Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Download Ubuntu 13.10 Final .
  • Download Ubuntu 13.04 Raring Ringtail .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

14 April 2011

Membersihkan Virus Ramnit Dengan MSE

Clean Ramnit With MSE

Laporan dan keluhan serangan virus pada komputer pengguna Windows nampaknya meningkat pesat dari waktu kewaktu. Hal tersebut tentu membuat gerah dan risau Microsoft selaku produsennya. Tidak tinggal diam, akhirnya Microsoft memutuskan untuk membuat sendiri software anti virus guna melindungi sistem operasi buatannya itu.

Miscrosoft Security Essentials (MSE) adalah anti virus resmi yang dikeluarkan Microsoft untuk menanggulangi penyebaran malware yang semakin marak akhir-akhir ini.

Sebagai pengguna awam dan tidak mahir di dunia pervirusan, kami juga mengikuti perkembangan dan pergerakan virus yang banyak dilaporkan dan menyebar dengan cepat pada pengguna sitem operasi Windows.

Mengambil contoh tiga virus yang menurut pengamatan kami paling banyak menyebabkan insiden masal adalah virus Sality, Virut dan Ramnit. Dua virus pertama adalah pemain lama namun karena banyaknya varian dari keduanya, menjadikan virus tersebut sukar dimusnahkan.

Virus yang akhir-akhir ini banyak ditakuti adalah Ramnit variant. Ramnit menyebar dengan cepat dan varian virus ini cukup banyak. Ramnit tergolong malware berbahaya dan sulit dibersihkan. Sekali saja sebuah sistem terinfeksi olehnya, maka pembersihan sistem tidak dapat dilakukan dengan sebarang anti virus.

Clean Ramnit With MSE
Ikon berubah menjadi folder pada Flashdisk yang terinfeksi Ramnit

Clean Ramnit With MSE
Ramnit menciptakan file autorun.inf, Copy of Shortcut to (1).lnk sampai 4 dan folder RECYCLER berisi file virus pada flashdisk.

Sangat disayangkan manakala banyak orang yang mahir dibidang keamanan dan virus justru memberi informasi yang cenderung menakuti dan berlebihan dalam menangani serangan Ramnit. Dari yang mengatakan tamatnya sistem jika terserang Ramnit hingga yang memberi cara pembersihan hanya bisa dilakukan dengan memperbarui sistem, bahkan ekstrimnya, pembaruan sistem itu harus dengan cara memformat ulang semua hardisk yang digunakan... ;)

Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap para ahli dan pakar virus yang menyarankan pembersihan Ramnit dengan cara tersebut, kami hanya sekedar berbagi pengalaman ketika mencoba membersihkan komputer dari virus Ramnit yang ditakuti itu.

Membersihkan Virus Ramnit dengan MSE;

Bagi kami, untuk membersihakn virus ramnit cukup menggunakan Miscrosoft Security Essentials (MSE) yang terupdate. Contoh berikut adalah saat kami membersihkan komputer dari Trojan:win32/Ramnit.A menurut MSE dan Ramnit.F.variant menurut PCMAV 5.0.

Clean Ramnit With MSE

Sekedar informasi, saat Ramnit menyerang sistem akan membuat folder acak berisi induk virus yang akan dijalankan otomatis saat komputer dijalankan. Folder virus tersebut diletakkan pada folder Program Files. Selain itu, Ramnit juga meletakkan file virus pada folder Startup dan memanipulasi userinit pada registry. Variant lain mungkin memiliki cara dan file virus yang berbeda dengan contoh ini.

Clean Ramnit With MSE

Untuk membersihkan virus Ramnit variant ini, silahkan download dan instal MSE terbaru. Saat mendownload MSE sebaiknya Anda juga mendownload virus definisi MSE terbaru untuk diinstal secara manual setelah proses instalasi MSE selesai, karena kemungkinan Ramnit akan menghalangi Anda untuk mengupdate virus definisi secara online. Bagi pengguna Windows XP SP3, disamping membutuhkan kedua file MSE tersebut juga memerlukan file update Windows Installer versi 3 (KB942288) atau yang lebih baru dan instalasi beberapa patch akan diminta saat menginstal MSE pada Windows Xp yang tidak pernah diupdate.

