proxy, Anda dapat membuat exception.txt dan proxy.txt menggunakan notepad lalu menyimpannya pada folder yang sama (silahkan baca README.txt untuk lebih jelasnya).

http://bojalinuxer.blogspot.com/Susunan file dan folder "PCMAV"

http://bojalinuxer.blogspot.com/Susunan file pada folder "lib"

http://bojalinuxer.blogspot.com/Susunan file pada folder "vdb"

Bagaimana cara menggabungkan Clamav engine bersama PCMAV 4.6?;

Download dan extract engine Clamav terbaru. Letakkan semua file yang Anda dapatkan pada folder "D:\PCMAV\plugins\Clamav\" sehingga pada folder tersebut terdapat file-file library Clamav dan Msvc serta file definisi virus Clamav berupa "main.cvd" dan "daily.cvd" yang mana Anda perlu men-downloadnya terlebih dahulu.

Catatan: Anda juga dapat menambahkan dua file database signature baru Clamav, "bytecode.cvd" dan "safebrowsing.cvd" dan meletakkan pada folder yang sama agar pengenalan virus yang diperoleh menjadi lebih besar (lebih dari 1.300.000 virus beserta variannya).

Perlu Anda ketahui, pada penggabungan PCMAV dengan ClamAV, file signature yang wajib ada adalah main.cvd dan daily.cvd sedangkan bytecode.cvd dan safebrowsing.cvd bersifat opsional. Tentang bytecode.cvd dan safebrowsing.cvd, dapat Anda baca selengkapnya disini.

http://bojalinuxer.blogspot.com/Susunan file pada folder "Clamav"

Setelah semua file yang dibutuhkan lengkap, kini saatnya menjalankan PCMAV 4.6, jalankan PCMAV 4.6 dengan cara mengklik ganda pada file PCMAV.exe, beberapa saat kemudian PCMAV akan memeriksa apakah pada komputer masih mejalankan library PCMAV versi sebelumnya (PCMAV 2.3, Ragnarok2 TP, Ragnarok2 beta atau PCMAV 4.0 - PCMAV 4.2). Jika ditampilkan dialog konfirmasi, silahkan ikuti dengan mengklik tombol "OK" untuk merestart komputer Anda.

http://bojalinuxer.blogspot.com
Bagi Anda yang baru pertama kali menjalankan PCMAV, silahkan tempatkan semua file dan folder PCMAV 4.6 dalam satu folder lalu jalankanlah PCMAV.exe, seharusnya dialog konfirmasi tidak Anda dapatkan.

Setelah komputer direstart, jalankan kembali PCMAV.exe seperti cara di atas.


Bagaimana Cara menampilkan jendela utama PCMAV 4.6?;


Untuk menampilkan kembali jendela utama PCMAV 4.6 yang telah di-minimize, silahkan klik ganda ikon PCMAV atau klik kanan pada ikon tersebut lalu pilih menu "Show Window"

http://bojalinuxer.blogspot.comKlik ganda pada ikon PCMAV

http://bojalinuxer.blogspot.comAtau klik kanan pada ikon PCMAV lalu pilih menu "Show Window"

Bagaimana cara mengupdate otomatis PCMAV update build dan definisi virus Clamav?;

Bagi pengguna dengan koneksi internet yang telah tersedia saat komputer dinyalakan maka secara otomatis PCMAV akan memeriksa ketersediaan update virus definisi, baik PCMAV update build maupun Clamav. Namun bagi pengguna yang tidak secara langsung terhubung ke internet atau pengguna internet dialup, silahkan hubungkan komputer dengan internet terlebih dahulu, klik kanan ikon PCMAV lalu pilih menu "update", secara otomatis PCMAV akan memeriksa ketersediaan PCMAV update build (cara ini tidak berlaku untuk mengupdate virus definisi Clamav).

http://bojalinuxer.blogspot.com

Bagi Anda yang tidak memiliki koneksi internet, Anda dapat men-download PCMAV update build secara manual melalui link download yang kami sediakan dibagian akhir artikel ini.

Peringatan!!!: Sebaiknya Anda membaca README.txt yang disertakan terlebih dahulu sebelum menggunakan PCMAV. Jika PCMAV tidak berjalan sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan keluhan melalui forum resmi di http://forum.virusindonesia.com/.
Hak cipta PCMAV adalah milik PC Media - Pinpoint Publications Group.


Informasi yang mungkin Anda butuhkan:


Cara ampuh membersihkan virus sality...


Link ke halaman download PCMAV 4.6 & Clamav Engine;


Download manual PCMAV update build;


Catatan: extract file update build yang baru saja didownload sehingga Anda mendapatkan file update.vdb lalu letakkan pada folder "vdb".

Rilis PCMAV Terbaru, PCMAV 4.7.

Jika Anda mengalami kesulitan saat mengikuti tutorial ini atau Anda mendapati link yang tersedia tidak berfungsi sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan pada komentar.









17 January 2011

Chatbox - Buku Tamu

Selamat Datang
Terima kasih Telah mengunjungi blog ini.
Kami akan sangat gembira bila Anda berkenan meninggalkan pesan di sini.









Powered by MysiterankFree advertisingblog-indonesia.comIPGrowUrl.com - growing your websiteDisplay Pagerank My BlogCatalogIncrease your website traffic with Attracta.comBoja Linuxer Blog - BloggedTechnology Blogs - Blog RankingsBelajar & Berbagi Untuk SemuaMy Ping in TotalPing.com www.statscrop.com

Computers Blogs