28 April 2011

Download Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) Final Release

Hari ini, 28 April 2011, Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) resmi diluncurkan dan telah tersedia untuk download bagi siapapun yang menghendakinya.

Sesuai dengan jadwal, Canonical dengan bangga mengumumkan rilis final sistem operasi Ubuntu yang paling dinantikan, Ubuntu 11.04 beberapa saat lalu. Datang dengan banyak perubahan, peningkatan dan tentu saja fitur-fitur baru menjadikan rilis ke empatbelas sistem operasi yang dikembangkan Canonical ini layak untuk Anda nantikan. Perubahan besar seperti digantikannya Shell Gnome 3 oleh Shell Unity sebagai default sesi desktop, digantikannya ofiice suite OpenOffice.org dengan LibreOffice, merupakan sebagian kecil perubahan dan fitur baru yang dibawa Natty Narwhal.

Datang dengan fitur utama seperti kernel Linux 2.6.38.3, antar muka Unity, X.Org 7.6, Xorg Server 1.10.1 dan Compiz Fusion 0.9.4. Hal yang paling mengejutkan adalah tidak disertakannya lingkungan desktop Gnome terbaru "GNOME 3" yang baru saja dirilis namun hanya membawa Gnome 2.32.1




Fitur baru pada Ubuntu 11.04:
  • Tampilan desktop yang diubah total - Lebih mudah digunakan, menggunakan dock yang didukung oleh Unity;
  • 17 wallpaper baru - Dari berbagai fotografer di seluruh dunia;
  • Peningkatan default theme - Theme dfault Ambiance kini telah semakin baik;
  • Office suite baru - LibreOffice menggantikan office suite lama OpenOffice.org sebagai aplikasi perkantoran;
  • Pemutar audio baru - Banshee Media Player menggantikan Rhythmbox yang sekarang menjadi aplikasi standar untuk pemutaran audio;
  • Peningkatan pada Ubuntu Software Center - menawarkan review bagi pengguna, dukungan yang lebih baik untuk pembelian aplikasi, dan perangkat tambahan lainnya;
  • Perubahan pada Indicator Applet - Volume control Applet sekarang mendukung Banshee, applet pemantauan cuaca kini telah terintegrasi;
  • Generasi terbaru web browser Mozilla - Mozilla Firefox 4.0 adalah browser web standar;
  • Panel kontrol Ubuntu One - Diintegrasikan ke dalam Unity, Panel kontrol Ubuntu One yang baru menawarkan pada pengguna untuk kontrol yang besar atas akun cloud mereka;
  • Installer yang telah diperbarui - Memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade instalasi Ubuntu yang telah ada;
  • Dukungan yang lebih baik untuk iPhone - Pengguna sekarang dapat me-mount direktori dokumen iPhone;
  • Dan banyak lagi lainnya.



Berbagai aplikasi lainnya:
  • Calculator 6.0.1;
  • Character Map 2.32.1;
  • Baobab 2.32.0;
  • Gnome Screenshot 2.32.1;
  • Tomboy 1.6.0;
  • Shotwell 0.9.2;
  • LibreOffice Drawing 3.3.2;
  • Simple Scan 2.32.0.1.
  • Empathy 2.34.0;
  • Evolution Mail 2.32.2;
  • Firefox 4.0;
  • Gwibber 3.0.0.1;
  • Vinagre 2.30.3;
  • Brasero 2.32.1;
  • Totem 2.32.0;
  • PiTiVi 0.13.5;
  • Banshee 2.0.0;
  • Sound Recorder 2.32.0.
  • Computer Janitor 2.1.0;
  • Palimpsest Disk Utility 2.32.1;
  • Synaptic Package Manager 0.75.1;
  • Ubuntu Software Center 4.0.

Seperti telah kami sampikan beberapa waktu lalu, tak ada jalan lain bagi Anda untuk menggunakan Ubuntu 11.04 selain mendownloadnya secara langsung, karena program pengiriman CD Ubuntu secara cuma-cuma (ShipIt) telah resmi dihentikan Canonical mulai rilis ini.


Download Ubuntu 11.04 Natty Narwhal:

Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software ini.





Disarikan dari softpedia.com

26 April 2011

Dukungan Teknis Ubuntu 8.04 LTS Dan Ubuntu 6.06 LTS Server Telah Berakhir

Hampir 36 bulan sejak tanggal 28 April 2008, Canonical telah mengumumkan rilis Ubuntu 8.04 LTS yang dijuluki Hardy Heron.

Ubuntu 8.04 LTS adalah rilis LTS (Long Term Support) kedua dari Canonical dengan menbawa fitur seperti GNOME 2.22.1, kernel Linux 2.6.24.3 (dengan dukungan dynticks dan scheduler proses baru), X.Org 7.3, PulseAudio 0.9.10, dukungan untuk iSCSI, PolicyKit 0.7 juga integrasi ActiveDirectory dan KVM.





We are sorry to announce today that starting with May 12th, 2011, Canonical will stop "feeding" the Ubuntu 8.04 LTS (Hardy Heron) Desktop edition with security or critical fixes, and software updates. The Server edition of Ubuntu 8.04 LTS (Hardy Heron) will continue to be actively supported with bug fixes and security updates.

Therefore, we strongly recommend upgrading your Ubuntu 8.04 LTS workstations to the current version, Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat), or wait three more weeks for the brand-new and amazing Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal), due for release on April 28th, 2011.

