Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

29 June 2010

Cara Membuat Efek Zooming Gambar Pada Blog Dengan "Expando"


Tips & Trik - Kali ini kita akan mencoba memasang efek pembesaran (zooming) pada gambar di blog kita dengan menggunakan script expando. Expando dikembangkan oleh Dynamic Drive dengan memanfaatkan engine jquery. Sebenarnya script ini bukan hanya digunakan untuk melakukan pembesaran pada gambar saja, tetapi juga bisa digunakan untuk hal yang sebaliknya, yakni mengecilkan gambar.

Cara kerja expando adalah mengembalikan gambar pada ukuran aslinya. Pejelasaannya demikian, jika kita memiliki sebuah gambar dengan ukuran 176px X 220px, agar expando memberi efek pembesaran maka aturlah pamasangan gambar dengan ukuran yang lebih kecil dari gambar aslinya, misalnya mejadi 112px X 139px, dan sebaliknya, jika anda menghendaki untuk efek pengecilan, maka aturlah pemasangan gambar agar memiliki ukuran yang lebih besar dari aslinya. Silahkan lihat contoh gambar berikut ini;


Gambar ini memiliki ukuran asli 176px X 220px, lalu kami pasang dengan ukuran 112px X 139px dan telah kami beri efek expando. Silahkan anda arahkan kursor pada gambar tersebut, lihatlah... gambar kembali ukuran semula 176px X 220px (efek pembesaran). Ini berlaku sebaliknya pada gambar di bawah ini, yang telah kami pasang dengan ukuran 267px X 333px, jika anda arahkan kursor kepadanya, maka gambar akan kembali ke ukuran aslinya (efek pengecilan).


Sudah mendapatkan gambaran yang jelas mengenai penggunaan script expando?. Baiklah, sekarang saatnya kita mencoba memasang script expando ini pada blog kita masing-masing.

Pertama, download file script expando.zip ini lalu extract file tersebut sehingga Anda mendapatkan file expando.js dan upload file expando.js itu ke web hosting Anda. Jika anda belum memiliki tempat penyimpanan online (hosting), anda bisa memanfaatkan hosting web gratis yang disediakan oleh Google melalui sites.google.com atau menyimpannya di google code, silahkan lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Langkah kedua, pasang script seperti contoh berikut ini pada template html anda, letakkan script diantar kode <head> sebelum kode </head>.


Sesuaikan src='http://hosting.anda.com/expando.js' dengan lokasi tempat Anda menghosting file expando.js. Simpan perubahan yang telah anda lakukan.

Berikut ini adalah cara menambahkan script expando pada gambar. Tambahkanlah kode class="expando" pada setiap gambar yang ingin anda beri efek, ini contohnya;



Selamat mencoba....

Rilis Sabily 10.04 "Manarat" - Ubuntu 10.04 Khusus Muslim



Sabily - Rilis Sabily 10.04 dengan codename "Manarat", telah diumumkan oleh tim pengembangan Sabily. Sabily 10.04 didasarkan pada Ubuntu 10.04 'Lucid Lynx' dan ditujukan untuk kalangan Muslim. Sabily membundle beberapa paket software pembelajaran Islam, seperti perangkat belajar Qur'an dan pemberitahuan waktu sholat. Sabily 10.04 datang dengan semua paket Ubuntu 10.04 dan versi update dari paket khusus; Zekr 0.7.6 dan Thawab 3.



Fitur baru Sabily 10.04:

  • Zekr 0.7.6 - perangkat untuk mempelajari Qur'an di Linux ;
  • Thawab 3 - ensiklopedia ;
  • Kaligrafi dan wallpaper baru untuk rilis "Manarat";
  • Bacaan offline baru : Al-Muaiqly - dikodekan pada 48kbps;
  • Aplikasi "parental web control" baru : Gnome Nanny.


Fitur Ubuntu 10.04 yang disertakan pada Sabily 10.04:

  • Tema baru dan tombol jendela disebelah kiri;
  • Built-in tools jaringan sosial: menyediakan integrasi dengan twitter, identi.ca, Facebook, dan jaringan sosial lainnya dengan MeMenu di panel;
  • Kenel Linux 2.6.32;
  • GNOME 2.30;
  • OpenOffice.org 3.2 - Office suite;
  • Firefox 3.6.3 - Web browser;
  • Simple Scan - Aplikasi scanning;
  • PiTiVi - editor video sederhana.

Tentang Sabily:

Sabily adalah sebuah distro Linux berbasis Ubuntu yang ditujukan khusus bagi umat Islam, dulu dikenal dengan Ubuntu ME (Muslim Edition). Sabily dilengkapi dengan sejumlah aplikasi khusus seperti perangkat belajar Al-Qur'an dan pemberitahuan waktu sholat. Juga dilengkapi dengan dukungan yang besar untuk bahasa Arab dan kalender Islam (penanggalan Hijriyah).



