Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

29 October 2012

UbuntOS X Theme Hadirkan Suasana Mac Di Ubuntu 12.10

Ubuntu 12.10 dirilis dengan menyertakan lingkungan desktop Gnome terbaru Gnome 3.6. Dengan engine GTK3 yang baru, penyesuaian-penyesuaian perlu dilakukan supaya sistem berjalan lebih optimal. Tidak terkecuali, sektor antar muka dengan kulit wajah yang dengan mudah kita menyebutnya theme pun perlu disesuaikan. Perlu kami ingatkan, memasang theme yang tidak cocok dengan versi GTK engine yang digunakan berpotensi memberatkan sistem, memacu penggunaan prosesor dan tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan sistem berhenti bekerja. Oleh karenanya, pastikan Anda menggunakan theme standart yang disertakan distro (Ambiance, Radiance atau Adwaita) dan jika ingin menggunakan theme dari pihak ketiga pastikan theme tersebut telah disesuaikan dengan GTK engine yang digunakan.

UbuntOS X
UbuntOS X theme merupakan update dari theme Macbuntu-Xii, sebuah theme yang menghadirkan suasana Mac OS X pada desktop Ubuntu Anda. Didominasi warna putih keabuan dengan kombinasi warna biru aquatic, UbuntOS X theme telah mengalami penyesuaian dari versi sebelumnya (Macbuntu-Xii theme) sehingga dapat berjalan baik pada lingkungan desktop Gnome 3.5/3.6 yang digunakan Ubuntu 12.10. Paket UbuntOS X theme meliputi theme Metacity, gtk3, gtk2, Unity, Gnome Shell dan Cinnamon.

Meski ditujukan bagi pengguna Ubuntu 12.10, UbuntOS X theme tidak menutup kemungkinan dapat digunakan pada distro lain, baik yang merupakan turunan Ubuntu 12.10 maupun distro-distro lainnya sepanjang menggunakan lingkungan desktop Gnome 3.5/3.6.

Untuk dapat menggunakan theme ini, dibutuhkan paket gtk3-engines-unico dan gtk2-engines-pixbuf terinstal pada sistem. bagi pengguna Ubuntu, paket gtk3-engines-unico secara default telah disertakan sehingga cukup menambahkan instalasi paket gtk2-engines-pixbuf. Untuk menginstal gtk2-engines-pixbuf, pastikan komputer telah terhubung dengan internet, jalankan terminal lalau ketik perintah berikut:

sudo apt-get install gtk2-engines-pixbuf

Untuk pengguna distro yang lain, silahkan sesuaikan cara yang digunakan untuk menginstal kedua paket gtk engine tersebut dengan metode instalasi paket sesuai distro yang digunakan.

Untuk menerapkan UbuntOS X theme, gunakan aplikasi Ubuntu Tweak atau menggunakan Gnome Tweak Tool yang dapat Anda instal lebih dulu dengan perintah berikut:

sudo apt-get install gnome-tweak-tool

Download paket UbuntOS X theme melalui link yang kami sediakan di bagian akhir artikel ini sehingga Anda mendapatkan file ubuntosx_v.3.x.G36.tar.gz. Sebagai root, extract file tersebut dengan Nautilus atau menggunakan command line yang biasa Anda gunakan sehingga mendapatkan folder bernama "ubuntosx" yang berisi file dan folder-folder theme UbuntOS X.

Jalankan Nautilus sebagai root dengan perintah berikut:

sudo nautilus

Dengan Nautilus yang terbuka, cari file ubuntosx_v.3.x.G36.tar.gz, klik kanan lalu pilih menu "Extract...". Copy paste folder "ubuntosx" hasil extract ke direktori /usr/share/themes. Periksa dan atur permission folder ubuntosx agar dapat digunakan oleh user lain dengan mengklik kanan folder lalu memilih menu "Properties". pada jendela Properties pilih tab "Permissions", atur supaya nampak seperti gambar berikut dan jangan lupa menekan tombol "Apply permissions to..."

UbuntOS X


Jalankan Ubuntu Tweak atau menggunakan Tweak Tool, pada pengaturan theme, pilih "ubuntosx" pada opsi Gtk theme/Gtk+ theme dan pada Window theme/Current theme. Untuk melengkapi supaya tampilan lebih berasa Mac OS X, silahkan gunakan ikon Macbuntu-Xii-Icon, Macbuntu-Xii-Cursor dan theme plymouth Paw-OSX.

