Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

30 November 2010

UCK (Ubuntu Customization Kit) - Cara Mudah Remaster Ubuntu 10.10

http://bojalinuxer.blogspot.com/

Ubuntu - Update kembali setelah malam-malam sebelumnya koneksi terasa amat berat dan beberapa kali terjadi pemadaman. Kali ini kami akan menyampaikan cara me-remaster Ubuntu. Ini adalah hasil percobaan kami untuk pertama kali.

Memang benar, remaster bukanlah sesuatu yang dibutuhkan oleh semua pengguna Ubuntu. Kami pun berpandangan demikian. Namun, setelah beberapa kali pertanyaan seputar remaster ini sampai kepada kami, mau tidak mau kami perlu juga mencobanya.

Hal yang perlu Anda ketahui, Ubuntu yang kami gunakan untuk me-remaster dan di-remaster adalah Ubuntu 10.10. Tentu bagi Anda yang berminat dapat mencobanya dengan Ubuntu versi lain.

Proses ini kami jalankan dari akun user biasa dengan menggunakan perintah sudo untuk mendapatkan hak akses root. Namun Anda dapat mencoba dengan terlebih dahulu masuk sebagai root dengan perinyah sudo su.

Remaster Ubuntu adalah sebuah proses dimana kita akan melakukan perubahan, baik penambahan ataupun pengurangan paket-paket yang secara default telah disertakan dalam distribusi Ubuntu 10.10. Untuk dapat dikatakan sebagai sebuah remaster, perubahan yang kita lakukan tidaklah harus sesuatu yang besar atau mendasar. Perubahan yang paling kecil dan sederhana sekalipun, sepanjang sebuah distribusi telah berubah dari aslinya, maka itu sudah dapat dikatakan sebagai remaster.

Untuk memulai remaster, kita harus menyiapkan terlebih dahulu segala sesuatu yang dibutuhkan. Sediakanlah ruang hardisk yang cukup, sekurangnya 4 GB atau lebih. Kita juga membutuhkan distribusi Ubuntu 10.10 dalam bentuk file image (ISO), sebagai contoh, kami menggunakan Ubuntu 10.10 versi desktop i386.
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Setelah semua tersedia, salin file ISO yang Anda miliki ketempat yang diinginkan. Pada contoh ini kami letakkan file maverick-desktop-i386.iso di /home/lab/rem, dimana lab adalah nama user yang kami gunakan.

Sebuah paket UCK (Ubuntu Customization Kit) dibutuhkan untuk melakukan remaster. Instal paket UCK telebih dahulu. Jalankan Synaptic, pada kolom pencarian silahkan ketik "uck". Klik kanan pada paket UCK lalu pilih menu "Mark for instalation", tekan tombol "Apply" untuk menginstal paket UCK tersebut...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Untuk mencoba melakukan remaster, silahkan ikuti panduan gambar berikut ini (arahkan kursor ke gambar untuk memperbesar)...

http://bojalinuxer.blogspot.com/Jalankan terminal lalu masuklah kedalam folder tempat menyimpan fle iso Ubuntu 10.10, ketik cd /home/lab/rem (sesuaikan dengan lokasi tempat file iso yang Anda gunakan) lalu tekan enter...

http://bojalinuxer.blogspot.com/Ketik sudo uck-remaster-unpack-iso maverick-desktop-i386.iso lalu tekan enter, masukkan password Anda jika diminta. Langkah ini akan meng-unpack installer Ubuntu 10.10 ke /home/lab/tmp/remaster-iso.

http://bojalinuxer.blogspot.com/Ketik sudo uck-remaster-unpack-initrd lalu tekan enter. Langkah ini akan meng-unpack initrd ke /home/lab/tmp/remaster-initrd.

http://bojalinuxer.blogspot.com/Ketik sudo uck-remaster-unpack-rootfs lalu tekan enter. Langkah ini akan meng-unpack rootfs ke /home/lab/tmp/remaster-root.

http://bojalinuxer.blogspot.com/Periksa folder tmp, ketik ls /home/lab/tmp/ lalu tekan enter...

http://bojalinuxer.blogspot.com/Pastikan di dalam folder tmp telah terdapat tiga folder baru yaitu "remaster-initrd", "remaster-iso" dan "remaster-root"

[ Update ]
Tekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+F1 untuk memasuki sesi mode text. Pada terminal login, masukkan username dan password untuk masuk ke akun Anda.


