31 May 2011

Download Mozilla Firefox 6.0 Aurora For Linux, Mac OS X Dan Windows

Tim pengembang di proyek Mozilla telah mengumumkan rilis Firefox 6 Aurora, sebuah versi pre-release yang akan menjadi Firefox 6.0. Menurut pengembang, rilis di saluran Aurora meliputi beberapa fitur baru yang memberi kesempatan kepada pengguna dan pengembang web untuk memiliki kontrol yang lebih besar terhadap browser.

Firefox 6 AScratchPad baru, yang terletak di bawah menu Web Developer, memungkinkan pengembang dengan cepat membuat dan menguji penggalan JavaScript dalam browser. Console Web sekarang dapat dipindahkan ke bagian lain dari jendela atau bahkan ke jendela tersendiri. Versi Aurora terbaru juga memuat penambahan dukungan untuk HTML5, DOM level 3, event server-sent dan teknologi jaringan, serta perangkat lainnya untuk para developer, daftar lengkapnya dapat ditemukan pada halaman pengembangan Firefox 6 di Mozilla Developer Center.

Dukungan untuk protokol WebSocket telah diperkenalkan kembali, Mozilla telah menghapusnya tahun lalu karena masalah keamanan. WebSockets memungkinkan koneksi permanen antara klien dan server dan memungkinkan server untuk mengirimkan data ke klien secara mandiri. Dalam koneksi konvensional, klien akan meminta sebuah server untuk mengirim data melalui GET atau POST.

Fitur eksperimental yang dapat dicoba adalah jendela pengelolaan data, dengan mengetik "about:permissions" tanpa tanda kutip pada URL, maka sebuah halaman pengaturan data akan terbuka. Pada halaman tersebut Anda dapat melalukan pengaturan beberapa fungsi seperti pengelolaan password, cookies, popup blocker dan yang lainnya.

Firefox 6 A

Sama seperti rilis pengembangan lainnya, penggunaan dalam lingkungan kerja tidak disarankan. Pengguna diharapkan untuk memberikan umpan balik dan melaporkan bug yang mereka temukan.

Rincian lebih lanjut tentang versi pra-rilis terbaru Firefox 6 dapat ditemukan dalam sebuah posting di blog Mozilla. Pengguna dapat mendownload rilis Firefox 6 Aurora, berlabel 6.0a2, dari halaman rilis Mozilla Aurora.

Binari Firefox dirilis di bawah Mozilla Firefox End-User License Agreement Software dan kode sumber dirilis di bawah lisensi tri-disjungtif yang meliputi Mozilla Public License, GPLv2 dan LGPLv2.1.


Download Mozilla Firefox 6 Aurora:





Disarikan dari h-online.com

30 May 2011

Cara Menginstal Dan Mengganti Theme Plymouth Secara Manual

Tutorial cara menginstal dan mengubah theme plymouth secara manual ini merupakan kelanjutan dari tutorial sebelumnya. Jika sebelumnya kami telah menyampaikan cara memodifikasi tampilan Ubuntu 11.04 menjadi Macbuntu menggunakan MacbuntuX Remix 11.04, tutorial ini merupakan pelengkapnya.

PlymouthKedua tutorial ini kami sajikan secara manual dan visual dengan maksud agar bagi siapapun yang ingin mencobanya dapat dengan mudah mengikuti dan memahami alur kerjanya. Meski demikian, sebenarnya itu dapat dilakukan dengan memberi baris perintah dari terminal (command line). Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan kombinasi kedua cara tersebut, yaitu dengan visual dan menggunakan command line.

Tujuan secara keseluruhan adalah setelah kita memahami cara kerja dari apa yang telah kita pelajari, maka kita dengan mudah dapat melakukan modifikasi sistem secara mandiri, dan setelahnya mungkin Anda dapat mengambil kesimpulan dengan membandingkan modifikasi yang Anda lakukan dengan kebanyakan distro turunan Ubuntu.

Untuk menginstal dan mengganti theme plymouth, kami telah menyiapkan sebuah theme berpenampilan Mac OS X agar sesuai dengan tutorial sebelumnya. Paw-OSX plymouht theme dapat Anda download dari Ziddu atau dari 4shared. Extract file tar.gz yang telah Anda download sehingga mendapatkan folder "Paw-OSX" yang bersisi file-file theme plymouth paw-osx.

Jalankan Nautilus sebagai root dengan cara menekan kombinasi tombol ATL+F2 untuk membuka dialog "Run Application", ketik "gksu nautilus" tanpa tanda kutip lalu tekan enter, masukkan password Anda jika diminta.

Plymouth

Copy paste folder "Paw-OSX" dari tempat Anda menyimpannya ke folder /lib/plymouth/themes/. Tutup jendela Nautilus lalu jalankan aplikasi Terminal untuk memberikan perintah berikut ini...