Download Sabily 10.04:

Sabily 10.04 (ISO)
[iso] [1.45 GB]





Sumber: softpedia.com

28 June 2010

Rilis KDE SC 4.5 RC 1



KDE - Kembali hadir dengan kabar terbaru seputar perkembangan linkungan desktop paling populer dan tercanggih saat ini. Tim pengembang KDE dengan bangga telah mengumumkan kehadiran KDE SC 4.5 RC1 yang telah siap untuk diuji publik dan memastikan ketersediaan untuk didownload oleh masyarakan pengguna dan pecinta Linux. Meskipun RC 1 telah diluncurkan, namun Release Fina KDE 4.5 ini direncenakan hadir ditengah kita pada bulan Agustus mendatang.

Hari ini, KDE mengirimkan Release Candidate pertama dari KDE SC 4.5. Versi final akan diluncurkan pada bulan Agustus 2010 dan RC ini dimaksudkan untuk pengujian dan pengadopsian awal agar dapat membantu mencari dan melaporkan apa bila ditemukan bug”, demikian disampaikan dalam pengumuman resmi.

Tim ini telah bekerja keras dan banyak bug telah diperbaiki sejak rilis sebelumnya, KDE SC 4.5 Beta 2. Sebanyak 1165 masalah telah diselesaikan dalam siklus pengembangan dan 1233 telah dilaporkan oleh para penguji.

Download KDE SC 4.5 RC 1:

KDE SC 4.5.0 RC1 Sources
[sources] [0 KB]






Sumber: softpedia.com

Duo "Friendly Blogger Award" - Sisi Lain Keindahan Persahabatan



Award - Hehehe... ewot lagi.. :p (pinjam istilah Miss Rinda :p), kali ini datang dua hampir bersamaan. Terima kasih kepada sahabat Bila Kalbu Berbicara dan Run-D Blog yang telah memberikan award ini, semoga mendatangkan kebaikan bagi kita semua.

Ewot "Friendly Blogger Award" ini hehehe.. :p datang dengan beberapa aturan, diantaranya penerima ewot musti membagikannya kepada 10 sahabat blogger lainnya dan mencantumkan link-link dari pemberi ewot sebelumnya.. :p. Dan meletakkan link untuk dirinya sendiri diurutan terakhir untuk menggantikan link orang pertama yang akan hilang hehehe.. :)

Baiklah, memenuhi permintaan aturan award yang datang dari sahabat Bila Kalbu berbicara, ini adalah urutan link anda;



Ini urutan link yang datang dari sahabat Run-D Blog;


Nah.. permintaan dan aturan ewot sudah terpenuhi, kini giliran membagikannya pada sahabat yang lain. Bagi sahabat yang menerima Award ini dan ingin membagikannya kembali, anda cukup mengambil salah satu urutan dari dua urutan diatas hehehe.. :p. Friendly Blogger Award ini saya anugerahkan kepada;


Semoga Award ini bisa semakin mempererat tali persahabatan diantara kita. Seperti biasa, blog ini memiliki aturannya sendiri, tidak mencantumkan nomor urut dan bagi penerima award dari kami, tidak memiliki keharusan untuk melakukan hal yang sama. Namun jka anda ingin memberikannya kepada sahabat yang lain tentu kami tak menghalanginya... :) ...terima kasih.... salam...

27 June 2010

Release Oracle VirtualBox 3.2.6 For Linux




VirtualBox - Oracle telah merilis update terbaru untuk software virtualisasi VirtualBox 3.2.6. Ini adalah update minor, tetapi memuat banyak perubahan dan perbaikan bug. Pembaruan datang setelah rilis VirtualBox 3.2.0 yang memperkenalkan banyak fitur baru dan penerapan beberapa perubahan dan dukungan untuk hardware baru.

"Oracle VirtualBox 3.2.6 dirilis hari ini, sebuah rilis pemeliharaan VirtualBox 3.2 yang meningkatkan stabilitas dan perbaikan regresi", demikian disampaikan saat pengumuman.

Yang baru pada VirtualBox 3.2.6

Perbaikan virtual machine manager (VMM) :
  • Perbaikan host crash saat menjalankan guest 64-bit pada hosts 32-bit dengan CPU Intel tertentu - VT - x;
  • Memungkinkan SMP guest 64-bit pada host 32-bit - VT-x dan AMD-V;
  • Dan beberapa perbaikan lainnya.

Perbaikan GUI :
  • Ditambahkan solusi atas bug kernel Linux yang mempengaruhi asynchronous I / O pada file sistem ext4 / xfs;
  • Ditambahkan setting untuk sambungan beberapa VRDP - berguna jika beberapa layar diaktifkan;
  • Dan beberapa perbaikan lainya.

Linux spesifik :
  • Membaca direktori kembali setelah file dihapus;
  • Menginstal driver DRI di lokasi yang tepat pada guest ArchLinux;





Tentang VirtualBox:

VirtualBox adalah software virtualisasi populer yang sekarang dimiliki oleh Oracle setelah diakuisi dari Sun Microsystems. Ia bekerja pada semua platform x86 dan mendukung sejumlah besar sistem operasi guest. VirtualBox bukan open source tapi ditawarkan secara gratis. Ada juga versi open-source yang disebut Virtual Box ose (open source edition).








Sumber: softpedia.com

Berakhirnya Dukungan Teknis Fedora 11


Fedora - Pengumuman berakhirnya dukungan teknis untuk Fedora 11 telah disampaikan. Terhitung sejak 24 Juni 2010 pukul 11.00 UTC, pengguna Fedora 11 sudah tidak lagi mendaptak update atas berbagai masalah yang terjadi pada sistem yang digunakan. Penghentian dukungan teknis ini meliputi update versi baru untuk perogram yang berjalan pada Fedora 11 maupun patch atas celah keamanan yang mungkin saja terjadi.

