Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

25 May 2011

MacbuntuX Remix 11.04 - Ubah Tampilan Ubuntu 11.04 Ala Macbuntu

Sesuatu yang mudah dilakukan untuk menjadikan Ubuntu 11.04 nyaman dan enak dipandang adalah mengubah tampilannya. Sebuah paket aplikasi yang dikhususkan untuk memperindah tampilan desktop Ubuntu sehingga mirip dengan desktop Mac OS X adalah paket Macbuntu.

MacbuntuX Remix 11.04Hingga kami menulis artikel ini, Macbuntu belum dapat diinstal pada Ubuntu 11.04. Versi terbaru Macbuntu saat ini hanya mendukung untuk diterapkan pada Ubuntu 10.10, sehingga untuk dapat menggunakan Macbuntu pada Ubuntu 11.04 kita perlu melakukan modifikasi dan menginstalasikannya secara manual, dan kami telah menyiapkan modifikasi MacbuntuX Remix 11.04 yang berbasis paket Macbuntu. Bagi Anda yang berminat, silahkan mengikuti tutorial berikut untuk menerapkan modifikasi MacbuntuX pada Ubuntu 11.04 yang Anda gunakan.

Sebagai informasi tambahan, MacbuntuX akan mencakup perubahan tampilan yang terdiri dari theme MacbuntuX, icon MacbuntuX, cursor MacbuntuX, sound MacbuntuX, background aurora, penggunaan paket Cairo Dock dan paket Gnome Globalmenu yang akan kita gunakan pada linkungan desktop Gnome 2.32.

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendownload paket theme MacbuntuX, icon MacbuntuX, cursor MacbuntuX, sound MacbuntuX dan background aurora.

Link download:
Update: Bagi Anda yang kesulitan mendownload melalui Ziddu silahkan mendownload melalui 4shared yang link downloadnya telah kami sediakan.

Setelah semua paket tersebut didownload, extract semua file tar.gz sehingga Anda akan mendapatkan folder "MacbuntuX" yang berisi theme Macbuntu, "MacbuntuX-Icons" yang berisi ikon Macbuntu, "MacbuntuX-Cursors" yang berisi file-file kursor Macbuntu dan "MacbuntuX-Sounds".

Sebenarnya paket-paket tersebut sudah dapat digunakan oleh pengguna tunggal, namun dalam tutorial ini kami ingin menambahkan semua modifikasi pada sistem, sehingga jika pada Ubuntu 11.04 yang Anda gunakan memiliki banyak user, masing-masing tidak perlu lagi melakukan instalasi. Hal ini juga dimaksutkan agar kita lebih mudah saat mengganti theme GDM (layar login) dengan theme MacbuntuX. Cara menambahkan semua komponen ke dalam sistem adalah dengan meng-copy paste semua folder dan file yang telah kita persiapkan pada tempatnya masing-masing dan untuk itu kita memerlukan hak akses sebagai root.

Jalankan nautilus sebagai root dengan cara menekan kombinasi tombol Alt+F2, pada dashboard "Run" silahkan ketik "gksu nautilus" tanpa tanda kutip lalu tekan enter, masukkan password Anda jika diminta...

MacbuntuX Remix 11.04

Setelah nautilus dijalankan sebagai root, copy paste folder "MacbuntuX-Icons" dan "MacbuntuX-Cursors" ke dalam folder "/usr/share/icons/".

MacbuntuX Remix 11.04

Selanjutnya, copy paste folder "MacbuntuX-Sounds" ke dalam folder "/usr/share/sounds/". Lalu copy paste file "aurora.jpg" ke folder "/usr/share/backgrounds/" dan copy paste folder "MacbuntuX" ke folder "/usr/share/themes/".

Tutup jendela nautilus dan kini theme MacbuntuX telah siap digunakan. Jalankan "Appearance Preferences" untuk mengganti theme melaui "Control Center", pada jendela Appearance Preferences pilih theme MacbuntuX untuk diterapkan.