Ketik atau copy paste perintah berikut untuk menambahkan theme plymouth Paw-OSX kedalam sistem,

sudo update-alternatives --install /lib/plymouth/themes/default.plymouth default.plymouth /lib/plymouth/themes/Paw-OSX/paw-osx.plymouth 100

Plymouth

Ketik atau copy paste perintah berikut untuk menjadikan Paw-OSX sebagai default theme plymouth,

sudo update-alternatives --set default.plymouth /lib/plymouth/themes/Paw-OSX/paw-osx.plymouth

Terakhir, ketik atau copy paste perintah berikut untuk mengupdate initramfs,

sudo update-initramfs -u

Pada setiap command line tersebut Anda harus mencermati penggunaan tanda dan spasi agar tidak salah mengetik perintah.

Sekarang saatnya menguji perubahan theme plymouth yang baru saja Anda lakukan, restart komputer dan silahkan lihat perubahannya...

Plymouth

Jika proses perubahan yang Anda lalukan berhasil, seharusnya theme plymouth (boot splash)akan nampak seperti gambar di atas.

Selamat mencoba...

Unity Siap Digunakan Pada openSUSE

Nelson Marques mengumumkan bahwa dia telah bekerja sangat keras untuk memporting antar muka Unity dari Canonical/Ubuntu pada sistem operasi openSUSE 11.4.

Unity-openSUSEUnity adalah antarmuka pengguna baru (shell) yang dirancang dan dibuat oleh Canonical untuk Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) yang baru saja dirilis. Bukan rahasia bahwa banyak pengguna Ubuntu tidak menyukai Unity, namun nampaknya para pengguna openSUSE menginginkan itu dalam distribusi mereka.

Saat ini, hanya Unity 2D yang akan disertakan dalam repositori software openSUSE 11.4 GNOME: Ayatana, dan pekerjaan untuk memporting Unity 3D akan terus berlanjut. Sebuah installer 1-Click juga akan tersedia bagi mereka yang ingin menguji Unity pada openSUSE.

Nelson Marques's mengatakan paket Unity akan mencakup beberapa fitur bagus, seperti peluncur menu auto-hide, pilihan ruang kerja, menu aplikasi dan file, dan transparansi diaktifkan secara default.

"There are transparencies because I enabled ‘composite’ on metacity, which works very nicely. As far as I could understand, the developers of Unity 2D are also looking into implementing Compiz with Unity 2D, which would be sweet." - Kata Nelson Marque.

Sebelum meng-upload paket Unity 2D, Nelson Marques harus memastikan bahwa berbagai dependensi Unity sudah dapat diimplementasikan sebagai mana mestinya, dan bahwa Compiz telah bekerja dengan baik.

Berikut adalah screenshot yang menunjukkan Unity 2D bekerja pada sistem operasi openSUSE 11.4, milik Nelson Marques...

Unity-openSUSE

Unity-openSUSE

Unity-openSUSE

Unity-openSUSE

"A few more additional packages need some care and once they get updated and tested they will be uploaded to GNOME:Ayatana, at which time I will provide an installer (1-Click) for those willing to test Unity-2D."

"Unity 2D will be the first application to use the indicators I have prepared in the past which all all found working, except 1, the AppMenu (strangely it works on GNOME2 panel without issues)." - Kata Nelson Marques dalam pengumuman.

Repositori software openSUSE GNOME: Ayatana juga menyediakan aplikasi-aplikasi populer seperti Evolution, Banshee, Empaty, Metacity, dan berbagai indikator Ubuntu.

Sebagai pengguna Ubuntu, saya berharap Unity akan disambut baik di komunitas openSUSE...






Disarikan dari news.softpedia.com

26 May 2011

Download Linux Mint 11 (Katya) Final Release

Hari ini, 28 Mei 2011, Clement Lefebvre, pendiri proyek Linux Mint, telah mengumumkan peluncuran Linux Mint 11 (Katya) beberapa jam yang lalu.

Linux Mint 11Linux Mint 11 (Katya) didasarkan pada Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) yang didukung oleh kernel Linux 2.6.38, X.Org 7.6 dan GNOME 2.32.

Meskipun berbasis Ubuntu 11.04, distribusi baru Linux Mint 11 datang tanpa antarmuka Unity. Ia menggunakan tampilan lama dan klasik one-panel GNOME look.

"The team is proud to announce the release of Linux Mint 11 "Katya". [...] Linux Mint 11 comes with updated software and brings refinements and new features to make your desktop even more comfortable to use." - Disampaikan dalam pengumuman rilis.

Rangkuman Linux Mint 11:
  • Berdasarkan Ubuntu 11.04;
  • Linux kernel 2.6.38;
  • Datang tanpa Unity Shell;
  • GNOME 2.32.1;
  • Installer dengan sekali-klik untuk codec multimedia dan aplikasi ekstra;
  • Perbaikan dan peningkatan kinerja pada Software Manager;
  • Perbaikan dan peningkatan kinerja pada Update Manager;
  • Peningkatan pada Desktop Settings;
  • Wallpaper baru;
  • Mint-search-addon pada web browser Firefox 4, Chrome dan Opera;
  • Gwibber telah dihapus;
  • gThumb menjadi default penampil photo;
  • Banshee menjadi default pemutar musik;
  • LibreOffice 3.3 office suite;
  • Overlay pada scrollbar;
  • Pembaruan Mint-X theme;
  • Ditambahkan perintah 'apt download';
  • Adobe Flash Player 10.2 plugin;
  • Dan berbagai perbaikan bug.
Screenshot Linux Mint 11:

Linux Mint 11

Linux Mint 11

Linux Mint 11

Linux Mint 11

Linux Mint 11

Linux Mint 11 (Katya) tersedia untuk arsitektur 32-bit dan 64-bit, dan itu didistribusikan sebagai Live CD/DVD GNOME dan edisi OEM. Edisi Live KDE, LXDE, Fluxbox dan Xfce akan segera datang menyusul.

