Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

28 April 2011

Download Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) Final Release

Hari ini, 28 April 2011, Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) resmi diluncurkan dan telah tersedia untuk download bagi siapapun yang menghendakinya.

Sesuai dengan jadwal, Canonical dengan bangga mengumumkan rilis final sistem operasi Ubuntu yang paling dinantikan, Ubuntu 11.04 beberapa saat lalu. Datang dengan banyak perubahan, peningkatan dan tentu saja fitur-fitur baru menjadikan rilis ke empatbelas sistem operasi yang dikembangkan Canonical ini layak untuk Anda nantikan. Perubahan besar seperti digantikannya Shell Gnome 3 oleh Shell Unity sebagai default sesi desktop, digantikannya ofiice suite OpenOffice.org dengan LibreOffice, merupakan sebagian kecil perubahan dan fitur baru yang dibawa Natty Narwhal.

Datang dengan fitur utama seperti kernel Linux 2.6.38.3, antar muka Unity, X.Org 7.6, Xorg Server 1.10.1 dan Compiz Fusion 0.9.4. Hal yang paling mengejutkan adalah tidak disertakannya lingkungan desktop Gnome terbaru "GNOME 3" yang baru saja dirilis namun hanya membawa Gnome 2.32.1




Fitur baru pada Ubuntu 11.04:
  • Tampilan desktop yang diubah total - Lebih mudah digunakan, menggunakan dock yang didukung oleh Unity;
  • 17 wallpaper baru - Dari berbagai fotografer di seluruh dunia;
  • Peningkatan default theme - Theme dfault Ambiance kini telah semakin baik;
  • Office suite baru - LibreOffice menggantikan office suite lama OpenOffice.org sebagai aplikasi perkantoran;
  • Pemutar audio baru - Banshee Media Player menggantikan Rhythmbox yang sekarang menjadi aplikasi standar untuk pemutaran audio;
  • Peningkatan pada Ubuntu Software Center - menawarkan review bagi pengguna, dukungan yang lebih baik untuk pembelian aplikasi, dan perangkat tambahan lainnya;
  • Perubahan pada Indicator Applet - Volume control Applet sekarang mendukung Banshee, applet pemantauan cuaca kini telah terintegrasi;
  • Generasi terbaru web browser Mozilla - Mozilla Firefox 4.0 adalah browser web standar;
  • Panel kontrol Ubuntu One - Diintegrasikan ke dalam Unity, Panel kontrol Ubuntu One yang baru menawarkan pada pengguna untuk kontrol yang besar atas akun cloud mereka;
  • Installer yang telah diperbarui - Memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade instalasi Ubuntu yang telah ada;
  • Dukungan yang lebih baik untuk iPhone - Pengguna sekarang dapat me-mount direktori dokumen iPhone;
  • Dan banyak lagi lainnya.



Berbagai aplikasi lainnya:
  • Calculator 6.0.1;
  • Character Map 2.32.1;
  • Baobab 2.32.0;
  • Gnome Screenshot 2.32.1;
  • Tomboy 1.6.0;
  • Shotwell 0.9.2;
  • LibreOffice Drawing 3.3.2;
  • Simple Scan 2.32.0.1.
  • Empathy 2.34.0;
  • Evolution Mail 2.32.2;
  • Firefox 4.0;
  • Gwibber 3.0.0.1;
  • Vinagre 2.30.3;
  • Brasero 2.32.1;
  • Totem 2.32.0;
  • PiTiVi 0.13.5;
  • Banshee 2.0.0;
  • Sound Recorder 2.32.0.
  • Computer Janitor 2.1.0;
  • Palimpsest Disk Utility 2.32.1;
  • Synaptic Package Manager 0.75.1;
  • Ubuntu Software Center 4.0.

Seperti telah kami sampikan beberapa waktu lalu, tak ada jalan lain bagi Anda untuk menggunakan Ubuntu 11.04 selain mendownloadnya secara langsung, karena program pengiriman CD Ubuntu secara cuma-cuma (ShipIt) telah resmi dihentikan Canonical mulai rilis ini.


