Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

28 February 2011

openSUSE 11.4 RC2 Telah Tersedia Untuk Pengujian

openSUSE 11.4

openSUSE - Tidak jelas kapan RC pertama diluncurkan ,pengembang openSUSE telah mengumumkan release candidate kedua (RC2) untuk versi 11.4 dari distribusi Linux openSUSE. Sedangkan final rilis openSUSE 11.4 dijadwalkan datang pada bulan Maret ini.

Seperti pada tahap pembangunan lainnya, para pengembang memfokuskan pada masalah bug yang ditemukan dalam versi pengembangan sebelumnya, tercatat telah 132 bug diperbaiki hingga hari terakhir. Perubahan lain pada openSUSE 11.4 RC2 ini meliputi beberapa update paket, pergantian dari OpenOffice.org ke LibreOffice dan sentuhan akhir untuk KDE SC 4.6.

openSUSE 11.3
Rilis pengembangan ini ditujukan bagi para developer, penguji dan anggota masyarakat, tidak disarankan untuk diinstal pada mesin produksi atau pada komputer kerja sehari-hari. Para penguji diharapkan memberikan umpan balik atas bug yang mungkin mereka dapati.

Rincian lebih lanjut tentang RC kedua bisa ditemukan dakam pengumuman rilis. openSUSE 11.4 RC2 tersedia untuk download baik untuk arsitektur 32-bit maupun 64-bit. Versi stabil terbaru adalah openSUSE 11.3 yang telah tersedia sejak Juli 2010.

Download openSUSE 11.4:

Download openSUSE 11.4 RC2.

Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software yang Anda butuhkan.






Disarikan dari h-online.com-image softpedia.com

26 February 2011

Mozilla Firefox 4 Beta 12 Telah Tersedia Untuk Download

firefox 4 beta 12

Firefox 4 - Setelah sempat tertunda, Mozilla Firefox 4 beta 12 akhirnya dirilis beberapa menit lalu. Sedianya Mozilla Firefox 4 akan diluncurkan akhir bulan ini, namun karena beberapa bug yang dirasa cukup mengganggu, pengembang akhirnya memutuskan untuk menunda peluncuran rilis final Firefox 4 dan menambahkan rilis beta ke duabelas.

Mozilla Firefox 4 beta 12 datang dengan banyak update dan lebih dari 7000 bug telah diperbaiki, dan rilis ini akan menjadi persiapan menuju final rilis.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang rilis ini, silahkan mengunjungi dan baca catatan rilis Mozilla Firefox 4 beta 12.

firefox 4 beta 12
Untuk turut berpartisipasi dalam pengujian dan pengembangan Firefox 4, Anda dapat mendownload Mozilla Firefox 4 beta 12 melalui link yang kami sediakan di akhir artikel ini.

Bagi pengguna yang telah menggunakan Mozilla Firefox 4 versi beta sebelumnya, dapat mengupadate ke beta terbaru melalui menu Help lalu memilih About Firefox untuk memeriksa dan mendownload otomatis upadate yang telah tersedia.

firefox 4 beta 12
Final rilis Mozilla Firefox 4 diharapkan akan hadir tidak lama lagi jika pada rilis beta ini tak ditemukan bug yang menyebabkan penundaan lagi.

Download Mozilla Firefox 4 Beta 12:
  • Mozilla Firefox 4 Beta 12 for Linux i686 | x86_64;
  • Mozilla Firefox 4 Beta 12 for Mac;
  • Mozilla Firefox 4 Beta 12 for Windows.
Update: Telah tersedia Mozilla Firefox 4 RC (Release Candidate), silahkan menuju ke halaman tersebut untuk link download.

Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software yang Anda butuhkan.

LibreOffice Dan Unity Berhasil Diintegrasikan

LibreOffice Unity

Ubuntu - Semakin dekat dan nyata keinginan Canonical untuk menjadikan LibreOffice 3.3 sebagai default office suite menggantikan OpenOffice.org. Demikian juga dengan rencana menjadikan Unity sebagai default sesi Ubuntu desktop menggantikan Gnome pada Ubuntu 11.04. Setidaknya, kabar terbaru dari tim pengembang Ubuntu telah menggambarkan keberhasilan pengintegrasial LibreOffice dengan Unity.

Bjoern Michaelsen dari tim pembangunan Canonical telah berhasil mengintegrasikan paket office suite Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal), LibreOffice 3.3, dengan menubar global Unity.

The Document Foundation menulis posting di blog mereka beberapa hari yang lalu, menyambut baik kontribusi Canonical terhadap pengembangan LibreOffice.

Seperti yang Anda ketahui, desktop Ubuntu 11.04 akan benar-benar diubah, ditenagai oleh Unity yang memiliki menubar global untuk semua aplikasi yang terinstal di Ubuntu.

Software seperti Mozilla Firefox 4 atau Mozilla Thunderbird 3 sudah terintegrasi dengan menubar global, namun sampai saat ini, menu LibreOffice belum dapat ditampilkan pada Menubar Aplikasi Unity. Berkat Bjoern Michaelsen kita sekarang memiliki menu LibreOffice yang ditampilkan pada menubar global ...

