Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

27 September 2012

Jadwal Rilis Ubuntu 13.04

Jadwal rilis Ubuntu 13.04 telah dipublikasikan Canonical meski versi terbaru yang akan segera datang Ubuntu 12.10 masih berada pada tahap beta. Sementara proyek pengembangan Ubuntu akan merilis beta kedua akhir bulan ini guna mempersiapkan rilis final (Qantal Quetzal) pada 18 Oktober yang akan datang.


Ubuntu 13.04 akan hadir di tengah kita pada minggu terakhir April 2013, tepatnya tanggal 25 April 2013. Ubuntu 13.04 direncanakan akan melewati empat masa pengembangan, masing-masing adalah dua rilis alpha, sebuah rilis beta dan release candidate.

Berikut adalah jadwal rilis Ubuntu 13.04 selengkapnya:

  • 6 Desember 2012 - Rilis alpha 1
  • 7 Februari 2013 - Rilis alpha 2
  • 7 Maret 2013 - Rilis beta
  • 18 April 2013 - Release Candidate
  • 25 April 2013 - Rilis final Ubuntu 13.04

Pengembangan Ubuntu 13.04 dimulai dua bulan setelah rilis Ubuntu 12.10 resmi diluncurkan. Diharapkan, code name untuk rilis ke delapanbelas Ubuntu tersebut akan diumumkan Canonical beberapa pekan setelahnya.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang jadwal rilis Ubuntu 13.04 ini, silahkan mengunjungi halaman Wiki Ubuntu.

Berikut adalah tangkapan layar Ubuntu 13.04;

Ubuntu 13.04
UbuntOS X on Ubuntu 13.04

Ubuntu 13.04
Ubuntu 13.04 with Unity

Ubuntu 13.04
Unity on Ubuntu 13.04

Ubuntu 13.04
Unity on Ubuntu 13.04


Download Ubuntu 13.04 Daily Build.


Dipublikasikan di:



Ubuntu, Ubuntu terbaru, Ubuntu 13.04, Download Ubuntu, Ubuntu news


17 September 2012

Pengguna Natty Segeralah Berkemas - Dukungan Teknis Ubuntu 11.04 Telah Berakhir

Delapanbelas bulan sejak diluncurkan pertama kali, Ubuntu 11.04 telah banyak menemani pengguna Ubuntu diseluruh dunia hingga hari ini. Namun, dengan datangnya kabar ini mau tidak mau pengguna Natty Narwhal harus segera mengemasi sistemnya untuk berpindah ke versi yang lebih baru jika masih ingin mendapatkan dukungan teknis dari pengembang.

Ubuntu 11.04 End of Life
Ubuntu 11.04 membawa sejarah tersendiri bagi pengguna Ubuntu. Dirilis pada 28 April 2011, Ubuntu 11.04 memperkenalkan untuk pertama kali antar muka yang dikembangkan oleh Canonical "Unity" yang masih ada hingga kini. Membawa kernel Linux 2.6.38.3, GNOME 2.32.1, X.Org 7.6, dan XOrg Server 1.10.1 saat diluncurkan, Natty Narwhal akan tutup usia pada 28 Oktober mendatang.

Bagi pengguna Ubuntu 11.04 diharapkan untuk segera mengupgrade sistem ke rilis yang lebih baru. Skema upgrade yang bisa dilakukan dari Ubuntu 11.04 adalah melalu jalur Ubuntu 11.10 lalu melanjutkan upgrade ke rilis stabil terbaru Ubuntu 12.04 LTS.

Peralihan ke rilis terbaru juga bisa dilakukan dengan metode instal baru (fresh install). Namun jika Anda menghendaki cara ini sebaiknya menanti hingga rilis terbaru Ubuntu 12.10 yang akan segera datang beberapa pekan kedepan.


Download rilis pengembangan dan rilis stabil Ubuntu terbaru di sini.


Dipublikasikan di:



Ubuntu, Ubuntu terbaru, Ubuntu 11.04, Download Ubuntu


14 September 2012

Setting Network Di VirtualBox

VirtualBox menjadi salah satu aplikasi virtualisasi populer saat ini. Karena fungsinya yang memungkinkan untuk menjalakan lebih dari satu sitem operasi pada sebuah komputer dalam satu waktu, menjadikan VirtualBox juga sering digunakan sebgai perangkat untuk membuat simulasi jaringan.

