Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

07 January 2011

Cara Mengganti Background Dan Menampilkan Menu Grub

menu grub

Tutorial - Ketika menginstal Ubuntu 10.10 sebagai sistem tunggal, kadang menu grub tidak ditampilkan saat komputer dinyalakan. Bagi Anda yang ingin menampilkan menu grub yang tersembunyi, silahkan ikuti langkah berikut ini...

Tekan kombinasi tombol Alt+F2 untuk menjalankan dialog "Run Application", ketik perintah berikut "gksu gedit /etc/default/grub" tanpa tanda kutip lalu tekan enter atau klik tombol "Run". Setelah grub dibuka oleh gedit, backup dulu file tersebut dengan cara memilih menu File-->Save As, silahkan berinama dengan sembarang nama, sebagai contoh kami membackup dengan nama grub.bak. Buka kembali grub lalu cari dan edit baris berikut:

# If you change this file, run 'update-grub' afterwards to update
# /boot/grub/grub.cfg.

GRUB_DEFAULT=0
GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0
GRUB_HIDDEN_TIMEOUT_QUIET=true
GRUB_TIMEOUT=10
GRUB_DISTRIBUTOR=`lsb_release -i -s 2> /dev/null || echo Debian`
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash"
GRUB_CMDLINE_LINUX=""

Ubah hanya pada baris yang terlihat tebal berwarna kuning dengan menyisipkan " # " menjadi:

#GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0

Simpan perubahan lalu tutup jendela gedit.

Lakukan update grub dengan cara menekan kombinasi tombol Alt+F2, ketik perintah berikut "gksu update-grub2" tanpa tanda kutip, centang opsi "Run in terminal" lalu tekan enter.

menu grub
Jendela terminal akan terbuka, silahkan masukkan password jika diminta. Coba restart komputer, sekarang menu grub akan ditampilkan...

menu grub
Bosan dengan menu grub berwarna gelap seperti itu? Jika Anda ingin mengganti background grub, silahkan ikuti cara berikut...

Tekan kombinasi tombol Alt+F2, ketik perintah berikut "gksu gedit /etc/grub.d/05_debian_theme" tanpa tanda kutip lalu tekan enter atau klik tombol "Run". Lakukan pem-backup-an seperti cara di atas. Cari dan ubah baris berikut...

# this allows desktop-base to override our settings
f=/usr/share/desktop-base/grub_background.sh
if test -e ${f} ; then
. ${f}
else
WALLPAPER="/usr/share/images/desktop-base/moreblue-orbit-grub.png"
COLOR_NORMAL="black/black"
COLOR_HIGHLIGHT="magenta/black"

fi

Ubah pada baris yang terlihat tebal berwarna kuning dengan dengan lokasi tempat Anda menyimpan gambar, lalu atur warna tulisan yang akan ditampilkan pada menu grub. Sebagai contoh kami mengubahnya menjadi seperti ini..

# this allows desktop-base to override our settings
f=/usr/share/desktop-base/grub_background.sh
if test -e ${f} ; then
. ${f}
else
WALLPAPER="/usr/share/backgrounds/leopard.jpg"
COLOR_NORMAL="white/black"

COLOR_HIGHLIGHT="yellow/light-gray"

fi

Kami mengganti bacground grub dengan gambar leopard.jpg yang berada di "/usr/share/backgrounds". Simpan perubahan, tutup jendela gedit lalu lakukan update grub seperti cara di atas. Restart komputer dan hasilnya akan nampak seperti contoh gambar berikut pada komputer kami...

menu grub
Selamat mencoba...

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

17 comments :

  1. makasih mas sangat membantu sekali buat saya...