LibreOffice Unity
LibreOffice 3.3 hanya salah satu fitur terbaik yang disiapkan oleh Canonical untuk rilis Ubuntu 11.04 mendatang. Natty Narwhal akan didukung oleh kernel Linux 2.6.38 dan itu akan dibangun di atas GNOME 3.

Pada 3 Maret, Canonical akan merilis Ubuntu 11.04 alpha 3 untuk dapat diuji publik. Ini akan menjadi moment memperkenalkan fitur-fitur baru dan menarik lainnya.

Bagi Anda yang ingin mencicipi rasa paket perkatoran yang akan disertakan pada Ubuntu 11.04, Anda dapat mengikuti cara menginstal LibreOffice 3.3 pada Ubuntu 10.10 dan 10.04 ini. Dan bagi Anda yang ingin mengupdate ke LibreOffice 3.3.1, silahkan mendownload paket LibO 3.3.1 dari artikel ini.






Disarikan dari news.softpedia.com

25 February 2011

Jadwal Rilis Fedora 15

Fedora 14

Fedora - Proyek Fedora telah menunda rilis alpha untuk Fedora 15 yang sedianya akan diluncurkan 1 Maret mendatang. Hal itu dimungkinkan karena ditemukannya beberapa bug yang cukup mengganggu.

Sesuai dengan jadwal rilis, Fedora 15 akan hadir ditengah kita pada 10 Mei 2011. Kita dapat berharap Fedora 15 datang dengan banyak fitur unggulan dan peningkatan kestabilan file sitem baru Btrfs yang akan segera diperkenalkan sebagai file sistem default pada Fedora 16.

Fedora 14
Jadwal rilis Fedora 15:
  • 8 Maret 2011 - Fedora 15 Rilis Alpha;
  • 5 April 2011 - Fedora 15 Rilis Beta;
  • 10 Mei 2011 - Fedora 15 Rilis Final;

Download versi stabil terbaru, Fedora 14.

24 February 2011

MyBlogLog Resmi Ditutup Yahoo! - Pemberitahuan Email Hari Ini

MyBlogLog
MyBlogLog - Hari ini, 24 Februari 2011, Yahoo! secara resmi telah mengirimkan email pemberi tahuan kepada semua pengguna MyBlogLog tentang penghentian MyBlogLog pada 24 Mei 2011 mendatang.

Jauh sebelumnya isu penghentian salah satu layanan Yahoo! ini telah ramai diperbincangkan dan sempat mendapat reaksi keras dari penggunanya. Setidaknya rencana penghentian MyBlogLog pernah mencuat pada akhir 2009 lalu.

Berikut ini adalah email pemberitahuna yang kami terima;

" Dear MyBlogLog Customer,

You have been identified as a customer of Yahoo! MyBlogLog. We will officially discontinue Yahoo! MyBlogLog effective May 24, 2011. Your agreement with Yahoo!, to the extent that it applies to the Yahoo! MyBlogLog, will terminate on May 24, 2011.

After May 24, 2011 your credit card will no longer be charged for premium services on MyBlogLog. We will refund you the unused portion of your subscription, if any. The refund will appear as a credit via the billing method we have on file for you. To make sure that your billing information is correct and up to date, visit https://billing.yahoo.com
.

Questions?
If you have questions about these changes, please visit the Yahoo! MyBlogLog help pages
.

We thank you for being a customer on Yahoo! MyBlogLog.

Sincerely,

The Yahoo! My BlogLog Team"

MyBlogLog adalah layanan inovatif yang tumbuh dengan cepat setelah peluncurannya. Layanan widget jejaring sosial ini diakuisi oleh Yahoo! senilai $10 million (sepuluh juta dolar) pada Januari 2007.

Yahoo! membuat kesepakatan dengan pengguna MyBlogLog: "Berikan kami informasi pribadi Anda dan kami akan menunjukkan siapa saja yang membaca blog Anda". Itu adalah tawaran menarik, dan terbukti data yang berhasil dikumpulakan menjadi takternilai harganya. Potensi yang begitu besar, pada kenyataannya penghentian layanan MyBlogLog adalah sesuatu yang amat tragis.

Selamat tinggal MyBlogLog...

LibreOffice 3.3.1 - Rilis Pemeliharaan Pertama LibO 3.3

libreoffice

LibreOffice - The Document Foundation meluncurkan rilis pemeliharaan pertama untuk LibreOffice 3.3, sebuah office suite sumber terbuka untuk platform Linux, Windows dan Macintosh. LibreOffice 3.3.1 membawa perbaikan stabilitas, perbaikan bug dan ikon baru berwarna-warni.

LibreOffice 3.3.1 telah tersedia untuk arsitektur 32-bit dan 64-bit dan telah siap untuk dimasukkan dalam Ubuntu 11.04. Ini merupakan update beberapa versi bahasa, jauh lebih stabil dari rilis sebelumnya, dan membawa ikon baru berwarna dan indah berdasarkan pedoman company's branding.

