Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Download Ubuntu 13.10 Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

20 February 2012

Menginstall Mobile Data Monitoring Application (MDMA) Modem CDMA Di Ubuntu

Mobile Data Monitoring Application (MDMA) atau biasa disebut aplikasi dialer untuk USB modem biasanya telah disertakan pada setiap modem masing-masing. Namun kebanyakan aplikasi tersebut hanya tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac, sementara untuk Linux khususnya Ubuntu masih sangat jarang produsen Modem baik CDMA maupun GSM yang menyertakan dalam produk atau menyediakan pada situsnya.

Beberapa Merk USB modem diantaranya Huawei dan ZTE telah memberi dukungan paket MDMA pada produk mereka untuk sistem operasi Linux. Huawei menyediakan aplikasi Mobile Partner sementara ZTE menyediakan dialer bernama ZTEMT UI yang dipaket dalam crossplatformui.

CDMA modem Switcher
Mobile Data Monitoring Application (MDMA) memang bukan satu-satunya dialer yang dapat digunakan pada Ubuntu dan distro Linux lainnya. Tersedia beberapa aplikasi sepeti Wvdial, PyDialer dan juga Gnome PPP yang berbasis GUI dapat digunakan untuk menghubungkan modem CDMA ke internet. Masalahnya aplikasi-aplikasi tersebut hanya mendukung sebagian kecil fitur yang dimiliki USB modem CDMA atau sebatas mengkoneksikan modem ke internet saja, sementara fitur lain seperti menerima / membaca dan mengirim SMS dan bahkan menerima dan melakukan panggilan tidak dapat dilakukan.
Dari sedikit produsen USB modem yang menyediakan Aplikasi dialer untuk Linux itupun tidak semuanya dapat berjalan baik. Ada saja keluhan dari pengguna yang gagal menginstall dan menggunakan MDMA yang telah disediakan untuk sistemnya.

Pengguna modem CDMA merk ZTE dapat menggunakan paket crossplatformui sebagai MDMA. Versi terbaru Crossplatformui adalah versi 2.0.6 dan tersedia untuk download secara bebas dari situs remi ZTE. Bagi Anda pengguna Ubuntu yang berminat menggunakannya, silahkan mendownload melalui link ini CrossPlatformUI-V2.0.6 atau langsung mengunjungi halaman download situs ztemt.com.cn ini.

Saat menginstall CrossPlatformUI, sebagian pengguna Ubuntu mungkin akan menjumpai masalah kegagalan kompilasi ke dalam kernel seperti nampak pada gambar berikut...

CDMA modem Switcher

Meski proses kompilasi gagal, namun aplikasi ZTEMT UI tetap terinstall ke dalam sistem dan akibatnya, setiap kali pengguna menginstall paket aplikasi selalu muncul pesan kesalahan "E: crossplatformui: subprocess installed post-installation script returned error exit 2"...

CDMA modem Switcher

Untuk memperbaiki masalah munculnya pesan kesalahan tersebut silahkan membaca dan mengikuti pandauan yang telah ditulis oleh seorang kawan blogger di sini.

Masalah belum selesai, beberapa pengguna juga mengeluh meski CrossPlatformUI telah sukses diinstall namun saat modem ditancapkan lalu menjalankan aplikasi, ZTEMT UI gagal mendeteksi keberadaan modem ZTE sehingga menampilkan pesan kesalahan seperti ini...

CDMA modem Switcher

Mencoba mengatasi masalah tersebut, kami bersama rekan-rekan komunitas pengguna Linux di Facebook membuat sebuah paket sederhana yang mudah-mudahan dapat membatu mengatasi masalah tidak terdeteksinya modem pada Ubuntu. Paket tersebut adalah CDMA-modem-switcher.

