Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

03 November 2010

Membuat Live USB Ubuntu 10.10 Dengan Unetbootin (Universal Netboot Installer)



Unetbootin - Sebel juga setelah mencoba beberapa kali tapi selalu gagal. Sebenarnya ini bukan sesuatu yang baru, sudah banyak situs yang mengulas cara menjalankan Ubuntu dari Flashdisk dengan bantuan aplikasi unetbootin.

Dari beberapa sumber yang saya baca, sepertinya merujuk dari situs pembuat unetbootin (Universal Netboot Installer) dan bukan dari hasil pengujian mereka. Sekarang kami akan menyajikan cara membuat dan menjalankan Live USB Ubuntu 10.10 yang merupakan hasil uji coba kami.

Seperti telah dikemukakan sebelumnya, kami telah mencoba beberapa kali untuk meng-USB-kan Ubuntu 10.10 namun selalu gagal. Usut punya usut ternyata untuk dapat menjalankan Ubuntu terbaru ini melalui USB adalah dengan menggunakan unetbootin terbaru. Akhirnya kami memutuskan untuk men-download versi terbaru dan mendapatkan unetbootin 494. Bagi Anda yang berminat, silahkan download unetbootin terbaru dari sini.

Ada dua pilihan untuk membuat Live USB dengan unetbootin, pertama menggunakan internet untuk men-download sumber/distro yang ingin kita USB-kan dan yang kedua adalah menggunakan file iso yang telah kita download sebelumnya.

Dalam contoh ini kami menggunakan iso Ubuntu 10.10 versi desktop. Berikut adalah cara membuat Live USB Ubuntu 10.10 menggunakan unetbootin.

Tancapkan flashdisk kosong yang ingin Anda gunakan lalu jalankan unetbootin, pada jendela unetbootin, pilih opsi kedua "Diskimage", pada menu dropdown disampingnya pilih "ISO (sistem ISO 9660 media CD-ROM)".


Pada kolom disebelahnya isi dengan lokasi tempat file iso Ubuntu 10.10 disimpan. Jika ada lebih dari satu flashdisk yang ditancapkan, Anda harus menentukan flashdisk mana yang akan digunakan, tentukan drive flashdisk yang Anda inginkan pada menu dropdown "Drive". Klik tombol "OK" untuk memulai proses pembuatan...

Proses pembuatan live USB Ubuntu 10.10 ini akan memerlukan waktu cukup lama, silahkan tunggu hingga semua proses selesai....


Setelah semua proses diselesaikan, klik tombol "Reboot Now" untuk merestart komputer. Pastikan Anda telah mengatur BIOS agar komputer booting pertama kali dengan perangkat USB...


Komputer akan dibooting menggunakan perangkat USB, menu unetbootin akan ditampilkan dan Anda dapat memilih untuk menjalankan Ubuntu 10.10 sebagai live USB atau menggunakannya sebagai media penginstalan. Secara default unetbootin akan menjalankan Ubuntu 10.10 versi desktop sebagai live USB...


Inilah desktop Ubuntu 10.10 yang kami jalankan melalui flashdisk...


Kami juga mencoba menginstal paket GnoMenu dan berhasil dijalankan dengan baik...


Kami juga mengaktifkan efek 3D dengan desktop Compiz....


Hmmm... cantik bukan?... selamat mencoba....

Catatan: Semua instalasi dan pengaturan yang dilakukan pada modus live USB tidak berlaku permanen, sehingga saat kita merestart komputer dan menjalankannya kembali semua akan kembali seperti semula.

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

9 comments :

  1. from hadi:
    unetbootin...
    apa ada spec khususnya versi port usb di pc kita (1.0, 1.1 atau 2.0) soalnya waktu aku coba unetbootin lama sekai tak ada reaksi dari pc. (Ubuntu 10.10, PC pentium 1,8Ghz, RAM 1Ghz, USB tipe 1.1, MB ECS)

    ReplyDelete
  2. @hadi: sepanjang pengetahuan saya, tak ada batasan USB 1 ataupun 2 semua bisa digunakan. Hanya saja, seperti kita ketahui USB versi 1 tak secepat versi 2.

    ReplyDelete
  3. mas, saya teuteup aja ga bisa nginstall ubuntu 10.10 dari flashdisk, no respon pas mo ngintalnya, kenapa lagi ya ? padahal saya sudah coba pake unetbootin yang ver 494 dan 502 juga, tapi tetep ga berhasil

    ReplyDelete
  4. @Imannudin: coba buat Ubuntu live usb nya pake startup disk creator. Cara membuatnya bisa Anda baca pada artikel kami ini.

    ReplyDelete
  5. saya coba dulu.trims artikelnya

    ReplyDelete
  6. @Ilham: selamat datang dan selamat mencoba.. :)

    ReplyDelete
  7. tolong Mas,saya sedang usaha instal ulang UNR 10.04 pake flashdisk, sewaktu masih windows pake unetbotin 490 berhasil, sekarang sudah UNR kemudian pake unetbotin494 versi linux malah sulit.saat memasukan di kolom disk image nggak bisa detek iso yang saya simpan, pada kolom distribusi saya coba masukan trus extrak cepet banget, tapi setelah reboot yang muncul cuma tulisan default tak ada tulisan try ubuntu.../ instal.... dll.suadah saya ulangi bbrp kali hasilnya sama, apa salah langkah saya mas?

    ReplyDelete
  8. @Wiznu: coba download dan gunakan unetbootin terbaru... boleh jadi itu adalah bug yang ditandai dengan gagalnya kolom disk image untuk mendetik iso yang Anda gunakan.. :)

    ReplyDelete
  9. kok tetep ga bisa ya gan? mohon bantuan nya?

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...