Download Linux Mint 11 Final Release:





Disarikan dari news.softpedia.com

25 May 2011

MacbuntuX Remix 11.04 - Ubah Tampilan Ubuntu 11.04 Ala Macbuntu

Sesuatu yang mudah dilakukan untuk menjadikan Ubuntu 11.04 nyaman dan enak dipandang adalah mengubah tampilannya. Sebuah paket aplikasi yang dikhususkan untuk memperindah tampilan desktop Ubuntu sehingga mirip dengan desktop Mac OS X adalah paket Macbuntu.

MacbuntuX Remix 11.04Hingga kami menulis artikel ini, Macbuntu belum dapat diinstal pada Ubuntu 11.04. Versi terbaru Macbuntu saat ini hanya mendukung untuk diterapkan pada Ubuntu 10.10, sehingga untuk dapat menggunakan Macbuntu pada Ubuntu 11.04 kita perlu melakukan modifikasi dan menginstalasikannya secara manual, dan kami telah menyiapkan modifikasi MacbuntuX Remix 11.04 yang berbasis paket Macbuntu. Bagi Anda yang berminat, silahkan mengikuti tutorial berikut untuk menerapkan modifikasi MacbuntuX pada Ubuntu 11.04 yang Anda gunakan.

Sebagai informasi tambahan, MacbuntuX akan mencakup perubahan tampilan yang terdiri dari theme MacbuntuX, icon MacbuntuX, cursor MacbuntuX, sound MacbuntuX, background aurora, penggunaan paket Cairo Dock dan paket Gnome Globalmenu yang akan kita gunakan pada linkungan desktop Gnome 2.32.

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendownload paket theme MacbuntuX, icon MacbuntuX, cursor MacbuntuX, sound MacbuntuX dan background aurora.

Link download:
Update: Bagi Anda yang kesulitan mendownload melalui Ziddu silahkan mendownload melalui 4shared yang link downloadnya telah kami sediakan.

Setelah semua paket tersebut didownload, extract semua file tar.gz sehingga Anda akan mendapatkan folder "MacbuntuX" yang berisi theme Macbuntu, "MacbuntuX-Icons" yang berisi ikon Macbuntu, "MacbuntuX-Cursors" yang berisi file-file kursor Macbuntu dan "MacbuntuX-Sounds".

Sebenarnya paket-paket tersebut sudah dapat digunakan oleh pengguna tunggal, namun dalam tutorial ini kami ingin menambahkan semua modifikasi pada sistem, sehingga jika pada Ubuntu 11.04 yang Anda gunakan memiliki banyak user, masing-masing tidak perlu lagi melakukan instalasi. Hal ini juga dimaksutkan agar kita lebih mudah saat mengganti theme GDM (layar login) dengan theme MacbuntuX. Cara menambahkan semua komponen ke dalam sistem adalah dengan meng-copy paste semua folder dan file yang telah kita persiapkan pada tempatnya masing-masing dan untuk itu kita memerlukan hak akses sebagai root.

Jalankan nautilus sebagai root dengan cara menekan kombinasi tombol Alt+F2, pada dashboard "Run" silahkan ketik "gksu nautilus" tanpa tanda kutip lalu tekan enter, masukkan password Anda jika diminta...

MacbuntuX Remix 11.04

Setelah nautilus dijalankan sebagai root, copy paste folder "MacbuntuX-Icons" dan "MacbuntuX-Cursors" ke dalam folder "/usr/share/icons/".

MacbuntuX Remix 11.04

Selanjutnya, copy paste folder "MacbuntuX-Sounds" ke dalam folder "/usr/share/sounds/". Lalu copy paste file "aurora.jpg" ke folder "/usr/share/backgrounds/" dan copy paste folder "MacbuntuX" ke folder "/usr/share/themes/".

Tutup jendela nautilus dan kini theme MacbuntuX telah siap digunakan. Jalankan "Appearance Preferences" untuk mengganti theme melaui "Control Center", pada jendela Appearance Preferences pilih theme MacbuntuX untuk diterapkan.

MacbuntuX Remix 11.04

Jika muncul informasi "The current theme suggests a background.", klik tombol "Apply Background" untuk menerapkan aurora sebagai background. Tutup jendela Appearance Preferences dan sekarang Anda dapat melihat perubahan pada tampilan desktop.

Masih dengan Control Center, jalankan "Sound Preferences" lalu pada tab "Sound Effects" pada menu dropdown "Sound theme" pilih "MacbuntuX".

MacbuntuX Remix 11.04

Tutup jendela Sound Preferences dan kini Anda telah menggunakan suara sistem MacbuntuX.