Fedora 11 dengan code name "Leonidas," dirilis pada awal Juni 2009. Dengan berakhirnya dukungan teknis ini, disarankan bagi pengguna Fedora untuk segera mengupgrade sistem mereka ke versi terbaru, Fedora 13 yang telah dirilis pada bulan lalu.



Fedora Project adalah sebuah proyek open source yang disponsori oleh Red Hat dan didukung oleh komunitas open-source project. Fedora Linux adalah sistem operasi berbasis kernel Linux, yang berfokus pada akses yang luas, bebas dimodifikasi dan didistribusikan kembali.

Untuk mendapatkan Fedora terbaru, Fedora 13, silahkan ikuti tautan ini untuk membaca artikel mengenai rilis Fedora 13.




Sumber: softpedia.com

26 June 2010

Release Google Chrome 5.0.375.86 For Linux - With Integrated Flash Player



Google - Hanya dalam waktu singkat, pengembang Google Chrome di Google telah mengumumkan ketersediaan download Google Chrome 5.0.375.86 untuk platform Linux, Windows dan Macintosh. Versi baru datang tepat setelah rilis beta diumumkan beberapa hari lalu. Dengan dukungan flash player terintegrasi, menjadikan anda tidak perlu lagi menginstal plugin flash untuk Google Chrome. Google Chrome 5.0.375.86 tersedia untuk arsitektur 32-bit maupun 64- bit dengan paket binari untuk Ubuntu Linux.

Jika Anda menemukan masalah pada Google Chrome 5.0.375.86, silahkan melaporkannya di sini. Sebuah versi pengembangan dari Google Chrome ( 6.0.447.0 ) juga diumumkan pada tanggal 24, tapi hanya untuk sistem operasi Windows dan Macintosh.


Google Chrome adalah web browser revolusioner yang membuat surfing internet lebih efisien dan ergonomis dengan menempatkan modul setiap membuka tab baru. Alih-alih menampilkan sebuah halaman kosong, Google Chrome menawarkan delapan thumbnail, menampilkan situs-situs paling banyak dikunjungi, bar pencarian history dan bahkan sepuluh tab terakhir yang baru ditutup. Google Chrome sangat cepat, dari saat Anda membuka sampai anda menutupnya....

Download Google Chrome 5.0.375.86 for Linux:


Debian/Ubuntu DEB i386 (5.0.375.86 Stable)
[ubuntu_deb] [12 MB]


Debian/Ubuntu DEB amd64 (5.0.375.86 Stable)
[ubuntu_deb] [12.70 MB]


Fedora/openSUSE RPM i586 (5.0.375.53 Stable)
[fedora_rpm] [17 MB]


Debian/Ubuntu DEB i386 (6.0.437.1 Alpha)
[ubuntu_deb] [12 MB]


Debian/Ubuntu DEB i386 (5.0.375.86 Beta)
[ubuntu_deb] [13 MB]


Debian/Ubuntu DEB amd64 (5.0.375.86 Beta)
[ubuntu_deb] [13 MB]






Suber: softpedia.com

25 June 2010

Release Nvidia 256.35 Video Drivers For Linux, BSD Dan Solaris


Nvidia - Setelah beberapa bulan bekerja keras, Nvidia akhirnya mengumumkan versi stabil driver proprietary 256.x untuk kartu grafis Nvidia. Nvidia 256.35 menggabungkan banyak peningkatan dan perbaikan. Dukungan Unofficial GLX juga ditambahkan untuk beberapa ekstensi OpenGL, perbaikan setting pemantauan suhu, perbaikan untuk dukungan Compiz, perbaikan VDPAU dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah perubahan-perubahan penting pada driver Nvidia 256.35:

  • Antarmuka precompiled kernel telah dihapus pada driver versi 32-bit (dalam file .run). Selain itu, Nvidia juga tidak merencanakan untuk menambahkan antarmuka precompiled kernel dalam file .run pada platform Linux, namun pegguna dapat menambahkan sendiri antarmuka precompiled kernel dengan bantuan opsi "--add-this-kernel";
  • Struktur folder pada driver Linux telah disederhanakan (sebagian besar file-file tersebut diletakkan pada folder top level);
  • Dukungan Unofficial protokol GLX telah ditambahkan untuk ekstensi OpenGL terbaru: GL_ARB_sample_shading, GL_EXT_draw_buffers2, GL_NV_explicit_multisample, GL_ARB_blend_func_extended, GL_NV_transform_feedback, GL_ARB_draw_buffers_blend, GL_ARB_timer_query dan GL_EXT_separate_shader_objects;
  • 'nvidia-settings' setting fitur pemantauan suhu telah diperbaiki untuk mendukung mesin dengan lebih dari satu sensor suhu;
  • Perbaikan masalah kinerja PowerMizer;
  • Perbaikan masalah 3D Vision Stereo;
  • Penambahan dukungan Xinerama pada VDPAU;
  • Perbaikan bug driver XvMC pada kartu grafis AGP;
  • Perbaikan bug pada MPEG-2 decoding;
  • Penerapan APIs baru yang memungkinkan untuk berbagi OpenGL dan CUDA dengan VDPAU surfaces;
  • 'nvidia-installer', nvidia-setting dan nvidia-xconfig tarballs sekarang telah dikompres dengan bzip2;
  • Akhiran (suffix) "-pkg#" telah dihapus dari file .run.

