Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

30 September 2010

Download PCMAV 4.1, PCMAV Terbaru, PCMAV Oktober 2010 - PCMAV November 2010

PCMAV Terbaru bojalinuxer

Telah tersedia PCMAV 4.2 Terbaru, PCMAV November-Desember 2010 di sini...

PCMAV - Sesuatu yang Anda nantikan telah tiba, bersama diterbitkannya majalah PC Media edisi 11/10 November 2010, PC Media kembali merilis PCMAV terbaru, PCMAV 4.1 Ragnarok2. Rilis ini membawa penyempurnaan dari rilis sebelumnya. Perbaikan beberapa bug yang telah dilaporkan dan juga penambahan definisi virus tentu telah dilakukan.

Apa yang baru pada PCMAV 4.1 Ragnarok2?;
  • UPDATED! Ditambahkan database pengenal dan pembersih 100 virus lokal/ asing/varian baru yang dilaporkan menyebar di Indonesia. Total 3494 virus beserta variannya.
  • FIXED! Mencegah pesan PCMAV telah aktif saat startup, yang kerap terjadi pada Windows Vista/7 jika UAC nonaktif.
  • FIXED! Mencegah notifikasi dari Windows Defender pada Vista/7 yang terkadang memblok PCMAV.
  • ADDED! Removal engine khusus untuk membersihkan secara tuntas virus Runouce, Random8, MyLovely, StuxNet, Fandi.vbs, FlyFF, Serviks.vbs beserta variannya yang menyebar luas di Indonesia.
  • ADDED! Penambahan informasi durasi setelah scan memory dan startup objects.
  • ADDED! Pesan notifikasi untuk menunggu proses saat exit PCMAV pada systray.
  • ADDED! Konfirmasi untuk menghapus bad folder/folder yang tidak lazim.
  • IMPROVED! Perbaikan engine heuristic dalam mengenali malware melalui identifikasi bitmap resource.
  • IMPROVED! Icon PCMAV pada systray akan tampil lagi saat taskbar/explorer di-restart.
  • IMPROVED! RTP kini lebih ringan di memory dan meminimalisir pesan error "not responding".
  • IMPROVED! Perubahan nama virus mengikuti varian baru yang ditemukan.
  • IMPROVED! Perbaikan beberapa minor bug dan improvisasi kode internal untuk memastikan bahwa PCMAV tetap menjadi antivirus kebanggaan Indonesia.
Bagaimana cara menggunakan PCMAV 4.1 Ragnarok2?

Silahkan download PCMAV 4.1. Extract file pcmav41a.zip yang baru saja Anda download. Jika Anda sedang menjalankan PCMAV versi sebelumnya, silahkan matikan terlebih dahulu dengan cara meng-klik kanan ikon PCMAV (bebek kuning) pada notifikasi area lalu pilih menu "exit".

PCMAV Terbaru bojalinuxer
Tunggu beberapa saat hingga proses PCMAV.exe benar-benar telah dimatikan. Copy paste semua file dan folder PCMAV 4.1 yang baru saja Anda extract ke folder dimana PCMAV lama Anda letakkan (silahkan timpa semua file dan folder lama), sebagi contoh kami meletakkannya pada folder "D:\PCMAV\". Seharusnya pada folder PCMAV akan terdapat file PCMAV.exe, README.txt, dua buah folder masing-masing adalah folder "lib" yang berisi file library PCMAV, "vdb" yang berisi PCMAV engine serta update definisi virus dan sebuah folder bernama "plugins" yang bersisi folder "ClamAV" jika Anda telah mengintegrasikan Clamav engine bersama PCMAV.

Catatan: Bila ingin memanfaatkan fitur exception dan proxy, anda perlu membuat exception.txt dan proxy.txt menggunakan notepad lalu menyimpannya pada folder yang sama (silahkan baca README.txt untuk lebih jelasnya).

PCMAV Terbaru bojalinuxerSusunan file dan folder "PCMAV"

PCMAV Terbaru bojalinuxerSusunan file pada folder "lib"

PCMAV Terbaru bojalinuxerSusunan file pada folder "vdb"

Bagaimana cara menggabungkan ClamAV engine bersama PCMAV 4.1?;

Download dan extract Clamav 0.96.2.1 with Msvc80.50727.4053_x86. Letakkan semua file yang Anda daptakan pada folder "D:\PCMAV\plugins\ClamAV\" sehingga pada folder tersebut terdapat file-file library ClamAV dan Msvc serta file definisi virus Clamav berupa "main.cvd" dan "daily.cvd" dimana Anda perlu men-downloadnya terlebih dahulu. Untuk men-download kedua file tersebut, silahkan ikuti link download yang kami sediakan di akhir artikel ini.