Langkah selanjutnya adalah mengganti theme login manager GDM. Untuk mengganti theme GDM pada Ubuntu 11.04 caranya sama dengan cara mengganti theme GDM pada Ubuntu 10.10 yaitu dengan cara mencopy paste Appearance dari folder "/usr/share/applications/" ke folder "/usr/share/gdm/autostart/LoginWindow/". Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca artikel Cara Mengganti Theme Login GDM Pada Ubuntu.

Logout dari sesi saat ini untuk melakukan perubahan theme GDM saat jendela login dijalankan...

MacbuntuX Remix 11.04

Pilih theme MacbuntuX lalu tutup jendela Appearance Preferences, kini theme GDM telah berubah wajah (setelah login, jangan lupa menghapus appearance dari folder "/usr/share/gdm/autostart/LoginWindow/" agar Appearance Preferences tidak selalu dijalankan saat GDM dijalankan)...

MacbuntuX Remix 11.04

Pada bilah di bagian bawah, pilih menu dropdown "Session" lalu pilih "Ubuntu Classic" untuk menjalankan desktop Gnome.

Sekarang saatnya kita menginstal paket Cairo dock. Jalankan "Synaptic Package Manager" lalu cari dan tandai paket "cairo-dock" beserta dependensi dan paket pendukungnya untuk diinstal. Setelah paket Cairo dock berhasil diinstal, jalankan Caro dock melalui Applications --> System Tools --> Cairo-Dock (no OpenGL) atau jika memungkinkan Anda dapat memilih Cairo-Dock dengan OpenGL...

MacbuntuX Remix 11.04

Kini desktop Gnome pada Ubuntu 11.04 telah memiliki dock dibagian bawah menggunakan Cairo Dock lengkap dengan theme MacbuntuX....

MacbuntuX Remix 11.04

Sampai dengan langkah ini sebenarnya penerapan paket Macbuntu pada Ubuntu 11.04 sudah cukup, mengingat Ubuntu 11.04 secara default menggunakan Unity Shell sebagai interface yang telah memiliki menu global seperti halnya desktop Mac OS X.

Instalasi paket tambahan.

Sebagai pelengkap dalam paket MacbuntuX ini, Anda dapat menginstal paket Gnome globalmenu untuk menambahkan global menu pada Gnome saat Anda menggunakan sesi Ubuntu Classic. Instalasi paket ini bersifat opsional sehingga jika dipandang tidak perlu Anda dapat mengabaikannya.

Untuk menginstal Gnome Globalmenu pada Ubuntu 11.04, kami telah mengumpulkan paket-paket yang diperlukan, paket-paket tersebut merupakan paket yang diperuntukkan bagi Ubuntu 10.10, namun demikian tetap dapat diinstal dan dijalankan pada Ubuntu 11.04.

Silahkan dowload paket Gnome Globalmenu yang telah kami kumpulkan, lalu mengextractnya sehingga Anda mendapatkan file-file biner berektensi .deb yang siap digunakan.

Link download:
Gnome Globalmenu 0.7.9 i386 Ziddu | 4shared

Lakukan instalasi dengan cara mengklik ganda pada tiap paket agar dijalankan oleh Software Center. Secara berurutan silahkan instal paket libgnomenu0-2_0.7.9, libglobalmenu-gnome_0.7.9, gnome-globalmenu-common_0.7.9, gnome-applet-globalmenu_0.7.9 dan gnome-globalmenu_0.7.9. Jika saat instalasi Software Center menampilkan informasi paket dengan kualitas yang diragukan, abaikan saja peringatan tersebut untuk melanjutkan proses instalasi hingga semua paket selesai diinstal...

MacbuntuX Remix 11.04

Setelah semua selesai diinstal, silahkan logout dari sesi saat ini lalu login kembali dengan desktop Gnome. Klik kanan di area kosong pada panel atas lalu pilih menu "Add to Panel...", pada jendela "Add to Panel" pilih applet "Global Menu Panel Applet" lalu klik tombol "Add"...

MacbuntuX Remix 11.04

Kini Globalmenu applet telah ditambahkan pada panel, masih dengan jendela "Add to Panel" yang terbuka, klik kanan pada applet "Menu Bar" pada panel atas lalu pilih menu "Remove from Panel".

Ganti applet "Menu Bar" dengan applet "Main Menu" dari jendela "Add to Panel"...

MacbuntuX Remix 11.04

Kini Anda tinggal mengatur penempatan applet dengan cara menggeser mereka ketempat masing-masing. Gambar berikut adalah contoh desktop Gnome pada Ubuntu 11.04 yang telah dilengkapi dengan Gnome Globalmenu lengkap dengan theme MacbuntuX dan Cairo dock...

MacbuntuX Remix 11.04

Langkah opsional lainnya adalah menambahkan theme MacOSX untu Mozilla Firefox, jalankan Add-on manager lalu cari ekstensi macosx theme untuk menginstalnya pada Firefox. Ini adalah Mozila Firefox 4.0.1 yang telah menggunakan theme Mac OS X...