Untuk mengetahui perubahan-perubahan lebih rinci pada versi ini, silahkan lihat pada pengumuman rilis.

Bagaimana cara menginstal driver Nvidia 256.35 ini?

Log Out lah dari sesi Anda saat ini lalu tekan kombinasi tombol CTRL+ALT+F1 untuk memasukkan sesi text-mode. Log in lah sebagai root ( System Administrator ), pergi ke folder di mana Anda men-download installer driver Nvidia, lalu ketik perintah berikut yang sesuai dengan arsitektur sistem anda:

Untuk pengguna sistem 32-bit:


sh NVIDIA-Linux-x86-256.35.run

Untuk pengguna sistem 64-bit:

sh NVIDIA-Linux-x86_64-256.35.run

Silahkan ikuti petunjuk pada layar untuk menginstal driver video Nvidia . Harap dicatat bahwa Linux kernel headers dan GCC compiler akan diperlukan untuk menyelesaikan instalasi.

Download driver Nvidia 256.35;

Jika dengan cara meng-klik tautan ini browser gagal mendownload file .run, silahkan klik kanan pada tautan lalu pilih menu "Save link As" untuk menyimpan file yang anda kehendaki.

Download Nvidia Linux display driver 256.35 untuk arsitektur x86.

Download
Nvidia Linux display driver 256.35 untuk arsitektur AMD64/EM64T.

Download
Nvidia FreeBSD display driver 256.35 untuk arsitektur x86 dan x64.

Download
Nvidia Solaris display driver 256.35 untuk arsitektur x86/x64.





Suber: softpedia.com

24 June 2010

GoogleCL "Google Command Line" - Google Memanjakan Pengguna Linux



Google - Google meluncurkan sebuah tool baru yang diberi nama GoogleCL. Tool ini berupa command line yang dijalankan pada terminal Linux sehingga memungkinkan pengguna untuk mengirim, membuat atau menghapus foto dari akun Picasa, video dari akun YouTube, mengedit, membuat atau meng-upload dokumen dari akun Google Docs, menambahkan atau menghapus daftar acara dari Google Calendar dan memposting ke weblog Blogger Anda . Ini hanya beberapa dari berbagai fungsi GoogleCL tersebut.

Saat ini banyak pengguna komputer yang terbiasa dengan antarmuka grafis , dan sudah tak biasa menggunakan command line. Ini contoh sederhana bagaimana bergunanya tool ini jika Anda menggunakan layanan Google setiap hari . Perlu diingat bahwa Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu ( GMail sebagai alamat e-mail ).

Cara menginstal GoogleCL:

Jika Anda pengguna Ubuntu, GoogleCL sangat mudah untuk dinstal. Anda hanya perlu men-download file .deb dari sini, simpan pada komputer Anda lalu double klik file yang baru saja anda download untuk segera menginstalnya. Untuk mulai menggunakannya, Anda cukup membuka terminal lalu ketik google dan tekan Enter . Nah, sekarang Anda memiliki layanan Google yang sangat berguna di ujung jari Anda :).

Contoh penggunaan GoogleCL:

Contoh pertama; Membuat sebuah album baru dengan banyak foto di Picasa.
Seperti telah sebutkan di atas , Anda harus sudah memiliki akun Picasa untuk bisa memanfaatkan tool ini.
Bila kita ingin membuat sebuah album baru dengan banyak foto. Berapa lama waktu yang kita butuhkan jika menggunakan antarmuka web standar? tentu akan menghabisakan banyak waktu. Mengapa ? Karena kita harus membuat album dahulu, dan setelah itu anda baru bisa mengupload foto, itupun hanya lima foto dalam satu waktu. Belum lagi jika Anda harus menelusuri setiap foto yang ingin Anda upload.

Dengan GoogleCL, seluruh proses hanya memerlukan beberapa detik saja. Yang harus anda lakukan adalah, ketik perintah seperti contoh ini lalu tekan Enter setelahnya :

google picasa create --title "album saya" /home/lab/Pictures/Wallpapers1/*

Perintah tersebut akan membuat sebuah album bernama "album saya" sekaligus mengupload semua foto yang berada di "/home/lab/Pictures/Wallpapers1/".



Contoh kedua; Mengganti Vide di Youtube.
Bila anda belum memiliki akun di Youtube, silahkan membuatnya terlebih dahulu, namun bila anda telah memilikinya, anda bisa segera mempraktekkan contoh berikut ini. Ketik perintah berikut pada terminal lalu tekan enter:

google youtube delete --title "videoku" google youtube post --category Musik /home/lab/Videos/video_baru.wmv

Ini adalah proses untuk mengganti video berjudul "videoku" dengan video berjudul "video_baru" berkategori "Musik" dari "/home/lab/Videos/video_baru.wmv"



Contoh ketiga; Memposting artikel yang telah disiapkan ke blog anda.
Buatlah terlebih dahulu sebuah artikel, lalu simpan dalam format text, dalam contoh ini kita akan memposting sebuah artikel yang tersimpan pada file "Linux.txt". Ketik perintah berikut pada terminal lalu tekan enter.

google blogger post /home/lab/Documents/How\ to\ Use\ GoogleCL\ in\ Linux.txt

Perintah tersebut akan memposting artikel dari file bernama "Linux.txt" yang berada di "/home/lab/Documents/How" ke webblog yang anda miliki.