Catatan: Anda juga dapat menambahkan dua file database signature baru ClamAV, "bytecode.cvd" dan "safebrowsing.cvd" dan meletakkan pada folder yang sama agar pengenalan virus yang diperoleh menjadi lebih besar (lebih dari 1.300.000 virus beserta variannya).

Perlu Anda ketahu, pada penggabungan PCMAV dengan ClamAV, file signature yang wajib ada adalah main.cvd dan daily.cvd sedangkan bytecode.cvd dan safebrowsing.cvd bersifat opsional. Tentang apa itu bytecode.cvd dan safebrowsing.cvd dapat Anda baca selengkapnya disini.

PCMAV Terbaru bojalinuxerSusunan file pada folder "ClamAV"

Setelah semua file yang dibutuhkan lengkap, kini saatnya menjalankan PCMAV 4.1. Jalankan PCMAV 4.1 dengan cara mengklik ganda pada file PCMAV.exe, beberapa saat kemudian PCMAV akan memeriksa apakah pada komputer masih mejalankan library PCMAV versi sebelumnya (PCMAV 2.3, Ragnarok2 TP atau Ragnarok2 beta). Jika ditampilkan dialog konfirmasi, silahkan ikuti dengan mengklik tombol "OK" untuk merestart komputer Anda.

PCMAV Terbaru bojalinuxer
Bagi Anda yang baru pertama kali menjalankan PCMAV, silahkan tempatkan semua file dan folder PCMAV 4.1 dalam satu folder lalu jalankanlah PCMAV.exe, seharusya dialog konfirmasi tidak Anda dapatkan.

Setelah komputer direstart, jalankan kembali PCMAV.exe seperti cara diatas.


Bagaimana Cara menampilkan jendela utama PCMAV 4.1?;


Untuk menampilkan kembali jendela utama PCMAV 4.1 yang telah diminimize, silahkan klik ganda (dobel klik) ikon PCMAV atau klik kanan pada ikon tersebut lalu pilih menu "Show Window"

PCMAV Terbaru bojalinuxerKlik ganda pada ikon PCMAV

PCMAV Terbaru bojalinuxerAtau klik kanan pada ikon PCMAV lalu pilih menu "Show Window"

Bagaimana cara mengupdate otomatis PCMAV update build dan definisi virus ClamAV?;

Bagi pengguna dengan koneksi internet yang telah tersedia saat komputer dinyalakan maka secara otomatis PCMAV akan memeriksa ketersediaan update virus definisi, baik PCMAV upadate build maupun Clamav. Namu bagi pengguna yang tidak secara langsung terhubung ke internet atau pengguna internet dialup, silahkan hubungkan komputer dengan internet terlebih dahulu, matikan proses PCMAV dengan cara mengklik kanan ikon PCMAV lalu pilih menu "exit", tunggulah beberapa saat, jalankan kembalai PCMAV.exe, secara otomatis PCMAV akan memeriksa ketersediaan update definisi virus.

PCMAV Terbaru bojalinuxerPCMAV Terbaru bojalinuxer
Bagi Anda yang tidak memiliki koneksi internet, Anda bisa mendownload update virus definisi PCMAV secara manual melalui link download yang kami sediakan dibagian akhir artikel ini.


Download PCMAV 4.1 & Clamav Engine;


Download Clamav virus definisi;

Catatan: Jika dengan cara penunjukan langsung pada link, browser Anda gagal mendownload keempat file tersebut, silahkan klik kanan pada masing-masing link lalu pilih menu "Save Link As" untuk mendownloadnya.


Download manual PCMAV update build;

Download PCMAV Terbaru, PCMAV 4.2

Catatan: extract file update build yang baru saja didownload sehingga Anda mendapatkan file update.vdb lalu letakkan pada folder "vdb".

Jika Anda mengalami kesulitan saat mengikuti tutorial ini atau Anda mendapati link yang tersedia tidak berfungsi sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan pada komentar.

Perhatian!!!: Sebaiknya Anda membaca README.txt yang disertakan terlebih dahalu sebelum menggunakannya. Jika PCMAV tidak berjalan sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan keluhan melalui forum resmi virusindonesia.com.
Hak cipta PCMAV adalah milik PC Media - Pinpoint Publications Group.
Copyright (c) 2006-2010 Majalah PC Media Pinpoint Publications Group













29 September 2010

Download Fedora 14 Beta - Dirilis Bersama KDE 4.5 & Gnome 2.32



Download Fedora 14 Final Release here...

