Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

23 October 2010

Cara Mengubah Resolusi Layar Ubuntu

ubuntu 10.10 bojalinuxer

Ubuntu - Masih dengan koneksi yang terbatas, kali ini kami akan menyampaikan cara mengubah setelan resolusi layar dan menampilkan monitor applet pada panel Ubuntu.

Sebelum melakukan penggantian resolusi layar, ada baiknya kita mengetahui karakteristik monotor yang sedang digunakan. Secara umum monitor yang ada saat ini adalah jenis CRT (tabung) dan monitor LCD.

Bagi pengguna layar LCD akan memiliki keleluasaan untuk mengatur resolusi karena rata-rata monitor LCD sudah dapat menampilkan gambar pada tingkat resolusi yang tinggi. Beberapa sumber mengatakan jika monitor LCD akan lebih optimal jika diatur pada refresh rate 60 Hz, berapapun resolusi yang digunakan.

Bagi pengguna monitor CRT diminta untuk lebih berhati-hati saat melakukan pengaturan resolusi, sebab jika tidak, bukannya resolusi tinggi yang didapat namun malah sebaliknya, layar menjadi gelap tak mampu menampilkan gambar sesuai resolusi yang diminta.

Sekarang ini hampir semua sistem operasi dan aplikasi baru mensyaratkan agar resolusi layar diatur pada kisaran 1024x768 px atau lebih tinggi. Itu bisa menjadi masalah bagi pengguna CRT ukuran 14 atau 15 inci. Monitor 15" hanya memiliki resolusi optimal yang nyaman digunakan pada ukuran 800x600 px, karena refresh rate masih dapat diatur hingga diatas 70 Hz. Monitor CRT dengan refresh rate dibawah 70 Hz tentu akan terlihat berkedip dan tak nyaman dilihat mata bahkan akan membuat mata cepat lelah.

Jika Anda ingin mengatur monitor CRT 15" pada resolusi 1024x768 px jangan pernah mengatur refresh rate diatas 60 Hz karena monitor Anda tak akan mampu melakukannya, jikapun bisa, monitor akan bekerja lebih keras dan berpotensi merusakkan monitor Anda sendiri.

Setelah Anda memiliki sedikit gambaran tentang karakteristik monitor yang digunakan, kini waktunya kita coba mengatur resolusi layar sesuai yang diinginkan.

Nyalakan komputer dan loginlah pada akun Ubuntu Anda. Setelah berada di desktop Ubuntu, tekan kombinasi tombol Alt+F2 untuk menampilkan dialog "Run Application"...


Masukkan perintah "gnome-display-properties" lalu klik tombol "Run" atau tekan enter untuk menjalankan "Monitor Preferences"...


Pada bagian "Resolution", silahkan plih resolusi yang Anda inginkan. Pada bagian "Refresh rate" aturlah supaya monitor nyaman digunakan, untuk langkah awal sebaiknya jangan atur refresh rate terlalu tinggi, ingat, pengguna CRT 15" dengan resolusi 1024x768 px sebaiknya jangan atur resfresh rate diatas 60 Hz ini untuk menghindari terjadinya layar gelap (blank screen).

Untuk menampilkan monitor applet pada panel, silahkan centang pada bagian "Show monitor in panel". Klik tombol "Apply" untuk menerpakan perubahan...


Pengaturan akan diuji dan ditampilakn dialog konfirmasi dengan hitungan mundur selama 30 detik. Jika pengaturan dirasa cukup, silahkan klik tombol "Keep This Configuration" atau klik tombol "Restore Previous Configuration" jika dirasa belum sesuai dan ingin mengatur ulang. Jika Anda membiarkan saja dialog ini dan tidak memilih satupun tombol yang ada, maka pengaturan akan dikembalikan ke pengaturan sebelumnya, ini sangat berguna jika ternyata pengaturan yang Anda inginkan tidak mampu ditangani oleh monitor dan terjadi layar gelap.

Setelah pengaturan baru diterapkan dan di lain waktu Anda ingin mengaturnya kembali, Anda cukup mengklik monitor apllet yang ada di panel Gnome lalu memilih menu "Configure Display Setting..."



