Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

31 May 2010

Double Award - "Sunshine award" Dan "Top Blogger Award"



Award - Dialah sahabat yang bisa mengisi kekurangan mu, bukan mengisi kekosongan mu.. Terima kasih yang tak terhingga buat semua...

Umihoney sahabatku... anda telah wujudkan keindahan persahabatan itu... terima kasih sangat Umi... tak tahu lagi saya musti kata apa untuk menerima pemberianmu melainkan semoga Tuhan merahmati dan melimpahkan segala kebaikan untukmu... Terima kasih atas award yang telah Umi berikan "Sunshine award" dan "Top Blogger Award", sesuatu yang tak pernah terbayang sedikitpun pada diri saya. Serasa tak pantas diri ini menerimanya, saya masih terlalu muda dalam urusan dunia maya, delapan bulanpun belum genap dilalui. Saya masih perlu banyak belajar dari Umi dan sahabat yang lain. Saya masih memerlukan banyak bimbingan dan arahan dari para sahabat agar bisa lebih baik dikemudian hari.

"Sunshine award"


Untuk selanjutnya award ini saya sampaikan kepada sahabatku, semoga anda akan lebih bersemangat untuk berkarya, meramaikan dan memberi warna dalam jalinan persahabatan kita. Semoga anda semua akan semakin bersinar cemerlang seperti matahari yang tak akan pernah letih menyinari bumi... "Sunshine award" untuk blog sahabatku;



"Top Blogger Award"


Award ini saya sampaikan kepada sahabatku;


Semoga Award ini akan menjadi kenangan yang indah bagi kita semua.... ^_^




With Audio






30 May 2010

KDE 4.5 Beta 1 - Siap Diuji Publik



KDE - Kembali dengan update barunya, KDE versi 4 telah melompat mendekati rilis generasi berikutnya. KDE 4.5 beta 1 memang baru saja diumumkan ketersediaanya untuk diuji coba oleh semua orang. KDE 4.5 merupakan generasi pengembangan dari KDE 4.4 yang akan menuju ke sebuah desktop yang kokoh, canggih serta indah pada versi ke 5 nanti. Jika anda berminat untuk mencicipi KDE 4.5 ini, yang perlu anda sadari adalah, ini versi beta sehingga tak disarankan untuk diinstal pada komputer kerja. Namun anda dapat berperan serta mengembangkan KDE 4.5 dengan cara menguji dan melaporkan setiap bug yang mungkin terjadi. Direncanakan Final Release KDE 4.5 akan diumumkan pada Agustus mendatang, jadi bersabarlah...

Apa yang baru pada KDE 4.5 Beta 1?

  • Revamped notification area;
  • Penambahan efek pada KWin-Tiling, yang secara otomatis menyusun jendela berikutnya di samping jendela yang lainnya;
  • WebKit web browser engine sekarang telah dapat digunakan pada Konqueror;
  • Peningkatan stabilitas keseluruhan dari komponen software KDE SC 4.5;
  • Dan fitur-fitur baru lainnya yang sangat menakjubkan...


KDE SC 4.5.0 akan dikemas bersama banyak paket, termasuk aplikasi pengembangan web, aplikasi pendidikan, program administrasi, dan masih banyak lagi, yang semuanya akan tersedia dalam 50 bahasa atau bahkan lebih.



Download KDE 4.5 Beta 1:


KDE SC 4.5.0 Beta 1 Sources
[sources] [0 KB]






Suber: softpedia.com

29 May 2010

Award Ke Lima - Angel Friends Blogger Award



Award - Dalama khasanah budaya dan tradisi kami, angka lima memiliki arti dan peranan yang penting. Lima memiliki banyak keistimewaan, bagi kami penganut Islam, lima menunjukkan rukun Islam yang lima. Dalam perspektif hubungan manusia dengan Tuhannya, lima adalah waktu dimana kami melaksanakan sholat untuk beribadah kepada-Nya. Negeri ini memiliki lima falsafah yang menjadi dasar negara. Didalam budaya Jawa, lima adalah simbol kebaikan yang mengalahkan keangkaramurkaan, dimana Pandawa yang berjumlah lima mampu mengalahkan Kurawa, simbol kejahatan meski dengan jumlah ratusan.