Sekarang kita akan menjalankan sistem yang akan di remaster. Langkah pertama adalah me-mount semua perangkat keras agar dapat digunakan oleh sistem remaster.

Ketik sudo mount --bind /dev/ /home/lab/tmp/remaster-root/dev lalu tekan enter...
Beri perintah chroot dengan mengetik sudo uck-remaster-chroot-rootfs lalu tekan enter. Lihat perubahan, sekarang Anda bekerja sebagai root...


Nah, sekarang sistem Ubuntu 10.10 yang akan diremaster telah siap dijalankan...

Jalankan desktop remaster dengan memberi perintah startx -- :1 lalu tekan enter... (Anda dapat mengganti parameter :1 dengan :2 ataupun :3, maksudnya adalah desktop remaster akan dijalankan pada desktop kedua, ketiga atau keempat)

Tunggulah beberapa saat, jika tidak ada error maka destop remaster akan segera dijalankan...

http://bojalinuxer.blogspot.com/Desktop remaster berhasil dijalankan. Anda dapat melihat bahwa desktop dan semua paket yang ada masih sama persis dengan apa yang Anda dapatkan jika menjalankan Ubuntu 10.10 sebagai live CD.

Seperti dikemukakan di atas, syarat untuk dikatakan sebagai proses remaster adalah melakukan perubahan. Dalam contoh ini kami melakukan perubahan kecil dengan menginstal icon dan theme baru serta mengganti background default menjadi terlihat seperti gambar di bawah ini...

http://bojalinuxer.blogspot.com/Anda dapat melihat background telah berubah, icon dan theme Win 7 juga telah menggantikan theme Ubuntu.

Sebagai langkah awal, ini telah cukup. Kini saatnya kita melangkah untuk membangun master baru yang telah kita sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita.

Kembalilah ke sistem utama dengan cara "Log Out" dari sistem remaster (bukan "Shut Down")...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Masuk kembali ke sistem utama dan kita akan dibawa kembali ke terminal. Ketik "exit" untuk keluar dari root...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Lepas semua kaitan perangkat keras dari sistem remaster dengan meberi perintah umount, ketik sudo umont /home/lab/tmp/remaster-root/dev masukkan password jika diminta lalu tekan enter...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Sekarang kita akan memulai langkah untuk memaketkan master baru, ikutilah langkah berikut secara berurutan...

http://bojalinuxer.blogspot.com/Ketik sudo uck-remaster-pack-rootfs lalu tekan enter, tunggulah... ini akan memerlukan beberapa waktu...

http://bojalinuxer.blogspot.com/Ketik sudo uck-remaster-pack-initrd lalu tekan enter...

Langkah terakhir adalah memaketkan master baru kita dalam bentik file iso. Dalam contoh ini kami memberi nama file iso yang akan dibuat dengan "ubuntu-10.10-remasboja.iso", silahkan sesuaikan dengan keinginan Anda...

http://bojalinuxer.blogspot.com/
Ketik sudo uck-remaster-pack-iso ubuntu-10.10-remasboja.iso lalu tekan enter...

Proses pemaketan master menjadi file image akan seger dijalankan, tunggulah hingga selesai...

http://bojalinuxer.blogspot.com/
Hasil akhirnya, sebuah file iso sebesar 694 MB telah menjadi master Ubuntu 10.10 baru sesuai selera dan keinginan kita...

http://bojalinuxer.blogspot.com/http://bojalinuxer.blogspot.com/File iso hasil remaster akan dapat ditemukan di /home/lab/tmp/remaster-new-files (dalam folder tmp sesuai dengan nama user yang Anda gunakan)

Catatan:
  • Untuk menghindari kesalahan pemberian perintah, harap perhatikan dan cermati setiap huruf dan spasi yang digunakan, kesalah satu huruf atau satu sepasi sekalipun dapat menyebabkan kegagalan dan memunculkan pesan error.
  • Contoh perintah di atas mengacu pada sistem yang kami gunakan, dimana kami menggunakan sistem dengan user bernama "lab" sehingga home user kami berada di "/home/lab", Anda harus menyesuaikan perintah dengan user dan home user Anda masing-masing.
  • Anda memerlukan koneksi internet untuk menginstal paket UCK. Koneksi internet juga dibutuhkan saat menginstal paket tambahan yang akan disertakan dalam master baru.
  • Model peggantian tampilan seperti cara diatas tidak akan dapat diterapkan pada hasil remaster, remaster dengan UCK hanya akan menyertakan paket aplikasi yang telah kita tambahkan atau kita kurangi dan bukan pada tampilan.