VirtualBox Network
Pada sebuah mesin virtual dalam VirtualBox dimungkinkan memiliki lebih dari satu kartu jaringan virtual. Hanya saja, kadang pengguna kebingungan harus memilih setting yang bagaimana untuk menghubungkan OS guest dengan OS host. Begitupun ketika menginginkan koneksi internet pada host juga dapat digunakan oleh OS guestnya.

Tutorial berikut tidak akan mengulas semua fungsi setting jaringan yang dimiliki VirtualBox, namun hanya akan mengulas sedikit fungsi yang paling sering digunakan dan dibutuhkan pengguna kebanyakan. Sedangkan fungsi-fungsi yang lain dengan mudah dapat dipelajari melalui berkas bantuan yang disertakan VirtualBox maupun dari halaman bantuan dari situs resminya.

Jaringan NAT. Saat sebuah mesin virtual kita buat maka otomatis akan dibuat sebuah jaringan virtual menggunakan setting NAT pada Adapter 1. Setting jaringan NAT ini memungkinkan OS host yang memiliki koneksi internet untuk berbagi pakai dengan OS guest, artinya sistem guest juga dapat menggunakan koneksi internet yang dimiliki host tanpa memerlukan pengaturan lebih lanjut.

VirtualBox Network


Jaringan Bridged Adapter. Jaringan ini memungkinkan OS guest dalam mesin virtual terhubung dengan host dan ke jaringan yang dimiliki OS host yang menjalankannya. Sebagai contoh, jika komputer terhubung dengan dua komputer lain melalui jaringan dengan IP komputer pertama adalah 192.168.20.1, komputer kedua 192.168.20.2 dan komputer ketiga 192.168.20.3, maka OS pada mesin virtual dapat terhubung dengan ketiga komputer yang ada dengan mengatur jaringan yang dimiliki ke mode bridge dengan kartu jaringan yang dimiliki hostnya. Misalnya komputer host terhubung ke jaringan menggunakan eth0 maka adapter jaringan mesin virtual dapat disetting bridge dengan eth0 lalu mengatur IP pada OS guest menjadi 192.168.20.4 atau yang lainnya sepanjang masih dalam satu struktur jaringan.

VirtualBox Network

Namun, untuk menggunakan jaringan dengan mode Bridge tersebut memiliki syarat yang harus terpenuhi, syaratnya adalah adapter host yang dijadikan bridge HARUS terhubung ke jaringan, jika tidak maka keinginan untuk menghubungkan host dengan guest melalui jaringan hanya akan menjadi mimpi belaka.


Jaringan Host-only Adapter. Jenis jaringan virtual ini memungkinkan untuk menghubungkan OS guest dengan OS host seakan terhubung melalui jaringan. Berbeda dengan mode Bridge, Host-only tidak mengharuskan host terhubung ke jaringan.

Pada host Linux, mode Host-only memerlukan adapter virtual vboxnet0, vboxnet1 dan seterusnya untuk menghubungkan guest dengan host. Bagai mana cara mengaktifkan adapter virtual supaya bisa menggunakan mode Host-only pada host Linux? ikutilah panduan berikut...

Jalankan VirtualBox lalu pilih menu Files --> Preferences... Pada jendela "VirtualBox Settings" yang ditampilkan pilih pada bagian "Network"...

VirtualBox Network

Pada bagian sebelah kanan, klik ikon "Add host-only network..." untuk menambahkan adapter virtual vboxnet0 dan seterusnya...

VirtualBox Network

Untuk menggunaan vboxnet0 pada sebuah mesin virtual, pilih mesin virtual yang akan dihubungkan dengan host menggunakan Host-only Adapter lalu pilih menu "Settings", pada jendela settings bagian "Network" pilih tab "Adapter 2" lalu aktifkan dengan mencentang "Enable Network Adapter". Pada bagian "Attached to:" pilih "Host-only Adapter"...