"The supported upgrade path from Ubuntu 8.04 Desktop is via Ubuntu 10.04 Desktop. Instructions and caveats for the upgrade may be found at https://help.ubuntu.com/community/LucidUpgrades. Ubuntu 8.04 Server continues to be actively supported with security updates and select high-impact bug fixes." - Kata Kate Stewart dalam pengumuman.

Dukungan teknis Ubuntu 6.06 LTS Edisi Server juga berakhir

Nasib yang sama dialami pengguna Ubuntu 6.06 LTS edisi server. Lima tahun masa dukungan sejak pertama kali duluncurkan 1 Juni 2006, Ubuntu 6.06 LTS (Dapper Drake) telah terpenuhi.

Dapper Drake merupakan rilis penting, karena pada saat itulah Kubuntu menjadi bagian dari keluarga Ubuntu. Edisi Long Term Support dirilis setiap dua tahun sekali dan mendapat dukungan teknis selama 3 tahun untuk edisi desktop dan 5 tahun pada edisi server.

Ubuntu 6.06 LTS adalah rilis LTS pertama, diikuti oleh Ubuntu 8.04 pada April 2008 dan Ubuntu 10.04 pada April 2010. Jalur upgrade dari Ubuntu 6.06 Server LTS adalah melalui Ubuntu 8.04 LTS Server. Petunjuk untuk upgrade Ubuntu 6.06 dapat ditemukan di https://help.ubuntu.com/community/HardyUpgrades.

Selamat Tinggal Ubuntu 8.04 dan Ubuntu 6.06 LTS Server...



Disarikan dari news.softpedia.com

24 April 2011

Menggunakan Firefox 5, Firefox 4 Dan Firefox 3.6 Pada Ubuntu 10.10

Mozilla telah memperknalkan kembali generasi terbaru web browser Firefox. Meski masih dalam tahap Aurora (sebutan untuk versi alpha atau milestone), Mozilla Firefox 5.0 Aurora tergolong cukup stabil dan cepat, dengan update yang datang hampir setiap hari.

Mozilla Firefox 5.0 AuroraBila dibanding dengan versi stabil terbaru, Mozilla Firefok 4.0 yang dirilis beberapa waktu lalu, dari sisi tampilan Aurora belum memiliki perbedaan yang dapat dirasakan. Namun dari sisi kecepatan, penggunaan Aurora dapat Anda pertimbangkan.

Hal yang perlu disadari, Mozilla Firefox 5.0 Aurora masih dalam tahap pengembangan, sehingga terjadinya ketidak stabilan selama penggunaan tentu sangat mungkin terjadi.

Berbeda halnya dengan Firefox 4.0, sedikit ganjalan yang kami rasakan dan mungkin juga Anda rasakan adalah penggunaan memori yang lebih besar jika dibanding generasi pendahulunya, Mozilla Firefox 3.6. Pada sistem yang kami gunakan, Ubuntu 10.10, beberapa kali Firefox 4.0 terjadi crash sehingga memaksa browser untuk merestart. Jika terjadi hal demikian pada Anda, jangan sungkan-sungkan untuk mengirimkan laporan crash tersebut pada tim Mozilla agar dilakukan perbaikan pada rilis updatenya.

Menimbang besarnya memori yang diperlukan pada Firefox 4.0, kami memutuskan untuk tetap mempertahankan penggunaan Firefox 3.6. Namun demikian, Firefox 4.0 dan Firefox 5.0 Aurora tetap kami gunakan untuk keperluan pengujian perkembangan dan pelaporan bug jika ditemukan.

Normalnya, jika sudah tersedia versi baru maka pada repositori distro linux yang kita gunakan akan tersedia update untuk pembaruan sosftware. Begitu juga dengan Mozilla Firefox 3.6 yang kami gunakan pada Ubuntu 10.10. Untuk tetap menggunakan Firefox 3.6 kami memilih untuk tidak melakukan update, sebagai gantinya kami menggunakan Firefox 4.0 dan Aurora yang disediakan oleh Mozilla. Jika Anda berminat menggunakan ketiga versi Mozilla Firefox tersebut dalam sebuah sistem, misalnya Ubuntu 10.10, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Jangan lakukan update untuk Mozilla Firefox 3.6 yang sedang digunakan, download paket Firefox 4.0 dan autu Firefox 5.0 Aurora dari situs Mozilla.

Pertama - Klik ganda pada file paket Firefox 4.0 atau 5.0 Aurora (tar.bz2) yang telah Anda download agar dibuka oleh Archive Manager...

Mozilla Firefox 5.0 Aurora

Kedua - Klik tombol Extract, ikuti saja semua instruksi agar folder Firefox diletakkan pada tempat yang sama dengan Anda meletakkan file download...

Mozilla Firefox 5.0 Aurora

Ketiga - Cut atau copy paste folder Firefox hasil extract ke home direktori (atau ketempat lain yang Anda sukai)...

Mozilla Firefox 5.0 Aurora

Keempat - Buka folder Firefox lalu klik ganda pada file "firefox"...

Mozilla Firefox 5.0 Aurora

Kelima - Pada jendela dialog "Do you want to run "Firefox"..." pilih tombol "Run" agar Firefox dijalankan.

Nah, kini Anda dapat menjalankan versi Mozilla Firefox yang diinginkan secara bergantian dengan menggunakan cara yang sama pada langkah keempat. Jika Anda enggan untuk selalu masuk ke folder Firefox, Anda dapat membuat shortcut untuk file firefox dan meletakkannya pada desktop.

Selamat mencoba...