MacbuntuX Remix 11.04

Jika muncul informasi "The current theme suggests a background.", klik tombol "Apply Background" untuk menerapkan aurora sebagai background. Tutup jendela Appearance Preferences dan sekarang Anda dapat melihat perubahan pada tampilan desktop.

Masih dengan Control Center, jalankan "Sound Preferences" lalu pada tab "Sound Effects" pada menu dropdown "Sound theme" pilih "MacbuntuX".

MacbuntuX Remix 11.04

Tutup jendela Sound Preferences dan kini Anda telah menggunakan suara sistem MacbuntuX.

Langkah selanjutnya adalah mengganti theme login manager GDM. Untuk mengganti theme GDM pada Ubuntu 11.04 caranya sama dengan cara mengganti theme GDM pada Ubuntu 10.10 yaitu dengan cara mencopy paste Appearance dari folder "/usr/share/applications/" ke folder "/usr/share/gdm/autostart/LoginWindow/". Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca artikel Cara Mengganti Theme Login GDM Pada Ubuntu.

Logout dari sesi saat ini untuk melakukan perubahan theme GDM saat jendela login dijalankan...

MacbuntuX Remix 11.04

Pilih theme MacbuntuX lalu tutup jendela Appearance Preferences, kini theme GDM telah berubah wajah (setelah login, jangan lupa menghapus appearance dari folder "/usr/share/gdm/autostart/LoginWindow/" agar Appearance Preferences tidak selalu dijalankan saat GDM dijalankan)...

MacbuntuX Remix 11.04

Pada bilah di bagian bawah, pilih menu dropdown "Session" lalu pilih "Ubuntu Classic" untuk menjalankan desktop Gnome.

Sekarang saatnya kita menginstal paket Cairo dock. Jalankan "Synaptic Package Manager" lalu cari dan tandai paket "cairo-dock" beserta dependensi dan paket pendukungnya untuk diinstal. Setelah paket Cairo dock berhasil diinstal, jalankan Caro dock melalui Applications --> System Tools --> Cairo-Dock (no OpenGL) atau jika memungkinkan Anda dapat memilih Cairo-Dock dengan OpenGL...

MacbuntuX Remix 11.04

Kini desktop Gnome pada Ubuntu 11.04 telah memiliki dock dibagian bawah menggunakan Cairo Dock lengkap dengan theme MacbuntuX....

MacbuntuX Remix 11.04

Sampai dengan langkah ini sebenarnya penerapan paket Macbuntu pada Ubuntu 11.04 sudah cukup, mengingat Ubuntu 11.04 secara default menggunakan Unity Shell sebagai interface yang telah memiliki menu global seperti halnya desktop Mac OS X.

Instalasi paket tambahan.

Sebagai pelengkap dalam paket MacbuntuX ini, Anda dapat menginstal paket Gnome globalmenu untuk menambahkan global menu pada Gnome saat Anda menggunakan sesi Ubuntu Classic. Instalasi paket ini bersifat opsional sehingga jika dipandang tidak perlu Anda dapat mengabaikannya.

Untuk menginstal Gnome Globalmenu pada Ubuntu 11.04, kami telah mengumpulkan paket-paket yang diperlukan, paket-paket tersebut merupakan paket yang diperuntukkan bagi Ubuntu 10.10, namun demikian tetap dapat diinstal dan dijalankan pada Ubuntu 11.04.

Silahkan dowload paket Gnome Globalmenu yang telah kami kumpulkan, lalu mengextractnya sehingga Anda mendapatkan file-file biner berektensi .deb yang siap digunakan.