UbuntOS X


Bagi pengguna Ubuntu 12.04 dan Ubuntu 11.10 yang masih menggunakan Gnome 3.4 dan Gnome 3.2 silahkan menggunakan theme Macbuntu-Xii. Cara pemasangan paket Macbuntu-Xii-Icon, Macbuntu-Xii-Cursor, paket tambahan lain serta untuk mendownload theme Macbuntu-Xii GTK 3.2/3.4 dapat merujuk pada artikel ini. Untuk cara pemasangan theme Plymouth dapat merujuk pada artikel Cara mengganti theme Plymouth secara manual.

Setelah theme, icon, cursor dan theme playmouth berhasil Anda ubah, Anda dapat menyusun dan menambahkan sesi UbuntOS X dengan mengkombinasikan penggunaan Gnome-panel dan Cairo-dock sehingga tampilan desktop akan semakin menyerupai desktop Mac OS X. Untuk membuat sesi UbuntOS X silahkan mengikuti panduan pada artikel Tampilan Mac OS X Ubuntu 12.04 LTS (UbuntOS X.

Berikut adalah tampilan UbuntOSX di Ubuntu 12.10 pada sesi berbeda:

UbuntOS X
UbuntOS X theme pada sesi UbuntOS X

UbuntOS X
UbuntOS X theme pada Unity

UbuntOS X
UbuntOS X theme pada Gnome Shell

UbuntOS X
UbuntOS X theme pada Cinnamon



Link Download:

Selamat mencoba...



Dipublikasikan di:
UbuntOS X, Macbuntu, Macbuntu-Xii, Mac OS X, Ubuntu, Ubuntu 12.10, Ubuntu theme, Tutorial


Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

18 comments :

  1. informasinya mudah-mudahan bermanfaat ya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih info tentang ubuntu

    ReplyDelete
  3. om boja kalau mau ganti icon,cursor itu bagaimana ya?

    ReplyDelete
  4. gan kalau mau ganti paw-osx dimana gantinya?

    ReplyDelete
  5. mau nanya nih sob saya klaau mau install sesi ubuntuOS X di bgai mana ya sob
    saya cuma punya gnome sob

    ReplyDelete
  6. @AnonimPada artikel di atas ada link yang akan membawa anda pada artikle yang lengkap membahas tata cara pemasangan icon dan cursor.. :)

    ReplyDelete
  7. @Naufal AfraAnda dapat merujuk ke artikel cara menginstall theme plymount secara manual.. :)

    ReplyDelete
  8. @Mata SamudraSilahkan baca di artikel Tampilan Mac OS X di Ubuntu 12.04.. :)

    ReplyDelete
  9. tolong di bantu mas....
    saya masih newbie ni.
    saya kok tidak bisa memindahkan (paste) folder ubuntuosx nya...
    tolong di bantu mas

    ReplyDelete
  10. @Ibro HimJalankan nautilusnya sebagai root supaya dapat mengkopy paste ke folder2 sistem, gunakanlah perintah: sudo nautilus
    :)

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah di blankon 8 bisa.. manokwarinya saya ganti dg gnome panel.. tp sayang di blankon ga ada boot splash msh kurang sempurna.. trima kasih mas infonya..

    ReplyDelete
  12. untuk teman2 yg tau bantu saya ya..bagaimana cara mengaktifkan launcher shutdown di cairo dock. D gnome panel 3.4 g da shutdown. Trims

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum Mas Boja,,
    Saya baru mencoba artikel Tampilan Mac OS X di Ubuntu 12.04, hasilnya luar biasa menurut saya, terima kasih atas tutornya, oh ya mas (maaf kalo OOT) sy cari di blog Mas blom ada tutor menginstal wine (atau sy belum ketemu)agar bisa maksimal menjalankan aplikasi berbasis windows di ubuntu, jika berkenan buat tutor nya dong Mas... terima kasih sebelumnya
    Wassalam

    ReplyDelete
  14. @mukharom AVA Di cairo ada plugin power yg bisa anda gunakan.. :)

    ReplyDelete
  15. @Ayah FarhanAda, silahkan cari karena pernah menulis cara menginstall office 2010 di ubuntu dengan wine.. :)

    ReplyDelete
  16. gan kalau mngubah ubuntu desktop ke gambar apple tu gmana ya caranya? ane dh berhasil semua tinggal tu nya aja.. mohon penjelasanya ya...

    ReplyDelete
  17. @TEKCOMJARGunakan icon Macbuntu-xii-icon.. :)

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...