Download VirtualBox 4.0.6 For Linux, Mac OS X Dan Windows

Beberapa hari lalu (21 April) Oracle kembali merilis update terbaru VirtualBox 4.0. VirtualBox 4.0.6 merupakan update pemeliharaan yang ditujukan untuk perbaikan bug dan beberapa peningkatan dukungan.

virtual box 4Peningkatan dan perbaikan pada VirtualBox 4.0.6 diantaranya adalah dukungan penggunaan kernel Linux 2.6.39 RC1, peningkatan dan perbaikan dukungan untuk auto run, perbaikan dukungan untuk mouse pada guest SUSE 11 SP1, penambahan dukungan X.org server 1.9 pada Solaris, perbaikan bug pada guest additions untuk kontrol guest yang lebih baik dan masih banyak lagi peningkatan fitur yang disertakan bersamanya.

Untuk rincian perubahan selengkapnya, dapat Anda temukan dalam VirtualBox change log. VirtualBox 4.0.6 dilisensikan di bawah GPL2 dan telah tersedia untuk download dari situs resmi VirtualBox (link download ada di bagian akhir artikel ini). Perubahan ke GPL dimungkinkan pada versi 4.0 dengan memisahkan ekstensi ke modul yang berdiri sendiri. Oracle VM Extension pack tersedia secara cuma-cuma di bawah lisensi Personal Use and Evaluation Licence (PUEL).

virtual box 4



Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software yang Anda butuhkan.

20 April 2011

Rilis Fedora 15 Beta

Proyek Fedora hanya merilis sebuah versi beta untuk Fedora 15. Ini merupakan akhir masa pengembangan dan perubahan besar pada distribusi Linux yang dijadwalkan untuk rilis pada akhir Mei itu.

Fedora 15Fedora 15 akan menjadi distribusi Linux utama yang akan menyertakan GNOME 3, yang telah dirilis dua minggu lalu. Fedora 15 tidak akan menyertakan GNOME 2 dan KDE Plasma Desktop akan diikut sertakan untuk KDE 4.6. Proyek Fedora juga telah melakukan suatu perubahan penting di balik layar. Fedora 15 akan beralih dari Upstart ke sysvinit dan Upstart alternative systemd, yang diperkenalkan pertama kali setahun lalu. Kernel pada versi beta ini didasarkan pada Kernel Linux versi 2.6.38. LibreOffice akan menjadi default office suite serta C dan C + +-Compiler akan digantikan GNU Compiler Collection (GCC) 4.6.

Proyek Fedora bermaksut untuk menyediakan rilis kandidat sekitar pertengahan Mei. Pengembangan Fedora 15 sudah beberapa minggu terlambat dari waktu yang dijadwalkan. Penyebab utama penundaan rilis beta adalah penggabungan versi pre-release NetworkManager 0.9.0 - tim pengembangan sangat ingin untuk tidak menghilangkan ini, karena menawarkan integrasi yang lebih baik dengan GNOME 3 dari pada versi yang ada sekarang.

Beralih pada Fedora 16 dari rencana pengembangan yang diperbarui setiap hari. Para pengembang Fedora kini memilih untuk menamai versi berikutnya (Fedora 16) dengan "Verne". Inspirasi di balik nama-nama itu adalah Jules Verne.


Download Fedora 15 Beta:

Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software yang Anda butuhkan.




Disarikan dari h-online.com

19 April 2011

Jadwal Rilis Distro Linux Terbaru

Ubuntu 11.04 Beta 1



Jadwal Rilis Ubuntu
  • 7 Juni 2012 - Ubuntu 12.10 Rilis Alpha 1
  • 28 Juni 2012 - Ubuntu 12.10 Rilis Alpha 2
  • 26 Juli 2012 - Ubuntu 12.10 Rilis Alpha3
  • 6 September 2012 - Ubuntu 12.10 Rilis Beta 1
  • 27 September 2012 - Ubuntu 12.10 Rilis Beta2
  • 18 Oktober 2012 - Rilis Final Ubuntu 12.10



Jadwal Rilis openSUSE



Jadwal Rilis Mandriva:
  • Mandriva 2012 Alpha - September 2012;
  • Mandriva 2012 Beta 1 - Oktober 2012;
  • Mandriva 2012 Beta 2 - Oktober 2012;
  • Mandriva 2012 RC 1 - November 2012;
  • Mandriva 2012 RC 2 - November 2012;
  • Mandriva 2012 Rilis Final - November 2012.



Jadwal Rilis Fedora:
  • 18 September 2012 - Fedora 18 Rilis Alpha;
  • 23 Oktober 2012 - Fedora 18 Rilis Beta;
  • 27 November 2012 - Fedora 18 Rilis Final.


Dipersembahkan Oleh: BojaLinuxer Blog

Download Mandriva Linux 2011 Beta 2

Setelah mengalami penundaan satu minggu karena ditemukannya masalah dimenit-menit terakhir, akhirnya tim pengembang Mandriva merilis versi beta kedua untuk Mandriva Linux 2011. Mandriva Linux 2011 Beta 2 akan diikuti dengan sebuah release candidate (RC) dan versi final Mandriva Linux 2011 dijadwalkan pada tanggal 13 Juni 2011.

Mandriva Linux 2011 Beta 2 didasarkan pada Kernel Linux 2.6.38.3 dan seperti beta sebelumnya, fitur KDE 4.6.1, yang merupakan update pertama dari KDE SC 4.6 masih menjadi lingkungan desktop utamanya. Paket update versi 3.3.0 dari office suite LibreOffice (3.3.2 adalah versi stabil terbaru), Firefox 4.0, Thunderbird 3.1.9 dan versi 4.6.0 dari GNU Compiler Collection.

