Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

02 May 2011

Cara Menggunakan Dan Mengupdate PCMAV Terbaru Serta Mengintegrasikan Clamav

Cara menggunakan PCMAV 6 Asgard:

Salin paket PCMAV 6 yang disertakan di DVD PC Media ke dalam hardisk sehingga Anda mendapatkan PCMAV 6 yang siap digunakan.
Bagi Anda yang berada di wilayah tak terjangkau distribusi majalah PC Media atau karena suatu hal tidak dapat menggunakan paket PCMAV yang disertakan dalam DVD PC Media namun sangat membutuhkannya, silahkan download PCMAV Terbaru melalui halaman download yang telah kami sediakan.
Matikan terlebih dahulu PCMAV versi sebelumnya dengan cara meng-klik kanan ikon PCMAV (bebek kuning) pada notifikasi area lalu pilih menu "exit". Tunggulah beberapa saat hingga proses PCMAV.exe dimatikan. Bila perlu, pastikan proses PCMAV.exe telah benar-benar dimatikan dengan cara menjalankan task manager. Copy paste semua file dan folder pendukung PCMAV 6 ke folder di mana PCMAV lama diletakkan (silahkan timpa semua file dan folder lama), sebagai contoh, lokasi kami meletakkan PCMAV adalah di "D:\@pc@mav\". Seharusnya pada folder @pc@mav akan terdapat file PCMAV.exe, README.txt, tiga buah folder masing-masing adalah folder "lib" yang berisi file library PCMAV, folder "vdb" yang berisi file database virus definisi, update build (jika telah ada), file url.bad dan LinkProtector update (jika telah ada), folder "extensions" yang berisi file pendukung fitur ekstensi dan sebuah folder bernama "plugins" yang bersisi folder "Clamav " jika Anda telah mengintegrasikan Clamav bersama PCMAV (lihat gambar di bawah atau baca README.txt untuk lebih jelasnya).

File PCMAV 6.0

Catatan: Bila ingin memanfaatkan fitur exception dan proxy, Anda dapat membuat exception.txt dan proxy.txt menggunakan notepad lalu menyimpannya pada folder yang sama (silahkan baca README.txt untuk informasi lebih lengkap).

Cara menggabungkan Clamav bersama PCMAV 6:

Download dan extract engine Clamav for PCMAV plugin terbaru atau yang direkomendasikan yang telah kami sediakan di halaman download PCMAV Terbaru. Letakkan semua file yang Anda dapatkan pada folder "D:\@pc@mav\plugins\Clamav\" sehingga pada folder tersebut terdapat file-file library Clamav dan msvcrt serta file definisi virus Clamav berupa "main.cvd" dan "daily.cvd" dimana kedua file tersebut perlu Anda download terlebih dulu (lihat gambar di atas).

Catatan: Anda dapat menambahkan dua file database signature Clamav baru, "bytecode.cvd" dan "safebrowsing.cvd" dan meletakkan pada folder yang sama agar pengenalan virus yang diperoleh menjadi lebih besar.
Perlu Anda ketahui, pada penggabungan PCMAV bersama ClamAV, file signature yang wajib ada adalah main.cvd dan daily.cvd sedangkan bytecode.cvd dan safebrowsing.cvd bersifat opsional.

Mulai menjalankan PCMAV 6:

Setelah semua file yang dibutuhkan lengkap, jalankan PCMAV 6 dengan cara mengklik ganda pada file PCMAV.exe, beberapa saat kemudian PCMAV akan dijalankan dan melakukan pemeriksaan apakah pada komputer masih mejalankan library PCMAV versi sebelumnya. Jika ditampilkan dialog Information, silahkan ikuti dengan mengklik tombol "OK" lalu memilih tombol "Yes" untuk merestart komputer atau "No" untuk merestartnya nanti.