Fedora - Rilis beta Fedora 14 telah diluncurkan. Ini adalah beta pertama dan satu-satunya. Sebagian besar fitur telah lengkap dan semua pembaruan akan difokuskan pada perbaikan bug dan masalah stabilitas.

"Tandai kalender anda dan bersiaplah untuk keluar bersenang-senang: Fedora 14 akan diluncurkan pada awal November", dikatakan Dennis Gilmore saat mengumumkan tanggal rilis untuk Fedora 14.

"Fedora ditepi namun terdepan, komunitas selalu dikembangkan, sistem operasi yang bebas dan open source yang terus memberikan fitur-fitur inovatif bagi pengguna di seluruh dunia, dengan rilis baru setiap enam bulan," demikian enginer Red Hat itu menjelaskan.

Pengembang Fedora mengatakan bahwa rilis beta harus dipastikan cukup stabil untuk digunakan secara luas, namun bug mungkin masih mempengaruhi dan sebenarnya ini adalah tahap pengujian yang bertujuan untuk memastikan semuanya berjalan baik.


Pakt-paket telah diperbarui seperti KDE 4.5 dan GNOME 2.32. Fedora 14 dilengkapi dengan beberapa fitur baru bagi pengguna akhir. Administrator sistem akan menikmati beberapa teknologi baru yang disertakan dalam Fedora 14 ini.

Fitur yang ditujukan bagi pengguna akhir adalah implementasi pustaka libjpeg-turbo, yang dikatakan Fedora harus dapat memangkas waktu loading file JPEG menjadi setengah dari waktu biasanya.

Salah satu fitur baru yang direncanakan untuk Fedora 14, Systemd - sistem startup yang direncanakan sebagai alternatif untuk SysV-Init dan Upstart, ditunda implementasinya hingga Fedora 15. Fitur ini masih tersedia di Fedora 14, tetapi hanya sebagai preview teknologi dan tidak diaktifkan secara default.

Jadwal Rilis Fedora 14;
  • 24 Agustus 2010 - Alpha release
  • 28 September 2010 - Beta release
  • 9 Oktober 2010 - Release Candidate
  • 2 November 2010 - Fedora 14 Final rilis

Proyek Fedora adalah sebuah proyek open source yang disponsori Red Hat dan mendapat dukungan dari komunitas. Pada awalnya pengembangan Fedora didasarkan pada Red Hat, tetapi sekarang digunakan sebagai dasar untuk menguji teknologi baru yang pada akhirnya akan diterapkan pada produk Red Hat.

Download Fedora 14 beta;

Fedora-14-Beta-source-CDs.torrent Fedora 14-Beta source CDs 5.0G
2010-09-28
Fedora-14-Beta-i386-CDs.torrent Fedora 14-Beta i386 CDs 3.4G
2010-09-28
Fedora-14-Beta-i686-Live.torrent Fedora 14-Beta i686 Live 681M
2010-09-28
Fedora-14-Beta-x86_64-CDs.torrent Fedora 14-Beta x86_64 CDs 3.4G
2010-09-28
Fedora-14-Beta-source-DVD.torrent Fedora 14-Beta source DVD 5.0G
2010-09-28
Fedora-14-Beta-i386-DVD.torrent Fedora 14-Beta i386 DVD 3.4G
2010-09-28
Fedora-14-Beta-x86_64-Live.torrent Fedora 14-Beta x86_64 Live 683M
2010-09-28
Fedora-14-Beta-x86_64-Live-KDE.torrent Fedora 14-Beta x86_64 Live KDE 709M
2010-09-28
Fedora-14-Beta-i686-Live-LXDE.torrent Fedora 14-Beta i686 Live LXDE 574M
2010-09-28
Fedora-14-Beta-i686-Live-KDE.torrent Fedora 14-Beta i686 Live KDE 709M
2010-09-28
Fedora-14-Beta-x86_64-DVD.torrent Fedora 14-Beta x86_64 DVD 3.4G
2010-09-28
Fedora-14-Beta-i686-Live-XFCE.torrent Fedora 14-Beta i686 Live XFCE 728M
2010-09-28




Sumber: softpedia.com

28 September 2010

devel-clamav-0.96.3



ClamAV - Akhir-akhir ini perbincangan seputar rilis ClamAV 0.96.3 mulai santer kita dengar, utamanya isu penggabungan engine ClamAV tersebut dengan PCMAV. Ini untuk menjawab beberapa pertanyaan dan apa yang kami sampaikan adalah sepanjang pengetahuan dan hasil uji coba penggabungan PCMAV dengan ClamAV 0.96.3 yang kami lakukan. Sangat mungkin ada diantara Anda juga telah mencoba dan mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Rilis ClamAV 0.96.3 ini adalah update minor, ini mengacu pada changelog ClamAV yang menyebutkan bahwa versi ini adalah untuk memperbaiki dua bug utama yaitu perbaikan masalah pada PDF parser dan internal bzip2 library.