Para pengembang mengatakan bahwa preview perkembangan terakhir juga telah diintegrasikan, "most of the UI and desktop-related features", yang meliputi fungsi login manager baru, integrasi stack folder, aplikasi peluncur dan pembuka yang baru, serta tampilan desktop look-and-feel secara keseluruhan termsuk rincian dan screenshot dapat ditemukan dalam posting blog oleh salah seorang pengembang Eugeni.

Rincian tentang rilis beta ini dapat ditemukan dalam sebuah posting di Blog Mandriva. Beta kedua Mandriva Linux 2011 telah tersedia untuk download dari server mirror Mandriva.

Rilis stabil terbaru Mandriva adalah Mandriva Linux 2010.2, sebuah update keamanan dan stabilitas yang telah dirilis sejak Desember 2010.


Download Mandriva 2011 Beta 2:
Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software yang Anda butuhkan.




Disarikan dari h-online.com

15 April 2011

Download Mozilla Firefox 5 Aurora (Alpha)

Mozilla Firefox 5 aurora


Mozilla Firefox 5 - Setelah draft roadmap dipublikasikan di Github pekan lalu, kini Mozilla telah mengumumkan peluncuran Aurora 'dev' channel untuk Firefox. Mozilla mempercepat siklus baru pada rilis pengembangan mirip cara Google merilis update untuk browsernya (misalnya; Stabil, Beta, Dev).

Menurut Mozilla, tujuan perubahan ini adalah untuk "memberikan rilis baru Firefox lebih cepat dan memberikan pengguna lebih banyak kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengembangan Firefox". Organisasi nirlaba tersebut mengatakan bahwa saluran Aurora memungkinkan pengembang dan pengadopsi awal untuk menguji fitur-fitur terbaru dan inovasi yang ditambahkan pada browser.

Mozilla Firefox 5 aurora

Firefox 5 adalah versi pertama web browser Mozilla yang memiliki rilis Aurora Channel dan sekarang pengguna dapat men-download Firefox 5a2 dari saluran tersebut. Bagi pengguna Linux, Windows dan Mac OS X dapat mendownload Mozilla Firefox 5 Aurora melalui link yang kami sediakan di bagian akhir artikel ini.

Para pengembang mengatakan, rilis Aurora pertama meliputi peningkatan kinerja, keamanan dan beberapa peningkatan stabilitas. Sebagaimana telah dicatat sebelumnya, saluran baru rilis Mozilla tidak akan menggunakan ikon Firefox standar, namun memilih ikon baru untuk "Nightly" dan "Aurora" - ikon untuk "Stabil" dan "Beta" rilis akan tetap sama.

Informasi lebih lanjut tentang saluran baru Firefox dapat ditemukan pada sebuah posting di blog Mozilla.


Download Mozilla Firefox 5 Aurora (alpha):
  • Mozilla Firefox 5 Aurora (alpha) for Linux i686 | x86_64;
  • Mozilla Firefox 5 Aurora (alpha) for Mac;
  • Mozilla Firefox 5 Aurora (alpha) for Windows.

Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software ini.



Disarikan dari news.h-online.com

14 April 2011

Ubuntu 11.04 Beta 2 Telah Siap Untuk Download

Ubuntu 11.04 Beta 1

Tahapan terakhir pengembangan Ubutu 11.04 yang sangat dinantikan telah diumumkan. Ubuntu 11.04 beta 2 kini telah resmi diluncurkan dan siap untuk download bagi siapapun yang ingin berpartisipasi dalam pengujian.

Sesuai jadwal, hari ini Canonical telah merilis Ubuntu 11.04 beta kedua. Tonggak akhir ini datang dengan membawa peningkatan dan perbaikan bug diberbagai sektor.

Apa yang baru pada Ubuntu 11.04 beta 2?

Meski hanya berisi perbaikan bug dari rilis sebelumnya (beta 1), Ubuntu 11.04 beta 2 membawa peningkatan, utamanya pada Unity yang akan mejadi default sesi desktop pada Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal).

Sebagai pengembangan terakhir sebelum rilis final pada akhir bulan ini, Ubuntu 11.04 beta 2 telah dilengkapi dengan kernel Linux 2.6.38 dan paket-paket aplikasi sepert; LibreOffice 3.3.2, Mozilla Firefox 4.0, Banshee 2.0, GCC 4.5, Python 2.7, dpkg 1.16.0, Upstart 0.9, X.org 1.10.0, Mesa 7.10.1, Shotwell 0.9.1, Transmission 2.13 dan Evolution 2.32.2.

Ubuntu 11.04 beta 2
Installer Ubuntu 11.04 Beta 2

Ubuntu Server 11.04 Beta 2 memuat Powernap 2.0, isc-dhcp v4, Eucalyptus 2.0.2, OpenStack 2011.2, libvirt 0.8.8.

Untuk Kubuntu 11.04 beta 2 dan Xubuntu 11.04 beta 2 tidak ada perubahan visibilitas dari versi sebelumnya. Kubuntu 11.04 beta 2 kini dibangun diatas KDE SC 4.6.2 yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu. Xubuntu 11.04 beta 2 dibangun diatas lingkungan desktop Xface terbaru, Xface 4.8.

Sampai jumpa pada rilis final Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) pada 28 April mendatang.


Download Ubuntu 11.04 Beta 2:


Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software ini.




Disarikan dari news.softpedia.com

Membersihkan Virus Ramnit Dengan MSE

Clean Ramnit With MSE

Laporan dan keluhan serangan virus pada komputer pengguna Windows nampaknya meningkat pesat dari waktu kewaktu. Hal tersebut tentu membuat gerah dan risau Microsoft selaku produsennya. Tidak tinggal diam, akhirnya Microsoft memutuskan untuk membuat sendiri software anti virus guna melindungi sistem operasi buatannya itu.

