Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Download Ubuntu 13.10 Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

01 November 2010

Cara Menginstal Ubuntu 10.10 Dalam Windows 7 - Dengan Wubi

Boja Linuxer Blog

Ubuntu - Kembali datang dengan rangkaian cara menginstal Linux Ubuntu. Jika sebelumnya telah kami sampaikan tata cara menginstal Ubuntu 10.10, lalu cara menginstal Ubuntu 10.10 bersama Windows 7 dalam sebuah hardisk dan sebelumnya pernah kami beritahukan cara menginstal Ubuntu bersama Windows 7 dalam sebuah komputer pada hardisk yang berbeda.

Kami juga telah sampaikan cara menghias dan mempercantik desktop Ubuntu dengan AWN (Avant Windows Navigator), mempercantik dengan GnoMenu dan juga melengkapi kecantikan itu dengan Gnome theme Win7.

Lalu kami telah menunjukkan cara meng-upgrade Ubuntu 10.04 LTS menjadi Ubuntu 10.10. Kali ini masih dengan cara menginstal Ubuntu namun dengan cara menginstalnya didalam Windows 7 atau lebih tepatnya menginstal Ubuntu 10.10 bersama Windows 7 dalam satu partisi.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut kita membutuhkan sebuah software bernama WUBI. Wubi adalah tool instalasi Ubuntu dalam sistem Windows yang dibuat oleh Canonical.

Karena dengan wubi Ubuntu akan diinstal melalui Windows, maka dengan Windows pun Ubuntu yang telah kita instal dapat diuninstal.

Meski nampak begitu mudah dan menyenangkan, karena kita tidak perlu menyiapkan partisi khusus untuk menginstal Ubuntu, namun kenyataanya cara ini juga bukan tanpa risiko.

Karena sistem Ubuntu diinstal melalui Windows, jika suatu ketika karena suatu sebab dan hal tertentu Windows yang digunakan rusak, maka rusak pulalah sistem Ubuntu tersebut.

Pada Windows, Ubuntu yang kita instal akan ditempatkan dalam sebuah folder dan nampaknya wubi akan menciptakan sebuah virtual hardisk untuk menempatkan instalasi Ubuntu.

Perlu Anda ketahui, wubi juga akan menambahkan sebuah menu pada bootloader Windows yang digunakan untu jalan masuk ke sistem Ubuntu. Ini artinya, meskipun Ubuntu diinstal melalui Windows namun untuk dapat masuk kedalam sistem Ubuntu kita perlu merestart komputer terlebih dahulu (sama dengan dual boot mode). Jika Anda ingin menjalankan Ubuntu didalam Windows aktif maka yang Anda butuhkan adalah sebuah virtual mesin seperti Vmware ataupun Virtualbox.

Baiklah, tak perlu berpanjang lebar lagi, berikut adalah cara menginstal Ubuntu 10.10 didalam Windows 7 menggunakan Wubi.

Pada desktop Windows, masukkanlah CD/DVD installer Ubuntu 10.10 CD/DVD drive. Autorun Windows seharusnya akan menapilkan menu untuk menjalankan wubi...

Boja Linuxer Blog
Jika setelah CD/DVD Ubuntu 10.10 Anda masukkan namun autorun tidak dijalankan, Anda dapat menjalankan wubi dengan cara masuk ke installer Ubuntu melalui Windows explorer lalu menjalankan wubi.exe secara manual.

Setelah jendela "Menu Ubuntu" ditampilkan, pilih menu kedua "Instal di dalam Windows"...

Boja Linuxer Blog
Anda akan dibawa ke jendela "Penginstalan Ubuntu", disini yang perlu Anda lakukan adalah mengisi "Kata sandi". Anda juga dapat menyesuaikan opsi lain yang ada sesuai keinginan, namun dalam contoh ini kami membiarkan semuanya dalam kondisi default. Masukkan password yang ingin Anda gunakan dalam dua kolom yang ada lalu klik tombol "Pasang"...

Boja Linuxer Blog
Beberapa saat kemudian wubi akan mengextract semua file yang diperlukan...

Boja Linuxer Blog
Setelah proses instalasi awal diselesaikan Anda diminta untuk merestart komputer guna melanjutkan proses instalasi berikutnya. Pilih opsi "Reboot sekarang" lalu klik tombol "Selesai"...
Catatan: Jangan keluarkan CD/DVD installer Ubuntu 10.10 karena masih diperlukan untuk proses instalasi berikutnya.

Boja Linuxer Blog
Komputer akan direstart dan kini pada menu Windows bootloader terdapat dua pilihan "Windows 7" dan "Ubuntu". Pilih menu Ubuntu lalu tekan enter untuk melanjutkan proses instalasi Ubuntu...

Boja Linuxer Blog
Sistem Ubuntu Akan dijalankan....

Boja Linuxer Blog
Konfigurasi intsalasi akan diperiksa...