PCMAV 5.0 Valhalla

Bagi Anda yang baru pertama kali menjalankan PCMAV, silahkan tempatkan semua file PCMAV 6 dalam satu folder lalu jalankan PCMAV.exe, seharusnya dialog Information tidak Anda dapatkan.

Cara menampilkan jendela utama dan menjalankan fitur PCMAV 6:

Seperti pada versi sebelumnya, untuk menampilkan jendela utama PCMAV 6 yang telah di-minimize adalah dengan meng-klik ganda ikon PCMAV pada notifikasi area atau klik kanan pada ikon tersebut lalu pilih menu "Show Window".



Untuk menjalankan, mengaktifkan atau menonaktifkan fitur-fitur yang disertakan bersama PCMAV 6, silahkan klik kanan pada ikon PCMAV lalu pilih fitur yang ingin Anda jalankan, aktifkan atau nonaktifkan.

Contoh pemanfaatan ekstensi baru yang ada dalam fitur Extensions Manager dapat Anda lihat seperti gambar berikut ini;



Cara mengupdate PCMAV update build, LinkProtector dan definisi virus Clamav:

Bagi pengguna dengan koneksi internet yang telah tersedia saat komputer dinyalakan, secara otomatis PCMAV akan memeriksa ketersediaan update definisi virus, baik PCMAV update build, LinkProtector maupun Clamav. Namun, bagi pengguna yang tidak secara langsung terhubung ke internet atau pengguna internet dialup, silahkan hubungkan komputer dengan internet terlebih dahulu, klik kanan ikon PCMAV lalu pilih menu "update", secara otomatis PCMAV akan memeriksa ketersediaan PCMAV update build dan LinkProtector (cara ini tidak berlaku untuk memeriksa update definisi virus Clamav, namun ketika update build PCMAV atau LinkProtector telah tersedia maka otomatis definisi virus Clamav akan turut diupdate).

Bagi Anda yang tidak memiliki koneksi internet, Anda dapat men-download PCMAV update build dan update LinkProtector secara manual melalui link download yang kami sediakan dibagian akhir artikel rilis PCMAV yang Anda gunakan. Sedangkan link download definisi virus Clamav dapat Anda temukan pada halaman download PCMAV dan Clamav.

Perhatian!!!: Harap membaca README.txt yang disertakan terlebih dahulu sebelum menggunakan PCMAV. Jika PCMAV tidak berjalan sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan keluhan melalui forum resmi di http://forum.virusindonesia.com/.

Hak Cipta PCMAV adalah milik Majalah PC Media - Pinpoint Publications Group.


BojaLinuxer Blog

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

22 comments :

  1. alhamdulillah dah muter2 akhirnya ketemu jg tempat yg bahas lengkap cara menggabungkan pcmav dan clamav, mantap mas, update terus ya

    ReplyDelete
  2. @Rommy: Selamat datang.. :) halaman ini memang kami sediakan bagi mereka yang membutuhkan informasi cara menggunakan dan mengupdate PCMAV Terbaru, tentu kami akan mengupdate halaman ini jika diperlukan, misalnya untuk menyesuaikan dengan rilis terbaru dimasa yang akan datang.. :)

    Sedang untuk informasi rilis terbaru PCMAV, Anda dengan mudah dapat menemukannya melalui link di bagian atas blog ini.. :)

    ReplyDelete
  3. Saya Ronald mohon di bantu cara instaal PC MAV ke Komputer saya, sebab setiap sy copy paste dr DVD PC MEDIA file PC MAV kemudian saya jalankan selalu keteranganya File Damaged by virus padahal jk file sy jalankan dr DVDnya bisa, kemudian sy scan Komputer saya hasilnya nihil tdk ada virus..., mohon solusinya agar PC MAV bisa terpasang pd Komputer saya

    ReplyDelete
  4. @Ronald: Jika kejadiannya seperti itu, mungkin sistem yang Anda gunakan sudah terinfeksi virus yang mungkin belum dikeali PCMAV. Silahkan install dan scan komputer dengan antivirus lain terlebih dulu misalnya MSE untuk membebaskan sistem dari pengaruh virus, lalu ikutilah cara diatas untuk menjalankan PCMAV pada sistem Anda.. :)

    ReplyDelete
  5. Ronald : Okay Tks saya coba dulu....