Selamat mencoba...

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

18 comments :

  1. mas ma tanya nih... cara mengatur resolusi layar di backtrack 4-r2... untuk mengubah ke ukuran 1368x768 apa bisa????
    send ke emailq aja mas arh4sy@gmail.com

    ReplyDelete
  2. @Villa: terima kasih telah berkunjung.. :)

    untuk mengubah resolusi layar hingga batas tertentu, ada syarat yang harus terpenuhi.. diantaranya 1. monitor yang digunakan harus mampu menampilkan hingga resolusi yang diinginkan, 2. driver vga yang anda gunakan harus sudah dikenali/terinstal pada backtrack, jika belum dikenali/terinstal anda hanya dapat mengandalkan pilihan resolusi yang telah ada padadaftar saja.. :)

    backtrack menggunakan KDE sebagai lingkungan desktop, anda bisa mengubah resolusi melalui system setting KDE.. :)

    ReplyDelete
  3. Pada bagian Resolutionnya cuma ada maksimal 800 x 600 gimana mas aku Pake Ubuntu 10.04 di Virtual Box, ngga ada pilihan yg laen

    ReplyDelete
  4. @anonim: untuk datat mengatur resolusi anda perlu menginstal vb additional guest terlebih dahulu pada ubuntu.. :)

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah ,terima kasih atas bantuannya .Saya pakai linux, bagi teman-teman yang ingin belajar linux ,khususnya program islami di linux insyaAlloh saya bantu
    (085868823510)

    ReplyDelete
  6. Gan ane pake slacko resolsi layar sampe 1024x768 tp pake linux mint debian hanya sampe 960x600 ada solusi ngga gan biar resolsinya sm seperti di slacko

    ReplyDelete
  7. @www.go_opensource.com Terima kasih atas informasinya, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan... :)

    ReplyDelete
  8. @Anonim Coba Anda update driver VGA nya.. :)

    ReplyDelete
  9. sya baru belajar Linux.... blog ini sangat membantu.
    sukses,,, terus berkarya mas....

    ReplyDelete
  10. aku udah nyoba yg alt+f2,dan abis aku masukin perintahnya,,ada tulisan It appears that your graphics driver does not support the necessary extensions to use this tool. Do you want to use your graphics driver vendor's tool instead?
    itu gimana?
    aku udah nyoba update n upgrade graphic tapi masih tidak berfungsi..
    resolusi maks cuma 800x600..minta bantuannya..

    ReplyDelete
  11. @Tri Cahyono FakhriDriver VGA tidak terdukung dengan driver generik sehingga Anda diminta menginstall driver restricted.. :)

    ReplyDelete
  12. knpa mas. saat ketik run bukannya muncul run application tapi malah muncul run command ???
    dan saat kita ketikan perinta gnome display properties tidak muncul apapun ??

    tolong bantuannya

    ReplyDelete
  13. @AnonimBacalah baik-baik artikel diatas.. tekan ALT+F2 lalu ketik gnome-display-properties setelah itu klik tombol RUN, bukan mengetik run.. lagipun perintah tersebut diketik dimana? :)

    ReplyDelete
  14. Mas Bro,,mo nanya nich..gmn caranya nge-check all driver di linux ubuntu 12.10

    ReplyDelete
  15. Mas , berati aku pake vga on board maksima laya cuma 1024x768 tapi menggunakan ubuntu 10.04 LTS bisa sampek 1315x768 , masalahnya itu dimana ya padahal kan satu disto dengan linu >

    MOBO : ASUS P5P3-VM , mungkin masnya tau drivernya vga on board bisa di bantu

    ReplyDelete
  16. Newbei mo nanya mas..
    ane uda install ubuntu 14.04 resolusinya 640x480 & ada tulisan "Built-in display" cara rubanya gimana yah mas ?
    mohon bantuannya.. makasi sebelumnya.

    ReplyDelete
  17. Klo cara mengubah resolusi hingga melebihi batas monitor contoh monitor hanya sampai 1024x600 menjadi 1024x768 klo di windows ngubahnya di regedit di linux bisa nggak ?

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...