Hingga saat ini, engine yang dirilis oleh tim ClamAV itu belum dapat diintegrasikan dengan baik sebagai plugins PCMAV. Beberapa masalah telah kami jumpai, diantarnya adalah kegagalan PCMAV me-load ClamAV engine sesaat setelah proses update otomatis virus definisi ClamAV diselesaikan. Silahkan lihat gambar berikut...

Proses update otomatis dfiinisi virus ClamAV

ClamAV engine gagal di-load, hanya engine PCMAV dan PCMAV update build yang dapat dijalankan...

Untuk dapat menggunakan ClamAV 0.96.3 dengan definisi virus yang baru saja di-update, kami harus mematikan terlebih dahulu PCMAV lalu menjalankannya kembali dan saat PCMAV dimatikan akan ditampilkan pesan kesalahan seperti gambar berikut ini...

Pesan kesalahan saat PCMAV di matikan

ClamAV engine berhasil di-load setelah PCMAV dijalankan kembali...

Kenapa rilis ini kami sebut dengan rilis development dan merupakan update minor? properties dari libclamav.dll berikut ini akan mejawab hal tersebut...


Anda dapat melihat, walau ditampilan nampak sebagai versi 0.96.3 namun sebenarnya adalah masih dalam tahap development dan engine yang digunakan adalah ClamAV 0.96.2.0, meskipun pada situs resmi clamav.net ini disebutkan sebagai versi stabil.

Dengan demikian, untuk saat ini kami menyarankan Anda tetap menggunakan ClamAV 0.96.2.1 sebagai plugins PCMAV. Namun bila Anda penasaran dan ingin mencoba menggunakan ClamAV 0.96.3, silahkan download ClamAv 0.96.3 atau ClamAv 0.96.4 melalui link yang kami sediakan di akhir artikel ini, lalu extract dan letakkan bersama pada folder dimana file PCMAV Anda berada. Catatan : letakkan file msvcr100.dll dan msvcp100.dll bersama file PCMAV.exe dan bukan pada folder \plugins\ClamAV\.

Jika ada anggapan bahwa file signature ClamAV safebrowsing.cvd baru akan efektif pada ClamAV versi 0.96.3, menurut kami itu adalah tidak benar. Perlu Anda ketahui, safebrowsing.cvd telah diperkenalkan sejak versi 0.95, namun secara default dinonaktifkan. Bagi pengguna ClamAV (bukan sebagai plugins PCMAV) harus mengaktifkannya secara manual jika ingin memanfaatkan file signature tersebut. Sedangkan jika digunakan sebagai plugins PCMAV, safebrowsing.cvd akan secara otomatis diload jika ditempatkan bersama file main.cvd dan daily.cvd serta bytecode.cvd di folder \plugins\ClamAV\. Untuk meng-update file tersebut Anda harus melakukannya secara manual sebab PCMAV belum secara resmi mendukung penggabungan bytecode.cvd dan safebrowsing.cvd. Tentang bytecode dan safebrowsing ini, silahkan baca penjelasanya di sini.

Pada saatnya nanti, jika telah tersedia versi ClamAV 0.96.3 yang sudah dapat diintegrasikan bersama PCMAV dengan baik, kami tentu akan segera menyampaikannya untuk Anda.

Semoga bermanfaat...

Download ClamAv Engine:

Download devel-clamav-0.96.3-w-msvc100.30319.1.zip

Download devel-clamav-0.96.4-w-msvc100.30319.1.zip

26 September 2010

Cara Sharing Printer Dengan Samba Pada Ubuntu 10.04



Ubuntu - Dengan samba (smb) komunkasi jaringan antara Linux dan Windows tak mustahil lagi. Begitulah, samba telah menjadi jembatang komunikasi data antara dua sistem operasi berbeda itu. Samba menjadikan Linux dan Windows terhubung dalan satu local area network.

Agar Windows dapat terhubung dalam jaringan Linux diperlukan samba server terinstal pada sistem Linux. Berikut ini kami akan sedit menjelaskan cara berbagi pakai printer pada Ubuntu 10.04 dengan bantuan samba.

Ini adalah pengalaman kami, Ubuntu 10.04 sedikit berbeda dengan versi sebelumnya dimana setelah samba diinstal dan jaringan dikonfigurasi ternyata sharing printer tidak secara otomastis terjadi. Meskipun pada smb.conf telah disetting agar printer diload saat komputer dinyalakan.