MacbuntuX Remix 11.04

Dan atau bagi Anda yang juga menggunakan Google Chrome dapat menginstal ekstensi theme GTK Leopard Chrome theme agar Google Chrome yang digunakan memiliki tampilan yang sesuai. Download GTK Leopard Chrome theme dari sini, lalu extract sehingga Anda mendapatkan file "GTK_Leopard_Chrome_Theme_by_eamon63.crx". Instal theme tersebut degan cara mengklik kanan pada file lalu pilih menu "Open with other application..." lalu pada jendela "Open with" pilih "Google Chrome"...

MacbuntuX Remix 11.04

Kini langkah-langkah modifikasi Macbuntu dengan MacbuntuX Remix 11.04 telah selesai dan ini adalah hasil akhir tampilan desktop Unity pada Ubuntu 11.04 dengan theme MacbuntuX...

MacbuntuX Remix 11.04
Unity Ubuntu 11.04 dengan MacbuntuX


MacbuntuX Remix 11.04

MacbuntuX Remix 11.04
Desktop Cube dengan Compiz


Selamat mencoba...

Tutorial MacbuntuX Remix 11.04 ini didasarkan pada Macbuntu.

Dipersembahkan Oleh: BojaLinuxer Blog

Download Fedora 15 Final Release

Proyek Fedora telah mengumumkan secara resmi rilis serta ketersediaan untuk download rilis final Fedora 15 kemarin.

Fedora 15Fedora 15 dijuluki "Lovelock", datang bersama GNOME 3 sebagai lingkungan desktop dengan antarmuka GNOME Shell.

Fedora 15 ini didukung oleh kernel Linux 2.6.38 dan dilengkapi dengan paket-paket software seperti; Mozilla Firefox 4, LibreOffice 3, Dynamic firewall dan banyak lagi lainnya.

"We bring to you the latest and greatest release of Fedora ever, Fedora 15! Join us and share the joy of Free software and the community with friends and family."

"We have several major new features with special focus on desktops, developers, virtualization, security and system administration." - Dinyatakan dalam pengumuman resmi.

Fedora 15

Rangkuman Fedora 15:
  • Linux kernel 2.6.38.6;
  • Btrfs filesystem;
  • GNOME 3 desktop environment;
  • Indic typing booster;
  • Pelaporan crash yang lebih baik;
  • SELinux sebagai troubleshooter telah didesain ulang;
  • Antar muka Gnome Shell;
  • GTK+ 3.0;
  • Xorg Server 1.10;
  • Deja Dup sebagai sodtware pencadangan;
  • LibreOffice 3.3 open source office suite;
  • Mozilla Firefox 4.0 web browser;
  • BoxGrinder;
  • Ledger, double-entry sistem akuntansi;
  • recoll, perangkat pencarian;
  • Dynamic firewall;
  • IcedTea Java plugin;
  • RPM 4.9;
  • Python 3.2;
  • Rails 3.0.3;
  • OCaml 3.12;
  • FreeIPA 2.0;
  • Maven 3;
  • GNU Debugger (GDB) 7.3;
  • GCC 4.6;
  • Sugar .92;
  • Dukungan eCryptfs dalam authconfig;
  • Kompresi LZMA untuk Live images;
  • Peningkatan Power Management;
  • Retrace server;
  • Robotics suite.
Fedora 15

Fedora 15

"The Fedora Project is committed to providing a free and open source software experience to users of all types. Over the past few releases of Fedora, an incredible amount of work has gone into building a free desktop usable by anyone."

"These features have provided improvements in networking, software management, hardware support, and other functionality. Over the past cycle, work on these features has mostly been to provide bug fixes and additional stability." - Dinyatakan dalam catatan rilis.

Download Fedora 15 Final Release :
Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software yang Anda butuhkan.







Disarikan dari news.softpedia.com

Pusat Download Linux Mint - BojaLinuxer Blog (Download Center)

Halaman ini menyediakan link download Linux Mint terbaru


Linux Mint 12


Download Linux Mint 14 Nadia:


Download Linux Mint 13 KDE:


Download Linux Mint 13 Maya:



Download Linux Mint 12 Lisa:



Download Linux Mint 12 KDE:


Download Linux Mint 12 LXDE:


Download Linux Mint Debian Edition (LMDE) 201204:



Download Linux Mint 11 Katya:

Download Linux Mint 11 LXDE:

Download Linux Mint Debian Edition (LMDE) 201109:

Pusat Download PCMAV Update

Halaman download Update Build PCMAV terbaru.
Silahkan pilih update build yang Telah tersedia.