CDMA-modem-switcher dapat digunakan untuk mengenali berbagai jenis dan merk modem diantaranya: BLUE LINK BL-EV08C EVDO, Prolink P2000, Haier CE682, Venus Fast2, Haier C700 HP, Venus VT-18 N EVDO Multi, Venus VT-18 EVDO, Venus VT-80 N, ZTE AC682, ZTE AC2726, ZTE MF620, ZTE MF622, ZTE MF628, ZTE MF626, ZTE MF636, ZTE MF638, ZTE AC8710, ZTE AC2710, ZTE 6535-Z, Novatel U727, Novatel U760 dan beberapa type dan merk modem lain yang dikenali oleh USB-modeswitch karena pengenalan device pada CDMA-modem-switcher ini sebagian besar didasarkan paket USB-modeswitch.

Menggunakan CrossPlatformUI untuk modem non ZTE.

Hal yang mungkin tidak diduga, selain dapat digunakan untuk modem ZTE yang tidak dikenali oleh CrossPlatformUI, penggunaan
CDMA-modem-switcher untuk pengguna modem selain ZTE memungkinkan untuk dapat menjalankan dan menggunakan CrossPlatformUI sebagai MDMA. Meski tidak ada jaminan akan berjalan sempurna dan semua fitur dapat diaktifkan, sepanjang modem telah dikenali oleh CDMA-modem-switcher dapat mencoba aplikasi tersebut sebagai MDMA.

Setelah anda mendownload dan berhasil menginstall CrossPlatformUI 2.0.6 dan memperbaiki masalah error seperti yang telah kami kemukakan di atas, silahkan download dan install paket CDMA-modem-switcher melalui link berikut ini:

Dowbload CDMA-modem-switcher 0.1;

Utuk pengguna modem ZTE yang gagal dikenali dan bagi pengguna modem selain ZTE, untuk dapat menjalankan ZTEMT UI silahkan ikuti panduan berikut ini:

Penting!!!: Bagi pengguna modem ZTE yang gagal terdeteksi, setelah menginstall CDMA-modem-switcher, download CDMA-modem-switcher 0.2 ini, extract sehingga mendapatkan dua file .rules baru, jalankan nautilus sebagai root lalu copy paste kedua file tersebut kedalam folder /etc/udev/rules.d untuk menimpa file yang telah ada.

Jalankan terminal lalu copy paste atau ketik perintah berikut:
Penting!!!: perhatikan penulisan besar kecil huruf, penggunaan spasi, titik, koma dan tanda lainnya karena itu berpengaruh pada sistem Linux.

Update: Pengguna modem ZTE tidak perlu melakukan langkah ini.

sudo mv /usr/local/bin/ztemtApp/Config.xml /usr/local/bin/ztemtApp/Config.xml.bak

Lanjutkan dengan meng-copy paste atau ketik perintah berikut:

sudo cp /usr/local/bin/ztemtApp/APTConfig.xml /usr/local/bin/ztemtApp/Config.xml

Tutup jendela terminal lalu coba tancapkan modem Anda. Tunggu beberapa saat lalu jalankan aplikasi ZTEMT UI...

CDMA modem Switcher

Jika modem berhasil dikenali oleh CDMA-modem-switcher, maka ZTEMT UI akan dijalankan dengan menampilkan proses seperti gambar berikut...

CDMA modem Switcher

Jika jendela aplikasi telah terbuka silahkan mulai pengaturan melalui menu Settings

CDMA modem Switcher

Coba lakukan koneksi, dalam beberapa kasus modem lama merespon, Anda dapat mendiskonek lalu mencoba mengkonekkan kembali. Jika belum berhasil Anda dapat mencoba mengubah mode dari Hybrid ke mode EVDO atau sebaliknya melalui menu Settings lalu kembali mencoba untuk mendial...

CDMA modem Switcher

Jika Anda beruntung maka modem akan berhasil terhubung ke internet...