Bagi pembaca yang lebih berpengalamaan dan berkenan membagi atau memberi masukan dan koreksi, silahkan sampaikan melalui komentar agar dapat bermanfaat bagi pembaca yang lain...

Selamat mencoba...

27 November 2010

Menginstal Ubuntu Pada Virtualbox - Menginstal Ubuntu 10.04 Dalam Mesin Virtual (2)

http://bojalinuxer.blogspot.com/
Virtualbox - Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas cara menginstal Oracle VM Virtualbox pada Windows dan membuat sebuah mesin virtual untuk menginstal Ubuntu 10.04.

Untuk melengkapi artikel tersebut, pada bagian kedua ini kita akan memulai menginstal Ubuntu pada Virtualbox.

Silahkan jalankan Virtualbox. Pada bagian sebelah kiri jedela Virtualbox Anda dapat melihat daftar mesin virtual yang telah kita buat. Pada contoh ini kami baru membuat sebuah mesin virtual bernama Ubuntu 10.04, pilih sitem virtual yang dikehendaki lalu tekan tombol "Mulai"...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Jika saat mesin virtual dijalankan ditampilkan jendela informasi, baca saja lalu setujui semua konfirmasi dan informasi tersebut karena itu akan memandu Anda untuk menggunakan Virtualbox dengan benar...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Mesin virtual Ubuntu 10.04 akan dijalankan, tunggu hingga installer Ubuntu selesai dimuat dan ditampilkan layar installasi. Pada bagian ini, silahkan pilih opsi "Try Ubuntu 10.04" untuk menjalankan Ubuntu sebagai Live CD...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Setelah destop Ubuntu dimuat, jalankan proses instalasi mengunakan shortcut "Install Ubuntu 10.04 LTS" yang berada di desktop. Pada jendela "Install" klik tombol "Forward" untuk melanjutkan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Proses instalasi akan dijalankan, masukkan semua informasi yang diperlukan pada setiap jendela konfirmasi yang ditampilkan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/http://bojalinuxer.blogspot.com/http://bojalinuxer.blogspot.com/
Pada jendela "Prepare disk space", pilih opsi kedua "Specify partitions manually (advanced)" lalu tekan tombol "Forward"...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Anda akan dibawa ke jendela "Prepare partitions" dan mendapati sebuah hardisk yang masih dalam keadaan kosong. Pilih "/dev/sda" lalu tekan tombol "New Partition Table..." untuk membuat partisi baru...
http://bojalinuxer.blogspot.com/http://bojalinuxer.blogspot.com/
Tabel partisi telah dibuat dan Anda mendapatkan sebuah ruang kosong sebesar kapasitas hardisk yang telah Anda tentukan sebelumnya...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Kita akan membuat partisi swap, pilih ruang kosong itu lalu klik tombol "Add". Pada jendela "Create a new partition", pilih "Primary" untuk opsi "Type for the new partition:" Tentukan besar kapasitas partisi swap pada "New partition size...". Pada menu dropdown "Us as:" pilih "swap area". Tekan tombol "OK"...
http://bojalinuxer.blogspot.com/http://bojalinuxer.blogspot.com/
Partisi swap telah kita buat, pilih ruang kosong yang masih ada, lalu tekan tombol "Add" untuk membuat partisi "/". Pada jendela "Create a new partition", pilih "Primary" untuk opsi "Type for the new partition:" Tentukan besar kapasitas partisi pada "New partition size...". Pada menu dropdown "Us as:" pilih "ext4 journaling file system". Pada menu dropdown "Mount point:" pilih "/" lalu tekan tombol "OK"...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Terakhir, kita akan membuat sebuah partisi "/home". Pilih ruang kosong yang tersisa lau tekan tombol "Add"...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Pada jendela "Create a new partition", pilih "Primary" untuk opsi "Type for the new partition:" Tentukan besar kapasitas partisi pada "New partition size...". Pada menu dropdown "Us as:" pilih "ext4 journaling file system". Pada menu dropdown "Mount point:" pilih "/home" lalu tekan tombol "OK"...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Semua partisi yang dibutuhkan telah siap, tekan tombol "Forward" untuk melanjutkan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Proses instalasi Ubuntu 10.04 dalam Virtualbox segera dijalankan. Tentang proses instalasi yang lebih rinci silahkan baca artikel kami cara menginstal Ubuntu 10.04.
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Instalasi selesai dan konfirmasi "Installation Complete" ditampilkan, tekan tombol "Restart Now" untuk menjalankan sistem yang baru saja Anda instal...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Ubuntu 10.04 segera dijalankan, pilih username dan password yang telah Anda buat, lalu tekan enter...
http://bojalinuxer.blogspot.com/http://bojalinuxer.blogspot.com/
Instalasi Ubuntu 10.04 pada mesin virtual dengan Virtualbox telah berhasil Anda lakukan. Desktop Ubuntu yang cantik telah siap digunakan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Catatan: Anda tidak harus menggunakan Ubuntu 10.04 untuk mengikuti tutorial ini. Bisa saja menggunakan Ubuntu 10.10 karena cara instalasinya tidak jauh berbeda.