Uji coba ini kami lakukan pada beberapa komputer, satu diantaranya pada mesin server IBM. Kami telah menginstal Ubuntu 10.04 versi server maupun desktop dan hasilnya sama saja, printer tidak secara otomatis di-sharing saat koneksi mulai dilakukan.

Kami akan menyampaikan cara mengatasi masalah sharing printer dengan samba pada Ubuntu 10.04 ini, namun sebelumnya kita akan memulai dengan cara menginstal samba pada Ubuntu terlebih dahulu. Bagi Anda yang merasa mengalami masalah yang sama dengan kami, cara ini boleh jadi bisa Anda terapkan pada jaringan yang Anda kelola.

Untuk mencoba tutorial ini, kami mengasumsikan anda sudah terbiasa mengatur sebuah jaringan, membuat workgroup dan menentukan IP Address. Pastikan IP pada komputer Ubuntu telah anda sesuaikan dengan jaringan yang Anda miliki.

Secara default, samba server tidak secara otomatis diinstal saat proses instalasi Ubuntu, untuk menginstalnya, silahkan jalankan Synaptic melalui System-Administration-Synaptic Package Manager. Pada bagian Quick Search, silahkan ketik "samba" agar Synaptic melakukan pencarian paket samba yang Anda butuhkan. Klik kanan pada paket samba lalu pada menu yang ditampilkan pilih opsi "Mark for instalation", lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya..


Klik tombol "Apply" agar samba segera diinstal. Silhakan setujui semua dialog konfirmasi. Setelah paket samba selesai didownload dan diinstal, klik tombol "Close" untuk mengakhiri proses instalasi...


Tutup Synaptic, kini saatnya mengkonfigurasi samba. Silahkan jalankan terminal melalui Applications-Accessories-Terminal...


Setelah jendela terminal terbuka, ketik perintah berikut ini lalu tekan enter...

sudo gedit /etc/samba/smb.conf

Bila Anda dimita memasukkan password, silahkan masukkan password yang Anda miliki lalu tekan enter. smb.conf akan segera dibuka oleh gedit, untuk lebih amannya, silahkan backup terlebih dahulu smb.conf sebelum anda melakukan pengeditan. Pada gedit, pilih menu Files lalu klik menu Save As, pada contoh ini kami membackup smb.conf dengan nama smb.conf.bak.


Silahka buka kembali smb.conf, hapus semua isinya lalu copy paste contoh smb.conf di bawah ini...

[global]
workgroup = BOJALINUX
server string = %h server (Samba, Ubuntu)
log file = /var/log/samba/log.%m
max log size = 1000
syslog = 0
panic action = /usr/share/samba/panic-action %d
security = share
encrypt passwords = true
passdb backend = tdbsam
obey pam restrictions = yes
unix password sync = yes
passwd program = /usr/bin/passwd %u
passwd chat = *Enter\snew\s*\spassword:* %n\n *Retype\snew\s*\spassword:* %n\n *password\supdated\ssuccessfully* .
pam password change = yes
map to guest = bad user
load printers = yes
printcap name = /etc/printcap
printing = cups
printcap name = cups
usershare allow guests = yes

[printers]
comment = All Printers
browseable = yes
path = /var/spool/samba
printable = yes
guest ok = yes
read only = yes
create mask = 0700

[print$]
comment = Printer Drivers
path = /var/lib/samba/printers
browseable = yes
read only = yes
guest ok = yes


Silahkan ubah workgroup=BOJALINUX dengan nama workgroup yang Anda inginkan lalu simpan smb.conf tersebut. Tutup gedit, pada terminal yang masih terbuka, ketik perintah berikut lalu tekan enter untuk merestart service samba...

sudo service smbd restart

Masukkan password jika diminta...

Tutup jendela terminal. Jalamkan konfigurasi printer melalui System-Administration-Printing...


Pada konfigurasi printer, pilih menu "Server" lalu klik menu "Settings"...


Atur Server Setting agar sesuai dengan contoh pada gambar dibawah ini...


Klik tombol "OK" untuk menyimpan pengaturan, tutup jendela konfigurasi printer lalu restart komputer Anda...

Dengan konfigurasi tersebut seharusnya semua printer telah di-sharing, namun seperti telah kami sampaikan sebelumnya, pada Ubuntu 10.04 versi server maupun desktop yang kami gunakan ternyata printer belum juga bisa dibagi pakai sebelum dilakukan restart service smbd.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami telah memeriksa konfigurasi service smbd, ternyata service tersebut tidak dijalankan pada semua run level. Lalu kami atur agar service smbd dijalankan pada run level 2,3,4 dan 5...