VirtualBox Network

Simpan setting lalu jalankan mesin virtual, kini Anda sudah dapat mulai mengatur koneksi jaringan antara host dengan guest menggunakan mode Host-only Adapter...


Selamat mencoba.





Dipublikasikan di:



VirtualBox, VirtualBox Network, Oracle, Tutorial VirtualBox, VirtualBox NAT, VirtualBox Host-only Adapter, VirtualBox Bridge


13 September 2012

Download Oracle VirtualBox 4.2.0 Terbaru

Update mayor aplikasi virtualisasi Oracle VirtualBox 4.2 telah diumumkan ketersediaannya sesaat lalu. VirtualBox 4.2 datang dengan perbaikan dukungan untuk sistem operasi Microsoft Windows 8.

VirtualBox 4.2
Pada VirtualBox 4.2 kini memungkinkan dilakukan perubahan suatu setting saat sebuah mesin virtual dijalankan. Disamping itu, pada host Linux, Mac OS X dan Solaris kita dapat menjalankan mesin virtual ketika sistem dinyalakan, serta implementasi dukungan fungsi “drag and drop” pada Linux.

Perubahan apa saja yang disertakan dalam VirtualBox 4.2.0?
  • Improved Windows 8 support, in particular many 3D-related fixes.
  • GUI: VM groups.
  • GUI: expert mode for wizards.
  • GUI: allow to alter some settings during runtime.
  • Support for up to 36 network cards, in combination with an ICH9 chipset configuration.
  • Resource control: added support for limiting network IO bandwidth; see the manual for more information.
  • Added possibility to start VMs during system boot on Linux, OS X and Solaris; see the manual for more information.
  • Added experimental support for Drag'n'drop from the host to Linux guests. Support for more guests and for guest-to-host is planned.
  • Added support for parallel port passthrough on Windows hosts.

VirtualBox 4.1.12

Daftar lengkap perubahan dalam rilis VirtualBox terbaru, dapat Anda temukan di halaman change log serta mendapatkan informasi selengkapnya dari halaman dokumentasi yang telah disediakan. VirtualBox 4.2 dilisensikan di bawah GPL2 (link ke halaman download tersedia di bagian akhir artikel ini). Perubahan ke GPL dimungkinkan pada versi 4.0 dan rilis versi selanjutnya setelah dipisahkannya paket extension ke modul yang berdiri sendiri. Oracle VM Extension pack tersedia secara cuma-cuma di bawah lisensi Personal Use and Evaluation Licence (PUEL).




Dipublikasikan di:



VirtualBox, Oracle, VirtualBox 4.2, VirtualBox terbaru, Mesin virtual, Download VirtualBox


10 September 2012

Rilis Sabily 12.04 (Ibn-AlBaytar) Ditangguhkan

Lama dinanti kabar peluncuran Sabily terbaru yang tidak kunjung datang sejak beberapa bulan terakhir terjawab sudah. Pengembang telah secara resmi mengumukan penundaan/pembatalan rilis Sabily 12.04 (Ibn-AlBaytar) beberapa hari lalu.

Sabily Ibn-AlBaytar
Kurangnya sumber daya serta semakin dekatnya waktu rilis versi berikutnya (12.10) menjadi dasar penundaan Sabily 12.04 tersebut. Pengembang berpandangan, memaksakan untuk merilis Sabily 12.04 pada saat ini sudah tidak ada artinya lagi, karena rilis berikutnya hanya tinggal beberapa pekan saja. Sebagai pengganti, Ibn-AlBaytar akan menjadi code name untuk Sabily 12.10.

Menurut rencana, Sabily 12.10 akan membawa perangkat pembelajaran Qur'an terbaru "Elforkane". Untuk informasi lebih lengkap perihal penundaan rilis Sabily 12.04 ini dapat Anda temukan pada halaman pengumuman resmi pengembang.




Dipublikasikan di:






09 September 2012

Download Ubuntu 12.10 Beta 1 (Quantal Quetzal)

Sesuai jadwal, 6 September lalu Canonical telah mengumumkan peluncuran rilis pengembangan Ubuntu 12.10 Beta 1 (Quantal Quetzal).