CDMA modem Switcher

Selain hanya merupakan sebuah usaha, penggunaan CDMA-modem-switcher tidak menjamin semua tipe dan merk modem CDMA dapat menjalankan CrossPlatformUI. Masih dibutuhkan usaha keras agar CDMA-modem-switcher mampu mengenali lebih banyak tipe dan merk modem lainnya.

Perangkat Uji coba: Gambar-gambar di atas kami ambil saat menjalankan CrossPlatformUi dengan modem BLUE LINK BL-EV08C EVDO (chipset QualComm) pada Ubuntu 11.10.

"Apapun hasil yang Anda dapat setelah mencoba cara tersebut, kami akan sangat berterima kasih jika Anda berkenan untuk menyisihkan waktu, menyampaikan pengalaman Anda saat menggunakan CDMA-modem-switcher bersama CrossPlatformUI dengan menyebutkan merk dan tipe modem yang Anda gunakan pada kometar."



Perhatian!!!:
Dalam beberapa kasus CrossPlatformUI bermasalah dengan Libc pada alokasi memori, hal tersebut menyebabkan terjadinya crash dengan status "double free or corruption (out)" sehingga ZTEMT UI ditutup secara otomatis namun koneksi internet masih tetap berjalan seperti biasa. Untuk memutus koneksi jika ZTEMT UI ditutup karena masalah tersebut, silahkan jalankan terminal lalu ketik perintah "killall pppd".

UPDATE:

Link Baru: Jika melalui link-link di atas Anda tidak dapat mendownload paket yang diperlukan silahkan gunakan link berikut ini.

Note: Baca dan pelajari artikel di atas serta cermati kemungkinan masalah yang munkin terjadi. Tidak ada jaminan CrossPlatform UI serta file-file kelengkapan lain yang kami sediakan pada artikel ini dapat bekerja dengan baik pada sistem Anda.

Download cdma-modem-switcher_0.1_all.deb
Download cdma-modem-switcher_patch.0.2.tar.gz
Download CrossPlatformUI-V1.0.27-BSNL-i386.deb
Download CrossPlatformUI-V2.0.6-i386.deb
Download CrossPlatformUI-V2.3.1-PROLiNK-i386.deb



Selamat mencoba...


Dipublikasikan di:




Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

81 comments :

  1. hahha akhirnya post ini juga.. thanks yaaa kang bojakerto :p

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus...BLOGWALKING....link back yah..makasih
    http://sarahnetslawi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. @Warnet Sarah Link untuk Anda telah kami tambahkan pada halaman Link Exchange halaman 2.. :)

    ReplyDelete
  4. maaf pak,
    setelah di coba saya dapet error code kaya begini

    zte wireless aplication

    cannot access serial port
    make sure you have appropriate permission

    bagaimana cara mengatasinya??? terima kasih.
    saya pake ubuntu 11.10

    ReplyDelete
  5. @aguzers masalah saya juga sama nih om...

    saya pake ubuntu 11.04

    ReplyDelete
  6. @ngurajeka juba jalankan terminal lalu ketik perintah ini:

    sudo ztemtapp

    atau melalui dialog run dengan menekan tomnol Alt+F2 lalu beri perintah ini:

    gksu ztemtapp

    ReplyDelete
  7. semoga aku ga ada kslahan dalam penerapannya, soalnya lelah juga harus modprobe usbserial mlulu untuk aktifkan device modulnya...

    *dari kami di daerah jeneponto yg babak belur menanti bantuan dr Pusat yg tak kunjung datang.... smkn4jeneponto
    (lelah karena harus mengikuti standar materi dari pusat dengan kondisi koneksi yg lelet abis...no speedy no signal...!!!