Dalam simbol lain, lima adalah bintang. Kami selalu menyebut bintang lima sebab bintang selalu digambarkan dengan lima sudut lancip. Boleh jadi ini adalah bintang persahabatan. Kemilau persahabatan tak ubahnya seperti gemerlap bintang di angkasa dengan cahayanya menghiasi kegelapan dengan keindahan. Damai dan tenteram, demikianlah malam yang dihiasi bintang-bintang.

Dialah sahabat, yang dengan senyumnya telah memberi kesegaran dan warna warni kehidupan. Mengisi lorong waktu penuh kegelapan dengan pelita penerang gulita. Persahabatan yang telah mencairkan bagian yang lama beku dalam kesepian dan kesendirian. HANA, apa yang bisa saya kata? sesuatu yang mungkin tak terwakili dengan kata dan ungkapan "terima kasih sangat sahabat"... Ketulusanmu dengan Angel Friends Blogger Award telah menjadi penghargaan yang indah, yang akan selau tersimpan dalam untaian persahabatan dari masa kemasa yang takkan lapuk ditelan waktu.
Terima kasih sangat sahabat.. terima kasih sangat saudaraku. Engkau pantas menerima semua itu... Tahniah atas apa yang engaku terima. Semoga apa yang engkau berikan berbalas kebaikan dari Tuhan yang mengasihimu...





With Audio







27 May 2010

Cara Menginstal Dan Menjalankan Ubuntu Pada VMWare Player 3.0 - Bagian 2



Tutorial - Melanjutkan artikel kami yang pertama, telah kami jelaskan secara rinci bagaimana menginstal VMWare Player 3.0. Kini tiba saatnya kita mulai untuk membuat sebuah virtual mesin pada komputer.

Langkah pertama, jalankan VMWare Playaer dari desktop anda. Untuk mulai membuat sebuah mesin virtual, silahkan pilih menu "Create a New Virtual Machine".


Langkah kedua, anda diminta menentukan lokasi sumber instalasi, apakah dari CD/DVD drive fisik atau berasal dari disk image (iso).



Karena kita akan membuat sebuah virtual mesin terlebih dahulu, maka silahkan pilih opsi ketiga "I Will Install..." lalu klik pada tombol "Next" untuk melanjutkan...


Pada layar berikutnya, silahkan pilih opsi kedua "Linux" pada daftar pilihan "Guest operating system".


Pada menu dropdown "Version" silahkan pilih "Ubuntu"...


Setelah Ubuntu anda tentukan sebagai sistem yang akan diinstal, klik tombol "Next" untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Pada layar berikut, silahkan isi dengan "Ubuntu" pada kolom "Virtual Machine name" (atau nama lain yang anda inginkan), lalu tentukanlah lokasi dimana virtual mesin yang anda buat akan diletakkan, dalam contoh ini saya meletakkan pada K:\Virtual Machines\Ubuntu, klik pada tombol "Next" untuk melanjutkan...


Berikutnya adalah proses pembuatan virtual harddisk. Tentukanlah kapasitas virtual disk yang anda kehendaki, dalam contoh ini kami membuat sebuah virtual harddisk berkapasitas 20 GB yang merupakan kapasitas default untuk Ubuntu. Anda juga dapat menentukan bagaimana virtual disk ini akan dibuat, apakah sebuah file tunggal ataukan dipecah dalam beberapa file yang masing-masing file sebesar maksimal 2 GB. Kami memilih untuk membagi vistual disk ini, dengan memilih opsi kedua "Split virtual disk into 2 GB Files". Setelah anda tentukan, klik "Next" untuk melanjutkan pada langkah berikutnya...


Kini virtual mesin siap anda buat, pada layar ini anda juga dapat menambahkan virtual hardware yang dibutuhkan, misalnya serial atapun parallel port. Jika anda ingin melakukannya silahkan klik tombol "Customize Hardware.."


Tambahkan perangkat yang anda inginkan dengan cara memilih salah satu nama hardware, lalu klik "Add" untuk menambahkannya. Anda juga dapat melakukan pengaturan secukupnya pada masing-masing perangkat tersebut.