Ubuntu 12.10 beta

Ditujukan bagi penguji dan pengadopsi awal, Ubuntu 12.10 Beta 1 datang dengan kernel Linux 3.5.0-13.14 yang didasarkan pada kernel Linux stabil 3.5.3. Lingkungan desktop Gnome 3.6 beta 1 beserta paket aplikasi yang telah diupdate seperti Mozilla Firefox 15.0, Mozilla Thunderbird 15.0, LibreOffice 3.6.1 RC dan juga XOrg Server 1.13 RC dan Mesa 9.0.

Perkembangan lainnya, distribusi Ubuntu CD Alternate serta keluarga Ubuntu lainnya kini sudah tidak tersedia, dan berbagai fitur telah diimplementasikan dalam distribusi CD Desktop termasuk "encrypted installation" dan "LVM partitioning".

Sementara pada Kubuntu 12.10 Beta 1 kini menyertakan lingkungan desktop KDE terbaru, KDE SC 4.9 beserta paket-paket terbaru seperti digiKam 2.8, Rekonq 1.1, dan Telepathy-KDE 0.5.

Distribusi ISO Xubuntu 12.10 Beta1 untuk saat ini tidak disediakan, sehingga bagi pengguna Xubuntu yang ingin menggunakan versi pengembangan terbaru dapat menikmatinya melalui jalur update harian dari distribusi Xubuntu 12.10 Alpha 3.

Rilis beta berikutnya diluncurkan akhir bulan ini, tepatnya 27 Sepetember mendatang. Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal) final akan di rilis pada 18 Oktober 2012 sesuai dengan jadwal rilis yang telah diumumkan.

Jadawal rilis Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal):
  • 7 Juni 2012 - rilis Alpha 1
  • 28 Juni 2012 - rilisAlpha 2
  • 26 Juli 2012 - rilis Alpha 3
  • 6 September 2012 - rilis Beta 1
  • 27 September 2012 - rilis Beta 2
  • 18 Oktober 2012 - rilis final Ubuntu 12.10.

Download Ubuntu 12.10 Beta 1.




Disarikan dari news.softpedia.com

Dipublikasikan di:



Ubuntu, Ubuntu 12.10, Ubuntu 12.10 Beta, Ubuntu terbaru, Quantal Quetzal, Linux, Download Ubuntu Terbaru, Download Linux


08 September 2012

Download openSUSE 12.2 Final

Pengembang openSUSE telah mengumukan ketersediaan untuk download rilis update terbaru openSUSE 12.2.

openSUSE 12.2
Membawa banyak perbaikan dan peningkatan dari rilis sebelumnya, openSUSE 12.2 kini dikapalkan bersama kernel Linux 3.4.6, lingkungan desktop Gnome 3.4.2 serta KDE 4.8.4. Selain itu, lingkungan desktop ringan XFCE 4.10 juga disediakan beserta paket-paket aplikasi lain yang telah diupdate, seperti LibreOffice 3.5, Mozilla Firefox 14.0.1, GIMP 2.8 dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut adalah daftar paket-paket utama yang disertakan pada openSUSE 12.2:

  • Linux kernel 3.4.6;
  • KDE 4.8.4;
  • GNOME 3.4.2;
  • XFCE 4.10;
  • Plymouth 0.8.6.1 boot splash animation;
  • Btrfs filesystem;
  • GRUB2;
  • XOrg Server 1.12;
  • Qt 4.8.1;
  • LibreOffice 3.5;
  • Mozilla Firefox 14.0.1;
  • GIMP 2.8;
  • Krita 2.4;
  • Tomahawk Player;
  • Systemd 44;
  • GCC 4.7.1;
  • Glibc 2.15;
  • Google’s Go 1.0.2;
  • Qt Creator 2.5.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai rilis openSUSE 12.2 ini dapat Anda temukan pada halaman pengumuman rilis.


Download openSUSE 12.2


Disarikan dari news.softpedia.com

Dipublikasikan di:






04 September 2012

Qur'an in OpenOffice / LibreOffice (QiOO) - Qur'an in Word

Sarana untuk memudahkan penulisan ayat-ayat Al Qur'an beserta terjemahannya sudah ada sejak dulu. Pengguna Microsoft Office khususnya Word yang sering memasukkan ayat Qur'an dalam dokumen yang dibuatnya tentu tak asing dengan sebuah plugin bernama Qur'an in Word. Lantas bagai mana dengan pengguna office suite lain semisal LibreOffice atau OpenOffice?