    ReplyDelete
  8. @blogila Silahkan gunakan cara pada artikel ini http://bojalinuxer.blogspot.com/2011/11/konfigurasi-modem-usb-blue-link-bl.html supaya tidak perlu melakukan modprobe saat mengkonekkan modem.. :)

    ReplyDelete
  9. @Boja Linuxer
    saya lakukan perintah pada terminal sudo ztemtapp muncul pesan seperti ini:

    I/O warning : failed to load external entity "/usr/local/bin/ztemtApp/bin/../module/APTCDMA/cdma/InitTerminal.vf.xml"
    I/O warning : failed to load external entity "/usr/local/bin/ztemtApp/bin/../module/APTCDMA/cdma/ReadZGMS.vf.xml"

    Modem yang saya pakai smart haier ce 682, OS ubuntu 11.10

    ReplyDelete
  10. @Anonim Tidak ada masalah dengan munculnya pesan2 kesalahan semacam itu, yang penting applikasi bisa dijalankan.. :)

    ReplyDelete
  11. @Boja Linuxer
    Tambahan, pada jendela ZTE Wireless Aplication juga muncul pesan:

    "The device has no response. Please reinsert and try again."

    Diulang berkali-kali muncul pesan yang sama

    ReplyDelete
  12. oh gtu ya gan baik nanti saya akan coba,thanks atas infonya sangat bermanfaat sekali bagi saya bang lam kenal aja........

    ReplyDelete
  13. link CrossPlatformUI-V2.0.6 kox ndak isa diakses pk ya..??/ bisa dimirorin ndak linknya...

    ReplyDelete
  14. Kubuntu 11.10, Modem ZTE AC682 (paketan smartfren), udah pake cdma-mode-switcher 0.2, hasil senasib sama om Anonim. Kira2 ada file log yang bisa dianalisis? Ngaruh gak kalo network manager nyala? Ngaruh sama usb_modeswitch? Sekedar info, pake gnome-ppp / kppp (wvdial ujung2nya) bisa n lantjar djaja...

    ReplyDelete
  15. @leledumbo Karena Crossplatform bukan paket terbuka, ada batasan dimana kami tidak dapat mendistribusikan crossplatform yg telah kami konfigurasi.. :)

    Modem switcher ditujukan supaya sitem otomatis mendeteksi keberadaan modem sehingga pengguna tidak perlu melakukan eject dan modprobe usbserial secara manual, tidak bermasalah dengan usb modeswitch, itu juga difungsikan supaya aplikasi semacam gnome-ppp, wvdial kppp dan semacamnya dapat dijalankan..tanpa itu aplikasi-aplikasi ini tak akan dapat membaca modem secara otomatis :)

    Crossplatform dapat bekerja untuk EC682 maupun AC682 sepanjang anda dapat menkonfigurasnya secara tepat, silahkan utak atik dibagian ini /usr/local/bin/ztemtApp/Config.xml :)

    ReplyDelete
  16. linknya dunludnya ndak bisa saya pak.. :D

    ReplyDelete
  17. saya lakukan perintah pada terminal sudo ztemtapp muncul pesan seperti ini:


    /usr/local/bin/ztemtApp/bin/App: error while loading shared libraries: libaudio.so.2: cannot open shared object file: No such file or directory


    Modem yang saya gunakan smartfren ac 682, OS ubuntu 10.04

    ReplyDelete
  18. kalo untuk menukar dari sinyal EVDO ke hybird ada pilihannya ga ya mas,,, di mari.
    trims

    ReplyDelete
  19. @Wachid DeWe Link dari situs resmi telah dapat digunakan kembali.. :)

    ReplyDelete
  20. @gatot silahkan install paket libaudio2 sesuai distroyang anda gunakan.. :)

    ReplyDelete
  21. @najol Silahkan ubah dari menu "Settings" :)

    ReplyDelete
  22. Mantep dan nancep kang Boja...baru sempat testing dengan modem huawei E156G :) ... Thanks for share akang :)

    ReplyDelete
  23. @willy Hahaha.. moga sukses kang Willy.. ^_^

    ReplyDelete
  24. Nuwun Sewu. Bang Boja. saya NewBie. baru 1 minggu pake ubuntu11.10. saya mau pake USB MODEM [ FLASH ONE EVDO MODEM MODEL ST804 (WARNA PUTIH) OPERATOR F*EXI ] tapi ternyata gak detect. mohon solusinya. +- matur nuwun.