Lanjutkan dengan meng klik tombol "OK" lalu "Finish". Kini anda telah memiliki sebuah virtual mesin dan siap untuk diinstal Ubuntu didalamnya. Jika anda telah memiliki installer Ubuntu dalam bentuk CD/DVD, silahkan memasukkannya pada CD/DVD drive, namun bila anda belum memilikinya, silahkan download ubuntu 10.04 melalui link download yang kami sediakan pada artikel ini.

Jika semua telah siap, silahkan tentukan lokasi installer yang anda miliki. Untuk installer dalam bentuk CD/DVD, silahkan klik tombol "Edit virtual machine settings" untuk melakukan pengaturan.


Silahkan pilih perangkat "CD/DVD drive" lalu aturlah supaya mengarah pada CD/DVD drive yang anda miliki.




Jika media installer berupa file image iso (hasil download), silahkan atur supaya CD/DVD drive mengarah pada file iso tersebut.




Selesai mengatur semuanya lanjutkan dengan menjalankan virtual mesin dengan cara mengklik pada menu "Play Virual Machine", virtual mesin akan segera dijalankan dan Ubuntu telah siap untuk diinstal...



Tunggulah beberapa saat hingga installer Ubuntu dimuat dan proses instalasi siap dimulai. Bagi anda yang belum tahu langkah-langkah menginstal Ubuntu, silahkan membaca cara menginstal Ubuntu 10.04 untuk pemula pada artikel kami ini.





Selamat mencoba...

26 May 2010

Final Release Fedora 13 Goddard



Fedora - Sesuai dengan rencana, team pengembang Fedora secara resmi mengumumkan peluncuran Fedora 13 Goddard dan telah tersedia untuk didownload pada server mirror diseluruh dunia.
Ini akan menjadi awal yang menggembirakan bagi komunitas open source dengan diluncurkannya sebuah sistem operasi yang solid, dengan membawa perbaikan dan dukungan perangkat yang lebih luas.

Pengembang Fedora pun kini telah bersiap untuk menjadwalkan versi berikutnya. Fedora 14 dengan code name "Laughlin" yang direncanakan akan rilis pada Oktober - November mendatang. Fedora 14 dirancang untuk memuat fitur-fitur terbaru diantaranya Linux kernel 2.6.34, X.Org Server 1.9, GNOME 3.0, GCC 4.5 dan masih banyak lagi.


Fitur yang disertakan pada Fedora 13:

  • Linux Kernel 2.6.32;
  • KDE SC 4.4;
  • Dukungan terhadap webcam;
  • Mozilla Firefox 3.6;
  • Enhanced Init System;
  • Topology Awareness;
  • Peningkatan pada installer Anaconda;
  • Peningkatan pada software management;
  • Dukungan 3D untuk Nvidia Systems;
  • Instalasi otomatis untuk driver printer;
  • Paket bahasa secara otomatis diinstal;
  • Revamped user management interface;
  • Peningkatan pada NetworkManager;
  • Color management;
  • SystemTap static probes;
  • Zarafa Groupware;
  • NetBeans 6.8;
  • Dukungan terhadap Python 3;
  • Btrfs snapshots integration

Dan tentu saja masih ada fitur lain yang dapat ditemukan pada Fedora 13, jadi pastikan Anda memeriksa catatan resmi rilis Fedora 13 ini ...


Link Download Fedora 13:


Fedora 13 GNOME LiveCD (torrent) i686
[torrent1] [676 MB]


Fedora 13 GNOME LiveCD (torrent) x86_64
[torrent1] [678 MB]



Fedora 13 KDE LiveCD (torrent) i686
[torrent1] [699 MB]


Fedora 13 KDE LiveCD (torrent) x86_64
[torrent1] [701 MB]



Fedora 13 DVD (torrent) i386
[torrent1] [3.10 GB]


Fedora 13 CDs (torrent) i386
[torrent1] [3.30 GB]


Fedora 13 DVD (torrent) x86_64
[torrent2] [3.40 GB]


Fedora 13 CDs (torrent) x86_64
[torrent2] [3.60 GB]


Fedora 12 Sources DVD (torrent)
[torrent1] [4.20 GB]