Miscrosoft Security Essentials (MSE) adalah anti virus resmi yang dikeluarkan Microsoft untuk menanggulangi penyebaran malware yang semakin marak akhir-akhir ini.

Sebagai pengguna awam dan tidak mahir di dunia pervirusan, kami juga mengikuti perkembangan dan pergerakan virus yang banyak dilaporkan dan menyebar dengan cepat pada pengguna sitem operasi Windows.

Mengambil contoh tiga virus yang menurut pengamatan kami paling banyak menyebabkan insiden masal adalah virus Sality, Virut dan Ramnit. Dua virus pertama adalah pemain lama namun karena banyaknya varian dari keduanya, menjadikan virus tersebut sukar dimusnahkan.

Virus yang akhir-akhir ini banyak ditakuti adalah Ramnit variant. Ramnit menyebar dengan cepat dan varian virus ini cukup banyak. Ramnit tergolong malware berbahaya dan sulit dibersihkan. Sekali saja sebuah sistem terinfeksi olehnya, maka pembersihan sistem tidak dapat dilakukan dengan sebarang anti virus.

Clean Ramnit With MSE
Ikon berubah menjadi folder pada Flashdisk yang terinfeksi Ramnit

Clean Ramnit With MSE
Ramnit menciptakan file autorun.inf, Copy of Shortcut to (1).lnk sampai 4 dan folder RECYCLER berisi file virus pada flashdisk.

Sangat disayangkan manakala banyak orang yang mahir dibidang keamanan dan virus justru memberi informasi yang cenderung menakuti dan berlebihan dalam menangani serangan Ramnit. Dari yang mengatakan tamatnya sistem jika terserang Ramnit hingga yang memberi cara pembersihan hanya bisa dilakukan dengan memperbarui sistem, bahkan ekstrimnya, pembaruan sistem itu harus dengan cara memformat ulang semua hardisk yang digunakan... ;)

Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap para ahli dan pakar virus yang menyarankan pembersihan Ramnit dengan cara tersebut, kami hanya sekedar berbagi pengalaman ketika mencoba membersihkan komputer dari virus Ramnit yang ditakuti itu.

Membersihkan Virus Ramnit dengan MSE;

Bagi kami, untuk membersihakn virus ramnit cukup menggunakan Miscrosoft Security Essentials (MSE) yang terupdate. Contoh berikut adalah saat kami membersihkan komputer dari Trojan:win32/Ramnit.A menurut MSE dan Ramnit.F.variant menurut PCMAV 5.0.

Clean Ramnit With MSE

Sekedar informasi, saat Ramnit menyerang sistem akan membuat folder acak berisi induk virus yang akan dijalankan otomatis saat komputer dijalankan. Folder virus tersebut diletakkan pada folder Program Files. Selain itu, Ramnit juga meletakkan file virus pada folder Startup dan memanipulasi userinit pada registry. Variant lain mungkin memiliki cara dan file virus yang berbeda dengan contoh ini.

Clean Ramnit With MSE

Untuk membersihkan virus Ramnit variant ini, silahkan download dan instal MSE terbaru. Saat mendownload MSE sebaiknya Anda juga mendownload virus definisi MSE terbaru untuk diinstal secara manual setelah proses instalasi MSE selesai, karena kemungkinan Ramnit akan menghalangi Anda untuk mengupdate virus definisi secara online. Bagi pengguna Windows XP SP3, disamping membutuhkan kedua file MSE tersebut juga memerlukan file update Windows Installer versi 3 (KB942288) atau yang lebih baru dan instalasi beberapa patch akan diminta saat menginstal MSE pada Windows Xp yang tidak pernah diupdate.

Clean Ramnit With MSE

Setelah instalasi MSE selesai, silahkan restart komputer jika diminta. Setelah komputer dinyalakan ulang, segeralah menginstal virus definisi MSE yang telah Anda download.

Setelah semua siap, jalankan MSE lalu scan sistem pada mode Quick untuk memindai Ramnit yang aktif di memori. Tunggulah hingga proses pemindaian selesai dan Ramnit yang sedang aktif ditemukan, proses ini akan memerlukan waktu yang cukup lama karena Ramnit akan memperlambat proses pemindaian.

Clean Ramnit With MSE
MSE menemukan Rumnit yang aktif di memori

Clean Ramnit With MSE
Pembersihan memori dari infeksi Ramnit

Setelah memori berhasil dibersihkan dari Ramnit, restart komputer lalu scan semua isi hardisk dan flashdisk yang Anda gunakan dengan MSE.

Clean Ramnit With MSE
Scan total menggunakan MSE untuk membersihkan komputer dari infeksi Ramnit

Untuk mendapatkan MSE dan virus definisi MSE terbaru, silahkan men-download-nya melalui link yang telah kami sediakan pada artikel Cara ampuh membersihkan virus Sality.

Informasi lebih lanjut mengenai virus Ramnit yang dikenali MSE, silahkan mengunjungi Microsoft Malware Protection Center.


Selamat mencoba dan semoga berhasil...

13 April 2011

Nonaktifkan IE 9 Kompatibilitas Mode Untuk Performa Terbaik

IE 9


Internet Explorer 9 (IE9) datang dengan membawa banyak perbaikan dan dukungan yang lebih baik terhadap perkembangan dan teknologi web terbaru. Diantaranya, pada IE 9 telah ditambahkan dukungan untuk CSS3 dan HTML5.

