Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

14 September 2012

Setting Network Di VirtualBox

VirtualBox menjadi salah satu aplikasi virtualisasi populer saat ini. Karena fungsinya yang memungkinkan untuk menjalakan lebih dari satu sitem operasi pada sebuah komputer dalam satu waktu, menjadikan VirtualBox juga sering digunakan sebgai perangkat untuk membuat simulasi jaringan.

VirtualBox Network
Pada sebuah mesin virtual dalam VirtualBox dimungkinkan memiliki lebih dari satu kartu jaringan virtual. Hanya saja, kadang pengguna kebingungan harus memilih setting yang bagaimana untuk menghubungkan OS guest dengan OS host. Begitupun ketika menginginkan koneksi internet pada host juga dapat digunakan oleh OS guestnya.

Tutorial berikut tidak akan mengulas semua fungsi setting jaringan yang dimiliki VirtualBox, namun hanya akan mengulas sedikit fungsi yang paling sering digunakan dan dibutuhkan pengguna kebanyakan. Sedangkan fungsi-fungsi yang lain dengan mudah dapat dipelajari melalui berkas bantuan yang disertakan VirtualBox maupun dari halaman bantuan dari situs resminya.

Jaringan NAT. Saat sebuah mesin virtual kita buat maka otomatis akan dibuat sebuah jaringan virtual menggunakan setting NAT pada Adapter 1. Setting jaringan NAT ini memungkinkan OS host yang memiliki koneksi internet untuk berbagi pakai dengan OS guest, artinya sistem guest juga dapat menggunakan koneksi internet yang dimiliki host tanpa memerlukan pengaturan lebih lanjut.

VirtualBox Network


Jaringan Bridged Adapter. Jaringan ini memungkinkan OS guest dalam mesin virtual terhubung dengan host dan ke jaringan yang dimiliki OS host yang menjalankannya. Sebagai contoh, jika komputer terhubung dengan dua komputer lain melalui jaringan dengan IP komputer pertama adalah 192.168.20.1, komputer kedua 192.168.20.2 dan komputer ketiga 192.168.20.3, maka OS pada mesin virtual dapat terhubung dengan ketiga komputer yang ada dengan mengatur jaringan yang dimiliki ke mode bridge dengan kartu jaringan yang dimiliki hostnya. Misalnya komputer host terhubung ke jaringan menggunakan eth0 maka adapter jaringan mesin virtual dapat disetting bridge dengan eth0 lalu mengatur IP pada OS guest menjadi 192.168.20.4 atau yang lainnya sepanjang masih dalam satu struktur jaringan.

VirtualBox Network

Namun, untuk menggunakan jaringan dengan mode Bridge tersebut memiliki syarat yang harus terpenuhi, syaratnya adalah adapter host yang dijadikan bridge HARUS terhubung ke jaringan, jika tidak maka keinginan untuk menghubungkan host dengan guest melalui jaringan hanya akan menjadi mimpi belaka.


Jaringan Host-only Adapter. Jenis jaringan virtual ini memungkinkan untuk menghubungkan OS guest dengan OS host seakan terhubung melalui jaringan. Berbeda dengan mode Bridge, Host-only tidak mengharuskan host terhubung ke jaringan.

Pada host Linux, mode Host-only memerlukan adapter virtual vboxnet0, vboxnet1 dan seterusnya untuk menghubungkan guest dengan host. Bagai mana cara mengaktifkan adapter virtual supaya bisa menggunakan mode Host-only pada host Linux? ikutilah panduan berikut...

Jalankan VirtualBox lalu pilih menu Files --> Preferences... Pada jendela "VirtualBox Settings" yang ditampilkan pilih pada bagian "Network"...

VirtualBox Network

Pada bagian sebelah kanan, klik ikon "Add host-only network..." untuk menambahkan adapter virtual vboxnet0 dan seterusnya...

VirtualBox Network

Untuk menggunaan vboxnet0 pada sebuah mesin virtual, pilih mesin virtual yang akan dihubungkan dengan host menggunakan Host-only Adapter lalu pilih menu "Settings", pada jendela settings bagian "Network" pilih tab "Adapter 2" lalu aktifkan dengan mencentang "Enable Network Adapter". Pada bagian "Attached to:" pilih "Host-only Adapter"...