LibreOffice 3.3
"LibreOffice 3.3 adalah rilis stabil pertama kami dan umpan balik dari pengguna sangat positif. [...] Kami telah berhasil menyelesaikan sejumlah besar bug dalam waktu yang sangat singkat untuk menjaga jadwal rilis kami. Akan ada rilis minor lagi dalam satu bulan kedepan, sebelum rilis fitur kedua kami pada awal Mei". - Kata Thorsten Behrens, pengembang LibreOffice.

Ikhtisar LibreOffice 3.3:
  • Kemampuan untuk bekerja dengan dan mengimpor file SVG;
  • Mengimpor filter untuk dokumen Lotus Word Pro;
  • Mengimpor filter untuk dokumen Microsoft Works;
  • Kemudahan memformat halaman judul dan penomoran dalam LibreOffice Writer;
  • Peningkatan Navigator Tool pada LibreOffice Writer;
  • Peningkatan untuk sel dan sheet management di LibreOffice Calc;
  • Dukungan untuk mengimpor PDF;
  • Slide-show presenter konsol;
  • Report builder yang lebih baik.

"Selama akhir pekan depan, relawan AS dari The Document Foundation akan mengambil bagian dalam Southern California Linux Festival (SCALE) tahun ini di Long Beach, CA, menampilkan LibreOffice 3.3.1 untuk Linux, Windows dan MacOS di Booth # 4 Internasional Ballroom". - Ditambahkannya pada akhir siaran pers.


Download LibreOffice 3.3.1:
  • LibreOffice 3.3.1 for Ubuntu/Debian (.deb) x86 | x86_64;
  • LibreOffice 3.3.1 for Redhat/Fedora/openSUSE/Mandriva (.rpm) x86 | x86_64;
  • LibreOffice 3.3.1 for Mac (.dmg) x86 | ppc;
  • LibreOffice 3.3.1 for Windows (.exe) x86;
Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software yang Anda butuhkan.






Disarikan dari news.softpedia.com

23 February 2011

Windows 7 SP1 (KB976932) Telah Resmi Dirilis



Hari ini, 23 Februari 2011, Microsoft resmi merilis Sevice Pack 1 untuk Windows 7. Windows 7 SP1 telah tersedia melalui jalur Windows Update maupun download.


Saat ini hanya file ISO yang tersedia untuk di-download secara mandiri. Itu berisikan paket lengkap untuk x86, x64 dan Itanium. Paket terpisah juga telah tersedia dan link download x86 dan x64 sudah dapat digunakan sekarang. Paket 32-bit tersedia dengan kapasitas 550 MB, paket x64 925 MB dan ISO image kurang dari 2 GB.

Pengguna tunggal disarankan untuk mengupdate ke Windows 7 SP1 melalui fungsi Windows Update untuk men-download apa yang dibutuhkan saja, hal itu untuk menghindari men-download patch yang sebelumnya telah diinstal melalui Windows Update. Dengan cara itu proses download akan lebih ringan karena file yang didownload lebih kecil.


Windows 7 SP1 berisi kumpulan hotfixes dan patch. Service Pack 1 juga menambahkan dukungan untuk AVX ke versi terbaru Windows ini; AVX adalah sebuah ekstensi berisi sekumpulan instruksi yang digunakan dalam beberapa prosesor terbaru.

Pengguna yang tak ingin menginstal SP1 secara otomatis melalui Windows Update dapat menggunakan Microsoft blocking tool. Ini dapat mencegah instalasi otomatis SP1 untuk jangka waktu satu tahun.

Untuk saat ini, tampaknya tak ada alasan untuk segera menginstal SP1 karena selama Windows Update tidak dinonaktifkan, semua patch yang berhubungan dengan keamanan seharusnya sudah diinstal.


Microsoft memberikan informasi lebih lanjut tentang SP1 di sini, yang juga berisi link ke situs resmi untuk men-download paket stand-alone secara lengkap.

Download Windows 7 SP1:





Disarikan dari h-online.com

22 February 2011

"Katya" Codename Linux Mint 11 Telah Resmi Diumumkan

Linux Mint

Linux Mint - Kembali dengan kabar terbaru seputar Linux dan dunia open source, kali ini kami sampaikan perkembangan terkini pengembangan distro turunan Ubuntu, Linux Mint.

Hari ini, 22 Februari 2011, Clement Lefebvre, pendiri proyek Linux Mint telah mengumumkan beberapa menit yang lalu julukan untuk versi mendatang sistem operasi populer Linux Mint yang dijadwalkan rilis pada Mei tahun ini.

Dengan codename "Katya", Linux Mint 11 didasarkan pada Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) dari Canonical. Linux Mint 11 akan memuat semua fitur menarik dari rilis Ubuntu 11.04, seperti kernel Linux 2.6.38, X.Org 7.6 dan GNOME 3.

"Linux Mint 11, berbasi Ubuntu 11.04 "Natty Narwhal" yang akan segera datang, akan dirilis pada Mei tahun ini dengan codename "Katya"...". - Kata Clement Lefebvre dalam sebuah posting blog.