    ReplyDelete
  25. gan ane pake blankon kok jalan sama sekali mncul eror nggak ada indikasi koneksi....mncl pesan the device has no response.please reinsert an try again.dh diulng2 ttp sm....pake sudo ztemtapp ttp bs mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  26. gan,,
    cara yg di atas bisa gak d Backtrack 5,,?
    mohon bantuan nya gan,

    ReplyDelete
  27. artikelnya bagus mas, saya punya modem FlashOne ST-804 Flesi Evdo, kira2 bs gak ya buat ubuntu 11.10? coz susah banget ki, hehe...
    oya, link'nya sudah saya tambahkan, backlink ya mas :)

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah modem Flash One Flexi Evdo saya bisa conect dengan bantuan tutorial diatas, walaunpun masih saja agak susah kalo browsing, loadingnya lama, tapi gak apa2, yang penting sudah bisa connect dulu,
    oya, ijin copas ya mas, buat share dengan teman2 yang lain
    makasih... ^_^

    ReplyDelete
  29. Setelah saya mengikuti langkah diatas.Terus saya jalankan aplikasi ZTEMT UI.Selalu muncul keterangan :

    " The device has no response.Please reinsesert anda try again "

    Sudah saya coba berulang kali.Tapi keterangannya seperti itu terus.
    Mohon bantuannya Gan

    ReplyDelete
  30. kang, mau nayanya... modem ane pake haier ce682 smartfren, koneksi pake wvdial.
    pertanyaanya, connect bisa, tapi di ubuntu software center yang bisa install kenapa ya? kalo pake synaptic atau terminal bisa. di ubuntu one juga gak online statusnya. mohon dibantu kang.
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  31. Yang langkah pertama, menginstall crossplatform itu saya sukses, tapi untuk yang CDMA modem switcher tu saya masih belum bisa, karena newbie banget nih. Bisa diajarin lagi gak bang...? help me..

    ReplyDelete
  32. @Anonim ANda dapat mencoba menkonfigurasi modem anda secara manual dengan mengikuti artikel ini http://bojalinuxer.blogspot.com/2011/11/konfigurasi-modem-usb-blue-link-bl.html.. :)

    ReplyDelete
  33. @ibnu hasan Coba jalankan ztemtapp melalui terminal, nanti akan ketahuan kesalahannya dan anda dapat mencoba menkonfigurasi kesalahan2 tersebut secara manual.. :)

    ReplyDelete
  34. @Anonim Semua bisa dicoba karena kita tak akan pernah tahu jika tidak pernah mencobanya bukan?.. :)

    ReplyDelete
  35. @Ncuz's Blog Syukurlah jika sudah berhasil sob.. :)

    ReplyDelete
  36. @gatot Jalankan aplikasi dari terminal sehingga anda dapat menganalisa kesalahannya.. :)

    ReplyDelete
  37. @sanjayahendy Mungkin itu salah satu bug pada USC.. :)

    ReplyDelete
  38. @Pusat Mutiara Lombok Bukankan itu paket debian? sehingga caranya menginstallnya sama dengan cara menginstall crossplatformui.. :)

    ReplyDelete
  39. untuk yg x64 da gak pak?soalnya di saya amd 64bit...kalo diinstall yg i386 gak mau...

