Lebih dekat lebih cepat - Mudah dan menyenangkan
Selamat Datang Di BojaLinuxer Blog

External links - Jquery Terima kasih berkenan mengunjungi blog ini.

Kami berharap dapat melayani dan memberikan apa yang Anda butuhkan, menjadi sahabat terbaik disetiap waktu sepanjang jaman.

Gunakanlah kotak pencarian untuk kemudahan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kategori Linux

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel Linux utama yang Anda butuhkan:

Kategori Software

External links - Jquery Manfaatkan Navigasi berikut untuk kemudahan menemukan artikel perkembangan dan update software yang Anda butuhkan:

Informasi Update

  • Jadwal Sholat
  • Download Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr) Final .
  • Download Ubuntu 12.04.2 LTS Final .
  • Informasi cara membersihkan virus dan dengan MSE.
  • Download Final - RamnitKiller.
  • Download Final - NgrBot Killer.

29 August 2011

Download Mandriva 2011 Final Release

Mandriva dengan bangga mengumumkan pada tanggal 28 Agustus, ketersediaan untuk download rilis final dan stabil dari sistem operasi Linux yang sangat dinantikan Mandriva Linux 2011.

Satu hari lebih cepat dari yang dijadwalkan, kini Mandriva Linux 2011 final telah dirilis dan tersedia untuk di-download dari mirror di seluruh dunia (lihat link download pada akhir artikel).

Dijuluki Hidrogen, Mandriva Linux 2011 membawa desain yang sama sekali baru (ikon baru, peluncur baru, wallpaper baru, dll). Didukung oleh kernel Linux 2.6.38 dan dibangun di atas KDE SC 4.6.5.

Mandriva Linux 2011 juga memuat banyak teknologi luar biasa, seperti SimpleWelcome, TimeFrame, StackFolder, RocketBar, MandrivaSync, Mandriva Sphere dan Mandriva Package Manager yang baru.

"Mandriva Desktop 2011 has prepared by the new politic of creation and will use the new release cycle: 1 new distro in year, 1.5 years of support. Based on this platform Mandriva Desktop 2011 LTS* will be prepared by the end of the 2011 year with the 3 years of support." - Dikatakan pengembang Mandriva dalam pengumuman rilis.

Ikhtisar Mandriva Linux 2011:
  • Linux kernel 2.6.38.7;
  • X.Org Server 1.10.3;
  • Hybrid ISO image;
  • RPM 5;
  • KDE SC 4.6.5;
  • Artwork baru;
  • Kickoff menu baru;
  • Peningkatan pada Mandriva installer;
  • TimeFrame add-on untuk Nepomuk;
  • Ditambahkan RocketBar;
  • Ditambahkan StackFolder;
  • Ditambahkan Mandriva Sphere;
  • Ditambahkan MandrivaSync;
  • Mandriva Package Manager baru;
  • LibreOffice 3.4.2;
  • Mozilla Firefox 5.0.1;
  • Mozilla Thunderbird 5.0;
  • Pemutar audio Clementine;
  • Video editor PiTiVi;
  • Pengelola foto Shotwell;
  • NetworkManager dan Knetworkmanager applets;
  • Ditambahkan VirtualBox guest additions;
  • Dukungan untuk kartu jaringan Intel dan Atheros;
  • Dukungan yang lebih baik untuk printer Epson, HP dan Lexmark;
  • Dukungan yang lebih baik untuk driver modem USB 3G.









Informasi lebih lanjut tentang rilis Mandriva Linux 2011, dapat Anda temukan dalam catatan rilis. Instruksi resmi untuk meng-upgrade bagi pengguna Mandriva Linux 2010.2 tersedia di sini. Mandriva Linux 2011 LTS (Long Term Support) akan tersedia pada akhir 2011.

Download Mandriva Linux 2011.




Disarikan dari: news.softpedia.com

28 August 2011

Fitur-Fitur Unggulan Ubuntu 11.10

Beberapa hari lagi (1 September), Ubuntu 11.10 beta akan diluncurkan. Harapan besar di tumpukan pada rilis Ubuntu masa depan ini. Ubuntu 11.10 diharapkan akan membawa banyak perbaikan dan fitur-fitur baru yang menarik.