Sumber: softpedia.com

25 May 2010

Cara Menginstal Dan Menjalankan Ubuntu Pada VMWare Player 3.0 - Bagian 1





Tutorial - Linux bagi sebagian orang yang belum mengenalnya adalah sesuatu yang menakutkan. Berbagai macam persepsi muncul, dari anggapan Linux adalah sistem operasi yang sulit dioperasikan sampai anggapan bahwa Linux adalah sistem yang diperuntukkan bagi mereka yang mahir komputer. Anggapan seperti itu tidaklah sepenuhnya benar namun juga tidak dapat disalahkan. Bagi yang belum mengnal linux hal itu tentu saja wajar, namun bagi yang sudah mengenalnya, Linux adalah sebuah sistem operasi yang sangat menyenangkan, powerfull dengan desktop yang indah dan mengagumkan dan juga sebuah sistem yang hingga saat ini kebal dari serangan virus (meski tak sepenuhnya benar).

Bagi anda yang belum mengnal Linux dan ingin belajar atau sekurangnya ingin tahu lebih banyak tentang seluk beluk sipinguin ini, jangan kawatir... anda tetap bisa mengenal dan belajar menggunkan Linux selangkah demi selangkah diawali dengan cara menjalankan dan menginstal sistem operasi ini. Bagi seorang pemula yang sebelumnya sama sekali belum mengenal Linux, menginstal adalah sesuatu yang menakutkan. Kekawatiran akan hilangnya data atau file-file penting adalah sesuatu yang wajar dan bisa difahami. Berikut ini kami sampaikan cara belajar menginstal Linux yang aman tanpa kawatir akan hilang atau rusaknya file-file penting saat mencoba menginstal Linux dengan cara menjalankannya pada sebuah virtual mesin.

Mesin virtual atau virtual mesin adalah sebuah komputer yang tidak nyata, artinya kita akan menjalankan sebuah komputer didalam komputer. Apakah bisa?.. tentu bisa. Berikut ini kami akan memberi contoh sebuah aplikasi vitual mesin yang bebas anda gunakan, "VMWare Player". VMWare Player adalah aplikasi buatan VMWare, Inc yang bisa anda manfaatkan untuk membuat dan menjalankan sebuah komputer virtual. Dalam kasus ini kita akan mencoba menginstal sebuah sisten operasi Linux populer " Ubuntu " dengan bantuan VMWare Player.

Pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan sebuah komputer dengan memori yang cukup, anda membutuhkan minimal 512 MB memori fisik namun kami menyarankan anda menggunakan 1 GB agar nyaman selama proses menjalankan virtual mesin. Anda juga membutuhkan ruang harddisk yang cukup untuk tempat menyimpan mesin virtual yang akan dibuat. Berikutnya download lah VMWare Player, klik pada link ini untuk mulai mendownloadnya. Silahkan ikuti langkah-langkah dan petunjuk yang diberikan. Setelah berhasil anda download, tibalah saatnya untuk memulai proses instalasi VMWare Player, silahkan jalankan file instaler yang anda dapatkan.




Setelah instaler selesai mengextract file yang dibutuhkan, anda akan dibawa pada halaman pembuka, silahkan klik tombol "Next" untuk melanjutkan.


Berikutnya anda diminta menentukan dimana VMWare Player akan diinstalasi, jika anda ingin mengubah lokasi instalasi silahkan klik tombol "Change" lalu tentukanlah lokasi yang anda inginkan atau biarkan saja VMWare Player diinstal secara default pada folder program files. Lanjutkan dengan mengklik tombol "Next".


Silahkan tentukan dimana shortcuts akan ditempatkan...lanjutkan dengan menekan tombol "Next".


Sampai pada proses ini, silahkan klik tombol "Continue" untuk melanjutkan proses instalasi.


Proses instalasi akan segera dimulai, ini akan memerlukan beberapa waktu, silahkan anda tunggu hingga proses diselesaikan.


Setelah proses instalasi selesai, anda diminta untuk segera merestart komputer. Silahkan restart komputer anda untuk segera menjalankan VMWare Player.


Jalankan VMWare Player melalui shortcuts pada desktop,dan anda diminta menyetujui License Agreement, klik "Yes, I accept the terms in the license agreement" lalu klik tombol "OK" untuk menyetujui.


Sampai disini proses instalasi VMWare Player telah selesai dan siap anda gunakan....