Boja Linuxer Blog
...dan proses instalasi akan segera dilanjutkan...

Boja Linuxer Blog
Tunggulah hingga proses instalasi Ubuntu 10.10 diselesaikan, ini akan memerlukan beberapa waktu dan komputer secara otomatis direstart.

Setelah instalasi selesai dan komputer direstart, Anda akan dibawa kembali ke menu Windows bootloader. Pilih kembali Ubuntu lalu tekan enter dan Anda akan mendapatkan menu Grub yang merupakan bootloader Ubuntu. Pilih opsi pertama lalu tekan enter....

Boja Linuxer Blog
Pada layar GDM, silahkan masukkan password Anda lalu tekan enter atau klik tombol "Log Masuk"...

Boja Linuxer Blog
Kini sistem Ubuntu 10.10 sudah terinstal bersama Windows 7 dalam sebuah partisi...

Boja Linuxer Blog
Jika Anda masuk ke dalam sistem Windows 7 lagi, maka akan mendapati sebuah folder ubuntu di direktori C pada sistem Windows, disanalah semua file instalasi Ubuntu 10.10 ditempatkan. Pada Program and Features dalam Control Panel Windows juga terdapat shortcut untuk menganinstal Ubuntu...

Boja Linuxer Blog
Selamat mencoba...

Your comments:

Gunakan kode di atas untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

38 comments :

  1. salam

    saya pernah upgrade ubuntu 10.4 ke 10.10, caranya saya upgrade lewat cd. tapi gagal karena pada saat boot muncul "grub>". awalnya ubuntu 10.4 sy install dgn option install inside windows 7. mohon bantuannya, ini email sy loesth@gmail.com

    thks
    pedi

    ReplyDelete
  2. c:\user\acer\appdata\local\temp\wubi-10.10-rev197.log error...
    gimana caranya tuk perbaiki.x?????

    ReplyDelete
  3. @RipFly: belum akan ada jawaban yang memuaskan atas masalah Anda. sepertinya itu adalah bug pada wubi. dari berbagi forum yang saya kunjungi, ada yang menyarankan untuk menggunakan ubuntu versi 64bit untuk mengatasi masalah error tersebut (apapu versi windows yang digunakan), namun tak ada jaminan bahwa itu akan membawa keberhasilan.

    ReplyDelete
  4. @pedi: jawaban telah dikirim melalui email.. :)

    ReplyDelete
  5. yang mau saya tanyakan :

    1. Bagaimana cara menguninstallnya?
    2. Apakah risiko berdampak pada file" pd win7?kalo iya apa dampaknya?

    sekian pertanyaan dr saya, Reza.
    thx atas infonya..

    ReplyDelete
  6. o iya bagaimana solusi untuk mengatasi dan mencegah risiko tersebut?

    thx

    ReplyDelete
  7. @Reza: seperti aplikasi windows yang lain, anda dapat menguninstall nya dari control panel. Kami rasa tak ada dampaknya dengan file2 windows.. :)

    ReplyDelete
  8. thanks ya.. :)
    btw, wktu uninstal dr control panel,nmany linux jg kah?

    ReplyDelete
  9. @rhiemo: seperti tertera pada bagian akhir artikel ini, di control panel windows akan ada shortcut untuk menguninstall Ubuntu.. :)

    ReplyDelete
  10. mas mau nanya saya download ubuntu di website ubuntu-nya trs gmn cara ada wubi nya?

    ReplyDelete
  11. @anonim: pastikan anda mendownload Ubuntu versi desktop lalu burning file iso tersebut kedalam CD. Wubi telah disertakan dalam file iso yang anda download sehingga anda dapat menemukannya dalam CD hasil burning, silahkan periksa drive CD/DVD dengan windows explorer, anda akan mendapatkan wubi.exe di dalamnya.. :)

    ReplyDelete
  12. penggila windows 7 hadir :D
    nice info bos :)

    ReplyDelete
  13. @HSG: selamat datang dan terimakasih.. ^_^

    ReplyDelete
  14. blognya keren eung,,,
    bagus,,,
    infonya bermanfaat banget,,,
    nambah pengetahuan banget,,,

    ReplyDelete
  15. mas .. tolong dong pencerahan nya... setelah reboot kok layar ubuntu nya ngga sempurna .. kayak tv jaman yng banyak semut nya mas..... heheheheheheheheh saya mohon pecerahan nya mas..saya memakai laptop asus k40ae....

    ReplyDelete
  16. @harry: kurang jelas dengan maksud anda.. tapi itu mungkin disebabkan karena driver vga yang tidak dikenali...