Download Ubuntu 11.04 Natty Narwhal:

Catatan: Jika saat Anda mengunjungi halaman ini link download untuk file yang diinginkan sudah tidak aktif, itu berarti update atau versi baru telah tersedia. Silahkan kunjungi halaman lain di blog ini untuk mendapatkan update atau versi terbaru dari OS/software ini.





Disarikan dari softpedia.com

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

26 comments :

  1. keren sekali nih informasinya ,makasih banyak buat infonya

    ReplyDelete
  2. wah ini memeang keren, terima kasih infonya ya teman

    ReplyDelete
  3. Makasi sob infox, btw diantara distro2 linux yg ada distro terbaik menurut kamu apa sob?mohon dgn alasan nya..

    ReplyDelete
  4. Keburu mau donload,, jadi gak nunggu torrent, langsung pake idm hahahahaha

    ReplyDelete
  5. @Herisa: bikin ngiri.. :) mentang-mentang pake internet cepat hehehe.. :D

    @Run-D: Menurut saya? :) semua distro LINUX adalah terbaik... namun jika harus memilih salah satu maka Ubuntu akan menjadi pilihan utama dengan alasan; besarnya komunitas, forum-forum Ubuntu juga tersebar diseluruh dunia yang akan menjamin kemudahan kita dalam menyelesaikan masalah saat kita mengalaminya. Perkembangan yang cepat menjadi jaminan bahwa Ubuntu selalu memberikan yang terbaru dan terupdate bagi penggunanya. Namun demikian Ubuntu tentu bukan sesuatu yang sempurna, cepatnya satu rilis kerilis berikutnya adalah sebuah kelebihan namun itu juga menjadi kekurangan baginya.. :)

    ReplyDelete
  6. terimaksih banyak gan buat infonya , semoga bermanfaat gan , salam kenal aja gan

    ReplyDelete
  7. Sbg salah satu anggota komunitas Linux,sya merasa sgt terbantu dgn info Anda sekaligus juga link download torrent yg Anda berikan di sini...Saya harap Anda dapat memberikan link2 download distro Linux yg lain selain distro2 besar.Klo bisa semua distro Linux,tdk peduli itu distro besar atau distro kecil sekalipun...Terima kasih... (^_^)

    ReplyDelete
  8. @I Gede: selamat datang... kami sangat berterima kasih atas masukan yg Anda berikan dan setiap masukan yang diberikan dari pembaca adalah sangat berarti bagi kami.

    Saat ini kami berusaha sedapat mungkin memenuhi setiap harapan, namun demikian kami tentu memiliki kekurangan dan keterbatasan dan kami harap Anda semua dapat memakluminya.. :)

    ReplyDelete
  9. dari pilihan download di atas yang mana yg bisa langsung d'booting dari kaset???

    maksud ku yang bisa menggunakan Sitem Operasi dua, tinggal kita pilih pada saat booting windows xp ataw linux, bisa kan begitu...?

    ReplyDelete
  10. @Bara: Anda dapat menggunakan Ubuntu versi Desktop untuk installasi dual boot bersama windows dalam satu komputer.. :) Tutorial cara menginstal Ubuntu bersama windows sudah banyak kami sampaikan dalam blog ini.. :)

    ReplyDelete
  11. saya berhasil bung install ubuntu 11.04 di vmware saya. Trims bojalinuxer!

    ReplyDelete
  12. @Ridha: selamat datang.. :) sukses buat Anda.. :)

    ReplyDelete
  13. coba ubuntu ach... ijin sedot OS nya gan

    ReplyDelete
  14. Gan Mau Tanya Saya Untuk Linux Nya Yang Live Desktop itu Yang Dual Boot

    ReplyDelete
  15. @Vinz: maaf, kami kurang paham dengan apa yang Anda inginkan, apakah yang dimaksud adalah cara instalasi secara dualboot?.. :)

    ReplyDelete
  16. thank for infonya mas...
    saya berniat untuk mengganti OS ke linux yang legal dan tertarik dengan ubuntu versi 11.04 ini. sebagai pemula yang benar-benar awam dengan linux infonya sangat membantu. hanya saja saat ini saya kesulitan unt dapat cd instalasinya, karena koneksinya lemot untuk download file yang 600an mb itu, mungkin masnya bisa membantu untuk share cd instalasinya hehe, biar ongkir dan biaya burningnya saya cover... gimana mas??? hehe, makasih ....