    ReplyDelete
  40. gan, ane udh ikut smw langkah,
    modem ane zte ac682, tp liat di terminal cuma smpe lockfile is stale. abis itu g ada apa2 lagi setlah d tunggu lama. itu jalaninnya make sudo
    klo g make sudo cannot acces serial port
    ane pke ubuntu 12.04 LTS beta 1 gan

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  41. @Anonim Coba periksa di situs resminya, siapa tahu tersedia untuk 64-bit.. :)

    ReplyDelete
  42. @nizar306 Silahkan utak atik file Config.xml dengan memperhatikan folder module, karena setting perangkat modem ada pada file tersebut, cari yg bisa menjalankan modem yang Anda gunakan.. :)

    ReplyDelete
  43. om..., ane butuh pencerahan nie...
    ane pake linux ubuntu, modem BL-EV08C EVDO
    ane dah ikutin langkah diats. setelah selasai, ane buka jalanin crossflatformui, lumayan nunggu agak lama..., eh pas tampil ada keterangan no device.
    tolong ya om....!!!

    ReplyDelete
  44. @Boja Linuxer
    ane udah utak atik gan, bahkan smpe2 module sama config.xml ane copy dari instalan windows tp sama ja gitu jga

    ReplyDelete
  45. @jaya Pastikan CDMA modem switcher 01 sudah Anda install, jika masih belum terbaca coba cabut lalu colokkan kembali modemnya, tunggu beberapa saat baru jalankan applikasinya. Jika belum bisa, jalankan terminal lalu ketik lsusb, untuk memeriksa dikenali sebagai apa modem anda? :)

    ReplyDelete
  46. masss,,
    mohon bagi tips dunk,,
    gmna si cara buat gambar di blog membesar kalau tersentuh mouse, kayak punya mas ini,, :)

    mohon di bantu ya mass masi pemula nie,
    thx mass,,,

    ReplyDelete
  47. Boleh dicoba .........

    ReplyDelete
  48. cara diatas sudah termasuk bisa buat nerima & kirim sms/telpon mas?

    ReplyDelete
  49. untuk Modem CDMA Flexi haier Olive CM200, udah bsa? saya baru instal xubuntu 12.04, mau instal modem blm bisa masih bigung?

    ReplyDelete
  50. @fanoy Bisa jika Anda menggunakan modem Zte yang terdukung.. :)

    ReplyDelete
  51. @Anonim Kami belum pernah mencoba modem jenis itu, jadi tak bisa memastikan bisa atau tidaknya.. :)

    ReplyDelete
  52. Bisakah P2000 diinstal di Ubuntu 12.04 atau Ubuntu 11.10 TANPA PERLU INSTAL WINDOWS, Mas?

    Saya hanya punya Linux di mesin ini. Bagaimana, apakh sudah Anda coba? Dulu P2000 hanya akan bisa jalan jika dalam satu mesin ada Windows.

    ReplyDelete
  53. saya pake mint 13 dan sudah saya ikuti sesuai petunjuk diatas, akan tetapi mentok pas ztemt ui dijalankan.seperti pesan device not ready to work, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  54. @itsainsjogja Itu artinya modem belum dikenali dengan baik oleh crossplatformui... :)

    ReplyDelete
  55. Semuanya sudah saya coba Om semua prosedurnya, mulai dari memperbaiki error di CrossPlatformUI nya sampai instal CDMA modem switcher. Tetap saja gagal dan modem saya (Smartfren AC682) tidak terdeteksi. Mungkin saya harus sabar dulu...

    ReplyDelete
  56. wow,..kereeeeeeeeennn blognya, gan..!!
    makasih buat infonya, semoga blog agan tambah maju..! :D

    ReplyDelete
  57. mas bro... aku newbie sama linux tapi tetep mau belajar nih mas bro.. aku nyoba pake linux 10.04.. setelah googling kesana kemari utk nyari settingan modem smart ce100 dialer, saya sempet dapet cara2nya.. tapi kok gagal terus ya mas..

    bisa bantu ga mas gmn cara settingan yg pas nya..
    terima kasih sebelumnya..

    salam mas..

    -Aroel-

    ReplyDelete
  58. Saya bisa minta CrossPlatformUI 'ga..? Downloadnya susah banget. Thanks

    ReplyDelete
  59. Kalo MDMA buat CDMA di windows jalan ga? Ane pengen nyoba tweaking, klo jaringan GSM sudah pernah dicoba..