  • Download PCMAV 8.1 update build 1;
    (Status: Telah tersedia)
  • Download PCMAV 8.1 update build 2;
    (Status: Belum tersedia)
  • Download PCMAV 8.1 update build 3;
    (Status: Belum tersedia)
  • Download PCMAV 8.1 update build 4;
    (Status: Belum tersedia)

  • Download PCMAV LinkProtector 8.1 update 0.1;
    (Status: Belum tersedia)
  • Download PCMAV LinkProtector 8.1 update 0.2;
    (Status: Belum tersedia)
  • Download PCMAV LinkProtector 8.1 update 0.3;
    (Status: Belum tersedia)
  • Download PCMAV LinkProtector 8.1 update 0.4;
    (Status: Belum tersedia)
  • Download PCMAV LinkProtector 8.1 update 0.5;
    (Status: Belum tersedia)
  • Download PCMAV LinkProtector 8.1 update 0.6;
    (Status: Belum tersedia)


Periksa ketersediaan PCMAV Terbaru

22 May 2011

Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot) - Memperkenalkan Fitur Yang Akan Disertakan

Dengan artikel ini kami mengabarkan fitur baru yang akan dibawa oleh sistem operasi masa depan Ubuntu, Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot.

Ubuntu 11.10 alias Oneiric OcelotMark Shuttleworth telah memperkenalkan Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot) pada 7 Maret lalu. Sedangkan tanggal rilis Ubuntu 11.10 adalah 13 Oktober 2011.



Fitur Ubuntu 11.10 Desktop:
  • Linux kernel 2.6.40;
  • GNOME 3;
  • GTK 3;
  • LightDM menjadi default login manager;
  • X.org 1.10;
  • Peningkatan dan perbaikan bug pada Unity;
  • Fungsionalitas Unity, aksebilitas, otomatisasi dan pengujian stress;
  • Mozilla Thunderbird menjadi default mail client (Alpha 3);
  • Deja Dup dimungkinkan dengan menambahkan tugas pencadangan;
  • Utilitas untuk membangun lokalisasi CD;
  • FeatureFreeze dipindahkan setelah Alpha 3;
  • Pilihan paket Backports akan diintegrasikan ke dalam UI;
  • Perbaikan fungsi rating dan review pada Software Center;
  • Peningkatan multiarch;
  • Python akan diupdate ke versi 2.7 dan 3.2;

Fitur Ubuntu 11.10 Server:
  • Perangkat tambahan Orchestra;
  • OpenStack akan digunakan untuk Ubuntu Enterprise Cloud;
  • MySQL 5.5;
  • Percona Server;
  • MariaDB;
  • Jenkins;
  • Ensemble (PPA);
  • Cloudera Hadoop;
  • Pengujian otomatis menginstal server.

Fitur Kubuntu 11.10:
  • KDE SC 4.7.2;
  • Qt 4.8;
  • Aplikasi Default: Plasma, Rekonq, Muon Software Center, KMix, TouchĂ©gg and Quassel;
  • Aksebilitas Qt;
  • Perbaikan aksebilitas secara umum;
  • Perbaikan Kubuntu Mobile;
  • Perbaikan Kubuntu Tablet.

Jadwal rilis Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot):
  • 2 Juni 2011 - Ubuntu 11.10 Rilis Alpha 1
  • 30 Juni 2011 - Ubuntu 11.10 Rilis Alpha 2
  • 4 Agustus 2011 - Ubuntu 11.10 Rilis Alpha 3
  • 1 September 2011 - Ubuntu 11.10 Rilis Beta 1
  • 22 September 2011 - Ubuntu 11.10 Rilis Beta 2
  • 13 Oktober 2011 - Rilis Final Ubuntu 11.10

Ubuntu 11.10 akan menjadi rilis ke limabelas dari sistem operasi Linux populer Ubuntu. Silahkan ikuti kabar terbaru perkembangan Ubuntu 11.10 di sini pada waktu-waktu yang akan datang...






Disarikan dari news.softpedia.com

20 May 2011

Download Mozilla Firefox 5.0 Beta For Linux, Mac OS X Dan Windows

Sebulan setelah Aurora channel diluncurkan, kini Mozilla telah menyediakan Beta channel untuk rilis Mozilla Firefox 5.

Firefox 5 BetaSaat artikel ini kami tulis, beta channel Firefox 5 belum secara resmi diumumkan, namun bagi Anda yang ingin mencoba dan berpartisipasi dalam pengembangan Firefox 5 sudah dapat mengupdate dan atau mendownload Mozilla Firefox 5 Beta (link download dapat Anda temukan dibagian akhir artikel ini).

Beta chanel ditujukan untuk pengujian fitur baru yang lebih stabil dan untuk memberikan umpan balik guna membantu menyempurnakan dan memoles fitur yang akan disertakan dalam rilis final.

Seperti telah kami sampaikan saat rilis Aurora, tujuan perubahan pengembangan Firefox dengan menyediakan Aurora dan Beta channel adalah untuk "memberikan rilis baru Firefox lebih cepat dan memberikan pengguna lebih banyak kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengembangan Firefox". Sebagai informasi, rilis final Mozilla Firefox 5 direncanakan akan di luncurkan pada akhir Juni mendatang.

Mozilla Firefox 5 aurora

Informasi lebih lanjut tentang saluran baru Firefox dapat ditemukan pada sebuah posting di blog Mozilla.

Bagi Anda yang sebelumnya telah menggunakan Mozilla Firefox 5 Aurora, dapat mengupdate ke versi beta dengan cara memilih menu Help lalu memilih About Firefox untuk mengubah saluran update dari Aurora ke Beta channel.

Firefox 5 Beta


Download Mozilla Firefox 5 Beta:

Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software ini.

