Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

27 May 2010

Cara Menginstal Dan Menjalankan Ubuntu Pada VMWare Player 3.0 - Bagian 2



Tutorial - Melanjutkan artikel kami yang pertama, telah kami jelaskan secara rinci bagaimana menginstal VMWare Player 3.0. Kini tiba saatnya kita mulai untuk membuat sebuah virtual mesin pada komputer.

Langkah pertama, jalankan VMWare Playaer dari desktop anda. Untuk mulai membuat sebuah mesin virtual, silahkan pilih menu "Create a New Virtual Machine".


Langkah kedua, anda diminta menentukan lokasi sumber instalasi, apakah dari CD/DVD drive fisik atau berasal dari disk image (iso).



Karena kita akan membuat sebuah virtual mesin terlebih dahulu, maka silahkan pilih opsi ketiga "I Will Install..." lalu klik pada tombol "Next" untuk melanjutkan...


Pada layar berikutnya, silahkan pilih opsi kedua "Linux" pada daftar pilihan "Guest operating system".


Pada menu dropdown "Version" silahkan pilih "Ubuntu"...


Setelah Ubuntu anda tentukan sebagai sistem yang akan diinstal, klik tombol "Next" untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Pada layar berikut, silahkan isi dengan "Ubuntu" pada kolom "Virtual Machine name" (atau nama lain yang anda inginkan), lalu tentukanlah lokasi dimana virtual mesin yang anda buat akan diletakkan, dalam contoh ini saya meletakkan pada K:\Virtual Machines\Ubuntu, klik pada tombol "Next" untuk melanjutkan...


Berikutnya adalah proses pembuatan virtual harddisk. Tentukanlah kapasitas virtual disk yang anda kehendaki, dalam contoh ini kami membuat sebuah virtual harddisk berkapasitas 20 GB yang merupakan kapasitas default untuk Ubuntu. Anda juga dapat menentukan bagaimana virtual disk ini akan dibuat, apakah sebuah file tunggal ataukan dipecah dalam beberapa file yang masing-masing file sebesar maksimal 2 GB. Kami memilih untuk membagi vistual disk ini, dengan memilih opsi kedua "Split virtual disk into 2 GB Files". Setelah anda tentukan, klik "Next" untuk melanjutkan pada langkah berikutnya...


Kini virtual mesin siap anda buat, pada layar ini anda juga dapat menambahkan virtual hardware yang dibutuhkan, misalnya serial atapun parallel port. Jika anda ingin melakukannya silahkan klik tombol "Customize Hardware.."


Tambahkan perangkat yang anda inginkan dengan cara memilih salah satu nama hardware, lalu klik "Add" untuk menambahkannya. Anda juga dapat melakukan pengaturan secukupnya pada masing-masing perangkat tersebut.




Lanjutkan dengan meng klik tombol "OK" lalu "Finish". Kini anda telah memiliki sebuah virtual mesin dan siap untuk diinstal Ubuntu didalamnya. Jika anda telah memiliki installer Ubuntu dalam bentuk CD/DVD, silahkan memasukkannya pada CD/DVD drive, namun bila anda belum memilikinya, silahkan download ubuntu 10.04 melalui link download yang kami sediakan pada artikel ini.

Jika semua telah siap, silahkan tentukan lokasi installer yang anda miliki. Untuk installer dalam bentuk CD/DVD, silahkan klik tombol "Edit virtual machine settings" untuk melakukan pengaturan.


Silahkan pilih perangkat "CD/DVD drive" lalu aturlah supaya mengarah pada CD/DVD drive yang anda miliki.




Jika media installer berupa file image iso (hasil download), silahkan atur supaya CD/DVD drive mengarah pada file iso tersebut.




Selesai mengatur semuanya lanjutkan dengan menjalankan virtual mesin dengan cara mengklik pada menu "Play Virual Machine", virtual mesin akan segera dijalankan dan Ubuntu telah siap untuk diinstal...



Tunggulah beberapa saat hingga installer Ubuntu dimuat dan proses instalasi siap dimulai. Bagi anda yang belum tahu langkah-langkah menginstal Ubuntu, silahkan membaca cara menginstal Ubuntu 10.04 untuk pemula pada artikel kami ini.





Selamat mencoba...

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

5 comments :

  1. untuk acer aspire 4752,yang sesuai ubuntuversi berapa?...kalau boleh tau bagaimana cara meelihat ccok atau tidaknya dengan perangkat komputer kita?...terima kasih

    ReplyDelete
  2. @mikoVersi berapapun yang penting Anda coba dulu menjalankan Ubuntu tersebut sebagai live cd/dvd, jika dapat berjalan dengan baik maka besar kemungkinan versi tersebut bisa digunakan untuk laptop Anda.. :)

    ReplyDelete
  3. kalau menggunakan vmare ini apakah perlu untuk menyediakan sebuah partisi kosong?mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  4. @mikoUntuk fisik tidak dibutuhkan partisi kosong secara khusus.. :)

    ReplyDelete
  5. Gan, saya dah instal ubuntu 10.10 di vmware player, tapi kok hasilnya malah mode text bukan GUI, gimana cara mengatasinya dan dimana kesalahannya?

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...