    ReplyDelete
  17. @Achmad: cara termudah mendapatkan DVD installer Linux distro apapun tanpa mendownload adalah dengan membeli majalah Info Linux yang dengan mudah dapat Anda temukan di supermarket, toko2 buku, kios koran terdekat di kota Anda.. :)

    ReplyDelete
  18. ohh... ada majalahnya toh.. ok..ok.. ntar sy obrak-obrik books store dekat kosan hehehe thanks... satu pertanyaan lage neh mas,. file repository itu apa sih?? di pakenya kapan?? trus kalo misalnya pindah ke linux,.. apa cara install program2nya akan semudah install program di windows? dan satu lagi, kalo install os baru harus install ulang driver pc kan ya?? apa driver pc/laptop itu bisa jalan di linux (saya pake laptop axioo versi jadul)? thanks lagi neh.. hehehe sori banyak nanya..

    ReplyDelete
  19. @Achmad: repositori adalah tempat/server penyimpanan paket2 serta update software maupun sistem yang dapat kita gunakan saat ingin menambah instalasi software atau sistem yang kita butuhkan.. :)

    Secara umum Linux tidak memerlukan instalasi driver karena secara otomatis pengenalan sebagian besar hardware sudah dapat ditangani oleh kernel dengan baik.. :)

    ReplyDelete
  20. truzz caari up date terebaru yach min..
    mksih yach..

    ReplyDelete
  21. waaahhh.. keren banget nih.. saya yang msh pemula udh sdikit sikit ngerti nih tentang linux.. makasi banyak ya kak.. :D
    aku mau tanya.. kenapa kalo pas nginstal ubuntu itu yg pertama kali keluar adalah tamplan dekstop ubuntu? ngaak kayak di windows xp. keluarnya tulisan tulisan gt? :)

    ReplyDelete
  22. kakak.. apa sih perbedaan antara partisi "/" dengan "/home" ? bisa dijelaskan ndak?
    dan apa itu area swap?
    katanya kalo patisi "/" itu seperti hardisk yg diberikan untuk system ya kak?

    saya kurang mengerti dgn istilah istilah tersebut..

    ReplyDelete
  23. Wikaryana: Ubuntu (Linux) memberi kemudahan pada kita untuk merasakan (mencoba) sistem tanpa harus menginstallnya kedalam HD terlebih dulu dengan menjalankannya sebagai live CD/DVD desktop, ini yang membedakan dengan installer Windows.. namun jikapun Anda ingin langsung meninstallnya tanpa menjalankan desktop terlebih dulupun bisa.. :)

    Benar, partisi "/" adalah lokasi tempat file2 sistem berada. Partisi /home adalah partisi tempat kita menyimpan file2 atau data2 milik kita dan juga tempat penyimpanan pengaturan (setting) user, ini akan sama seperti folder "Documents and Settings" pada sistem windows xp. Partisi swap adalah tempat yang khusus dialokasikan sebagai virtual memori, pada windows dikenal sebagai paging file (pagefile.sys) :)

    ReplyDelete
  24. Salam kenal semuanya, q mau gabung nich, . .
    Juga mau tanya, file hasil download linux tadi dalam bentuk apa ya, apa dalam bentuk ISO?
    Terus kalau misalkan mau boot linux tadi lewat UFD, seperti pakai multi boot ISO gitu, bisa nggak yaw, mksd q juga bisa atau nggak menggunakan menu try ubuntu?
    Terima kasih . . .

    ReplyDelete
  25. Isnain: Anda benar, file yang didownload seharusnya dalam betuk file ISO.

    Untuk mejalankan Ubuntu dari falash disk, anda dapat membuatnya dengan batuan aplikasi Startup disk Creator, cara membuatnya dapat ANda baca disini..

    http://bojalinuxer.blogspot.com/2010/12/cara-menginstal-ubuntu-pada-flashdisk.html

    atau menggunakan unetbootin, caranya disini..

    http://bojalinuxer.blogspot.com/2010/11/membuat-live-usb-ubuntu-1010-dengan.html. :)

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...