Link download:
Gnome Globalmenu 0.7.9 i386 Ziddu | 4shared

Lakukan instalasi dengan cara mengklik ganda pada tiap paket agar dijalankan oleh Software Center. Secara berurutan silahkan instal paket libgnomenu0-2_0.7.9, libglobalmenu-gnome_0.7.9, gnome-globalmenu-common_0.7.9, gnome-applet-globalmenu_0.7.9 dan gnome-globalmenu_0.7.9. Jika saat instalasi Software Center menampilkan informasi paket dengan kualitas yang diragukan, abaikan saja peringatan tersebut untuk melanjutkan proses instalasi hingga semua paket selesai diinstal...

MacbuntuX Remix 11.04

Setelah semua selesai diinstal, silahkan logout dari sesi saat ini lalu login kembali dengan desktop Gnome. Klik kanan di area kosong pada panel atas lalu pilih menu "Add to Panel...", pada jendela "Add to Panel" pilih applet "Global Menu Panel Applet" lalu klik tombol "Add"...

MacbuntuX Remix 11.04

Kini Globalmenu applet telah ditambahkan pada panel, masih dengan jendela "Add to Panel" yang terbuka, klik kanan pada applet "Menu Bar" pada panel atas lalu pilih menu "Remove from Panel".

Ganti applet "Menu Bar" dengan applet "Main Menu" dari jendela "Add to Panel"...

MacbuntuX Remix 11.04

Kini Anda tinggal mengatur penempatan applet dengan cara menggeser mereka ketempat masing-masing. Gambar berikut adalah contoh desktop Gnome pada Ubuntu 11.04 yang telah dilengkapi dengan Gnome Globalmenu lengkap dengan theme MacbuntuX dan Cairo dock...

MacbuntuX Remix 11.04

Langkah opsional lainnya adalah menambahkan theme MacOSX untu Mozilla Firefox, jalankan Add-on manager lalu cari ekstensi macosx theme untuk menginstalnya pada Firefox. Ini adalah Mozila Firefox 4.0.1 yang telah menggunakan theme Mac OS X...

MacbuntuX Remix 11.04

Dan atau bagi Anda yang juga menggunakan Google Chrome dapat menginstal ekstensi theme GTK Leopard Chrome theme agar Google Chrome yang digunakan memiliki tampilan yang sesuai. Download GTK Leopard Chrome theme dari sini, lalu extract sehingga Anda mendapatkan file "GTK_Leopard_Chrome_Theme_by_eamon63.crx". Instal theme tersebut degan cara mengklik kanan pada file lalu pilih menu "Open with other application..." lalu pada jendela "Open with" pilih "Google Chrome"...

MacbuntuX Remix 11.04

Kini langkah-langkah modifikasi Macbuntu dengan MacbuntuX Remix 11.04 telah selesai dan ini adalah hasil akhir tampilan desktop Unity pada Ubuntu 11.04 dengan theme MacbuntuX...

MacbuntuX Remix 11.04
Unity Ubuntu 11.04 dengan MacbuntuX


MacbuntuX Remix 11.04

MacbuntuX Remix 11.04
Desktop Cube dengan Compiz


Selamat mencoba...

Tutorial MacbuntuX Remix 11.04 ini didasarkan pada Macbuntu.

Dipersembahkan Oleh: BojaLinuxer Blog

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

44 comments :

  1. wah keren sekali nih oinformasinya, aku ijin langsung ke tkp gan , hehe

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus banget..! thanks ya...for share..!

    ReplyDelete
  3. bos saya dah coba di atas n dah nyampe copy ke root..
    semua dah di copy tapi saat mau ganti tema,tema macbuntunya ga da bos...
    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  4. @Trident: Selamat datang.. :) harap periksa dan pastikan folder MacbuntuX telah Anda copy ke folder /usr/share/themes/ :). Folder MacbuntuX tersebut akan Anda dapatkan jika telah mendowload file MacbuntuX-theme.tar.gz lalu mengextract-nya :)

    ReplyDelete
  5. tema sudah berhasil bos.. makasih atas infonya.. ada 1 masalah lagi kemaren saya pas masukin tema ke google crome saya salah pencet n saya lupa apa yg di ubah jadi setiap mau masuk folder lewat shortcut muncul tulisan