Hingga saat ini kami belum tahu tentang fitur baru apa yang Clement Lefebvre rencanakan untuk distribusi Linux Mint 11 itu. Tapi melihat versi sebelumnya, kita hanya bisa menduga bahwa itu tidak akan menjadi rilis yang mengecewakan.

Seperti biasa, Linux Mint 11 (Katya) akan tersedia untuk arsitektur 32-bit dan 64-bit, dan akan didistribusikan sebagai GNOME Live CD/DVD, edisi OEM, dan CD khusus untuk USA & Jepang. Live KDE, LXDE, Fluxbox dan edisi Xfce juga akan datang setelahnya.

Sambil menanti Linux Mint 11 alpha 1 yang akan dirilis, Anda dapat men-download Linux Mint 10 yang merupakan distribusi stabil terbaru.

Kami ingatkan pada Anda, tanggal 3 Maret mendatang, alpha 3 dari Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) akan tersedia untuk pengujian dengan fitur baru yang akan diumumkan bersamanya.






Disarikan dari news.softpedia.com

21 February 2011

VirtualBox 4.0.4 Telah Tersedia Untuk Download

virtual box 4

VirtualBox - Update terbaru VirtualBox 4.0.4 menambahkan dukungan guest untuk Ubuntu 11.04 Alpha, hal itu memudahkan pengguna yang ingin menguji peluncuran Ubuntu untuk mencobanya dengan aman dari virtual mesin. Update ini juga memuat penambahan emulasi EDID dalam driver grafis untuk menghentikan GNOME settings daemon melakukan perubahan mode saat login, dan dukungan untuk X.Org Server 1.10 pre-release.

virtual box 4
Perubahan lainnya termasuk sejumlah bug dengan recompiler, nested paging, jaringan dan manajemen telah diselesaikan. Rincian perubahan lengkap tersedia dalam VirtualBox change log. VirtualBox 4.0.4 dilisensikan di bawah GPL2 dan telah tersedia untuk download dari situs VirtualBox. Perubahan ke GPL dimungkinkan di versi 4.0 dengan memisahkan ekstensi ke modul yang berdiri sendiri; Oracle VM Extension pack juga tersedia tanpa biaya di bawah Personal Use and Evaluation Licence (PUEL).




Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software yang Anda butuhkan.






Disarikan dari h-online.com

19 February 2011

Ubuntu 10.04.2 LTS - Rilis Pemeliharaan Kedua Ubuntu 10.04 LTS


Ubuntu - Kemarin, 18 Februari 2011, Canonical telah meluncurkan kembali rilis pemeliharaan kedua untuk Ubuntu 10.04 LTS menyusul diluncurkannya Ubuntu 10.04.1 beberapa bulan lalu.

Rilis Ubuntu 10.04.2 LTS datang pada pengguna dengan banyak update keamanan dan pembenahan, semua itu bertujuan untuk menjaga Ubuntu LTS 10.04 sebagai distribusi Linux yang stabil dan handal.

Ubuntu 10.04.2 LTS memperbaiki beberapa bug instalasi, berbagai masalah upgrade, peningkatan dukungan untuk banyak hardware dan perbaikan bug pada desktop.

Ubuntu 10.04.2 LTS tersedia untuk pengguna Ubuntu desktop / server, Kubuntu desktop dan Xubuntu desktop.

Bagi Anda yang telah menggunakan Ubuntu 10.04 maupun 10.04.1 tidak perlu men-download ISO lagi. Anda cukup melakukan update dan Anda sudah akan memiliki Ubuntu 10.04.2 LTS.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi http://www.ubuntu.com/usn, di mana Anda akan mendapatkan daftar lengkap update keamanan Ubuntu 10.04 LTS.

Ubuntu 10.04.2 (Lucid Lynx) merupakan distribusi Long Term Support (LTS), dimana dukungan update pemeliharaan dan perbaikan keamanan sampai dengan April 2013 untuk versi desktop dan April 2015 untuk versi server.

Rilis pemeliharaan berikutnya, Ubuntu 10.04.3 LTS, akan diumumkan pada 29 Juli 2011. Dan update pemeliharaan terakhir Ubuntu 10.04.4 LTS, akan tersedia pada tanggal 22 Januari tahun depan.

Download Ubuntu 10.04.2 LTS:




Disarikan dari news.softpedia.com

17 February 2011

Mandriva 2011 Alpha 1

Mandriva 2011 A1
Mandriva - Setelah mengalami penundaan, alpha pertama Mandriva 2011 akhirnya resmi dirilis. Mandriva 2011 Alpha 1 dilengkapi dengan semua komponen utama dan diharapkan fitur baru dapat disertakan dalam rilis stabilnya nanti.

Beberapa paket telah diperbarui dari rilis Technology Preview dan pekerjaan telah diselesaikan pada fitur-fitur baru yang utama, seperti beralih ke sistem manajemen paket RPM.

"Saya senang mengumumkan pada Anda bahwa iso Mandriva 2011 Alpha 1 telah keluar, dan akan tersedia di direktori devel/isos/2011 pada mirror favorit Anda dalam waktu dekat", demikian diumumkan Eugeni Dodonov.