Contoh-contoh tersebut hanyalah sedikit dari banyak fitur yang dimiliki GoogleCL. Silahkan kunjungi situs Google ini untuk mendapatkan contoh lebih lengkap bagaimana memanfaatkan GoogleCL agar pekerjaan anda menjadi mudah, cepat dan efisien. Selamat mencoba....



Suber: softpedia.com

22 June 2010

Update Clamav 0.96.1.0 Engine For PCMAV Plugins


Sourcefire - Kembali dengan kabar baru untuk anda. Sourcefire selaku pengembang Clamav telah merilis versi update pertama untuk Clamav engine 0.96 beberapa waktu lalu. Clamav 0.96.1.0 engine datang dengan banyak perbaikan dan penyempurnaan.

Bagi anda pengguna PCMAV dan mengintegrasikan Clamav engine bersamanya, kami sarankan untuk segera mengupdate pada versi 0.96.1.0. Silahkan anda download Clamav 0.96.1.0 engine, jangan lupa untuk mengupdate library MSVC80 yang anda gunakan agar engine baru Clamav dapat bekerja.


Jika anda tak mau repot menggabungkan dan mengkonfigurasi Clamav engine beserta library MSVC80, silahkan download engine Clamav 0.96.1.0 beserta Microsoft.VC80.8.0.50727.4053.CRT.x86 yang telah kami gabungka di sini. Setelah file berhasil anda download, integrasikan Clamav engine dan library MSVC80 tersebut pada folder \plugins\clamav tempat Anda menyimpan PCMAV, contoh D:\PCMAV\plugins\clamav\. Kami telah mencoba menggabungkan Clamav 0.96.1.0 engine dengan PCMAV 3.0.3 serta PC Media Ragnarok2 technical Preview ( PCMAV 3.1 Ragnarok2 TP ), semua telah berjalan dengan baik.

Selamat mencoba.....

Download ClamAv 0.96.1.0 with Microsoft.VC80.8.0.50727.4053.CRT.x86

21 June 2010

Hari-hariku...





Seberapapun berat...
Seberapapun pahit...
Seberapapun pedih...
Aku hanya ingin menatap kedepan hari esokku...

Ampunkan aku Tuhan...
Atas segala khilaf dan kesalahan...
Anugerahkanlah ketenangan, keceriaan dan kebahagiaan...
Atas hamba-Mu yang sentiasa mengarap ridha hanya kepada-Mu..

20 June 2010

Technical Preview PCMAV Ragnarok2 - Siap Diuji Coba



PC Media - Pertama sekali kita perlu berterima kasih atas kerja keras tim pengembang PCMAV sehingga PCMAV terbaru dengan code name "Ragnarok2" telah siap sesuai dengan rootmap yang direncanakan. Ini adalah versi Technical Preview (TP) dan sangat mungkin pada versi final nantinya, akan ada banyak perubahan dan penyempurnaan. Jika anda berminat mencobanya, dan mendapati PVMAV Ragnarok2 Technicak Preview yang anda download ini tak bekerja sebagai mana mestinya, silahkan sampaikan keluhan agar dapat diperbaiki melalui forum resmi virusindonesia.com.


Kini PCMAV Raknarok2 Technical Preview telah dilengkapi dengan RTP yang terintegrasi, sehingga anda tidak akan lagi mendapati PCMAV-RTP.exe pada distribusinya. Anda cukup menjalankan PCMAV.exe dan secara otomatis akan memeriksa apakah anda masih menjalankan versi sebelumnya, jika ya maka anda akan diminta merestart komputer untuk menggantikannya dengan engine yang baru.


Seperti yang telah dijanjikan, versi baru PCMAV Ragnarok2 membawa banyak fitur unggulan, diantaranya adalah kinerja yang lebih baik (berjalan lebih cepat), penggunaan memori yang lebih sedikit dan diintegrasikannya berbagai macam fungsi baru seperti "Block Program On USB/Card", CatchCrypted For EXE dan CatchCrypted For VBS. Untuk dapat mengaktifkannya, silahkan klik kanan pada icon PCMAV (bebek kuning) yang terdapat pada notification area.


Fitur menarik lainnya adalah saat anda melakukan proses scan dan meminimize jendela PCMAV, jedela tidak diminimize pada taskbar namun diminimize pada notification area.


Untuk menampilkan kembali jendela yang telah diminimize dan atau untuk menjalankan PCMAV Cleaner, silahkan klik pada icon PCMAV maka PCMAV Cleaner akan segera dijalankan untuk anda.