    Failed to execute default File Manager.
    Failed to execute child process "google" (No such file or directory).

    ada solusi bos?
    di tunggu jawabanya... thanks

    ReplyDelete
  6. @Trident: Anda klik kanan pada shortcut folder yang tidak dapat dibuka tersebut lalu pilih menu "open with other applica.." lalu pilih "File Browser" :)

    ReplyDelete
  7. Tolong juga donk...!
    saya mau install reconsruktor di ubuntu 11.04 ko ga bisa ya..
    saya pake synaptic dengan membuat tambahan repo sendiri yang udah ada reconstruktornya.. tapi saat di checklist malah merah dan g bisa di APPLY..
    please help me cara install reconstruktor di Natty..

    ReplyDelete
  8. @Aldo: saya juga sudah mencoba menginstal reconstructor pada 11.04, dan hasilnya meski dapat diinstal dan dijalankan namun tidak sempurna, nampkanya kita perlu bersabar hingga datang reconstructor versi baru. Tentang warna merah itu karena ada dependensi yang tidak terpenuhi.. :)

    ReplyDelete
  9. kenapa saya tidak bisa menampilkan add to panel.nya? bmhon arahanny ya,maklum pengguna linux amatir.. :P

    ReplyDelete
  10. @anonim: pastikan Anda masuk ke sesi "Ubuntu Classic" untuk menjalankan Gnome dan bukan ke sesi "Ubuntu" yang akan menggunakan Unity.. :) klo Anda sudah berhasil menjalakan gnome anda dapat mengkik kanan pada bagian kosong pada bar atas untuk menampilkan add to panel tersebut.. :)

    ReplyDelete
  11. Terima kasih, dan sangat cantik tampilannya, bahkan teman2 mengira memang mac os, soalnya login screennya juga saya ganti denga logo apple

    ReplyDelete
  12. @SMPN 3: selamat datang.. :)

    sama-sama dan semoga bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
  13. Terima kasih Gan, tapi ada gendala nch... download yg icon gagal maning, gagal maning... ada link yg lain tak ya? Thanks before, kalo tidak keberatan minta email boleh ya... he he

    ReplyDelete
  14. Nice Post Gan,

    Ada masalah nch, "kenapa saya tidak bisa menampilkan add to panel.nya?.." sudah dijawab, pastikan Anda masuk ke sesi "Ubuntu Classic" (Jabab). Mohon petunjuk untuk memastikan bahwa saya telah ke sesi "Ubuntu Classic". Terima kasih

    ReplyDelete
  15. @Didik: keluhan Anda kami tampung... kami akan usahakan mengupload ke server lain, harap bersabar.. :)

    @RE: Anda telah masuk ke sesi Ubuntu classic jika desktop yg Anda gunakan adalah Gnome dan bukan Unity.. :) dan cara memasuki sesi Ubuntu classic telah kami sampaikan pada artikel di atas.. :)

    ReplyDelete
  16. ditunggu ya bro link untuk iconnya, soalnya sering putus tengah jalan kalo di ziddu..

    ReplyDelete
  17. maz, kok sudah saya ikuti intrucksi nya ko jendela nya blum ganti. truz jga g terdetek,,
    mohon bantuan nya maz11

    ReplyDelete
  18. @Tridi: mohon bersabar.. kami sedang usahakan untuk mengupload ke server lain.. :)

    @anonim: silahkan ulangi lagi langkah2 sama persis dengan cara di atas, pastikan semua telah Anda lakukan dengan benar.. :)

    ReplyDelete
  19. Salam,

    sangat keren gan...
    bisa kah saya aplikasikan ke Linux Mint katya?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  20. Mas sya pngguna baru ubuntu, saya mohon bantuannya, saya sudah copy smua file di atas ke directory yg di maksud dengan nautilus sbgai root, pas buka appearance preferences ada sih theme macbuntu tapi beda sama gmbar di atas, pas di klik eh ada warning gini : "This theme will not look as intended because the required GTK+theme'GLossy P' is not installed". mohon solusinya mas.

