Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

18 July 2010

Cara Menjalankan Aplikasi Populer Ms Windows Pada Ubuntu 10.04 - Dengan Wine 1.2



Wine - Dimasa sekarang ini, menjalankan aplikasi lintas platform bukanlah hal yang mustahil lagi. Contohnya menginstal aplikasi-aplikasi yang berjalan pada Windows untuk diinstall dan dijalankan pada Linux. Wine telah mewujudkan semua itu, meskipun dengan kekurangan disana-sini dan belum semua aplikasi dapat dilintas platformkan, namun setidaknya ini telah menjadi terobosan baru untuk mendorong produsen software agar menyediakan aplikasi di semua platform OS yang ada.

Berikut ini kami mencontohkan cara menjalankan beberapa aplikasi Windows untuk dijalankan pada Ubuntu 10.04 dengan batuan Wine terbaru, Wine 1.2.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal Wine 1.2 pada Ubuntu. Jalankan aplikasi Synaptic melalui System - Administratio - Synaptic Package Manager. Pada kolom pencarian, silahkan ketik "wine" lalu tekan enter untuk mulai mencari paket Wine, setelah paket yang anda cari ditemukan, tandai Wine untuk segera diinstal lalu tekan tombol "Apply" untuk memulai proses installasi. Jika Anda telah memiliki paket Wine terinstall sebelumnya, ada baiknya anda memeriksa ketersediaan update untuk Wine, versi terbaru Wine saat ini adalah Wine 1.2. Tunggulah hingga proses installasi Wine 1.2 diselesaikan....


Jalankan Wine Configuration melalui Applications - Wine - Configure Wine, atur dan sesuaikan dengan kebutuhan anda....


Setelah selesai melakukan pengaturan, klik tombol "Apply" lalu tutup jendela Wine Configuration. Kini aplikasi Windows telah siap untuk anda install dan menjalankannya.

Contoh pertama, menginstal dan menjalankan Microsoft Office 2003 pada Ubuntu 10.04. Masukkan CD/DVD installer MS Office yang Anda miliki lalu jalankan setup.exe, klik kanan pada setup.exe lalu pilih menu untuk menjalankanya dengan wine runner. Tunggulah beberapa saat agar proses installasi dijalankan dan diselesaikan, ini akan memerlukan beberapa waktu.


Setelah installasi selesai, pergilah ke Apllications - Wine - Programs - Microsoft Office... nahhh... sekarang aplikasi-aplikasi MS office telah siap untuk Anda gunakan di Ubuntu 10.04... :p


Contoh kedua, menginstall dan menjalankan Adobe Phoshop CS. Sama seperti contoh pertama, jalankanlah installasi Adobe Photoshop CS dan ikutilah semua instruksi yang diberikan. Tunggulah hingga proses installasi diselesaikan...


Setelah installasi selesai, pergilah ke Apllications - Wine - Programs lalu pilih Adobe Photoshop untuk mulai menggunakan aplikasi image editor ini...


Andapun bisa menjalankan game kesayangan anda menggunakan Wine 2.1 ini....


Selamat mencoba...... :)

Catatan: Versi Baru Wine 1.2 telah mendukung arsitektur aplikasi 64-bit, telah mendukung penuh Direct 3D 9 dan telah ditambahkan dukungan awal untuk Direct 3D 10, ini tentu menjadi kabar menggembirakan bagi anda yang ingin mejalankan lebih banyak game pada Ubuntu 10.04 sebab hampir semua game populer pada windows akan dapat dijalankan pada Linux dengan bantuan Wine.

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

14 comments :

  1. ini yang tak cari.. cz q bru pertama pake ubuntu 10.04. tq.. mantab guys.

    ReplyDelete
  2. @syahril: tq dah menyempatkan diri mapir sob... sesuatu yang kecil dan sedikit ini se,oga bermanfaat untuk anda... ^_^

    ReplyDelete
  3. wah UBUNTU.....

    kunjungi blog aqhu juga ya..???

    ReplyDelete
  4. numpang tanya tuan kan sekarang ada virus yang menyerang file word kalo dilinux gimana kan linux nya tidak deteksi bahwa word bervirus gimana minta pecerahaannya tuan.. :)
    tolong tuan bls ke email aku ya..
    jeksounder@yahoo.co.id
    maaf kalo saya lancang tuan

    ReplyDelete
  5. @mr: dokumen word bervirus boleh jadi virus macro atau yang lainnya, atau virus yang sengaja menyamarkan dirinya seakan2 dokumen word dan menghidden atau bahkan menghapus dokumen aslinya. Virus2 tersebut merupakan penyakit pada sistem windows namun tidak akan berpengaruh secara langsung dengan sisitem Linux meskipun dijalankan di Linux, yang akan terkena dampaknya adalah wine yang menjalankannya. Jika virus tersebut adalah virus yang menyamar sebagai dokumen word yang sesungguhnya adalah file .exe maka ketika anda melihatnya pada sistem linux tidak akan nampak sebagai dokumen word. Namun jika yang Anda maksud adalah apakah ada anti virus yang berjalan di Linux untuk mengenali virus yang menyamar sebagai word, tentu jawabnya ada. Clamav dan beberapa anti virus lain adalah salah satu contoh anti virus yang berjalan di Linux yang siap mengamankan dokumen windows Anda.. :)

    ReplyDelete
  6. wow,,, sangat bermanfaat....
    trimakasih, sekarang kami sudah bisa menjalankan program exe di lab sekolah kami...

    terimakasih.....

    ReplyDelete
  7. @Anonim: Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda.. :)

    ReplyDelete
  8. klo untuk digunakan di ubuntu 11.4 gimana caranya mas...?
    thanks mas...

    ReplyDelete
  9. @Irfan: caranya sama saja dengan apa yang telah kami sampaikan di atas.. :) pastikan paket wine dan wine tool telah Anda instal melalui repositori Ubuntu.. :)

    ReplyDelete
  10. om aku... pengen.. wine nya dong..
    update langsung gak mampu...!!
    ada file nya mungkin..???
    thanks...

    ReplyDelete
  11. Gono: Anda dapat mendownload wine dari sumber aslinya di winehq.org :)

    ReplyDelete
  12. salam...
    mas aku ada maslah dikit saat mau instal wine ini, saat sedang berlangsung tiba2 crash, layar gelap dan setengah layar keatas kedap-kedip, kemudian aku restart, lalu saat aku mau coba instal lagi keluar tulisan seprti dibawah ini, mohon beri petunjuk utrk merepairnya mas.. :(

    Previous installation hasn't been completed

    The installation could have failed because of an error in the corresponding software package or it was cancelled in an unfriendly way. You have to repair this before you can install or remove any further software.

    -aroel-

    ReplyDelete
  13. mkasi mas sangat membantu........

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...