Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

25 May 2010

Cara Menginstal Dan Menjalankan Ubuntu Pada VMWare Player 3.0 - Bagian 1





Tutorial - Linux bagi sebagian orang yang belum mengenalnya adalah sesuatu yang menakutkan. Berbagai macam persepsi muncul, dari anggapan Linux adalah sistem operasi yang sulit dioperasikan sampai anggapan bahwa Linux adalah sistem yang diperuntukkan bagi mereka yang mahir komputer. Anggapan seperti itu tidaklah sepenuhnya benar namun juga tidak dapat disalahkan. Bagi yang belum mengnal linux hal itu tentu saja wajar, namun bagi yang sudah mengenalnya, Linux adalah sebuah sistem operasi yang sangat menyenangkan, powerfull dengan desktop yang indah dan mengagumkan dan juga sebuah sistem yang hingga saat ini kebal dari serangan virus (meski tak sepenuhnya benar).

Bagi anda yang belum mengnal Linux dan ingin belajar atau sekurangnya ingin tahu lebih banyak tentang seluk beluk sipinguin ini, jangan kawatir... anda tetap bisa mengenal dan belajar menggunkan Linux selangkah demi selangkah diawali dengan cara menjalankan dan menginstal sistem operasi ini. Bagi seorang pemula yang sebelumnya sama sekali belum mengenal Linux, menginstal adalah sesuatu yang menakutkan. Kekawatiran akan hilangnya data atau file-file penting adalah sesuatu yang wajar dan bisa difahami. Berikut ini kami sampaikan cara belajar menginstal Linux yang aman tanpa kawatir akan hilang atau rusaknya file-file penting saat mencoba menginstal Linux dengan cara menjalankannya pada sebuah virtual mesin.

Mesin virtual atau virtual mesin adalah sebuah komputer yang tidak nyata, artinya kita akan menjalankan sebuah komputer didalam komputer. Apakah bisa?.. tentu bisa. Berikut ini kami akan memberi contoh sebuah aplikasi vitual mesin yang bebas anda gunakan, "VMWare Player". VMWare Player adalah aplikasi buatan VMWare, Inc yang bisa anda manfaatkan untuk membuat dan menjalankan sebuah komputer virtual. Dalam kasus ini kita akan mencoba menginstal sebuah sisten operasi Linux populer " Ubuntu " dengan bantuan VMWare Player.

Pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan sebuah komputer dengan memori yang cukup, anda membutuhkan minimal 512 MB memori fisik namun kami menyarankan anda menggunakan 1 GB agar nyaman selama proses menjalankan virtual mesin. Anda juga membutuhkan ruang harddisk yang cukup untuk tempat menyimpan mesin virtual yang akan dibuat. Berikutnya download lah VMWare Player, klik pada link ini untuk mulai mendownloadnya. Silahkan ikuti langkah-langkah dan petunjuk yang diberikan. Setelah berhasil anda download, tibalah saatnya untuk memulai proses instalasi VMWare Player, silahkan jalankan file instaler yang anda dapatkan.




Setelah instaler selesai mengextract file yang dibutuhkan, anda akan dibawa pada halaman pembuka, silahkan klik tombol "Next" untuk melanjutkan.


Berikutnya anda diminta menentukan dimana VMWare Player akan diinstalasi, jika anda ingin mengubah lokasi instalasi silahkan klik tombol "Change" lalu tentukanlah lokasi yang anda inginkan atau biarkan saja VMWare Player diinstal secara default pada folder program files. Lanjutkan dengan mengklik tombol "Next".


Silahkan tentukan dimana shortcuts akan ditempatkan...lanjutkan dengan menekan tombol "Next".


Sampai pada proses ini, silahkan klik tombol "Continue" untuk melanjutkan proses instalasi.


Proses instalasi akan segera dimulai, ini akan memerlukan beberapa waktu, silahkan anda tunggu hingga proses diselesaikan.


Setelah proses instalasi selesai, anda diminta untuk segera merestart komputer. Silahkan restart komputer anda untuk segera menjalankan VMWare Player.


Jalankan VMWare Player melalui shortcuts pada desktop,dan anda diminta menyetujui License Agreement, klik "Yes, I accept the terms in the license agreement" lalu klik tombol "OK" untuk menyetujui.


Sampai disini proses instalasi VMWare Player telah selesai dan siap anda gunakan....


Artikel berikutnya, kami akan mengajak anda untuk membuat sebuah virtual mesin guna menginstal Ubuntu pada komputer anda. Sapai jumpa pada bagian berikutnya....

Your comments:

No comments :

Post a Comment

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...