    ReplyDelete
  21. @simin: karena Linux Mint adalah distro turunan Ubuntu, maka kemungkinan besar theme ini juga dapat digunakan pada sistem tersebut.. :)

    @wisnu: jika muncul pesan seperti tersebut tentu itu sebuah keanehan karena kami tidak pernah menjumpai pesan tersebut. Sepanjang icon, cursor dan background sudah diletakkan pada tempatnya semestinya theme MacbuntuX tidak akan memunculkan pesan kesalahan kecuali background aurora.jpg yang terkadang perlu diset secara manual sebagai background. Namun jika demikian Anda dapat mengabaikan pesan tersebut.. :)

    ReplyDelete
  22. salam,

    gan saya sudah mengaplikasikan di Linux mint katya dan hasilnya mantep top markotop, lebih mantep ketimbang kemarin saya pake macbuntu yg iso.

    cuma ada sedikit kurang saat minimalis tidak bisa tampil botol. apakah ada pengaturan atau tambahan lain?

    mohon tutorialnya

    Thank's
    salam

    ReplyDelete
  23. @simin: kami kurang paham dengan apa yang anda maksud dengan "saat minimalis tidak bisa tampil botol", apakah yang anda maksud adalah efek 3D saat sebuah jendela diminimize akan muncul seperti gambar botol?, jika iya itu adalah efek compiz yang tentu saja anda dapat mengaturnya melalui Compizconfig settings manager (ccsm).. :)

    ReplyDelete
  24. Ya, mksd saya seperti itu gan hehehhe...
    ada tutorial pengaturan ga gan? bingung nih settingnya...

    Thank's

    ReplyDelete
  25. @Simin: untuk saat ini kami belum memiliki tutorial tersebut, namun Anda dapat bereksperimen dengan menjalankan Compizconfig settings manager (jika belum ada Anda dapat menginstalnya terlebih dahulu) lalu mencari pengaturan efek yang Anda inginkan dibagian "Animation"...

    ReplyDelete
  26. mantap gan infonya,,
    langsung saya coba di ubuntu ane

    ReplyDelete
  27. Assalamu'alaikum..
    trima kasih sebwlumnya,
    karna saya pendatang baru di linux, maka saya masih mengandalkan "dual OS (windows7+ubuntu11.04)"

    saya sudah mengikuti tutorial INI,
    tapi sya msih punya kendala...
    sbenarnya sya sudh bisa mengubah tema ubuntu ke Macbuntu.
    mengubah Background Dekstop mnjadi "aurora" dan berhsil mengubh tema dan Login GBM mnjdi Macbuntu.
    tetapi, setelah sampai pada saat menginstall Cairo-dock di "Synaptic Package Manager" saya tidak bisa menginstallnya.(apa komputer harus dikoneksikan ke internet..???)..

    dan pada saat menginstall "gnome-globalmenu-common_0.7.9-0ubuntu_all.deb" ternyata tidak bisa terinstall dan menyebabkan "Ubuntu Software Center" mnjadi macet.(dan aneh nya stelah saya liht di "System Monitor" CPU bekrja 100%..

    smentara saat menginstall "xfce4-globalmenu-plugin_0.7.9-0ubuntu_i386.deb" tidk bsa terinstall karena hrus menginstall "gnome-globalmenu-common_0.7.9-0ubuntu_all.deb" trlbih dahulu. padahal ke-5 library lain nya sudah bsa terinstall..
    yang menyebabkn tutor yg ada selnjutnya tidk bsa sya install..
    dan gejala terakhir adalh Ubuntu Software Center mnjadi tdak brjalan normal..
    (saat membuka software yg dipilih menjadi loading terus menerus)..
    mohon pencerahan..
    TerimaKasih..