VirtualBox Network

Simpan setting lalu jalankan mesin virtual, kini Anda sudah dapat mulai mengatur koneksi jaringan antara host dengan guest menggunakan mode Host-only Adapter...


Selamat mencoba.





Dipublikasikan di:



VirtualBox, VirtualBox Network, Oracle, Tutorial VirtualBox, VirtualBox NAT, VirtualBox Host-only Adapter, VirtualBox Bridge


Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

18 comments :

  1. wah keren om,, nice share mw minta izin bolehkah saya share di blog saya??
    tnpa mnghilangkan sumbernya kog om :)

    ReplyDelete
  2. Saya belum terlalu paham soal VirtualBox,, tapi oklah mantap om,,, ilmunya bermanfaat,,, moga ajha dgn ilmu yg sedikit ini akn menjadi dasar,,, thank's before..

    ReplyDelete
  3. Virtualbox yangperxiterbaru persi brapa bang ?

    ReplyDelete
  4. Izin share artikelnya mas... tanpa menghilangkan credit link :)

    ReplyDelete
  5. @halim Versi terbaru saat ini adalah 4.2.6 :)

    ReplyDelete
  6. makasih sangat bang,
    Mungkin untuk ke depannya ilustrasi penjelasaanya di kasih ilustrasi gambarnya bang biar newbie kek ane lebih sangat pahamnya..

    #ane jadiin refrensi ya bang, untuk belajar virtualbox buat temen-temen ane..

    Thanks before

    ReplyDelete
  7. mas saya mau tanya
    saya mau belajar mikrotik dan server proxy

    saya sudah menginstal virtualboxnnya dan terdapat 4 network adapter
    yg saya mau tanya
    bagaimana settingan network adapter pada virtualboxnya?


    untuk membangun load balancing (2line koneksi) dan server proxy
    thz before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira Anda dapat mencoba membuat kombinasi koneksi jenis bridge di virtual network untuk mengambil dua line koneksi yang anda butuhkan langsung dari luar sepanjang pada komputer fisik yang anda gunakan juga memiliki dua ethernet/koneksi :)

      Delete
  8. Mas mungkin sedikit out of topik, mudah2an bisa membantu, saya install mikrotk virtualbox di windows server 2008, pertanyaannya bagaimana setting virtualbox agar saat windows start mikrotik divirtualbox juga start, begitujuga sebaliknya, saat windows off.
    terima kasih

    ReplyDelete
  9. Terima Kasih atas tutorialnya mas,sangat membantu sekali untuk saya yang mencoba membuat server menggunakan centos di virtualbox.
    Sekarang sudah bisa konek :D

    ReplyDelete
  10. mas mo tnya... Wnet 10client 1 billing.. virtualbox di biling dan d instal mikrotik mau d jdin router... nah gmn set network interface virtualboxnya,apakah kom biling harus 2 lan card krna mau d colokan k modem ber mode Bridge ?? tolong topologinya skalian... Trims

    ReplyDelete
  11. mas mau tanya ne...saya mau pake fern-wifi-cracker jadi waktu di jalanin "no wireles interface was found" saya pake backtrack 5r3 di virtual box... gimna ya cara nya agar wifinya bisa ke detect..mohon bantuannya mas.. semoga mas selalu berjaya.... thanks.. by resi

    ReplyDelete
  12. agar os debian yg saya pakai bisa konect internet lewat virtual box host only adapter caranya gimana?? kalau di windows kn tinggal setting ip address, gateway n dns di virtual box only pada network connection,, kalau di debian setting ip dan gatewaynya dimana??
    saya instal mikrotik di virtual boxnya, dg adapter 1 bridge, adapter 2 host only,,

    ReplyDelete
  13. cara untuk mengaktifkan enable network gmna di virtualbox ?

    ReplyDelete
  14. Kenapa susah banget cari tau caranya setting koneksi di backtrack 5 r3

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...