    ReplyDelete
  60. kang,saya pakai dual boot windows 7 dan ubuntu 12.04 lts,pakai modem cdma prolink 2000,nah permasalahanya setelah upgrade dari 11.10 ke 12.04,kok modem nya lemot sekali,dulu indikator sinyal ada dua,tiga strip gitu,tp skarang kok tidak ada sama sekali,jdi kalo internet an lama sekali kadang bisa kadang tidak,tp kalo dipakai di windows tetep lancar,gmana kang solusinya

    ReplyDelete
  61. di linux mint maya ada berita bahwa modem zte ac682ui sudah bisa terdeteksi,,, sy masih pakai ubuntu 10.04,,, benarkah itu? tolong review yg sudah pakai linux mint 13 beserta modem zte ac682ui.
    http://community.linuxmint.com/hardware/view/11598
    http://community.linuxmint.com/user/view/39008

    ReplyDelete
  62. @AnonimCari reverensi.. coba kembali dan jangan pernah putus asa.. Anda pasti bisa.. :)

    ReplyDelete
  63. @Anonimpelajari kembali reverensi yang Anda dapatkan.. pelajari alur kerjanya sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan sistem yang digunakan... :)

    ReplyDelete
  64. @RezaUntuk saat ini link download dari situs resmi memang tidak tersedia.. namun dengan mudah dapat anda temukan dengan pencarian melalui google.. silahkan gunkan keyword "crossplatformui 4shared" dan anda tinggal pilih mau mendownload dari link yang mana.. :)

    ReplyDelete
  65. @SeriesMDMA untuk windows tidak dapat digunakan pada Linux... :)

    ReplyDelete
  66. @aksa jayaNampaknya modem belum dikenali dengan baik di sistem yang baru.. :)

    ReplyDelete
  67. @AnonimPengenalan modem ditangani oleh usb mode switch, kalau anda menggunakan data usb mode switch terbaru tentu sudah banyak jenis modem yang dapat langsung dikenali.. :)

    ReplyDelete
  68. pak boja kenapa setiap saya ingin menginstal gnomeppp mengunakan debmanager selalu muncul persan error 'resolvconf',

    modem sudah didetek mobile network, tidak ada sinyal dan selalu disconect ketika di conect automatis maupun manual

    ketika saya menggunakan windows modem saya baik2 saja dan bisa connect,

    mohon pencerahannya pak, saya memakai ubuntu 12.04lts dan flexibroadband

    ReplyDelete
  69. @AnonimInstal wvdial lebih dulu, paket tersebut beserta dependensi telah disertakan dalam CD/DVD masing-masing versi Ubuntu dan Anda tinggal menginstallnya saja. Dengan wvdial tersebut Anda dapat mencoba menghubungkan komputer ke internet sehingga dapat menginstal gnome-ppp secara online dari repositori.. :)

    ReplyDelete
  70. mas link downloadnya udah ga aktif ya ?

    ReplyDelete
  71. @AnonimGunakan google dengan keyword "crossplatformui 4shared".. :)

    ReplyDelete
  72. kalo muncul dialog "Device has no response, Please reinsert and try again" itu gimana ya mas?

    ReplyDelete
  73. @ahsanulItu karena modem belum dikenali dengan baik.. :)

    ReplyDelete
  74. saya coba deh, apa ini bisa dipake telpon dan sms?

    ReplyDelete
  75. @alvBisa tidaknya fitur-fitur tersebut digunakan bergantung pada modem yang Anda gunakan.. :)

    ReplyDelete
  76. kalau untuk modem lain gimana mas saya memakai cyrus mc400 ada solusi ndak

    ReplyDelete
  77. @AnonimSemua bergantung pandai2 kita mengkonfigurasikannya.. dan memang tak ada jaminan akan berjalan pada banyak jenis modem.. :)

    ReplyDelete
  78. tolong upload CDMA-modem-switcher....

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...