"Seperti yang dijanjikan beberapa minggu lalu, Mandriva 2011 alpha1 mengikuti jejak Mandriva 2011 Technical Preview, memilah-milah beberapa masalah yang kami cermati di dalamnya", lanjutnya.

Ikhtisar Mandriva 2011 Alpha 1:
  • Linux kernel 2.6.37;
  • RPM 5.3.8 (20110125);
  • KDE SC 4.6.0;
  • GNOME 2.32.1;
  • XFCE 4.8.0;
  • X.Org Server 1.9;
  • Firefox 4 Beta 11;
  • Chromium - stable dan unstable;
  • Clementine 0.6;
  • NetworkManager 0.8.2;
  • Systemd 17;
  • GCC 4.5.2;
  • OpenSSL 1.0.0d;
  • Wine 1.3.13.

Jadwal Rilis Mandriva 2011:
  • Mandriva 2011 Alpha 1 - 15 February 2011;
  • Mandriva 2011 Alpha 2 - 28 Februari 2011;
  • Mandriva 2011 Beta 1 - 14 Maret 2011;
  • Mandriva 2011 Beta 2 - 11 April 2011;
  • Mandriva 2011 RC - 9 Mei 2011;
  • Mandriva 2011 Rilis Final - 13 Juni 2011.

Mandriva 2011 alpha 1 seharusnya telah dirilis minggu lalu, tapi beberapa perubahan arsitektur membutuhkan waktu lebih lama dari perkiraan. Bukan hanya menunda rilis, tim memberikan Technology Preview bagi penguji yang ingin melihat apa yang baru dengan Mandriva 2011.

Download Mandriva 2011 Alpha 1:





Disarikan dari news.softpedia.com

16 February 2011

Clamav 0.97.0 For PCMAV Plugins Telah Tersedia Untuk Download

http://bojalinuxer.blogspot.com/

Clamav - Hari ini, 16 Februari 2011, tim pengembang Clamwin telah merilis Clamav for windows versi terbaru, Calamav 0.97.0.

Pengguna PCMAV yang mengintegrasikan Clamav sebagai plugins telah dapat meng-update ke versi terbaru ini.

Clamav 0.97 PCMAV Plugins
Bagi Anda yang berminat mengupadate engine Clamav 0.97.0 untuk plugins PCMAV, silahkan download library Clamav 0.97.0 yang telah kami sertakan bersamanya library msvcrt 8.0_x86.

Download Clamav 0.97

Ke Halaman download Clamav 0.97.0-msvcrt-80_x86 for PCMAV plugins.

15 February 2011

Menginstal Ubuntu 10.10 Untuk Sistem Multi OS Linux (4) - Selesai.

Ubuntu 10.10
Tutorial - Melengkapi tiga artikel sebelumnya yang telah membahas instalasi openSUSE 11.3, Fedora 14 dan BackTrack 4 R2. Instalasi Ubuntu 10.10 dalam rangkaian tutorial cara menggunakan satu partisi swap dan home dalam sistem multi OS Linux ini akan menjadi pelengkap, dan kami berharap Anda yang telah mengikuti sejak awal hingga akhir artikel ini dapat mengambil kesimpulan.

Fokus dari tutorila ini lebih ditujukan untuk memberi pemahaman pada pengguna pemula tentang cara pembuatan partisi secara manual, sehingga diharapkan ketika kita hendak menyusun instalasi multi OS dalam sebuah komputer dapat memilih langkah yang aman dan efisien. Ketika dengan hanya membuat sebuah partisi swap dan sebuah partisi home saja telah cukup, mengapa kita perlu membuat partisi tersebut lebih banyak ? yang tentu akan mebuang ruang hardisk secara sia-sia.

Mengistal distro keempat, Ubuntu 10.10.

Jalankan instalasi Ubuntu 10.10 hingga Anda menjumpai halaman "Allocate drive space". Pada langkah tersebut, jika dalam komputer telah memiliki sistem operasi lain maka akan terdapat tiga pilihan, silahkan pilih opsi ketiga "Specify partitions manually (advanced)" lalu tekan tombol "Forward"...

Ubuntu 10.10
Pada halaman berikutnya Anda cukup memilih partisi "/dev/sda2" lalu me-mount ulang sebagai "/home" dengan cara meng-klik tombol "Change..", pada dialog "Edit partition" pada menu drop down "Mount point" silahkan plilih "/home". PENTING: jangan mengubah opsi lainnya termasuk jangan mencentang opsi pemformatan ("Format the partition")...

Ubuntu 10.10
Pilih pada "free space" lalu klik tombol "Add...". Pada dialog "Create a new partitions" pilih "Logical" pada opsi "Type for the new partition". Pada "New partition size..." masukkan nilai untuk menentukan besarnya kapasitas partisi yang ingin Anda buat dalam satuan mb, dalam contoh ini kami menggunakan seluruh sisa ruang yang masih ada. Pilih "Ext4 journaling file system" pada menu drop down "Use us" dan pada opsi "Mount point" silahkan pilih "/"...

Ubuntu 10.10
Setelah semua partisi selesai kita susun, pastikan pada bagian Boot loader "Device for boot loader installation" Anda telah memilih "/dev/sda" bukan yang lain. Klik tombol "Instal Now" untuk memulai proses instalasi Ubuntu 10.10.