Diharapkan PCMAV Ragnarok2 final release akan segera hadir ditengah kita tidak lama lagi.
Sebagai informasi, andapun telah dapat mengintegrasikan Clamav engine untuk mendapatkan perlindungan yang lebih optimal pada PCMAV Ragnarok2 Technical Preview ini. Nantika kehadiran Final Release PCMAV Ragnarok2 yang akan menjadi antivirus terbaik kebanggaan bangsa Indonesia...

19 June 2010

Download openSUSE 11.3 RC 1



Novell Linux - Tim pengembang openSUSE telah mengumumkan peluncuran openSUSE 11.3 RC1 dan telah siap untuk diuji publik. Itu artinya, tidak lama lagi distro populer yang dikembangkan oleh Novell ini akan segera diresmikan rilis finalnya. Tinggal menunggu satu langkah lagi untuk RC2 dan dalam satu bulan kedepan diharapkakan openSUSE 11.3 Final release telah siap untuk dipublikasikan. RC1 dari openSUSE 11.3 telah tersedia untuk didownload melalui server mirror diseluruh dunia.


Tidak ada perubahan yang cukup besar pada rilis pengembangnan ini, namun perbaikan bug dan peningkatan fitur tentu telah dilakukan. Jika tak ada halangan yang cukup berarti, openSUSE 11.3 akan secara resmi diluncurkan pada 15 Juli mendatang.

Jadwal Rilis openSUSE 11.3 :

1 Feb - openSUSE 11.3 Milestone 1;
18 Feb - openSUSE 11.3 Milestone 2;
4 Mar - openSUSE 11.3 Milestone 3;
25 Mar - openSUSE 11.3 Milestone 4;
14 April - openSUSE 11.3 Milestone 5;
3 Mei - openSUSE 11.3 Milestone 6;
26 Mei - openSUSE 11.3 Milestone 7;
17 Jun - openSUSE 11.3 RC1;
1 Jul - openSUSE 11.3 RC2;
15 Juli - Final rilis openSUSE 11.3.



Download openSUSE 11.3 RC1 :

openSUSE 11.3 RC1 DVD-i586.iso
(iso) 3.9G
openSUSE 11.3 RC1 DVD-i586.iso.torrent
(torrent) 313K

openSUSE 11.3 RC1 DVD-x86_64.iso
(iso) 4.0G
openSUSE 11.3 RC1 DVD-x86_64.iso.torrent
(torrent) 324K

openSUSE 11.3 RC1-GNOME-LiveCD-i686.iso
(iso) 680M
openSUSE 11.3 RC1-GNOME-LiveCD-i686.iso.torrent
(torrent) 53K

openSUSE 11.3 RC1-GNOME-LiveCD-x86_64.iso
(iso) 679M
openSUSE 11.3 RC1-GNOME-LiveCD-x86_64.iso.torrent
(torrent) 53K

openSUSE 11.3 RC1-KDE-LiveCD-i686.iso
(iso) 684M
openSUSE 11.3 RC1-KDE-LiveCD-i686.iso.torrent
(torrent) 54K

openSUSE 11.3 RC1-KDE-LiveCD-x86_64.iso
(iso) 693M
openSUSE 11.3 RC1-KDE-LiveCD-x86_64.iso.torrent
(torrent) 54K

openSUSE 11.3 RC1-NET-Build0675-i586.iso
(iso)114M
openSUSE 11.3 RC1-NET-x86_64.iso
(iso) 157M

openSUSE 11.3 RC1-Addon-Lang-i586.iso
(iso) 597M
openSUSE 11.3 RC1-Addon-Lang-i586.iso.torrent
(torrent) 47K

openSUSE 11.3 RC1-Addon-Lang-x86_64.iso
(iso) 597M
openSUSE 11.3 RC1-Addon-Lang-x86_64.iso.torrent
(torrent) 47K

openSUSE 11.3 RC1-Addon-NonOss-BiArch-i586-x86_64.iso
(iso) 279M
openSUSE 11.3 RC1-Addon-NonOss-BiArch-i586-x86_64.iso.torrent
(torrent) 22K


18 June 2010

Rilis ATI Catalyst 10.6 For Linux - Mendukung OpenGL 4.0 dan OpenGL 3.3



AMD - Advanced Micro Devices (AMD) telah mengumumkan rilis ATI Catalys 10.6 for Linux beberapa hari lalu dan tersedia untuk arsitektur x86 maupun x86_64. ATI Catalyst 10.6 adalah versi stabil dan telah mendukung Red Hat Enterprise Linux 5.5, dukungan resmi untuk OpenGL 4.0 dan OpenGL 3.3. Software telah diupdate ke versi 8.741.

Apa yang baru dengan ATI Catalyst 10.6?

  • Peningkatan dukungan terhadap Red Hat Enterprise Linux 5.5;
  • Dukungan terhadap OpenGL 4.0 pada ATI Radeon HD 5xxx series;
  • Dukungan terhadap OpenGL 3.3 pada ATI Radeon HD series;
  • Ditambahkan arsitektur akselarasi 2D baru untuk kecepatan perubahan jendela pada efek desktop Compiz;
  • Peningkatan kinerja 2D pada semua sistem operasi Linux yang didukung;
  • Perbaikan "Xorg -probeonly" saat terjadi screen corruptions atau system freezes.

Sistem operasi yang didukung;

  • Red Hat Enterprise Linux (RHEL) suite;
  • Novell/SuSE Linux product suite;
  • Ubuntu Linux (termasuk 10.04 LTS (Lucid Lynx)).