    ReplyDelete
  2. bagi-bagi ilmu yang sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  3. @oh & oa: semoga bermanfaat, terimakasih atas kunjungan Anda... :)

    ReplyDelete
  4. Gan, kemaren aku install ubuntu 10.10 tp kenapa kok g bisa di shutdown y? pas di shutdown tiba2 hank mause sam keyboard tidak bisa digerakkan...
    Tolong dibantu gan masih newbie nih pengen belajar ubuntu

    ReplyDelete
  5. @dhany: coba Anda jalankan terminal lalu ketik perintah berikut..

    sudo poweroff

    lalu tekan enter... :)

    ReplyDelete
  6. terima kasih buat tutorial nya,,, salam kenal aja gan

    ReplyDelete
  7. @OS: selamat datang.. terimakasih sudi berkunjung.. :)

    ReplyDelete
  8. mas tolong dibantu,kami instal ubuntu 10.10 di dekstop, trus update, kemdian instal di terminal sudo apt-get install ubuntu -restricted -extras,yg terjadi adalah fungsi audio dan dvd baik tapi saya tak bisa akses synaptic paket manager dan update nya,seperti terkunci ( ada peringatannya) saya ulang install sampai 3X ,seperti itu terus,mengapa?

    ReplyDelete
  9. @Wiznoe: Selamat datang... sayang Anda tidak menyertakan peringatan/pesan kesalahan ketika hendak menjalankan synaptic sehingga kami kesulitan untuk membantu menganalisa masalah yang Anda hadapi. Kami heran.. apa sebenarnya yang Anda instal ulang hingga tiga kali itu?.. :). Kalau kami boleh tahu untuk tujuan apa Anda menginstal "ubuntu -restricted -extras"?

    Mungkin ada paket2 yang rusak atau gagal diinstal selama proses instalasi dan perlu dibersihkan. Anda dapat mencoba memberi perintah "sudo apt-get autoclean" tanpa kutip lalu mencoba mengupdate repositori dengan perintah "sudo apt-get update"... :)

    Mungkin akan lebih aman jika Anda menginstal paket2 ubuntu -restricted -extras melalui synaptic sehingga setipa kali ada masalah selama proses instalasi Anda akan diberi peringatan untuk memilih opsi melanjutkan atau menghentikan proses.. :)

    ReplyDelete
  10. terimaksih atas jawabannya Mas,saya install ulang 3x seperti dari awal baru pasang ubu,ini yg ke 4 tapi blm psg ubu rest extr,takut rusak lagi.Lalu berarti saya harus psg mp3 dvd java flash satu persatu Mas? saya pikir masih seperti ubun 10.04 kan harus psg ubu rest exr?

    ReplyDelete
  11. Tidak harus satu persatu... dari synaptic Anda dapat mencari dan memilih semua paket aplikasi yang Anda inginkan lalu menginstalnya secara bersamaan.

    Ketika Anda menginstal seluruh paket rest dan extras melalui terminal dimungkinkan akan ada dependensi yang saling berbenturan yang berpotensi menyebabkan konflik dengan paket yang telah atau akan diinstal, dengan menggunakan synaptic setiap kali terjadi hal demikian secara grafis akan disodori peringatan yang Anda dapat pelajari akibatnya.

    Mencatat atau memahami setiap peringatan dan pesan kesalahan saat menginstal atau meng-uninstal sebuah paket akan sangat penting untuk penyelesaian masalah manakala hasil yang kita dapatkan tidak seperti yang kita inginkan.. :)

    ReplyDelete
  12. terimakasih mas, ini yang saya cari2 krn grub di komputer hilang gara2 instal ulang si jendela

    ReplyDelete
  13. gan, kan kalau pakek dual boot itu ada tampilan grubnya. Kalau cuma ubuntu saja (single OS) bisa gak gan di beri tampilan grub? Kalau bs gmn cranya?

    ReplyDelete
  14. gan, ane coba perintah "gksu gedit /etc/default/grub" tp file grubnya gag bisa terbuka. mohon pencerahannya.
    ane pakai lubuntu.

    ReplyDelete
  15. @dedy Jalankan terminal ketik : sudo gedit /etc/default/grub

    ReplyDelete
  16. Mantap gan infonya... Sukses terus buat blognya :D

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...