    ReplyDelete
  6. mantap gan , makce tutorna sukses selalu ya gan

    ReplyDelete
  7. @Ardyan: sama2.. semoga bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
  8. mas, lptopq sring kena blue screen n d srh instal windows/d srh turn off . . . .apa lptopQ kena virus mas ?

    tlong d jwb d email saya : viki_arca10@ymail.com

    ReplyDelete
  9. @viki: gejala blue screen itu bisa banyak penyebabnya, bisa karena virus bisa juga karena masalah yang lain, jadi Anda perlu mencatat pesan kesalahan saat blue screen itu terjadi.. :)

    ReplyDelete
  10. Goooooooood jobbbbbbb !!

    ReplyDelete
  11. mas, ini gimana ya. saya jalanin RamnitKiller terus disuruh restart. pas restart malah BSOD tulisannya:

    A PROBLE HAS BEEN DETECTED AND WINDWS HAS BEEN SHUTDOWN TO PREVENT DAMAGE TO YOUR COMPUTER.
    CHECK FOR VIRUSES. REMOVE HARDDISK
    dst...

    ReplyDelete
  12. Monica: BSOD semacam itu hal yang biasa terjadi pada windows.. lanjutkan saja merestar komputer, pembersihan raminit disarankan dilakukan pada mode safe supaya pembersihan bisa dilakukan secara tuntas bahkan disarankan untuk mengulang pemindaian untuk memastikan ramnit benar2 telah bersih.. :)

    ReplyDelete
  13. tapi BSODnya berkali-kali.. tiap menyalakan komputer langsung BSOD, setelah BSOD langsung restart dan berulang lagi. gimana? :(

    ReplyDelete
  14. Monica: Boleh jadi sistem yang Anda gunakan telah akut terserang virus bahkan mungkin bukan hanya ramnit dan ramnitkiller tentu bukan alat penyembuh yang terbaik. Coba gunakan MSE, bisa ada baca disini http://bojalinuxer.blogspot.com/2011/04/membersihkan-virus-ramnit-dengan-mse.html. :)

    ReplyDelete
  15. Mas, tolong dong mas....Clamav saya gk ter integrated secara baik dengan PCMAV saya karna saat saya membaca README saya diwajibkan untuk mendownload file "Microsoft.VC80.8.0.50727.6195.CRT.x86"
    , saat saya download, saya extract ke folder /plugins/Clamav, tapi error....Itu knp ya mas?? mohon bantuan secepatnya mas.. Terima kasih

    *NB : Os saya WIN 7 Ultimate 32.bit

    ReplyDelete
  16. Rino: silahkan download engin ClamAv yang telah kami gabungkan dengan msvcrt8 di halaman download PCMAV terbaru.. :)

    ReplyDelete
  17. Bagaimana seandainya tool Pc Mav, tidak di gabung ama Clamav ( terintegrasi ), apakah bisa berjalan ?, aku sendiri udah pakai Pc Mav versi 6.1..trim’s

    ReplyDelete
  18. @Awang satrijana Penggabungan bersama plugin Clamav bersifat opsional sehingga PCMAV dapat dijalankan tanpa Clamav.. :)

    ReplyDelete
  19. Saya belum pernah nih gunakan PCMAV tapi thks udah share.

    ReplyDelete
  20. saya pake smadav,apakah juga bisa pake PCMAV,lalu jika keduanya saya pake,apakh ada pengaruhnya...? dan saya belum ada clamav

    ReplyDelete
  21. @AnonimPengaruhnya sistem akan berjalan lebih berat karena menggunakan dua antivirus.. :)

    ReplyDelete
  22. terima kasih gan...
    mantap dah infonya

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...