Pada halaman "Who are you?" gunakan username yang spesifik untu Ubuntu 10.10 dan jangan sampai menggunakan username yang telah digunakan oleh dua distro sebelumnya (openSUSE 11.3 dan Fedora 14) agar tidak terjadi penimpaan direktori dalam partisi home...

Ubuntu 10.10
Lanjutkan instalasi sesuai petunjuk yang ditampilkan pada layar. Selesai instalasi, reboot komputer dan pada saat komputer direstart Anda akan menjumpai menu grub seperti nampak pada gambar berikut...

Ubuntu 10.10
Anda dapat melihat, Ubuntu 10.10 telah mengenali semua sistem operasi yang telah diinstal sebelumnya dan mampu mengkonfigurasi menu grub dengan benar, sehingga kita dapat memilih sistem mana yang ingin kita jalankan melalui menu tersebut.

Setelah Ubuntu 10.10 dijalankan dan kita berada dalam desktop Ubuntu, kita dapat memeriksa pada partisi home (/dev/sda2) telah terdapat tiga folder yang merupakan home direktori user tiga distro yang berbeda (openSUSE 11.3, Fedora 14 dan Ubuntu 10.10). Kita juga dapat melihat pada partisi lain telah ada home direktori untuk user BackTrack 4 R2, dan semua partisi root dari tiga distro lainnya juga dapat kita mount jika diperlukan...

Ubuntu 10.10
Dengan menggunakan "Disk Utility" kita dapat melihat susunan partisi hardisk yang kita gunakan untuk instalasi multi OS Linux ini...

Ubuntu 10.10
Pada gambar di atas nampak dengan jelas "/dev/sda1" berkapasitas 1.1 GB merupakan partisi Swap, "/dev/sda2" berkapasitas 11 GB (Ext4) merupakan partisi Home, "/dev/sda3" berkapasitas 31 GB merupakan partisi "Extended" yang berisi "/dev/sda5" berkapasitas 7.5 GB (Ext4) merupakan partisi root openSUSE 11.3, "/dev/sda6" berkapasitas 7.5 GB (Ext4) merupakan partisi root Fedora 14, "/dev/sda7" berkapasitas 1.3 GB (Ext3) merupakan partisi Home BackTrack 4 R2, "/dev/sda8" berkapasitas 8.2 GB (Ext3) merupakan partisi root BackTrack 4 R2 dan "/dev/sda9" berkapasitas 6.4 GB (Ext4) merupakan partisi root Ubuntu 10.10.

Sampai di sini kita dapat mengambil kesimpulan:
  • Memanfaatkan sebuah partisi swap untuk banyak distro berbeda pada sebuah komputer adalah bukan hal yang mustahil.
  • Menggunakan satu partisi Home untuk distro berbeda dapat dilakukan sepanjang semua distro tersebut mendukung format/sistem file yang digunakan partisi home tersebut.

Selamat mencoba...

14 February 2011

Menginstal BackTrack 4 R2 Untuk Sistem Multi OS Linux (3)

BackTrack 4 R2

Tutorial - Melanjutkan tutorial sebelumnya, yang merupakan rangkaian cara menggunakan satu partisi swap dan partisi home untuk multi OS Linux. Pada artikel pertama kita telah menginstal distro pertama openSUSE11.3 dan artikel kedua telah kita bahas cara menginstal distro kedua Fedora 14.

Distro ketiga yang akan kita bahas cara penginstalannya ialah BackTrack 4 R2. Seperti telah kami sampaikan dalam artikel pertama, distro ketiga ini menjadi contoh kasus, dimana BackTrack 4 R2 belum mendukung sistem file yang digunakan oleh dua distro yang telah diinstal sebelumnya.

Baiklah, tanpa berpanjang lebar lagi, kita akan mulai menginstal BackTrack 4 R2 dalam rangkain cara menggunakan satu partisi swap dan partisi home untuk multi OS Linux ini.

Menginstal distro ketiga, BackTrack 4 R2.

Seperti biasa, jalankan CD/DVD installer BackTrack 4 R2 sebagai media booting pertama. Silahkan ikuti petunjuk instalasi hingga Anda mendapati halaman "Prepare Disk Space". Silahkan pilih opsi keempat "Manual" untuk menyusun partisi secara manual lalu tekan tombol "Forward" untuk melanjutkan...

BackTrack 4 R2
Pada halaman "Prepare Partitions" Anda dapat melihat BackTrack mampu mengenali /dev/sda1 sebagai swap area dengan benar namun ia mengenali /dev/sda2, sda5 dan sda6 yang masing-masing merupakan partisi home, partisi root disto openSuse 11.3 dan partisi root distro Fedora 14 sebagai EXT3. Padahal, seperti kita ketahui bersama pada dua artikel sebelumnya, bahwa ketiga partisi tersebut menggunakan format sistem file EXT4...