Dengan cara inipun printer kami belum berhasil untuk di-share. Jika Anda mengalami hal yang sama, cara mengatasi masalah ini adalah dengan merestart service smbd. Namun apakah kita akan selalu melakukan restart service tersebut secara manual? tentu itu akan sangat merepotkan bukan?.

Agar kita tidak perlu lagi merestart service smbd secara manual maka kita perlu memasukkan perintah restart tersebut pada rc.local, bagai mana caranya? jalankanlah aplikasi terminal lalu ketik perintah berikut ini...

sudo gedit /etc/rc.local

...tekan enter, masukkan password jika diminta. Tambahkan perintah "service smbd restart" pada rc.local di baris akhir sebelum kode "exit 0", lihat gambar untuk lebih jelasnya...


Silahkan simpan perubahan, tutup gedit dan terminal lalu restart komputer Anda. Kini seharusnya semua printer pada Ubuntu telah berhasil di-share ke jaringan lokal Anda.

Mungkin ada diantara Anda yang memiliki cara atau pengalaman lain, silahkan share pengalaman Anda melalui komentar agar bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan...

Selamat mencoba...

25 September 2010

Dukungan Teknis Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope) Akan Berakhir - Segeralah Upgrade Ke Ubuntu Terbaru



Ubuntu - Delapan belas bulan waktu dukungan teknis Conanical yang diberikan untuk Ubuntu 9.04 hampir terpenuhi. 23 Oktober 2010 mendatang adalah batas akhir dukungan teknis untuk Jaunty Jackalope yang meliputi dukungan update dan perbaikan keamanan bersifat kritis serta dukungan pembaruan perangkat lunak.

Dalam waktu satu bulan ini, pengguna Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope) diharapkan segera meng-upgrade sistem mereka ke Ubuntu 9.10 atau Ubuntu 10.04. Hanya ada satu jalur pendek bagi pengguna untuk meng-upgrade sistem ke Lucid Lynx yaitu melalui 9.10 lalu ke ubuntu 10.04.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap cara meng-upgrade Ubuntu 9.04 silahkan baca petunjuk dan informasinya di sini.

Pada tanggal 23 April 2009, Canonical dengan bangga mengumumkan rilis Ubuntu 9.04 yang dijuluki Jaunty Jackalope, yang memperkenalkan fitur seperti GNOME 2.26.1, Linux kernel 2.6.28.9, LZMA compression, automatic keyboard detection, Computer Janitor app, Brasero, PulseAudio dan juga system notifikasi yang diberdayakan oleh notify-osd.

Apa itu Ubuntu? Ubuntu adalah sebuah software open source, 100% GRATIS untuk men-download dan menggunakannya. Pengguna bebas memasukkan, menyesuaikan atau mengubah perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan dan juga kebebasan mendistribusikannya kembali.

Sejak diluncurkan pada bulan Oktober 2004, Ubuntu telah menjadi salah satu distribusi Linux yang sangat dihormati dengan jutaan pengguna rumahan, bisnis, sekolah dan instansi pemerintah di seluruh dunia.

Rilis terakhir saat ini adalah Ubuntu 10.04.1 LTS (Lucid Lynx) dan yang berikutnya, yang diharapkan rilis pada akhir Oktober adalah Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat).





Sumber: softpedia.com

24 September 2010

Cara Menampilkan Shortcut Aplikasi Pada Desktop Ubuntu



Ubuntu - Setelah peroses instalasi selesai, secara default Ubuntu 10.04 akan menampilan sebuah desktop yang bersih. Tak ada satupun shortcut yang terpampang padanya. Bagi pengguna Linux pemula bahkan yang baru pertama kali mengenal Ubuntu, kondisi tersebut tentu sangat membingungkan.


Semua shortcut aplikasi sebenarnya dengan mudah bisa ditemukan pada menu Gnome, namun bagi pengguna awan yang terbiasa menggunakan shortcut aplikasi dari desktop ini akan sedikit merepotkan, sekurangnya mereka harus membiasakan diri untuk selalu mengakses aplikasi dari menu Gnome.

Lantas apakah memang demikian tampilan desktop Ubuntu itu? bersih tanpa shortcut apapun?, tentu tidak... Anda dapat meletakkan shortcut aplikasi dan pintasan menuju lokasi tertentu pada desktop. Bagai mana cara memasang shortcut aplikasi pada desktop Ubuntu tersebut?, berikut adalah salah satu cara untuk menampilkan shortcut pada desktop.