Ubuntu 11.10Dijuluki Oneiric Ocelot, Ubuntu 11.10 akan membawa dukungan teknologi baru, penampilan dan fitur baru. Ditenagai kernel Linux 3.0, dukungan untuk multi-arch, lingkungan desktop GNOME 3.2, GTK3, Python 3.2, GCC 4.6.1, Common UNIX Printing System (CUPS) 1.5.0 dan masih banyak lagi.

Dengan artikel ini kami akan menyajikan beberapa fitur unggulan yang akan dibawa Ubuntu 11.10.

  • Display manager baru.
Ubuntu 11.10 tidak akan lagi menggunakan GDM sebagai login manager, sebuah login screen baru yang indah, Lightdm akan menggantikannnya...

Ubuntu 11.10
  • Peningkatan dan perbaikan pada Unity Launcher, Unity Dash dan Unity Panel.
Unity yang mulai diperkenalkan Canonical pada Ubuntu 11.04 sebagai antar muka pengganti Gnome shell akan mendapatkan banyak peningkatan, termasuk aplikasi pencarian yang lebih cerdas ketika menggeser file-file yang berbeda serta fitur pencarian dalam Dash yang lebih baik...

Ubuntu 11.10

Ubuntu 11.10

Ubuntu 11.10

Ubuntu 11.10
  • Sebuah perangkat pencadangan yang disebut Deja Dup.
Deja Dup menjadi perangkat pembackup yang dapat digunakan untuk membackup dan merestore semua file termasuk yang beratribut hidden pada folder home Anda...

Ubuntu 11.10
  • Mozilla Thunderbird 7.
Thunderbird menjadi email client default menggantikan Evolution yang akan disingkirkan secara total dari sistem...

Ubuntu 11.10
  • Fungsi kombinasi tombol baru, Alt+Tab untuk bekerja pada multiple desktop.
Ubuntu 11.10
  • Menu Power Applet yang lebih optimal.
Kini, saat Anda menekan Power applet akan disajikan menu pilihan yang lebih lengkap termasuk menu pengaturan monitor, perangkat bluetooth, aplikasi startup, printer, perangkat USB serta system update...

Ubuntu 11.10
  • Penampilan yang lebih sederhana dan lebih baik pada file manager Nautilus 3.
Ubuntu 11.10
  • Perbaikan dan peningkatan Ubuntu Software Center.
Ubuntu 11.10

Ubuntu 11.10

Ubuntu 11.10 akan menjadi rilis ke lima belas dari sistem operasi Ubuntu, sebuah distribusi Linux populer yang dikembangkan oleh Canonical. Jadwal rilis pengembangan dan rilis final Ubuntu 11.10 dapat Anda temukan dalam halaman Jadwal rilis distro Linux terbaru.




Disarikan dari news.softpedia.com

26 August 2011

Perjalanan Panjang 20 Tahun Linux "25 Agustus 1991 - 25 Agustus 2011"

Sejarah Linux - Ketika Linus Torvalds merilis Linux 0.01 di internet 20 tahun lalu, idenya adalah untuk mengkloning Unix secara bebas, dimana siapa pun dapat berkontribusi menyentuh kreatifitas setiap orang. Dan pada Hari ini, mustahil untuk dapat membayangkan sebuah dunia TI tanpa kehadiran Linux.

Designed for LinuxSudah dua puluh tahun sejak Linus Torvalds untuk pertama kalinya memprogram beberapa baris dari apa yang akan dikenal sebagai kernel Linux saat ini. Seorang mahasiswa IT pada waktu itu, Linus belum berfikir tentang sebuah sistem operasi, dia hanya ingin mengeksplorasi kemampuan prosesor PC 386 miliknya. Akhirnya, manajemen memori nya, proses switching dan I/O dan percobaan berkembang menjadi sesuatu yang menyerupai sebuah kernel sistem operasi dasar.

Saat ia menggunakan pembelajaran Andrew Tanenbaum, sistem operasi Minix serupa-Unix di rumahnya dan pengetahuan tentang Unix dari universitas tempat ia belajar, itu jelas bagi Torvalds bahwa sistem operasi yang ia miliki juga serupa-Unix. Karena itu ia bertanya tentang standar POSIX, yang mendefinisikan antarmuka sistem Unix di newsgroup Minix pada bulan Juli 1991. Pada tanggal 25 Agustus 1991, Torvalds menambahkan lagi postingan di mana ia untuk pertama kali menyebutkan bahwa ia bekerja pada sebuah sistem operasi untuk prosesor 386 ("hanya sekedar hobby, tidak akan besar dan profesional seperti GNU") dan meminta komunitas Minix memberi masukan suatu fitur yang mereka inginkan.