Kebutuhan dan dependensi;

  • XOrg 6.8, 6.9, 7.0, 7.1, 7.2, 7.3, 7.4 atau 7.5;
  • Kernel Linux 2.6 atau yang lebih baru;
  • glibc version 2.2 atau 2.3;
  • Dukungan POSIX Shared Memory (/dev/shm) diperlukan untuk aplikasi 3D;
  • Anda juga memerlukan paket aplikasi berikut ini sebelum menginstalnya: XFree86-Mesa-libGL, libstdc++, libgcc, XFree86-libs, fontconfig, freetype, zlib dan gcc;

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan download petunjuk instalasi dalam betuk pdf di sini.

Download ATI Catalyst 10.6 for Linux;

ATI Catalyst 10.6 fol Linux x86 and x86_64
[binary] [94.60 MB]





Sumber: softpedia.com

17 June 2010

Dua Award Sahabat...



Award - Terima kasih sangat dan penghormatan tinggi untuk sahabat "Bila Qalbu Berbicara", atas penghargaan yang diberikan. Ini adalah sesuatu yang tak terduga, blog ini menerima Beautiful Blogger Award untuk yang ketiga kalinya dan saya pernah membagikannya pada sahabat. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas pemberian ini.







Award berikutnya adalah Bonk AVA Award, ini adalah penghargaan yang menarik sebab disertai serangkaian pertanyaan. Berikut ini adalah pertanyaan yang harus saya jawab;

1. Berapa blog yang kamu punya dan berapa umurnya?
Ini adalah blog satu-satunya yang saya miliki di blogspot, usianya telah genap delapan bulan Juni ini dan semoga akan bertahan lebih lama..hehehe :p

2. Sejak kapan kamu mengenal dunia blog?
Saya mengenal blog, ya sejak membuatnya delapan bulan lalu, ini pun saya masih belajar dan perlu banyak belajar lagi dari para sahabat blogger.. tolong bagi ilmunya yaaa... :)

3. Mengapa tertarik membuat blog dan untuk apa?
Hmmm... disamping ingin belajar, blog ini juga wujud keprihatinan saya, sangat jarang menjumpai blog berbahasa lokal yang memberitakan perkembangan dan hal-hal seputar Linux. Meski tak dinyatakan sebagai blog Linux, blog ini ingin menyajikan perkembangan dunia Linux dalam bahasa lokal dan berharap akan bermanfaat bagi mereka yang ingin mengenal dan belajar Linux... :p

4. Apa kelebihan dan kekurangan blog kamu?
Saya rasa tak ada lebihnya, jika diukur kekurangannya tentulah terlalu banyak... :)

5. Berikan Award dan tag ini kepada 5 teman blogger yang lain?
Baiklah... untuk memenuhi permintaan, Bonk AVA Award ini saya berikan kepada sahabatku;

Shah - KBspot;
Hana - Cat's Notebook;
Nensa Moon - The Note;
Umihoney Azizan - Umidishes;
Pak Bagio - Statistik Produksi.

Semoga award ini akan mempererat jalinan persahabatan kita...

16 June 2010

Cara Menginstal Ubuntu Dan Windows 7 Dalam Satu komputer - Dual Boot Mode



Ubuntu - Untuk mengenal dan mempelajari Linux adalah suatu hal yang mudah, hanya memerlukan keinginan kuat dan sedikit keberanian saja. Bagi pengguna Windows hal yang ditakuti saat ingin berganti ke Linux adalah resiko kehilangan data dan file-file penting, sehingga banyak yang beranggapan untuk belajar Linux diperlukan sebuah PC baru untuk menginstalnya.

Menginstal dan menjalankan Linux tidak dibutuhkan sebuah PC baru. Berikut ini akan kami sampaikan cara menginstal Ubuntu Linux dan Windows 7 dalam satu PC. Ini adalah cara aman sehingga diharapkan instalasi Ubuntu yang akan dilakukan tidak sedikitpun mengubah harddisk yang telah berisi Windows.

Kami mengasumsikan anda memiliki sebuah PC dengan harddisk yang telah terinstal Windows didalamnya. Anda cukup menambahkan sebuah harddisk baru sebagai tempat menginsatl Ubuntu. Harap perhatikan ini, silahkan letakkan harddisk yang baru ditambahkan sebagai harddisk utama (primary) dan ubah harddisk yang telah berisi Windows sebagai harddisk kedua (secondary) jika anda menggunakan harddisk ATA, mengapa demikian?... ini adalah langkah untuk menghindari penimpaan boot sector harddisk yang telah berisi Windows oleh boot menu Ubuntu (grup / lilo). Jika anda menggunakan harddisk dengan koneksi Serial ATA (SATA), letakkan harddisk baru pada port SATA 1 dan pindahkan harddisk lama pada port SATA 2.

Silahkan jalankan komputer anda, atur supaya boot device pertama adalah CD/DVD untuk menjalankan Ubuntu Live CD. Tunggulah beberapa saat hingga sistem Ubuntu selesai di muat...

Pada jendela berikutnya pilih opsi "Try Ubuntu 10.04 LTS"...