Berbeda dengan versi pedahulunya (IE 6, 7 dan 8), IE 9 memiliki performa yang jauh lebih baik. Meski terlambat jika dibandingkan web browser lain, kini penanganan beberapa komponen CSS seperti border radius dan rendering opacity telah ditambahkan dan disempurnakan pada IE 9 ini.

Namun demikian, secara default IE 9 tetap mengaktifkan mode kompatibilitas. Menurut pengalaman kami, dengan mengaktifkan mode kompatibilitas akan menurunkan performa IE 9 dan browser akan menggunakan document mode IE7 saat digunakan membuka blog ini.

Untuk mendapatkan kinerja terbaik, mematikan penggunaan mode kompatibilitas akan menjadi jalan keluar. Caranya adalah dengan memilih menu "Tools" pada menu bar, lalu memilih opsi "Compatibility View Settings"...

IE 9

Pada jendela Compatibility View Settings, hilangkan centang pada opsi "Display all websites in Compatibility View". Klik tombol "Close" maka secara otomatis halaman yang sedang dibuka akan direfresh.

Pengalaman kami, dengan menonaktifkan mode kompatibilitas dapat meningkatkan kecepatan loading halaman dan semua komponen CSS terbaru yang tidak didukung oleh IE versi sebelumnya dapat ditangani dengan baik oleh IE 9.

Sayangnya IE 9 hanya tersedia bagi pengguna Vista dan Windows 7 saja. Pengguna Windows Xp, Vista atau Windows 7 yang masih menggunakan IE 6, 7 atau 8, dapat menginstal Crome Frame sebagai add-on agar mendapatkan performa yang lebih baik. Untuk menginstal Chrome Frame pada IE, silahkan menuju ke halaman Menginstal Google Chrome Frame Untuk Internet Explore...

Selamat mencoba...


Internet Explorer 9 dapat Anda download di sini.

11 April 2011

Mozilla Firefox 5 Rilis 21 Juni?

Mozilla Firefox 4.0


Baru saja Mozillla Firefox 4.0 remi dirilis, rencana besar telah disiapkan pengembang Mozilla. Sebuah rancangan roadmap telah dipublikasikan di Github, generasi penerus Mozilla Firefox terbaru, Mozilla Firefox 5 akan dirilis pada 21 Juni mendatang.

Minggu ini, Firefox 5 akan dimasukkan Mozilla pada apa yang disebut "fase aurora" (alpha), diikuti lima minggu kemudian untuk fase beta. Selama fase aurora (alpha) Mozilla Firefox 5, siklus pengembangan untuk Firefox 6 akan dimulai pada tanggal 12 April. Umumnya, sebuah fase memerlukan masa enam minggu, tetapi itu akan lebih pendek untuk Firefox 5 karena terjadi tumpang tindih selama pengembangan Firefox 4.

Roadmap Firefox 5

Pada bulan Februari, Mozilla mengumumkan bahwa rilis besar itu harus dihasilkan dalam jangka waktu yang singkat. Sebagai hasilnya, pengguna bisa melihat hingga empat versi baru selama tahun ini. Itu artinya, hingga akhir tahun Mozilla akan merilis hingga Mozilla Firefox 7.

Mozilla mengatakan harus ada saluran update berbeda untuk Firefox, mirip dengan cara Google merilis update untuk browser Chrome-nya: "nightly", "aurora", "beta" dan "release channel".

Mozilla mengharapkan sampai dengan 100.000 pengguna (diharapkan sebagian dari mereka adalah developer) untuk "nightly Channel" dan satu juta pengguna untuk "Aurora Channel" - diutamakan "power user" yang bersedia bekerja dengan versi yang belum stabil. Rilis ini tidak akan menggunakan ikon Firefox standar, namun akan menggunakan ikon baru "Nightly" atau "Aurora" sebagai pilihan.


Download Mozilla Firefox 4:




Disarikan dari h-online.com

09 April 2011

Rilis KDE 4.6.2

KDE 4.6.1


Update pemeliharaan kedua lingkungan desktop populer dan tercanggih, KDE 4.6.2 telah resmi diluncurkan. Ini merupakan update minor yang difokuskan untuk perbaikan bug dan update terjemahan.

KDE SC 4.6.2 adalah rilis kedua dalam serangkaian update perbaikan bug rutin bulanan dari rilis KDE 4.6. Bagi pengguna KDE 4.6.1 atau versi sebelumya disarankan untuk mengupdate ke versi terbaru ini.

Karena hanya berisi perbaikan dan update terjemahan, rilis ini akan menjadi update yang menyenangkan dan aman untuk semua pengguna. Saat ini, KDE SC 4.6 telah diterjemahkan ke lebih dari 55 bahasa.

Rangkuman KDE SC 4.6.2:
  • Perbaikan bug pada KCalc;
  • Perbaikan bug dan debug output pada Okular telah dihapus;
  • Perbaikan bug pada Dolphin, Konsole, Kopete, kppp, KWin, Powerdevil, KBlocks dan KBreakout.

Untuk mengetahu rincian perubahan, silahkan baca catatan rilis resmi.


Cara update KDE 4.6.2 untuk pengguna Ubuntu:

KDE 4.6.2 sudah tersedia dalam repositori software Ubuntu. Pengguna Ubuntu 10.10 dan Ubuntu 11.04 dapat mengupdate ke KDE SC 4.6.2 dengan menjalankan aplikasi "Update Manager" dari System --> Administration.