Akhirnya, pada 17 September 1991, Torvalds membuat "Linux 0.01" miliknya tersedia untuk download pada sebuah server ftp (Torvalds ingin menyebutnya "Freax", tapi admin ftp berpikir bahwa "Linux" adalah nama yang lebih baik). Kemampuan Linux 0.01 masih sangat terbatas: Kernel hanya berjalan pada prosesor 386, hanya mendukung layout keyboard Finlandia dan hanya dapat di-boot dari floppy disk. Dalam hal aplikasi, itu bahkan lebih mengerikan: Program yang ada hanya sebatas shell Unix bash dan GNU C compiler, yang berarti bahwa sistem tidak benar-benar bisa digunakan untuk apa pun.

Namun Linux tidak berhenti menyentuh saraf kreatifitas: Sejumlah penggemar Unix yang mendapati kemampuan Minix sangat terbatas dan workstation Unix terlalu mahal untuk diturunkan ke sebuah sistem operasi baru, mengirim saran mereka kepada Torvalds untuk membangun driver dan memporting program pertama. Mereka mendasarkan karyanya pada Proyek GNU yang didirikan oleh Richard Stallman pada tahun 1984 dan telah diprogram bersama banyak peralatan Unix klasik yang sedemikian rupa sehingga mereka dapat digunakan pada berbagai sistem Unix. Hanya sebuah kernel tidaklah mungkin untuk menciptakan sebuah sistem operasi yang lengkap, dan kernel yang sekarang disediakan oleh Linus Torvalds - GNU/Linux telah lahir, dan itu masih digunakan dalam bentuk yang sama hingga hari ini (pada penggunaan baris perintah).

Pada bulan November 1991, Torvalds sengaja menghapus partisi Minix pada PC-nya dan sekarang ia memiliki pilihan untuk menginstal ulang Minix atau mengembangkan sistem Linux sehingga dapat digunakan. Dia memilih Linux. Pada bulan Januari 1992, ia pertama kali merilis Linux versi 0.12 dibawah GPL, sebuah keputusan yang tetap dijunjung tinggi sampai sekarang, meskipun terjadi berbagai perbedaan pendapat dengan penulis GPL dan pendiri FSF Richard Stallman.

Pada waktu itu, peggemar Linux bertemu di newsgroup Minix, tetapi meningkatnya jumlah diskusi Linux pada forum Minix membuat cemas Profesor TI dan pembuat Minix Andrew Tanenbaum. Postingnya yang terkenal "LINUX adalah usang" pada Januari 1991 memicu pertengkaran sengit dengan Torvalds, akhirnya, komunitas Linux yang telah berkembang dipindahkan ke newsgroup mereka sendiri.

Pada tahun 1992, sistem X Window yang masih digunakan sampai sekarang ditambahkan sebagai antarmuka pengguna grafis untuk Linux kernel 0.95, yang sekarang dapat memindahkan data RAM ke dan dari harddisk berkat adanya manajemen memori virtual. Para hacker kernel mulai bekerja pada jaringan stack. Mereka mengembangkan driver SCSI dan audio pertama, filesystem Ext2 dan format ELF untuk bineri, memporting BSD print system, dan penerapan modul kernel yang dapat dimuat pada runtime dan filesystem palsu /proc. Kegunaan Linux semakin meningkat, distribusi Linux pertama adalah SLS dan Yggdrasil yang dirilis pada tahun 1992. Slackware dan Debian, mulai dikembangkan pada musim semi dan musim panas tahun 1993 yang masih tetap eksis hingga hari ini.

Setelah rangkaian panjang versi 0.99.x, Linux 1.0 dirilis pada Maret 1994, memperkenalkan mode pengembangan yang digunakan selama satu dekade: Pada saat yang sama nomor versi untuk penggunaan kernel stabil adalah (1.0), pengembang mulai menerapkan fitur baru pada kernel pengembangan dengan (1.1) yang dimulai dari penggunaan kode basis kernel dan akhirnya akan menjadi rilis mayor untuk versi baru.