    ReplyDelete
  28. @uxie: Anda benar, saat menginstal cairo dock memerlukan koneksi internet tentunya... :)

    Untuk gnome global menu, ada dapat mengabaikan paket "xfce4-globalmenu-plugin_0.7.9-0ubuntu_i386.deb" karena itu hanya diperlukan jika Anda menggunkan xface sebagai linkungan desktop. Jika kesulitan menggunakan software center untuk menginstal itu semua, Anda dapat menggunakan terminal untuk melakukan instalasi, sebagai contoh letakkan semua paket gnome global menu pada sebuah folder (contoh buat folder bernama ggm) di desktop. Jalankan terminal lalu ketik perintah berikut "cd Desktop/ggm" tanpa kutip lalu tekan enter untuk menuju ke folder ggm yag berada didesktop, setelah berada di folder ggm, ketik perintah berikut "sudo dpkg -i *.deb" tanpa kutip lalu tekan enter, ketik password jika diminta, maka semua paket gnome global menu akan diinstal pada sistem.. :)

    ReplyDelete
  29. Terima kasih banyak gan..... saya sudah praktekkan di Ubuntu 11.04

    ReplyDelete
  30. terima gan untuk infonya,kbtlan saya newbie pengguna ubuntu

    ReplyDelete
  31. waahhh bang kok Appearance Preferences ndak bisa di jalankan..? kalo di jalankan mucul pemberitahuan berikut "Could not open location 'file:///home/indhar/Appearance%20Preferences'" mohon petunjuk nya.. maklum masih newbie

    ReplyDelete
  32. @Anonim: apakah Anda menghapus Appearance yang berada di /usr/share/applications/ ?

    ReplyDelete
  33. mau nanya nih maksud dari /usr/share/icons/" itu .. masuk di File system dulu kan ? kalo iya knapa gk bisa ganti

    ReplyDelete
  34. @Wira: untuk menambahkan folder2 ikon ke dalam /usr/share/icons jalankan nautilus sebagai root, jika Anda menjalankan nautilus sebagai user biasa tentu tidak dapat menambah atau mengganti isi folder /usr/share/icons itu.. :) Silahkan cermati dan baca kembali tutorial di atas.. :)

    ReplyDelete
  35. Trouble nih,? semuanya sudah di copy paste yang pake nautilus tapi masalahnya themanya gk ada logo Macnya/applenya ?
    gimna tuh ...?

    ReplyDelete
  36. @Wira: bagai mana dengan icon yang lainnya? seperti ikon folder, driive, aplikasi dan lainnya? apakah dapat menggunakan icon macbuntux itu?. Sebagai informasi tambahan, theme dan icon macbuntux ini hanya akan berjalan baik pada ubuntu versi 11.04 dan atau versi lebih lama. :)

    ReplyDelete
  37. kok di ubuntu ane nggak bisa munculin control center gan???

    yang ada malah system setting....

    mohon pencerahan ny...

    ReplyDelete
  38. Anonim: system setting adalah pengganti control center untuk ubuntu masa kini, jadi fungsinya sama-saja.. ^_^

    ReplyDelete
  39. bagaimana caranya menjalankan nautilus sebagai root ...please help me..baru migrasi ke ubuntu nih

    ReplyDelete
  40. @Anonim Dalam artikel di atas kami telah menunjukkan caranya "Jalankan nautilus sebagai root dengan cara menekan kombinasi tombol Alt+F2, pada dashboard "Run" silahkan ketik "gksu nautilus" tanpa tanda kutip lalu tekan enter, masukkan password Anda jika diminta..."

    Lihat gambar jika perlu.. :)

    ReplyDelete
  41. mau nanya nih, bagaimana cara cari folder /usr/share/icons??

    ReplyDelete
  42. @Anonim Cari dalam root direktori sistem yang Anda gunakan.. :)

    ReplyDelete
  43. Keren banget, terimakasih atas informasinya gan :)

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...