Tunggu hingga destop Ubuntu 10.04 ditampilkan... Jalankan Instalasi dengan mengklik ganda ikon "Install Ubuntu 10.04 LTS"... Installer Ubuntu akan segera dijalankan...

Pada opsi pilihan bahasa, pilih bahasa yang ingin anda gunakan. Klik "Forward" untuk melanjutkan...

Pada jendela berikutnya silahkan tentukan wilayah waktu (time zone) tempat anda berada. Klik "Forward" untuk melanjutkan...

Pada jendela setting keyboard, aturlah susunan keyboard yang anda gunakan atau biarkan pada setting default jika anda menggunakan keyboard standard USA. Klik "Forward" untuk menuju langkah selanjutnya....

Langkah berikutnya adalah bagian yang sangat penting, berhati-hatilah saat anda memilih harddisk yang akan digunakan menginstal Ubuntu. Dalam contoh ini kami menambahkan Harddisk baru berkapasitas 20 GB dan telah memiliki dua partisi masing-masing berformat NTFS. Silahkan pilih opsi ketiga "Specify partitions manually (advanced)" untuk membuat partisi secara manual. Klik "Forward" untuk melanjutkan...

Ingat... harddisk baru yang anda tambahkan berada pada posisi "Primary" (harddisk utama), sehingga Ubuntu akan mengenalinya dengan /dev/sda sedangkan harddisk yang telah berisi sistem Windows berada pada posisi "Secondary", sehingga dikenali sebagai /dev/sdb (lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya). Hapus semua partisi yang ada pada /dev/sda. Pilih /dev/sda1 lalu klik tombol "Delete", ulangi langkah ini untuk /dev/sda2 sehingga anda hanya akan memiliki sebuah partisi kosong pada /dev/sda (langkah ini mengacu pada contoh harddisk yang kami tambahkan dimana didalamnya telah memiliki dua partisi NTFS, jika harddisk yang anda tambahkan dalam kondisi kosong tanpa partisi, langkah ini tidak perlu anda lakukan).

Klik tombol "Forward" untuk melanjutkan ke langkah berikutnya...

Dibawah /dev/sda, pilih "free space" lalu klik tombol "Add" untuk membuat partisi baru...

Partisi pertama yang akan kita buat adalah partisi swap, pada jendela yang ditampilkan, pilih opsi "swap area" pada menu dropdown "Us as:". Tentukan kapasitas partisi swap yang anda kehendaki pada kolom "New partition size...", dalam contoh ini kami isi dengan 2000 mb (2 gb). Klik "OK" untuk mulai membuat partisi swap...

Ulangilah langkah sebelumnya, pilih free space lalu tekan tombol "Add", pada jendela yang ditampilkan, pilih opsi "Primary" pada "Type for the new partition". Tentukan kapasitas partisi yang anda buat, dalam contoh ini kami membuat partisi sebesar 10000 mb (10 gb). Pada "Us as" pilih "Ext4 journaling file system" lalu pilih opsi "/" pada pilihan "Mount point". klik "OK" untuk membuat partisi "/"....

Berikutnya adalah membuat partisi /home, plih sisa free space lalu klik "Add". Pilih "Primary" untuk "Type for new...", pada kapasitas partisi gunakan seberapapun sisa ruang yang masih ada. Pada "Us as" pilih "Ext4 journaling file system" lalu pilih opsi "/home" pada pilihan "Mount point". klik "OK" untuk membuat partisi "/home" (untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar)....

Kini partisi yang dibutuhkan telah siap, klik "Forward untuk melanjutkan proses berikutnya. Isi semua informasi yang diperlukan, nama lengkap anda, user name (digunakan untuk log in), password dan nama komputer yang ingin anda gunakan. Klik "Forward" untuk melanjutlan instalasi...

Menentukan dimana boot loader akan diinstal, klik "Advanced" untuk menentukan lokasi boot loader...

Berhati-hatilah... pastikan checbox "Install boot loader" telah anda centang, pada "Device for boot loader installation" pastikan anda telah memilih "/dev/sda" jangan pada lokasi lain, lanjutkan dengan mengklik tombol "OK"...

Setelah selesai menentukan lokasi boot loader, kini saatnya memulai proses instalasi Ubuntu 10.04, klik "Install" untuk melanjutkan proses instalasi....

Instalasi segera dijalankan, ini akan memerlukan beberapa waktu bergantung pada spesifikasi komputer yang anda gunakan. Tunggulah hingga proses diselesaikan....

Setelah proses instalasi selesai, segeralah reboot komputer anda, CD/DVD Ubuntu secara otomatis akan dikeluarkan, ambil CD/DVD anda, lalu tekan enter untuk menyalakan kembali kumputer...

Nahh.. kini anda telah memiliki dua sitem operasi dalam komputer anda. Saat anda ingin menjalankan Ubuntu 10.04, pilih opsi "Ubuntu with Linux 2.6..." pada menu Grup lalu tekan enter...

Ubuntu 10.04 akan segera dijalankan untuk anda...

Dan saat anda ingin menjalankan Windows 7, pilih opsi "Windows 7 ..." dengan cara menekan tombol panah kebawah pada keyboard lalu tekan enter...

Windows 7 pun siap anda gunakan...

Selamat mencoba...