Selamat mencoba...

25 November 2010

Menginstal Ubuntu Pada Virtualbox - Menginstal Dan Menyiapkan Mesin Virtual (1)

http://bojalinuxer.blogspot.com/
Virtualbox - Tutorial ini ditujukan bagi pengguna Windows yang ingin menginstal sistem operasi Linux dengan mesin virtual. Jika sebelumnya kami telah menyampaikan cara menginstal Ubuntu Linux dengan aplikasi virtual VMWare Player, kali ini kami ingin menyampaikan cara menginstal Ubuntu Linux pada mesin virtual dengan menggunakan Oracle VM Virtualbox.

Artikel ini kami sampaikan dalam dua bagian. Bagian pertama mengulas cara instalasi Virtualbox pada sistem operasi Windows dan menyiapkan sebuah mesin virtual yang akan digunakan menginstal Ubuntu. Pada bagian kedua nanti kami sampaikan cara menginstal Ubuntu 10.04 LTS pada mesin virtual yang telah disiapkan sebelumnya.

Kami mencoba menyampaikan langkah demi langkah proses instalasi sehingga diharapkan mudah diikuti oleh pengguna Linux pemula sekalipun.

Adapun skenario penginstalan Ubuntu 10.04 pada Virtualbox ini adalah menggunakan CD image (ISO) Ubuntu 10.04 LTS desktop i386 sebagai media instalasi dan menyusun partisi secara manual untuk menciptakan tiga partisi yang dibutuhkan. Ketiga partisi yang disiapkan tersebut adalah partisi "swap", partisi "/" dan partisi "/home".

Untuk memulai proses ini silahkan persiapkan ruang hardisk secukupnya sebagai tempat penyimpanan virtual mesin yang akan kita buat (minimal 10 GB ruang bebas, lebih besar tentu lebih baik). Komputer dengan memori sistem (RAM) minimal 1 GB, sebuah CD/DVD drive jika menggunakan CD/DVD installer Ubuntu, image ISO Ubuntu 10.04 LTS desktop i386 jika ingin menggunakan file image sebagai media instalasi (Jika Anda belum memilikinya, silahkan download terlebih dahulu melalui link yang kami sediakan pada artikel ini) dan installer Oracle VM Virtualbox versi Windows yang dapat anda download melalui artikel ini.