Bagi pengguna Ubuntu 10.04 dapat mengupdate KDE 4.6.2 dengan mengikuti petunjuk instalasi di bawah ini:

- Pergilah ke Main utama --> System --> Administration lalu jalankan aplikasi "Software Sources". Masukkan password lalu tekan Enter;
- Buka tab kedua, "Other Software", klik tombol 'Add' lalu paste baris perintah berikut:

deb http://ppa.launchpad.net/kubuntu-ppa/backports/ubuntu maverick main

Klik tombol 'Add Source';
- Buka tab "Authentication", klik tombol "Import Key File" lalu tambahkan GPG Key ini (download dulu file GPG Key tersebut dengan cara klik kanan pada link lalu pilih menu "Save Link As" untuk mendownload dan menyimpan pada desktop Anda);
- Tutup aplikasi "Software Sources" dan Anda akan mendapat pertanyaan apakah akan memuat ulang informasi software yang tersedia, klik tombol 'Reload', tunggu hingga jendela "Software Sources" ditutup otomatis;
- Pergi ke Menu utama --> System --> Administration lalu jalankan aplikasi "Update Manager". Silahkan update KDE yang Anda gunakan;
- Reboot komputer setelah KDE 4.6.2 berhasil diinstal.

Bagi pengguna Ubuntu 10.04 dan Ubuntu 10.10 yang belum menginstal KDE 4.6 dan Ingin mengintsal pada sistem yang digunakan, silahkan ikuti panduan cara menginstal KDE 4.6 pada artikel kami yang lalu.

Untuk pengguna distro lain, atau bagi Anda pengguna Linux tingkat mahir, dapat mendownload dan menginstal KDE 4.6.2 secara mandiri.

Download KDE 4.6.2:

Catatan: Jika ketika Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak tersedia, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software ini.








Disarikan dari news.softpedia.com

07 April 2011

GNOME 3 Resmi Diluncurkan




Pada 6 April 2011 lalu, para pengembang Gnome dengan bangga mengumumkan secara resmi rilis lingkungan desktop terbaru mereka, GNOME 3.0.

GNOME 3 adalah lingkungan desktop yang digunakan dalam berbagai distribusi Linux populer, seperti Ubuntu, Mandriva, PCLinuxOS, dll.

GNOME 3 hadir setelah lima tahun bekerja keras dan benar-benar membawa user interface yang telah didesain ulang, banyak fitur baru ditambahkan, perbaikan aplikasi, terjemah bahasa baru dan dokumentasi telah diperbarui.




Beberapa kelebihan GNOME 3;
  • Keindahan - GNOME 3 menawarkan kemudahan penggunaan sebuah desktop yang elegan, terutama untuk Shell GNOME baru. Ia juga memiliki font baru, style GTK baru dan animasi yang indah.
  • Tinjauan sekilas - Anda dapat dengan mudah mengakses semua aplikasi dengan satu klik mouse. Navigasi keyboard yang mudah untuk mengakses aplikasi yang Anda butuhkan juga disediakan.



  • Built-in pengirim pesan - Kemampuan untuk mengirim balasan ke instant messages langsung dari dialog notifikasi.
  • Komputansi bebas interupsi - Dengan GNOME 3 Anda akan menjadi pengendali sepanjang waktu, dengan mengurangi interupsi dan gangguan dengan sistem notifikasi yang baru. Pemberitahuan akan secara otomatis dan cerdas disimpan untuk nantinya dapat Anda baca.



  • Semua di ujung jari Anda - Hanya dengan keyboard, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengakses segalanya pada desktop GNOME 3. Untuk mencari sesuatu, yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol "aktivitas" pada keyboard (tombol Windows)...sederhana bukan?.
  • Pengaturan sistem telah didesai ulang - Fitur GNOME 3 sepenuhnya telah mendesain ulang pengaturan sistem, yang membuat mereka lebih mudah untuk digunakan. Ada juga cara baru untuk menelusuri pengaturan Anda, dan Anda dapat dengan mudah menemukan pengaturan yang Anda butuhkan dengan kategori yang telah direoragnisir.

"For GNOME 3, the GNOME Project has started from scratch and created a completely new, modern desktop designed for today's users and technologies." - Tertuang dalam situs baru GNOME 3.

Sambil menanti semua ditribusi Linux utama mengupdate repositori ke GNOME 3, bagi pengguna yang sudah tak sabar untuk mencicipi keindahan Gnome 3 dapat mendownload source GNOME 3.0 untuk menginstalnya secara mandiri.







Disarikan dari news.softpedia.com

06 April 2011

Distribusi CD Ubuntu Tak Gratis Lagi - Program ShipIt Telah Dihentikan Canonical

CD Ubuntu tak gratis lagi


Melalui Gerry Carr, Canonical telah mengumumkan penghentian pendistribusian CD Ubuntu secara gratis melalui Program ShipIt.

Layanan ShipIt ini telah dimulai kembali sejak tahun 2005 untuk mendistribusikan CD gratis dengan OS Ubuntu, bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Dengan menyesal kami informasikan bahwa Program ShipIt telah dihentikan. Pengguna tidak akan dapat memesan CD gratis lagi untuk Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) atau versi selanjutnya.

"Technology moves on and as we look at ways to spread Ubuntu further, a CD distribution programme, especially one of that size and delivered in that way, makes less sense."

"We have been slowly easing back the programme over the last two years to limit the number of CDs per person and the number of times a person could apply for a CD. But for Ubuntu 11.04 you will no longer be able to go to our website and apply for a free CD." - Dikatakan Gerry Carr dalam pengumuman.