    ReplyDelete
  17. saya sudah pernah mencobanya dengan menggunakan virtualbox tetepi hasilnya gagal

    ReplyDelete
  18. mas kalo kejadian na.. setelah gambar ke 7 (pilih OS) proses na nggak jalan lagi , tu penyebabnya apa ya mas.. dah di tungguin selama 1 jam ttp di situ aja....

    m.mursalin90@gmail.com

    ReplyDelete
  19. @m mursalin: apakah setelah anda memilih menu "ubuntu" lalu menekan enter boot splash Ubuntu tidak jalan? (layar blank?, ada atau tidak ada pesan kesalahan yg ditampilkan?), atau boot splash ubuntu itu yang jalan terus menerus dan tidak melanjutkan proses berikutnya?

    ReplyDelete
  20. masalahnya sama kaya mas mursalin....,
    kenapa yah...
    baktiindonesia@gmail.com ... pless

    ReplyDelete
  21. @riereonline: seperti jawaban kami pada penanya sebelumnya, kami memerlukan informasi lebih lanjut untuk dapat mencoba membantu menganalisa permasalahan yang Anda alami.. :)

    ReplyDelete
  22. Artikelnya bermanfaat sekali Gan...Makasih

    ReplyDelete
  23. maaf mas mau nanya klo udah dualboot, trus kita install ulang windows kita apa itu juga akan menghapus ubuntu kita.?? atau ada pengaruh lain kah.?
    terimakasih

    ReplyDelete
  24. @Anonim: jika dual boot tersebut menggunakan wubi untuk menginstal ubuntu, kemungkinan kita juga perlu menginstal ulang ubuntu yg diinstal pakai wubi itu. Kalau dual boot nya secara terpisah, yang artinya ubuntu diinstal dalam partisi tersendiri maka yang perlu dilakukan hanyalah memperbaiki (menginstal) grub ubuntu setelah menginstal ulang windowsnya.. :)

    ReplyDelete
  25. kalo disknya di pisah bisa ga gan,,misalnya di E..

    ReplyDelete
  26. @Reza: Mungkin bisa, silahkan dicoba.. :)

    ReplyDelete
  27. Saya sudah intal lewat wuby di windows, tapi saat restrar tidak muncul lagi dan layar hitam aja... itu masalahnya di mn???? laptop saya acer aspira 4736z tidak kompatible yah??? tolong dibalas lewat email aja di wandy_y1@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  28. Anonim: Memang ada banyak keluhan dengan installasi ubuntu via wubi, untuk memastikan apakah ubuntu dapat dijalankan dengan baik pada laptop Anda, sebaiknya anda coba dulu dengan cara mejalankannya sebagai Live CD. :)

    ReplyDelete
  29. Apakah Netbook saya ASUS EeePC 1015PX bisa instal ubuntu via wubi ? dan jika saya menginstal ubuntu via wubi di Partisi D: apakah data data yang berada dalam partisi D: akan terganggu ? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  30. @Anonim Menginstall Ubuntu dengan wubi tidak akan mengganggu data/file yang telah ada, namun kami tak yakin apakah itu bisa diinstall pada EEPC yang Anda gunakan.. :)

    ReplyDelete
  31. Waktu masuk ubuntu untuk melanjtkan menginstal. Mengapa kok ada tulisan no wubildr ? Dan juga apa cara ini bisa digunakan untuk ubuntu versi lain ? Misal 9.04

    ReplyDelete
  32. @Anonim Sepanjang dalam distribusi Ubuntu yg dimaksud disertakan wubi.exe, maka versi tersebut dapat diinstal menggunakan wubi.. :)

    ReplyDelete
  33. Info yg sangat bermanfaat sekali mas.
    Saya sdh coba instal ubuntu 11.10 pake wubi. proses instalasinya berhasil. tetapi setelah restart, kok ga bisa masuk ubuntu? muncul pesan: try (hdd0,0): error "prefix" is not set.
    maksudnya apa mas? tolong diberi pencerahan dan solusinya. maturnuwn.
    atau bisa dikrim via imel ke : MufassirSocheh@yahoo.com

    ReplyDelete
  34. hai Boss !!
    Gua coba Instal Ubuntu lewat wubi !
    Nah saat proses instalasi byk yang gua Skip !!
    Setelah selesai masuk dualboot pilih ubuntu malah gak jalan !!
    pada menu grub nya gak ada ubuntu yang ada hanya Windows gua !!

    sarannya gimana gan !!
    mengenai masalah gua nih !!

    ReplyDelete
  35. @Binary Blog Unistall wubi dari windows, dan jika berminat menggunakan wubi jangan pernah men skip proses apapun ketika proses installasi berjalan... :D

    ReplyDelete
  36. mas laptop saya acer aspire 4739, OS windows7 32bit
    pengen instal zorin 5 pake wubi juga bisa ya
    tutorialnya sama kaya ini gak mas
    trims

    ReplyDelete
  37. @itsainsjogja Jika didalam paket distribusi zorin juga menyertakan wubi maka Anda dapat mencobanya... :)

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...