Jalankan VirtualBox-3.2.10-66523-Win.exe untuk menginstal Virtualbox, pada layar Welcome silahkan tekan tombol "Next" untuk melanjutkan.....
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Setujui EULA lalu tekan "Next" untuk melanjutkan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Anda dapat mengatur dimana dan kompunen Virtualbox apa saja yang ingin diinstal atau membiarkannya dalam kondisi default. Klik tombol "Next" untuk melanjutkan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Peringatan penggunaan interface jaringan akan ditampilkan. Klik tombol "Yes" untuk menyetujui dan melanjutkan proses...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Pada layar "Ready Install", klik tombol "Install" untuk memulai proses instalasi Virtualbox pada sistem Windows...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Proses instalasi akan dilakukan, ini memerlukan beberapa waktu...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Jika sistem keamanan Windows menampilkan pesan konfirmasi saat menginstal software, klik tombol "Pasang" untuk menyetujui setiap konfirmasi yang ditampilkan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Untuk menyelesaikan proses instalasi, silahkan klik tombol "Finish" untuk mulai menjalankan Virtualbox...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Kini Virtualbox telah siap digunakan. Untuk membuat sebuah mesin virtual yang nantinya digunakan menginstal Ubuntu 10.04 LTS, klik tombol "Baru" pada sisi atas sebelah kanan jendela Virtualbox...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Pada jendela "Ciptakan Mesin Virtual Baru", silahkan beri nama mesin virtual yang Anda buat pada kolom "Nama". Pada contoh ini kami mengisinya dengan "Ubuntu 10.04". Pada menu dropdown "Operating System" silahkan pilih "Linux". Lalu pilih "Ubuntu" pada menu dropdown "Version"...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Atur besar memori sistem (RAM) yang ingin Anda gunakan untuk sistem Ubuntu. Besarnya alokasi memori dapat disesuakan dengan kapasitas memori fisik yang Anda miliki, nilai minimal disarankan adalah 512 MB, jika lebih besar tentu lebih baik. Klik "Next" untuk melanjutkan...
Catatan: Jika Anda hanya memiliki memori fisik 1 GB, kami tidak menyarankan Anda mengatur memori yang digunakan pada mesin virtual lebih dari 512 MB, ini untuk menghindari sistem Windows (Xp) lambat atau berhenti bekerja karena kekurangan memori.
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Layar berikutnya akan memandu Anda membuat sebuah hardisk virtual. Pada bagian "Boot Har Disk", pilih opsi "Create new hard disk" lalu tekan tombol "Next"...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Selanjutnya Anda dibawa pada layar wizard untuk menciptakan disk virtual baru, klik "Next" untuk melanjutkan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Pada layar "Hard Disk Storage Type" pilih opsi "Dynamically expanding storage". Pilihan ini kami sarankan untuk menghemat ruang hardisk fisik dan membiarkan sistem untuk mengatur otomastis penggunaan ruang hardisk. Klik "Next" untuk melanjutkan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Pada layar "Lokasi dan Ukuran Disk Virtual" silahkan tentukan lokasi dimana Anda ingin meletakkan hardis virtual dan besarnya kapasitas hardisk virtual tersebut. Dalam contoh ini kami membuat sebuah virtual hardisk sebesar 20 GB. Klik "Next" jika Anda telah menentukan keduanya...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Rangkuman pembuatan hardisk virtual akan ditampilkan, klik "Finish" untuk mengakhiri...
http://bojalinuxer.blogspot.com/http://bojalinuxer.blogspot.com/
Selanjutnya kita perlu mengatur supaya CD/DVD storage yang digunakan adalah file image (ISO) Ubuntu 10.04 LTS. Klik tombol "Setting" lalu pilih "Storage". Pilih "IDE Controler", dibagian "Attributes" pada opsi "CD/DVD Device" yang masih "Empty" klik ikon folder disampingnya untuk menambahkan file iso yang kita miliki...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Pada layar ini silahkan klik tombol "Tambah" lalu cari tempat dimana file iso installer Ubuntu 10.04 disimpan. Setelah Anda tambahkan klik tombol "Pilih" untuk menyelesaikan pengaturan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Nah.. kini CD drive pada mesin virtual yang kita buat telah mengarah pada file iso installer Ubuntu 10.04 (lihat gambar untuk lebih jelasnya). Klik "OK" untuk mengakhiri pengaturan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/
Mesin virtual yang kita buat telah siap untuk digunakan...
http://bojalinuxer.blogspot.com/Pada bagian berikutnya kita akan memulai dengan menjalankan mesin virtual ini untuk mengintal Ubuntu 10.04 LTS di dalamnya. Bersambung...