Siap untuk memulai

Kemampuan Linux untuk berjalan di hampir semua hal yang dapat membedakan antara nol dan satu - pada perangkat embedded dari router hingga smartphone serta komputer mainframe - didasarkan pada Linux kernel versi 1.2. Pada bulan Maret 1995, kernel ini memperkenalkan berbagai driver baru dan perbaikan pada area jaringan (IP forwarding, firewall, protokol jaringan tambahan seperti NFS) serta sebuah kemajuan besar dengan menawarkan porting pertamanya untuk arsitektur prosesor non-x86: Alpha, MIPS dan SPARC.

Ini juga berarti bahwa Linux 1.2 menjadi dasar untuk memporting kernel Linux pada beberapa lusin platform sejak diperkenalkan. Peningkatan kemampuan jaringan dan aplikasi seperti Apache, Samba dan Sendmail berarti bahwa pasar untuk Linux mulai berkembang yang diwakili oleh distributor Linux komersial seperti Caldera, Red Hat dan Suse. Sejak menghilangnya Caldera, Suse dibeli oleh Novell pada tahun 2003-an dan kemerdekaannya kembali tahun lalu setelah Novell diambil alih oleh Attachmate, dan pendapatan Red Hat diharapkan akan melampaui $1 miliar untuk pertama kalinya pada tahun ini.

Mari kita kembali ke kernel Linux. Pada bulan Juni 1996, Linux 2.0 memperkenalkan komponen pertama yang menyediakan dukungan multi-prosesor - dan maskot Tux dirancang oleh Larry Ewing. Kernel.org, masih menjadi rumah resmi dari source kernel dan Linux Kernel Mailing List (LKML) menjadi tempat berdiskusi bagi hacker kernel, dimulai pada Maret 1997. Selama pengembangan Linux 2.1 pada September 1998, muncul potensi perpecahan di antara para pengembang: Torvalds tidak lagi mampu mengintegrasikan semua patch yang diajukan ke kernel source, banyak programmer merasa frustrasi dan pengembangan berada dalam bahaya perpecahan.

Namun, situasi tersebut dapat diredam oleh pengembang berpengalaman seperti Alan Cox dan Ted Y. Ts'o, memulai pengiriman "prefilter" dan membebaskan Torvalds karena harus menguji setiap patch utuk dirinya sendiri; dan itu masih berlaku hingga sekarang. Pada tahun 2002, kisah "Linus does not scale" berulang. Kali ini, para pengembang menemukan solusi teknis dengan lebih memfungsionalkan sistem menejemen source code Bitkeeper yang diganti oleh sistem kontrol versi Git tiga tahun kemudian; yang ditulis oleh Torvalds sendiri, Git sejak saat itu telah menjadi standar dalam dunia open source.

Linux 2.2 dirilis pada Januari 1999. Pada saat itu, kernel dijalankan dengan sangat mulus pada mesin SMP sampai dengan empat prosesor, menawarkan manajemen memori yang lebih efisien, dukungan IPv6 dan termasuk kinerja tinggi kode firewall - jarak antara itu dan pesaing Unix komersial telah menyusut. Para pengembang juga meningkatkan dukungan kernel untuk perangkat audio dan video.

Dalam dua setengah tahun itu digunakan untuk mengembangkan Linux 2.2, banyak yang berubah di tingkat pengguna: KDE dan GNOME menawarkan antarmuka desktop grafis yang kemampuan lebih unggul dari window manager X11 tradisional. Versi Linux dari StarOffice dan Netscape Navigator 3 adalah titik awal untuk pengembangan program OpenOffice dan Mozilla. Oracle dan Informix memporting database mereka ke Linux pada tahun 1998. Cluster Beowulf pertama terdiri dari 68 komputer Alpha berhasil masuk dalam daftar Top 500 superkomputer tercepat di dunia pada tahun 1998 - sekarang, Linux digunakan pada lebih dari 80 persen dari semua superkomputer di dunia.

Pada bulan Agustus 1998, Linus Torvalds nampak tersenyum di sampul majalah bisnis Forbes AS: Linux dan open source telah resmi menjadi proposisi bisnis yang layak. Vendor Hardware seperti Dell dan Hewlett-Packard mengumumkan ketersediaan server Linux. Perkembangan ini menimbulkan keributan di Microsoft: Dalam dokumen Halloween, Microsoft membahas pesaing baru dan kualitas mereka lalu mencoba untuk menentukan jawaban strategis untuk Linux, pada bulan April 1999, Laporan yang terkenal sebagai laporan Mindcraft dirancang untuk mengkonfirmasi inferioritas teknologi Linux. Pada tahun 2001, Microsoft mengadopsi pendekatan oposisi fundamental, mengklaim bahwa Linux adalah "kanker", dan bahwa open source menghancurkan kekayaan intelektual.