18 May 2011

Download Oracle VirtualBox 4.0.8 For Linux, Mac OS X Dan Windows

Oracle kembali meluncurkan rilis pemeliharaan untuk VirtualBox 4. VirtualBox 4.0.8 datang dengan serangkain perbaikan bug dan peningkatan diberbagai sektor.

VirtualBoxBeberapa perubahan pada VirtualBox 4.0.8 yang dapat kami sebutkan diantaranya; berbagai perbaikan bug pada host Mac OS X, penambahan perintah controlvm screenshotpng pada VBoxManage untuk menyimpan screnshot dari VM yang sedang berjalan pada format PNG.

Perubahan lainnya juga meliputi perbaikan potensi terjadinya crash saat shutdown pada host Windows, perbaikan dukungan 3D untuk rendering Gnome 3 pada Ubuntu 11.04 dan Fedora 15 serta perbaikan potensi crash saat melakukan perubahan ukuran jendela guest, dan masih banyak lagi perubahan lainnya.

Untuk rincian perubahan selengkapnya, dapat Anda temukan dalam VirtualBox change log. VirtualBox 4.0.8 dilisensikan di bawah GPL2 dan telah tersedia untuk download dari situs resmi VirtualBox (link download ada di bagian akhir artikel ini). Perubahan ke GPL dimungkinkan pada versi 4.0 dengan memisahkan ekstensi ke modul yang berdiri sendiri. Oracle VM Extension pack tersedia secara cuma-cuma di bawah lisensi Personal Use and Evaluation Licence (PUEL).

VirtualBox

Download VirtualBox Terbaru.


VirtualBox
Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software yang Anda butuhkan.

17 May 2011

Resize Partisi Windows Tanpa Menghapus Sistem Dan Data Dengan Ubuntu - GParted

Mengelola partisi hardisk memang perkara yang gampang-gampang susah. Mudah bagi mereka yang telah cukup mengenal seluk beluk sistem (system file) dan perangkat keras khususnya hardisk. Namun itu akan menjadi masalah serius bahkan menjadi momok bagi mereka yang terbiasa menggunakan sistem dengan segala kemudahan yang justru menjadikan mereka tidak tahu apa-apa tentang system file.

GParted On Ubuntu 11.04Pengguna-pengguna Windows tentu tak asing dengan system file seperti FAT, FAT16, FAT32 dan NTFS, sekurangnya mereka tentu telah sering mendengar nama-nama system file tersebut.

Bagi pengguna Linux, system file di atas tentu bukan hanya pernah mendengar bahkan mungki sangat akrab karena sering bermain-main dengannya. Berbeda dengan Windows, Linux memiliki system filenya sendiri, sebut saja contohnya ext, ext1, ext3..., journaling file system, ext4 journaling file system dan masih bayak lagi yang dikenali oleh Linux disamping semua system file milik Windows tentunya.

Itu mejadikikan Linux memiliki kemampuan untu dapat membaca dan menulis pada semua jenis system file Windows dengan aman. Namun sebaliknya, jangankan untuk menulis, membacapun Windows belum (tidak) mampu pada system file yang bukan miliknya. :D

Sebagai pengantar, sedikit penjelasan tersebut kami rasa telah cukup dan kita akan langsung menuju pada persoalan cara menyusun ulang / merisize partisi Windows yang telah berisi data dan sistem Windows itu sendiri dengan aman tanpa mengurangi atau menghapusnya sedikitpun.

Software dibutuhkan untuk melakukan itu adalah sebuah paket aplikasi yang secara default telah disertakan dalam distribusi Live CD Ubuntu desktop bernama GPARTED (GParted Partition Editor).

Hal-hal yang perlu kami sampaikan/ingatkan sebelum Anda memutuskan untuk mencoba / mengikuti langkah ini adalah sebagai berikut;
"Tutorial ini tidak disarangkan (meski tak ada larangan) dilakukan oleh mereka yang belumpernah mengenal, menjalankan/menggunakan dan atau melakukan instalasi sistem Linux apapun sebelumnya.

Dengan mengikuti langkah yang kami sampaikan dalam tutorial ini, Anda menyadari bahwa Anda MENANGGUNG SEDIRI segala risiko yang mungkin terjadi, seperti terjadinya kerusakan sistem yang telah ada, hilang/terhapusnya data/file penting lain dan atau tidak terbatas/menutup kemungkinan terjadinya kerusakan pada hardware (hardisk) meski kemungkinan itu sangat kecil, jika saat melakukan proses terjadi kesalahan atau insiden lain yang tidak diinginkan. Oleh karenanya, jika Anda ragu-ragu atau tidak memiliki keberanian sebaiknya TIDAK mengikuti langkah-langkah dalam tutorial ini, hal itu kami sampaikan semata-mata untuk kebaikan Anda".

