Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

08 February 2014

Modem Manager GUI - Fitur SMS, USSD, Info SIM Dan Modem, Scan Jaringan, Traffic Monitoring Di Linux

Modem Manager GUI merupakan salah satu aplikasi frontend modem manager yang merupakan paket service pengelola modem di Linux. Bukan hal baru ketika beberapa pengguna Linux mengeluh kesulitan menggunakan modem untuk menerima maupun mengirim SMS. Terbatasnya dukungan produsen modem hanya untuk sistem operasi tertentu dalam penyediaan MDMA (Mobile Data Monitoring Application) menjadi salah satu penyebab keluhan pengguna tersebut.

Modem Manager GUI
Modem Manager GUI dilengkapi fungsi dan fitur dasar untuk sebuah MDMA seperti menerima dan mengirim SMS, mengirim dan menerima pertanyaan dan jawaban melalui jalur USSD, menampilkan informasi modem dan SIM yang meliputi informasi perangkat, operator, Mode jaringan, IMEI, IMSI/ESN, dan juga kuat sinyal yang diterima. Disamping itu, Modem Manager GUI juga dilengkapi fitur untuk melakukan Scan Jaringan yang dapat diterima modem serta monitoring dan pengelolaan trafik jika modem digunakan untuk koneksi internet.

Perlu diketahui, Modem Manager GUI bukan aplikasi yang ditujukan untuk melakukan dialup guna menghubungkan komputer ke internet atau sekurangnya fitur tersebut belum tersedia pada rilis Modem Manager GUI saat ini. Sebagai solusi, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi wvdial, gnome-ppp atau menggunakan network manager untuk terhubung ke internet.

Bagai mana cara menginstal Modem Manager GUI?

Bagi pengguna Ubuntu 13.10 dapat menginstall secara langsung melalui repositori Universe dan bagi penguna Ubuntu 12.04 LTS melalui repositori Extras dengan perintah installasi pada terminal sebagai berikut:

sudo apt-get install modem-manager-gui

Atau dapat menginstall melalui repositori PPA dengan instruksi sebagai berikut:

sudo add-apt-repository ppa:linuxonly/modem+manager+gui
sudo apt-get update
sudo apt-get install modem-manager-gui

Bagi pengguna Debian 7 atau yang lebih baru, paket Modem Manager GUI telah tersedia pada repositori resmi Debian sehingga dapat langsung menginstalnya dengan perintah:

apt-get install modem-manager-gui
atau
sudo apt-get install modem-manager-gui

Bagi pengguna distribusi Linux lainnya, Arch Linux, Chakra Linux, Mageia Linux, OpenSUSE silahkan merujuk pada cara installasi masing-masing distro yang panduannya dapat ditemukan pada halaman resmi Modem Manager GUI.

Berikut adalah tangkapan layar Modem Manager GUI yang kami gunakan:

Modem Manager GUI



Modem Manager GUI



Modem Manager GUI



Modem Manager GUI



Modem Manager GUI



Modem Manager GUI



Sebagai informasi tambahan, untuk saat ini Modem Manager GUI dapat digunakan pada jaringan dan atau modem GSM, sedangkan pada modem CDMA Modem Manager GUI baru dapat mengenali modem namun tidak dapat digunakan sebagai mana mestinya.

Modem Manager GUI



Selamat mencoba...

Link informasi penting: Modem Manager Supported Devices WIKI.


Tag: Modem Manager GUI, MDMA, modem-manager-gui