Artikel berikutnya, kami akan mengajak anda untuk membuat sebuah virtual mesin guna menginstal Ubuntu pada komputer anda. Sapai jumpa pada bagian berikutnya....

23 May 2010

Rilis Oracle VM VirtualBox 3.2.0 For Linux




Oracle - VirtualBox adalah software virtualisasi lintas platform (berjalan pada Linux maupun Windows) yang semula dikembangkan oleh Sun Microsystem namun pada awala tahun ini telah diakuisi oleh Oracle. Rilis VirtualBox 3.2.0 ini membawa dukungan yang lebih baik terhadap perangkat keras Intel terbaru.





“Tim VirtualBox telah merilis versi baru dari Oracle VM VirtualBox (TM), kinerja tinggi, dan merupakan software virtualisasi cross-platform. Merk Oracle VirtualBox 3.2, adalah rilis pertama sejak akuisisi dari Sun Microsystems.Inc oleh Oracle Corp awal tahun ini, berisi banyak fitur baru yang inovatif yang memberikan peningkatan signifikan dalam kinerja, bertenaga dan dukungan terhadap platform guest operating system".



Fitur VirtualBox 3.2.0:
  • Software telah berganti nama menjadi Oracle VM VirtualBox dan semua komponen branded akan diupdate, bila memungkinkan;
  • Dukungan untuk fitur Guest tidak terikat Eksekusi pada Intel, Core i5, Core i7 dan prosesor Xeon seri 5600;
  • Memori dinamis ‘ballooning,’ memungkinkan host 64-bit untuk menyesuaikan jumlah memori yang didedikasikan bagi sebuah VM dengan cepat;
  • Dukungan "Large Page" untuk peningkatan kinerja;
  • Page Fusion, sebuah fitur baru yang men-de-duplikasi RAM yang digunakan oleh VMs serupa;
  • vCPU hot-plugging, untuk guest Linux dan Windows;
  • Snapshots sekarang bisa dihapus saat VM masih dijalankan;
  • USB tablet/keyboard emulation;
  • Virtual SAS controller, emulasi untuk kontroler LsiLogic SAS;
  • RDP video acceleration;
  • Guest Automation API;
  • Dukungan multi-monitor untuk guest Windows;
  • Masih terbatas, uji coba untuk dukungan guest Mac OS X;
  • Dukungan untuk versi desktop dan server Ubuntu “Lucid Lynx” 10.04 LTS;
  • Dukungan untuk Oracle Enterprise Linux 5.5







Sumber: softpedia.com

Blogging Ditengah Koneksi Yang Semakin Memburuk



Blogger - Tinggal di kawasan dataran tinggi memang susah untuk memilih penyedia layanan internet yang memuaskan. Jaringan yang tersedia amat terbatas dengan kualitas yang tak memadai. Blog ini dibuat dengan hanya mengandalkan koneksi internet berteknologi CDMA.

Pada awal menggunakan layanan internet, layanan yang bisa saya dapatkan tergolong cukup baik. Namun kini, disaat para profider mulai berlomba-lomba menurunkan tarif layanan, merekapun berlomba untuk menurunkan kualitas layanannya. Buruk... itulah status yang pas untuk menilai kualitas jaringan saat ini.

Saya sendiri telah menyiapkan beberapa layanan dari penyedia yang berbeda, semuanya teregistrasi untuk layanan internet unlimited, namun kenyataanya tak ada satupun dari mereka yang konsisten dengan apa yang mereka gembar gemborkan saat promosi, semua omong kosong belaka...

Koneksi akan dirasa semakin memburuk bila malam mulai tiba. Meski sambungan telah dialihkan pada penyedia layanan yang berbeda, namun koneksi yang didapatkan tetap saja jelek. Jangankan untuk blogging, bahkan untuk login menggunkan YM saja kadang tak bisa. Mungkin ini adalah ujian untuk kesabaran, tapi sampai kapan?...

Saya fikir bukan hanya metalitas penguasa negeri ini yang perlu dibenahi, namun mentalitas para pembisnispun nampaknya perlu diperbaiki agar mereka tak hanya mengejar keuntungan semata, namun juga memperhatikan hak dan kepuasan pelanggannya. Konsumen telah dipakasa untuk membayar layanan dimuka namun layanan yang mereka dapatkan sungguh jauh dari harapan....