Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Download Ubuntu 13.10 Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

19 July 2011

Cara Menggunakan USB - Flashdisk Pada VirtualBox

Mungkin sebagian dari Anda merasa kesulitan untuk menggunakan perangkat USB semisal flashdisk untuk digunakan pada sistem guest dengan VirtualBox.

USB on VBTutorial berikut akan mencoba memandu Anda untuk menambahkan, mengaktifkan dan menggunakan perangkat USB agar dapat digunakan pada VirtualBox.

Pastikan Anda juga telah menginstal VirtualBox Extension Pack pada host dan VirtualBox Guest Additions pada OS guest.

Menggunakan Flashdisk pada VirtualBox untuk host Windows.

Dalam contoh ini kami menginstal VirtualBox pada OS Windows 7 untuk menjalankan OS guest baik Windows maupun Ubuntu Linux.

Silahkan tanjapkan flashdisk lalu jalankan VirtualBox, pilih mesin virtual yang akan ditambahkan perangkat USB. Tekan tombol "Settings" untuk melakukan pengaturan mesin virtual yang telah dipilih. Pada jendela "Settings", pilih bagian USB, pastikan opsi "Enable USB Controller" dan "Enable USB 2.0..." telah diaktifkan. Tekan tombol "Add Filter From Device" atau Anda dapat menekan kombinasi tombol Alt+Ins untuk menambahkan flashdisk...

USB on VB

Pilih flashdisk yang dikenali agar ditambahkan dalam "USB Device Filters", tekan "OK" untuk menutup jendela "Settings"...

USB on VB

Jalankan mesin virtual dengan menekan tombal "Start", beberapa saat kemudian Windows (host) akan menginstal driver "VirtualBox USB". Proses instalasi driver pada host ini hanya dilakukan sekali saat pertama kali Anda menambahkan perangkat USB...

USB on VB

Tunggulah beberapa saat, ini mungkin akan memerlukan beberapa waktu, jika dibutuhkan Anda perlu menghubungkan komputer ke internet untuk menginstal driver yang sesuai. Tekan tombol "Close" jika Windows telah selesai melakukan instalasi driver...

USB on VB

Saat ini mungkin flasdisk yang Anda gunakan belum dapat terbaca oleh OS guest, cabut flashdisk terlebih dahulu lalu tancapkan kembali agar perangkan USB yang baru ditambahkan tersebut dikenali oleh OS guest...

USB on VB

Kini Flashdisk telah siap digunakan dalam OS guest pada VirtualBox...

USB on VB
Guest Win7 pada host Windows 7

USB on VB
Guest Ubuntu pada host Windows 7


Menggunakan Flashdisk pada VirtualBox untuk host Ubuntu.

Langkah yang perlu dilakukan hampir sama dengan cara menambahkan perangkat USB pada host Windows. Untuk dapat menggunakan perangkat USB pada host Ubuntu, Anda memerlukan hak akses sebagai root saat menjalankan VirtualBOx. Tekan kombinasi tombol Alt+F2 lalu ketik perintah "gksu VirtualBox" tanpa kutip untuk menjalankan VirtualBox sebagai root.

Pilih mesin virtual yang akan menggunakan perangkat USB. Tekan tombol "Settings" untuk melakukan pengaturan mesin virtual yang telah dipilih. Pada jendela "Settings", pilih bagian USB, pastikan opsi "Enable USB Controller" dan "Enable USB 2.0..." telah diaktifkan. Tekan tombol "Add Filter From Device" atau Anda dapat menekan kombinasi tombol Alt+Ins untuk menambahkan flashdisk...

USB on VB

Pilih flashdisk yang dikenali agar ditambahkan dalam "USB Device Filters", tekan "OK" untuk menutup jendela "Settings"...

USB on VB

Jalankan mesin virtual dengan menekan tombal "Start", pada host Ubuntu Anda tidak perlu menginstal driver "VirtualBox USB" karena flashdisk sudah dapat digunakan pada OS guest secara langsung...

USB on VB

Selamat mencoba....

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

22 comments :

  1. bang ko ga kdetect...flashdisknya???

    ReplyDelete
  2. @Anonim Jika paket extension pack namun belum juga mendetek USB maka jalankan virtualbox sebagai root atau masukkan username yang anda gunakan kedalam grub vboxuser.. :)

    ReplyDelete
  3. gan, ane pake ubuntu jadi host nya. apa harus upgrade guest addition si virtualbox nya dulu biar usb ke detect di guest OS nya? thanks :)

    ReplyDelete
  4. @aditya nugraha Tidak harus, yang penting install juga paket extension pack dan masukkan user yang Anda gunakan ke group vboxuser.. :)

    ReplyDelete
  5. mas bro, klo setting vbox user diguest windows7 gimana ? dan sudah instal extensio pack tp usb ndak kedetec klo linux masuk sbg root klo win xp sbg Administrator ya ?
    trims dan keep posting mas bro moga ilmunya bermanfaat

    ReplyDelete
  6. @ghozali supaya dapat mengakses perangkat USB, guest win 7 yang dijalankan pada host Ubuntu adalah dengan cara memasukkan user kedalam group vboxusers, caranya, jalankan terminal lalu ketik perintah "sudo adduser nama_user_anda vboxusers" tanpa tanda kutip :)

    ReplyDelete
  7. gan ane udah menjalankan perintah sudo adduser vboxusers dan sudah selesai tp knp y kq usb blom k'detek juga,,,brang x bs bantu gan.

    ReplyDelete
  8. masterboja ane mau tanya nich,,ane udah masukkan user ke dalam groub vboxusers tp koq usb'y blom k'detek jg.....barang bisa bantu master..
    trims atas jawabbannya.

    ReplyDelete
  9. sip untuk info nya...

    terimakasi jika ada waktu mampir ke www.yudhacomunity.blogspot.com ya :)

    ReplyDelete
  10. Saya sangat berterima kasih pada anda, kini usb bisa berjalan pada os virtual

    ReplyDelete
  11. @YasinWIWIInstall juga virtualbox extensionpack nya :)

    ReplyDelete
  12. Mau tanya bang,
    kalo untuk usb wifi bagaimana ?
    Host OS ubuntu 12.04 , untuk Guestnya ubuntu 12.10.
    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  13. @mas lasnoUSB Wifi akan dikenali sebagai wlan0 atau lainnya di host, jadi anda tinggal mengatur virtual network guest dengan mode bridge ke wlan tersebut untuk menggunakan USB Wifi tersebut.. :)

    ReplyDelete
  14. @Boja Linuxer
    Sudah bisa Bang Boja ;
    setelah saya baca tutorial dari Anda, saat jalanin virtualbox-nya pake " root ".

    Terimakasih

    ReplyDelete
  15. makasih gan caranya berhasil, top dah ! :D

    ReplyDelete
  16. bro kan di windows 8 untuk PL2303 udah ga bisa kedetec lagi. hanya bisa kedetec untuk win7 . jadi saya instal win 7 sebagai guest , apakah PL2303 bisa di kenali guest ?? terima kasih

    ReplyDelete
  17. terima kasih, sangat membantu :)

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...