BackTrack 4 R2
Jika Anda menjumpai kasus semacam ini, Anda jangan memaksakan diri untuk tetap menggunakan sda2 sebagai partisi home, karena potensi kerusakan instalasi distro sebelumnya dan hilangnya data-data pada partisi tersebut sangat besar. Sebagai pilihan, kita dapat membiarkan agar home direktori user diletakkan pada root partisi BackTrack. Ini artinya kita tidak menyiapkan partisi home atau kita tetap membuat partisi home pada ruang kosong yang masih tersedia. Dalam contoh ini, kami memilih opsi kedua yaitu membuat partisi terpisah pada ruang kosong untuk home direktori user Backtrack.

Silahkan pilih "free space" lalu tekan tombol "New partition" untuk membuat partisi home. Pilih "Logical" pada opsi "Type for the new partition", isi kolom "New partition size..." dengan kapasatas yang Anda inginkan dalam satuan mb, pada contoh ini kami memasukkan nilai "1500". Pada menu dropdown "Use as" pilih "Ext3 journaling file system" dan pada menu "Mount point" silahkan pilih "/home"...

BackTrack 4 R2
Langkah berikutnya adalah membuat partisi root, pilih "free space" lalu tekan tombol "New partition". Pilih "Logical" pada opsi "Type for the new partition", isi kolom "New partition size..." dengan kapasatas yang Anda inginkan dalam satuan megabytes, pada contoh ini kami memasukkan nilai "9000", sebagai catatan, BackTrack 4 R2 sekurangnya membutuhkan partisi root sebesar 8 GB. Pada menu dropdown "Use as" pilih "Ext3 journaling file system" dan pada menu "Mount point" silahkan pilih "/"...

BackTrack 4 R2
Setelah susunan partisi instalasi BackTrack selesai dibuat, klik tombol "Forward" untuk melanjutkan proses instalasi...

BackTrack 4 R2
Pada halaman "Ready to install", klik tombol "Advenced...", pada dialog "Advenced options" pastikan pilihan "Install boot loader" telah dipilih dan pada "Device for boot loader installation" device yang dipilih adalah "/dev/sda". Lihat gambar untuk jelasnya...

BackTrack 4 R2
Lanjutkan dengan menekan tombol "Install" dan proses instalasi BackTrack 4 R2 akan dilanjutkan, tunggulah hingga proses instalasi diselesaikan...

BackTrack 4 R2
Setelah instalasi selesai, segeralah reboot komputer, Anda akan menjumpai menu grub seperti terlihat pada gambar berikut...

BackTrack 4 R2
Catatan kasus: Meskipun Backtrack 4 R2 mampu mengenali dan menyusun menu untuk sistem yang telah ada sebelumnya (openSUSE 11.3 dan Fedora 14), lihat gambar di atas.. namun karena belum mendukung file sistem yang digunakan oleh kedua ditro tersebut maka ketika kita hendak menjalankan distro lain (Fedora 14 misalnya) melalui menu grub ini, akan ditampilkan pesan kesalahan seperti nampak pada gambar berikut...

BackTrack 4 R2
Silahkan pilih menu "BackTrack 4 R2, kernel 2.6.35.8" untuk menjalankan BackTrack 4 R2. Pada layar login, silahkan masukkan username "root" dengan password "toor". Untuk bekerja dengan GUI, silahkan ketik "startx" lalu tekan enter untuk menjalankan desktop KDE pada distro BackTrack 4 R2...

BackTrack 4 R2
Kesimpulan:
  • BackTrack 4 R2 dapat menggunakan partisi swap bersama distro lain namun tidak dapat menggunakan partisi home besama-sama distro lain yang telah diinstal sebelumnya.
  • Karena BackTrack belum mendukung sistem file yang digunakan distro sebelumnya maka kita tidak dapat menggunakan grub pada distro ini untuk menjalankan distro lainnya.

Saran:
  • Sebaiknya Distro BackTrac 4 R2 diinstal sebagai sistem pertama sehingga distro-distro yang diinstal berikutnya, yang telah mendukung sitem file EXT3 akan dapat mejalankan BackTrack dari menu grub yang digunakan.

Kita akan melanjutkan tutorial ini dengan menginstal distro terakhir, Ubuntu 10.10 pada artikel berikutnya.

Bersambung...

Menggunakan Satu Partisi Swap Dan Home Dalam Sistem Multi OS Linux (2) - Menginstal Fedora 14

Fedora 14
Tutorial - Melanjutkan artikel sebelumnya tentang Cara Menggunakan Satu Partisi Swap Dan Home Dalam Sistem Multi OS Linux, yang mana dalam artikel tersebut kami telah menjelaskan beberapa hal terkait penyusunan partisi hardisk untuk sistem multi OS Linux.

Distro Linux pertama yang telah kita instal dalam rangkaian tutorial ini adalah openSUSE 11.3. Kini kita akan mulai menginstal distro kedua yaitu Fedora 14. Jika Anda belum memiliki installer Fedora 14, silahkan Anda download terlebih dahulu.

Persiapkan juga Distro selanjutnya, BackTrack 4 R2 dan Ubuntu 10.10. Kini saatnya memulai langkah berikutnya tentang cara menggunakan sebuah partisi swap dan home untuk multi OS Linux...