Qur
Qur'an in OpenOffice (QiOO), sebuah extension untuk menuliskan ayat Qur'an kedalam dokumen yang dapat digunakan pada LibreOffice maupun OpenOffice.org. Pembuatnya menyatakan terinspirasi dengan adanya plugin Qur'an in Word yang berjalan pada MS Word. Penggunaan QiOO pun sangat mudah semudah Qur'an in Word.
Untuk menambahkan extension Qur'an in OpenOffice (QiOO) silahkan download paket QiOO yang link downloadnya telah kami sediakan di bagian akhir artikel ini. Extract file yang Anda dapatkan sehingga mendapatkan folder QiOO yang berisi beberapa file.

Install font ScheherazadeRegOT.ttf dengan cara mengklik ganda pada file font tersebut sehingga dibuka oleh Font Viewer, tekan tombol Install untuk menginstalnya.

Qur

Jalankan LibreOffice Writer / OpenOffice Writer, dari menu Tools pilih menu Extension Manager...

Qur

Pada jendela Extension Manager tekan tombol Add lalu cari dan pilih file QiOO-XXXX.oxt dimana XXXX adalah versi QiOO yang Anda gunakan. Setelah extension ditambahkan, tutup jendela Extension Manager...

Qur

Aktifkan fitur CTL (Complex Text Layout), caranya, buka menu Options di bawah menu Tools. Pada jendela Option, pilih bagian Language Settings - Languages. Dibagian tersebut aktifkan (centang) opsi Enable of complex text layout (CTL) lalu tutup jendela Options...

Qur

Tutup jendela LibreOffice Writer / OpenOffice Writer lalu jalankan kembali. Kini extension Qur'an in OpenOffice sudah siap Anda gunakan...

Qur

Untuk panduan selengkaptnya Anda dapat membaca file README.txt yang disertakan pada paket QiOO.


Selamat mencoba...


Download Qur'an in OpenOffice (QiOO) Indonesia translation


Download Qur'an in Word Versi 1.3 :

Dipublikasikan di:






01 September 2012

Wallpaper Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal

Beberapa waktu lalu Canonical telah mengumumkan wallpaper baru untuk rilis Ubuntu yang akan datang. Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal kini memiliki 12 wallpaper baru yang merupakan gambar-gambar cantik hasil karya anggota komunitas.

Ubuntu 12.10
Wallpaper Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal sudah dapat dinikmati oleh pengguna Ubuntu 12.10 Alpha 3 melalui jalur update. Bagi pengguna selain quantal yang ingin merasakan seperti apa keindahannya dapat mendownload melalui link yang kami sediakan dibagian akhir artikel ini. Keduabelas wallpaper Ubuntu 12.10 tersebut adalah A Little Quetzal by Vlad Gerasimov (VladStudio), Below Clouds by kobinho, Blue Dandelion by Jaorizabal, Green Plant by Simon Schlegl, Cairn by Sylvain Naudin, Early Morning by Robert Katzki, Frozen by Fernando Garcila Redondo, H by Manuel Sagredo, Pantano de Orellana by mgarciaiz, Roof Tiles by Finn Sturdy, Vanishing by James Wilson, dan Gran Canaria by ALF.

Ubuntu 12.10

Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal menjadi rilis ke-17 dari sistem operasi Linux yang dikembangkan oleh Canonical itu, dan secara resmi akan diluncurkan pada 18 Oktober mendatang.

Ubuntu 12.10

Rencananya, Ubuntu 12.10 akan membawa kernel Linux 3.5, dengan lingkungan desktop Gnome 3.6 serta berbagai aplikasi yang secara default akan disertakan seperti Mozilla Firefox 16, Mozilla Thunderbird 16, LibreOffice 3.6, dan lebih banyak lagi aplikasi yang dapat Anda tambahkan dari repositori.


Download Wallpaper Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal.




Dipublikasikan di: