Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

04 May 2011

Menginstal Unity 2D Pada Ubuntu 11.04 Untuk Perangkat Tak Mendukung OpenGL

Sitem operasi Ubuntu 11.04 yang baru saja dirilis, datang dengan penampilan baru dan segar. Canonical telah menerapkan Unity sebagai default sesi desktop pada Ubuntu 11.04 tersebut.

Unity 2dBerjalan diatas Gnome 2.32.1, shell Unity telah menggantikan shell Gnome dengan menawarkan penampilan yang lebih indah dan elegan bahkan Unity telah memiliki menu global. Namun demikian, untuk dapat dijalankan, Unity mensyaratkan dukungan perangkat grafis yang telah mendukung openGL. Tanpa dukungan openGL mustahil Unity dapat dijalankan.

Hal tersebut tentu menjadi masalah tersendiri bagi pengguna Ubuntu 11.04 dengan perangkat keras berdaya dukung terbatas. Kekecewaan sangat bisa dipahami, karena hanya dengan desktop Gnome 2.32.1 lantas apa bedanya Ubuntu 11.04 ini dengan versi sebelumnya?.

Menghadapi hal demikian tentu Canonical selaku pengembang Ubuntu telah menyiapkan solusinya. Bagi Anda pengguna Ubuntu 11.04 dengan perangkat keras terbatas, tidak memiliki dukungan openGL atau yang telah memiliki namun belum dapat dikenali dengan baik oleh Ubuntu, boleh jadi dengan menginstal dan menggunakan UNITY 2D akan mengobati atau sekurangnya mengurangi kekecewaan Anda.

Dengan menggunakan Unity 2D Anda akan mendapatkan semua keistimewaan Unity minus efek 3D. Itu tentu bukan masalah yang cukup berarti dan bahkan dengan Unity 2D, Ubuntu 11.04 akan berjalan lebih ringan. Dalam kerangka ini, meski tak harus dilakukan, tentu akan menjadi pilihan dan solusi terbaik bagi pengguna laptop/netbook untuk menjalankan desktop Ubuntu 11.04 dengan Unity tanpa mendapati masalah beban kinerja yang berat pada perangkat yang digunakannya.

Tanpa berpanjang lebar, untuk menginstal Unity 2D pada Ubuntu 11.04, silahkan ikuti panduan singkat dan mudah berikut ini...

Pastikan komputer telah terhubung ke internet, jalankan Synaptic Package Manager lalu cari dan tandai paket "unity-2d" beserta paket-paket pendukung untuk segera menginstalnya...

Unity 2d

Selesai proses instalasi, logout dari sesi saat ini (baik sesi Ubuntu Classic ataupun Ubuntu desktop) untuk memilih login menggunakan sesi Unity 2D. Pilih atau ketik username dan password yang Anda gunakan lalu pada menu dropdown "session" silahkan pilih "Unity 2D"...

Unity 2d

Tekan enter atau klik tombol "Login" untuk memulai sesi Unity 2D. Kini desktop Ubuntu 11.04 dengan Unity telah siap Anda gunakan tanpa harus memiliki dukungan grafis 3D / openGL.

Dengan gambar di bawah ini Anda akan melihat perbedaan yang tidak terasa pada desktop Unity 2D dengan Unity 3D...

Unity 2d
Desktop Unity 2D

Unity 3d
Desktop Unity 3D (standar)



Selamat mencoba...

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

1 comment :

  1. bro, bisa tukar link gak? Link blog ini sudah saya pasang di blog saya. Saya tunggu balesannya ya

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...