Mengistal distro kedua, Fedora 14:

Jalankan komputer Anda dan lakukan booting menggunakan CD/DVD Fedora 14. Silahkan ikuti langkah-langkah yang ditampilkan pada layar hingga Anda menjumpai halaman "What type of device will your installation involve?". Pada halaman tersebut silahkan pilih opsi kedua "Specialized Storage Devices" lalu klik "Next"...

Fedora 14
Centang pada hardisk yang terdeteksi, pada contoh ini, hardisk terdeteksi sebagai "sda", klik "Next" untuk melanjutkan...

Fedora 14
Anda akan dibawa ke halaman "Which type of installation would you like?". Pada langkah ini, silahka pilih opsi kelima "Create Custom Layout" untuk menyusun partisi secara manual, tekan tombol "Next" untuk melanjutkan...

Fedora 14
Ini adalah bagian yang sangat penting. Anda dapat melihat, Fedora 14 telah mengenali sda1 sebagai swap area (partisi swap) sehingga kita tidak perlu nelakukan langkah apapun untuk partisi sda1 ini...

Fedora 14
Pilih pada sda2, perlu diingat, pada artikel sebelumnya saat menginstal openSUSE 11.3 kita telah membuat partisi home pada /dev/sda2 sehingga pada langkah ini kita cukup memilih dan memout ulang partisi tersebut sebagai "/home". Harap berhati-hati jangan sampai memilih opsi pemformatan ketika memount ulang /dev/sda2 sebagai "/home", karena jika sampai terjadi pemformatan maka instalasi openSUSE 11.3 yang telah kita lakukan sebelumnya akan RUSAK. Pilih partisi sda2 lalu klik tombol "Edit" untuk memount partisi tersebut sebagai "/home". Pilih "/home" pada menu dropdown "Mount Point". Ingat, jangan melakukan perubahan apapun pada opsi lain, klik "OK" untuk melanjutkan. Silahkan lihat gambar berikut untuk jelasnya...

Fedora 14
Pilih ruang kosong yang masih ada pada bagian "Free" dibawah sda3 (yang merupakan partisi extended). Klik tombol "Create", pada menu dropdown "Mount Point" silahkan pilih "/", pilih "ext4" pada menu "File System Type" lalu masukkan nilai dalam ukuran MB pada kolom "Size (MB)", dalam contoh ini kami memasukkan nilai "7169" sama dengan besarnya partisi "/" untuk sistem openSUSE 11.3. Klik "OK". Sekarang kita telah memiliki partisi "/" untuk Fedora 14...

Fedora 14
Inilah susunan partisi yang kami punyai saat ini. Lihat baik-baik pada gambar berikut, opsi pemformatan hanya dilakukan untuk sda6 yang merupakan partisi "/" untuk sistem Fedora 14, klik "Next" untuk melanjutkan instalasi...

Fedora 14
Selanjutnya, pastikan opsi "Install boot loader on /dev/sda" telah dipilih. jangan melakukan perubahan apapun pada opsi ini. Pada bagian "Boot loader operating system list" kita dapat menambahkan sistem operasi openSUSE 11.3 yang telah kita instal sebelumnya, namun pada langkah ini kami membiarkannya dan tidak melakukan penambahan. Ini untuk mencoba apakah Fedora 14 dapat mengonfigurasi secara otomatis sistem operasi yang sebelumnya sudah ada. Klik "Next" untuk melanjutkan...

Fedora 14
Proses pembuatan partsisi untuk instalasi Fedora 14 telah selesai. Silahkan ikuti petunjuk pada layar untuk melanjutkan proses instalasi. Pada halaman "Create User", pastikan Anda membuat username yang spesifik untuk sistem Fedora 14 ini dan jangan sampai menggunakan username yang sama dengan yang telah Anda gunakan pada openSUSE 11.3...

Fedora 14
Ketika instalasi selesai, silahkan reboot komputer Anda. Kini kita telah memiliki dua OS Linux berbeda pada satu komputer dengan menggunakan sebuah partisi swap dan home secara bersama-sama. Pada gambar berikut Anda dapat melihat pada partisi home telah terdapat dua folder yang merupakan home direktori user untuk openSUSE 11.3 dan Fedora 14...

Fedora 14
Catatan Kasus: Seperti telah kami sampikan pada bagian konfigurasi boot loader di atas, kami membiarkan pengaturan sesuai default dan ternyata Fedora 14 tidak dapat melakukan konfiguras boot loader (grub) secara otomatis untuk menambahkan sistem operasi yang telah ada sebelumnya (openSUSE 11.3). Untuk menghemat waktu dan untuk alasan kemudahan kami menggunakan live cd distro "sejuta umat" Ubuntu 10.10 untuk mengkonfigurasi secara manual menu grub Fedora 14, sehingga ketika komputer dinyalakan menu grub Fedora 14 dapat menampilkan dua pilihan sistem operasi yang akan dijalankan...

Fedora 14
Langkah selanjutnya pada rangkaian tutorial ini adalah menginstal distro ketiga, BackTrack 4 R2.

Bersambuang...