Clean Ramnit With MSE

Setelah instalasi MSE selesai, silahkan restart komputer jika diminta. Setelah komputer dinyalakan ulang, segeralah menginstal virus definisi MSE yang telah Anda download.

Setelah semua siap, jalankan MSE lalu scan sistem pada mode Quick untuk memindai Ramnit yang aktif di memori. Tunggulah hingga proses pemindaian selesai dan Ramnit yang sedang aktif ditemukan, proses ini akan memerlukan waktu yang cukup lama karena Ramnit akan memperlambat proses pemindaian.

Clean Ramnit With MSE
MSE menemukan Rumnit yang aktif di memori

Clean Ramnit With MSE
Pembersihan memori dari infeksi Ramnit

Setelah memori berhasil dibersihkan dari Ramnit, restart komputer lalu scan semua isi hardisk dan flashdisk yang Anda gunakan dengan MSE.

Clean Ramnit With MSE
Scan total menggunakan MSE untuk membersihkan komputer dari infeksi Ramnit

Untuk mendapatkan MSE dan virus definisi MSE terbaru, silahkan men-download-nya melalui link yang telah kami sediakan pada artikel Cara ampuh membersihkan virus Sality.

Informasi lebih lanjut mengenai virus Ramnit yang dikenali MSE, silahkan mengunjungi Microsoft Malware Protection Center.


Selamat mencoba dan semoga berhasil...

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

15 comments :

  1. Wah,,Lebih ganas dari sality donk kalo gitu yo mas..?..

    ReplyDelete
  2. @herisa: keduanya (sality dan ramnit) dan juga virut tergolong virus ganas dan berbahaya.. :)

    ReplyDelete
  3. keren mas boja tentang ramitnya ijin share mas di fb saya

    ReplyDelete
  4. @Rio: terima kasih.. :) silahkan dibagikan.. :)

    ReplyDelete
  5. mantap gan.. thanx

    ReplyDelete
  6. sebelumnya makasih banyak nich infonya...
    komputer ku pernah kena virus runmit..
    saking bingungnya saya instal ulang.
    nasib ya nasib...
    kenapa informasi ini saya telat baca..
    makasih banyak gan

    ReplyDelete
  7. untuk orang yang awam sekali kami telah menciptakan flash disk yang dilengkapi cd antivirus ide ini muncul dari modem yang dilengkapi cd installer, kami tambahkan ufdcd mini xp + ramnit killer dalam flashdisk sehingga terdetek dari bios sebagai 2 flashdisk satu diantaranya ufdCD yang tak bisa diformat digunakan untuk booting berukuran sangat kecil kurang dari 50mb digunakan untuk membersihkan komputer maupun flashdisk nya sendiri yang berminat bisa hubungi saya di ym:laduny

    ReplyDelete
  8. MyBlog: Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.. :)

    ReplyDelete
  9. Setelah berkunjung ke blog lainnya semoga blog anda menjadi solusi penuh bukti dalam membasmi virus. Karena komputer saya saat ini menjadi gudang virus.

    ReplyDelete
  10. Work gan,,,, tks

    ReplyDelete
  11. kalo di ubuntu gmn pak?? untuk kemungkinan terkena virus..
    apa perlu juga di antisipasi dg antivirus d ubuntu??
    #maaf saya pengguna linux pemula hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Linux apapun tidak membutuhkan anti virus untuk melindungi dirinya, namun pada OS Linux tetap bisa diinstall anti virus, tujuannya adalah untuk membersihkan lalulitas (penyebaran) virus melalui server dan atau untuk membersihkan virus yang menyerang Windows.. :)

      Delete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...