Ini cara mudah yang dapat diikuti oleh pengguna awam sekalipun, bagi Anda pengguna mahir, tak ada salahnya juga mengikuti cara ini, namun tentu Anda lebih tebiasa menggunakan cara lain yang mungkin dipandang lebih praktis.

Dalam contoh ini kita akan menampilakn shortcut untuk beberapa lokasi dan aplikasi, diantaranya adalah Computer/My Computer, Home Folder, Mozilla Firefox, openoffice spreadersheet dan openoffice word processor, tentu saja Anda dapat menampilkan aplikasi lain yang Anda kehendaki dengan cara yang sama.

Silahkan jalankan file manager Nautilus dengan cara menekan kombinasi tombol Alt+F2 untuk menampilkan dialog "Run Aplication". Setelah dialog Run Aplication ditampilkan, ketik "nautilus" (tanpa tanda kutip) lalu tekan enter atau klik tombol "Run". tunggulah beberapa saat, Nautilus akan segera dijalankan.


Pada Nautilus panel sebelah kiri, klik "File System" bergambar hardisk lalu bukalah folder usr/share/applications/, disinilah semua shortcut system dan aplikasi Ubuntu disimpan. Pada folder tersebut, cari shortcut Computer lalu klik kanan pada shortcut, pada menu yang ditampilkan pilih Copy to > Desktop. Lihat gambar untuk lebih jelasnya...


Begitu pula untuk shortcut Home Folder, Mozilla Firefox, openoffice spreadersheet dan openoffice word processor atau aplikasi lain yang Anda inginkan, cari masing-masing shortcut aplikasi tersebut lalu lakukanlah hal yang sama. Sekarang tutup jendela aplikasi Nautilus dan lihatlah, desktop sudah tidak bersih lagi dan shortcut aplikasi yang dikehendaki telah ditampilkan pada desktop Anda.


Mudah bukan?, selamat mencoba....

23 September 2010

Cara Mengganti Background GDM Ubuntu 10.04


Ubuntu - Bosan dengan background GDM standart?, ingin menggantinya dengan yang lebih cantik atau yang sesuai dengan selera anda? itu mudah. Apa GDM itu?, GDM (Gnome Desktop Manager) adalah layar pembuka tempat kita login ke sistem. Pada Ubuntu 10.04 layar login default akan nampak seperti ini...


Sekarang kita akan mencoba mengganti background layar GDM tersebut, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan.

Siapkan sebuah file gambar, pada contoh ini saya akan mengganti background GDM dengan gambar bernama "boja-alien.jpg" yang saya letakkan di /home/lab/wpp/boja-alien.jpg.

Bukalah aplikasi terminal melalui Applications - Accessories - Terminal


Pada terminal, silahkan masukkan perintah seperti ini:

sudo -u gdm gconftool-2 --set --type string /desktop/gnome/background/picture_filename /home/lab/wpp/boja-alien.jpg

Sesuaikan /home/lab/wpp/boja-alien.jpg dengan lokasi dan nama gambar yang Anda kehendaki lalu tekan enter. Masukkan password jika diminta...


Untuk melihat hasilnya, Anda perlu logout dari sesi ini. Silahkan logout atau masukkan perintah seperti ini pada terminal lalu tekan enter untuk melihat perubahan:

gdmflexiserver

Nah sekarang background GDM telah berubah sesuai yang Anda inginkan...


Catatan: Jika setelah melakukan perubahan ternyata hasil tidak seperti yang Anda inginkan, silahkan periksa kembali lokasi penyimpanan file dan juga nama gambar yang digunakan. Pastikan semua telah Anda ketik dengan benar lalu ulangi langkah-langkah seperti diatas. Untuk melakukan pengecekan gambar apa yang sedang digunakan sebagai background GDM, ketik perintah berikut pada terminal lalu tekan enter:

sudo -u gdm gconftool-2 --get /desktop/gnome/background/picture_filename

Lokasi dan nama gamabar yang sedang Anda gunakan akan ditampilkan. Selamat mencoba...

21 September 2010

Download Gnome 2.32 Release Candidate



Gnome - Release Candidate Gnome 2.32 akhirnya datang juga. Meski mengalami penundaan dari jadwal (15 Sepetember), tim akhirnya mengumumkan ketersediaan Gnome 2.32 untuk diuji coba secara luas sebelum rilis final diluncurkan pada 29 September mendatang.