Perlu kami sampaikan, Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) akan dikapalkan bersama versi stabil terbaru dari lingkungan desktop GNOME (GNOME 3.0), yang membawa banyak perbaikan di berbagai lini, seperti Nautilus, Empathy, Evolution, Tomboy, Totem, Brasero dan banyak lagi.

Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) akan ditenagai oleh kernel Linux 2.6.38 dan memuat aplikasi populer terbaru seperti LibreOffice 3.3.2, Mozilla Firefox 4.0, Banshee 1.9.5, Transmission 2.13, Shotwell 0.9.1, Gwibber 3.0.0, Evolution 3.0.0 serta banyak lagi lainnya.

Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) akan menjadi rilis ke-14 dari sistem operasi Ubuntu dan saat ini versi pengembangan terbaru yang telah siap diuji coba adalah Ubuntu 11.04 Beta 1.








Disarikan dari news.softpedia.com

05 April 2011

Dukungan Teknis Ubuntu 9.10, openSUSE 11.2 Dan Linux Mint 8 Akan Berakhir




Tiga distro Linux populer akan segera mengakhiri dukungan teknis untuk beberapa versi yang telah lama didukungnya. Ketiga distro tersebut masing-masing adalah openSUSE, Ubuntu dan Linux Mint.

openSUSE 11.2 dukungan teknisnya secara efektif akan berakhir pada 12 Mei mendatang. Sementara itu, Ubuntu 9.10 yang telah mendapatkan dukungan teknis dari Canonical selama 18 bulan, terhitung sejak rilis pertamanya pada 29 Oktober 2009 akan berkahir dukungan teknisnya pada 29 April nanti. Dampak berakhirnya dukungan teknis Ubuntu 9.10 juga akan dirasakan bagi pengguna Linux Mint 8 yang dikembangkan di atas Ubuntu 9.10. Praktis kedua distro ini (Ubuntu 9.10 dan Mint 8) dukungan teknisnya akan berakhir pada hari dan tanggal yang sama.

Bagi pengguna yang masih menggunakan ketiga distro dengan versi yang telah kami sebutkan diatas, sangat disarankan untuk segera mengupgrade sistem mereka ke versi terbaru dari masing-masing distro tersebut.

Bagi pengguna openSUSE dapat mengupgrade sistem yang digunakan ke versi terbaru saat ini yaitu openSUSE 11.4. Bagi pengguna Ubuntu 9.10 dapat mengupgrade ke versi 10.10 atau menanti hingga rilis final Ubuntu 11.04 pada 28 April mendatang. Sedangkan pengguna Linux Mint dapat memperbarui sistem ke versi Linux Min 10 Julia yang telah dirilis beberapa bulan lalu.

Panduan mengupgrade Ubuntu 9.10 dapat Anda baca di https://help.ubuntu.com/community/LucidUpgrades.

Panduan mengupgrade Linux Mint 8 dapat Anda baca di http://community.linuxmint.com/tutorial/view/2.










Disarikan dari news.softpedia.com

04 April 2011

Kehilangan...



Dan malampun kian dingin dan sunyi...
Tanpa sesiapa yang peduli lagi...

01 April 2011

Ubuntu 11.04 Beta 1 Telah Tersedia Untuk Pengujian

Ubuntu 11.04 Beta 1


Canonical telah merilis Beta pertama Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) untuk dapat dilakukan pengujian dalam proses pengembangan distro Linux populer tersebut. Ubuntu 11.04 Beta 1 datang dengan membawa banyak perubahan dari versi pengembangan sebelumnya.

Apa yang baru pada Ubuntu 11.04 Beta 1?

Ubuntu 11.04 Beta 1

Unity telah lebih disempurnakan dalam versi Beta ini dan Canonical berharap Anda mau meluangkan waktu untuk menguji dan melaporkannya kembali. Pada saat ini, Unity memungkinkan Anda untuk melakukan drag & drop ikon, re-order ikon, quick-lists pada menu klik-kanan, navigasi keyboard, menggunakan pintasan keyboard dan kemampuan untuk beralih antar aplikasi yang sedang dijalankan.

Ubuntu 11.04 Beta 1 memuat aplikasi seperti LibreOffice 3.3.2, Mozilla Firefox 4.0, Banshee 1.9.5, GCC 4.5, Python 2.7, dpkg 1.16.0 dan Upstart 0.9.

Ubuntu 11.04 Beta 1 edisi ARM hadir dengan antarmuka Unity 2D baru yang telah diaktifkan secara default.

Sementara itu, Ubuntu Server 11.04 Beta 1 memuat Powernap 2.0, ISC-dhcp v4, Eucalyptus 2.0.2, OpenStack 2011.2 dan Libvirt 0.8.8.

Apa yang baru dalam Kubuntu 11.04 Beta 1?

Ubuntu 11.04 Beta 1

Kubuntu 11.04 Beta 1 kini telah dibangun di atas KDE SC 4.6. Itu termasuk OwnCloud remote file storage server yang baru dari KDE.

Selain itu, Phonon GStreamer sekarang menjadi default sistem multimedia dan beberapa game ditambahkan pada Live DVD.

Apa yang baru di Xubuntu 11.04 Beta 1?

Ubuntu 11.04 Beta 1

Xubuntu 11.04 Beta 1 sekarang dibangun di atas lingkungan desktop Xfce 4.8 yang dirilis baru-baru ini. Default wallpaper telah diubah dan seluruh desktop terlihat sangat bersih dan indah. Ikon theme Xubuntu juga telah diperbarui.

Download Ubuntu 11.04 Beta 1:


Catatan: Jika ketika Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak tersedia, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software ini.










Disarikan dari news.softpedia.com