Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

25 October 2010

Memperindah Desktop Ubuntu Dengan GnoMenu



Ubuntu - Distro yang satu ini memang tak habis-habis untuk dieksplorasi. Kalau sebelumnya telah kami sampaikan cara mempercantik desktop Ubuntu dengan AWN (Avant Window Navigator), kali ini kita akan mencoba melengkapi keindahan itu dengan GnoMenu. Bagi Anda yang tidak atau belum menggunakan AWN dapat meletakkan GnoMenu pada panel klasik Gnome bagian bawah.

Ide ini bermula dari seorang kawan di FB yang menanyakan cara menggunakan theme gnomenu untuk menggantikan menu standart Gnome.

GnoMenu adalah sebuah aplikasi kecil yang memungkinkan kita mengganti menu start Gnome dengan berbagai theme sesuai selera. Kita juga dapat mengatur agar menu tersebut menyerupai menu start pada Windows Xp, Vista bahkan Windows 7. Bagi pengguna Linux yang baru saja beralih dari sistem operasi lama, hal ini tentu sangat menyenangkan sebab menu yang ditampilkan terasa lebih bersahabat.

GnoMenu bukanlah aplikasi yang khusus diperuntukkan bagi pengguna Ubuntu, sehingga bagi pengguna distro lain yang menggunakan Gnome sebagai desktop environment juga dapat menerapkan cara ini.

Untuk menggunakan GnoMenu silahkan download GnoMenu dari sini atau men-download-nya dari launchpad.net. GnoMenu yang kami gunakan adalah versi terbaru yang tersedia saat ini yaitu GnoMenu 2.9.

Setelah Anda berhasil mendapatkan GnoMenu, silahkan letakkan file tersebut pada desktop. Klik ganda pada installer GnoMenu lalu pada jendela yang terbuka, klik tombol "extract"...


Seharusnya pada desktop akan bertambah sebuah folde baru hasil extract bernama gnomenu. Sekarang saatnya menginstal program tersebut, jalankan terminal lalu ketik perintah ini...
cd Desktop/gnomenu
...tekan enter. Setelah berada di folder gnomenu, ketik perintah seperti ini lalu tekan enter untuk memeriksa opsi instalasi...
sudo make
masukkan password Anda jika diminta dan terminal akan menampilkan laporan seperti ini...


Jalankan instalasi dengan memberi perintah ini...
sudo make install
tekan enter dan proses instalasi akan segera dijalankan, tunggulah hingga selesai dan terminal kembali ke folder gnomenu.


Tutup jedela terminal. Bagi pengguna AWN, silahkan tambah GnoMenu pada applet. Klik kanan pada panel AWN lalu pilih menu "Dock Preferences". Pada jendela AWN Settings, pilih tab "Applets" lalu cari dan tambahkanlah GnoMenu ke dalam "Active Applets".


Geser dan atur applet GnoMenu agar berada di sisi paling kiri panel AWN. Klik tombol "Close" untuk menutup AWN Setting.

Pada GnoMenu Settings, silahkan atur theme, ikon dan tombol start yang ingin digunakan. Jika dirasa cukup, klik tombol "OK" untuk menyimpan pengaturan dan merestart GnoMenu...


dan GnoMenu yang cantik telah siapa Anda gunakan...


Untuk mengganti atau menambahkan theme baru, silahkan klik kanan pada applet GnoMenu lalu pilih "Preferences"...


Pada jendela GnoMenu Settings, pilih tab "Theme", di bagian "Theme Selection" klik tombol "Install". Carilah dimana file theme yang Anda ingin tambahkan disimpan.


Dengan cara yang sama, Anda dapat menginstal ikon dan tombol start di bagian "Icon Selection" dan "Button Selection". Sebagai informasi, Anda dapat men-download theme, ikon dan tombol start yang cantik untu GnoMenu dari gnome-look.org. Pilih dan download theme yang Anda sukai.

Bagi pengguna panel Gnome klasik, silahkan tambahkan GnoMenu dengan cara mengklik kanan pada panel bawah lalu pilih menu "Add to Panel...", pada jendela yang terbuka, cari GnoMenu lalu klik tombol "Add", klik tombol "Close" untuk menutup jendela.


Atur dan geser GnoMenu agar ditempatkan di sisi paling kiri panel bawah, klik kanan GnoMenu lalu pilih "Move" dengan menggunakan mouse silahkan geser GnoMenu ketempatnya...


Kini GnoMenu telah siap Anda gunakan...


Selamat mencoba....

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

1 comment :

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...