Hal yang perlu/sebaiknya Anda lakukan sebelum meresize partisi adalah;
  • Membackup/mengamankan data dan file-file penting ke media penyimpanan lain seperti flashdisk, hardisk lain, CD atau DVD.
  • Memastikan semua perangkat telah siap dan dalam kondisi baik, seperti Live CD/DVD Ubuntu versi desktop, pada contoh ini kami menggunakan Ubuntu 11.04. Jika Anda belum memilikinya, silahkan mendownload melalui link yang telah kami sediakan dalam artikel ini lalu memburningnya kedalam CD/DVD.
  • Merapikan isi hardisk dengan menjalankan "Disk Defragmenter" dari sistem Windows (dalam contoh kami menggunakan Win 7).
Sebagai gambaran, kami meresize hardisk berkapasitas 40GB yang memiliki dua partisi masing-masing adalah "System Reserved" (terbentuk otomatis saat instalasi Win 7) berformat NTFS sebesar kurang lebih 100MB dan drive "C:\" berformat NTFS yang telah berisi sistem Windows 7 dan beberapa data/file yang kami simpan dalam folder dokumen dan desktop. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya...

GParted On Ubuntu 11.04

Jalankan Live CD desktop Ubuntu 11.04 dengan memilih menu "Try Ubuntu" pada layar "Welcome". Jika Anda menggunakan desktop Gnome, jalankan GParted melalui menu System -- > Administration -- > GParted Partition Editor. Jika Anda menggunakan Unity, buka Applications dari Dock Unity lalu cari GParted Partition Editor...

GParted On Ubuntu 11.04

GParted dijalankan dan mendeteksi keberadaan hardisk yang ada dalam komputer. Dalam contoh ini Anda dapat melihat, GParted mengenali hardisk yang kami gunakan sebagai "/dev/sda" dan telah memiliki dua partisi masing-masing "/dev/sda1" (ntfs, System Reserved) dan "/dev/sda2" (ntfs, tanpa label). Pilih pada /dev/sda2 (sesuaikan dengan partisi yang ingin diresize pada hardisk Anda) jangan sampai salah pilih, klik kanan lalu pada menu yang ditampilkan pilih opsi "Resize/Move"...

GParted On Ubuntu 11.04

Pada jendela "Resize/Move", ubah nilai HANYA pada "New size (MiB)" sesuai dengan keinginan Anda (tidak boleh kurang dari besarnya kapasitas yang telah digunakan) untuk mengubah ukuran drive C:\ (dalam satuan megabyte) dan menyediakan free space untuk partisi baru. Pada contoh ini kami mengubah ukuran drive "C:\ (/dev/sda2)" kurang lebih setengah dari total kapasitas sebelumnya (sekitar 20GB). Setelah Anda yakin tidak salah dalam memilih dan menentukan kapasitas, klik tombol ">| Resize/Move"...

GParted On Ubuntu 11.04

Tabel partisi baru akan ditampilkan, jika Anda belum puas dengan pengaturan yang baru saja Anda lakukan, Anda masih dapat melakukan pengaturan ulang. Setelah Anda benar-benar yakin dengan table partisi yang akan dibuat, klik tombol "Apply" untuk memulai proses resize partisi Windows...

GParted On Ubuntu 11.04

Akan ditampilkan dialog peringatan "Apply operations to device", klik "Cancel" jika Anda tidak yakin dan ingin membatalkan atau klik tombol "Apply" untuk melanjutkan dan tabel partisi baru akan ditulis/ditata ulang dan Anda tidak dapat membatalkannya lagi...

GParted On Ubuntu 11.04

Tunggulah beberapa saat hingga proses resize diselesaikan. Ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, bergantung seberapa besar kapasitas hardisk yang Anda gunakan dan seberapa banyak dari kapasitas itu telah digunakan.

Proses resize partisi selesai ditandai dengan ditampilkannya pesan "All operations successfully completed" pada "Completed Operations"...

GParted On Ubuntu 11.04

Klik tombol "Close". Kini partisi pada hardisk telah diubah dan kita memiliki ruang bebas (free space) yang dapat digunakan untuk berbagi keperluan, seperti menginstal sistem Ubuntu 11.04 untuk sistem dual boot bersama Windows 7 atau sekedar membuat partisi untuk tempat menyimpan data atau file-file lainnya.

Tutup aplikasi GParted lalu restart komputer untuk menjalankan Windows 7 dan memeriksa apakah proses resize partisi berjalan sempurna, tidak menyebabkan kerusakan sistem Windows atau menghapus file dan data yang sudah ada.

Setelah komputer dijalankan kembali, kemungkinan Windows akan mengalami kekacauan informasi karena kehilangan sebagian kapasitas partisi yang dimiliki, sehingga pada saat pertama kali dijalankan akan melakukan Scan Disk untuk memperbaiki dan mengenali ukuran baru partisi hardisk, tunggu dan biarkan Window menyelesaikan proses ini...

GParted On Ubuntu 11.04

Windows 7 yang kami gunakan beserta data dan file yang sebelumnya ada masih utuh tanpa mengalami kerusakan apapun meski kini kapasitas drive "C:\" telah mengecil. Silahkan lihat perubahan sebelum dan sesudah hardisk diresize pada gambar di bawah ini...

GParted On Ubuntu 11.04
Sebelum Resize...

GParted On Ubuntu 11.04
Sesudah Resize...


Selamat mencoba...