Kehadiran Gnome 2.32 menjadi sesuatu yang dinantikan mengingat distro besar seperti Ubuntu akan mengandalkan Gnome 2.32 sebagai desktop environment pada rilis Ubuntu 10.10 yang akan datang. Sedianya Ubuntu 10.10 akan menggunakan Gnome 3.0, namun dengan penundaan rilis versi Gnome yang paling dinantikan itu, dipastikan Ubuntu baru akan memaketkan Gnome 3.0 bersama Ubuntu 11.04 tahun depan.

Jika tak ada perubahan jadwal, tim Gnome akan merilis versi beta Gnome 3.0 pada Oktober nanti. Ini akan menjadi gambaran bagi para pengembang dan komunitas Gnome yang penasaran seperti apa Gnome terbaru itu.

Apa yang baru pada Gnome 2.32 RC ini?;
  • GLib 2.25.16;
  • GTK+ 2.21.8;
  • GDK PixBuf 2.21.7;
  • Alacarte 0.13.2;
  • Brasero 2.31.92;
  • Empathy 2.31.92;
  • Epiphany 2.30.6;
  • Evince 2.31.92;
  • Evolution 2.31.92;
  • GDM 2.31.92;
  • Metacity 2.30.2;
  • Nautilus 2.31.92.

Jadwal rilis Gnome 2.32;
  • 18 Agustus 2010 - Beta 1;
  • 1 September 2010 - Beta 2;
  • 19 September 2010 - Release Candidate;
  • 29 September 2010 - Final rilis.

Download Gnome 2.32 RC;

GNOME 2.32.0 RC Sources (Stable)
[sources] [0 KB]

GNOME 2.30.2 Sources (Stable)
[sources] [0 KB]




Sumber: softpedia.com

20 September 2010

Google Safe Browsing Tool - Periksalah Apakah Situs Anda Dicurigai Penyebar Malware



Google - Hari ini seorang sahabat mengirim pesan melalui Facebook. Pesan tersebut memberitahu saya bila browser yang ia gunakan telah memberi peringatan saat membuka blog ini. Peringatan tersebut berisi pemberi tahuan jika situs yang sedang ia buka mengandung link yang dicurigai Google Safe Browsing mengandung konten berbahaya.


Peringatan tersebut ditampilkan oleh Google Chrome, browser yang dibuat oleh Google sendiri. Sebelumnya saya ingin sampaikan terimakasih atas atensi yang diberikan sahabatku, terima kasih sangat Shah, atas informasi ini... ^_^ semoga kesuksesan bersama Anda.

Sebenarnya browser lain, Firefox misalnya, juga akan memblokir situs yang dicurigai mengandung konten berbahaya. Saat kita mencoba mengakses situs yang telah masuk dalam daftar situs yang berpotensi menyerang, maka Firefox akan memblokir akses tersebut....


Mengapa demikian? itu dikarenakan secara default Firefox telah mengaktifkan fitur "Blokir situs penyerang yang pernah dilaporkan" dan "Blokir situs penipuan web yang pernah dilaporkan"...


Kita dapat mengetahui rincian mengapa sebuah situs masuk dalam daftar peringatan dari Google Safe Browsing. Saat Firefox menampilkan dialog peringatan, silahkan klik tombol "Mengapa situs ini diblokir?" maka Anda akan dibawa ke halaman Google Safe Browsing dan mendapatkan penjelasan secukupnya...


Lalu apakah situs yang telah masuk dalam daftar cekal tersebut sama sekali tak dapat diakses?, tentu saja tidak, Anda tetap dapat mengakses situs tersebut dengan mengabaikan peringatan yang diberikan browser Anda...

Bagai mana cara mengetahui situs kita ada atau tidak dalam daftar situs yang dicurigai oleh Google Safe Browsing?. Itu sangatlah muda, pada addressbar silahkan masukkan url seperti ini: http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=url_atau_nama_situs_anda contohnya seperti ini:

http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=http://bojalinuxer.blogspot.com/ atau http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=bojalinuxer.blogspot.com.

Jika Google Safe Browsing mengatakan "Saat ini situs tidak termasuk mencurigakan." maka amanlah situs Anda dari pencekalan, namun jika yang dikatakan adalah "Situs termasuk mencurigakan - mengunjungi situs web ini dapat membahayakan komputer Anda." maka yang harus Anda lakukan adalah segera membersihkan situs dari link-link yang dicurigai Google mengandung konten berbahaya.

Sebenarnya tidak semua situs yang diberi peringatan mengandung konten berbahaya, namun sekurangnya pada situs tersebut telah terdapat link yang mengarah pada situs lain yang ditengarai sebagai situs penyerang atau situs yang memiliki konten berbahaya. Lalu apakah kita akan membiarkan situs kita termasuk dalam daftar yang memperoleh peringatan?, semua terpulang pada diri kita sendiri...