Tentu saja, usaha itu tidak bisa menghentikan Unix untuk PC, yang telah lama menancapkan akarnya pada arsitektur x86. IBM mengumumkan sebuah inisiatif Linux skala besar dan di CeBIT 1999, SAP menyediakan sistem operasi bebas dengan menghadirkan versi Linux R/3 ERP suite. Porting Linux untuk komputer mainframe IBM S/390 (sekarang seri z) pada akhir tahun 1999 lebih menunjukkan fleksibilitas yang luar biasa sistem operasi bebas ini - beberapa analis cukup percaya bahwa Linux adalah penyelamat mainframe IBM.

Namun, Linux juga mendapatkan popularitas di sisi lain dari skala hardware: Kembali pada tahun 1998, Compaq sudah menyajikan sebuah komputer genggam yang disebut Itsy yang berjalan di bawah Linux - dalam arti, ini adalah pendahulu dari smartphone modern Android dan tablet. Embedded Linux Konsorsium (ELC) didirikan pada bulan Maret 2000 merancang spesifikasi Linux Embedded.


Millenial Linux

Pergantian milenium adalah kesuksesan terbesar di Linux: Pada tahun 1999, Red Hat adalah perusahaan Linux pertama yang melaju dengan keberhasilan yang spektakuler; Harga saham melonjak empat kali lipat pada hari pertama perdagangan (tetapi secara substansial nilainya menurun lagi ketika gelembung .com pecah). Linux Profesional Institute (LPI) menerbitkan distribution-independent Linux exam pertama pada tahun 2000. Untuk mencegah Linux dari mengikuti Unix dan terpecah menjadi banyak versi yang tidak kompatibel, Free Standards Group didirikan untuk menciptakan sebuah standar Linux (Free Standards Group - seperti ELC - sejak saat itu telah dimasukkan ke dalam Linux Foundation). Pada Desember 2000, IBM mengumumkan keinginannya untuk menginvestasikan $1 miliar di Linux.

Pada awal tahun 2001, Linux kernel canggih versi 2.4 untuk lingkup varian Unix komersial: Operasi powerfull SMP sampai dengan delapan prosesor, 64 GB RAM pada prosesor x86, perangkat baku, dan sistem file 64-bit. Firewire dan dukungan USB, ACPI dan Plug & Play untuk kartu ISA yang masih umum pada waktu itu juga menjadikan kernel baru sebuah pilihan menarik bagi komputer desktop dan notebook. Vendor hardware seperti Intel dan AMD mulai meningkatkan keterlibatan mereka dalam pengembangan Linux: Baik dukungan agar Linux menjadi lebih dan lebih penting dalam bisnis server. Pada tahun 2002, Red Hat merilis Enterprise Linux pertamanya.

Dengan kesuksesan Linux yang terus bertambah, semakin banyak bisnis dan administrasi publik mulai mempertimbangkan keuntungan dari penggunaan perangkat lunak open source. Satu negara di mana Linux sudah banyak mendapat keberhasilan adalah Jerman: Perkeretaapian nasional Jerman, Deutsche Bahn, memutuskan untuk menggunakan Linux sebagai platform server yang strategis pada tahun 2003 - menjadi keputusan yang masih berlaku hingga saat ini. Pada tahun yang sama, dewan kota Munich memutuskan untuk memigrasikan 15.000 komputer pemerintahan kota ke desktop Linux - pada April 2011, kota ini memiliki alasan untuk merayakan: Setengah dari komputer telah bermigrasi ke klien Munich LiMux. Kantor Luar Negeri Jerman mulai memperkenalkan perangkat lunak open source pada tahun 2001, dan desktop telah bermigrasi ke Linux sejak 2005 - meskipun, pada akhirnya proyek tersebut gagal. Desktop Linux diluncurkan pada kelompok asuransi Stuttgarter Versicherungsgruppe sejak tahun 2003 dan masih digunakan sampai sekarang.

Namun demikian, desktop Linux tidak pernah berhasil mendapatkan penerimaan yang luas. Berulang kali dinyatakan hingga sekitar tahun 2006 sebagai "Tahun Desktop Linux" sebenarnya tidak pernah terjadi, dan tidak terkecuali didedikasikannya distribusi Ubuntu desktop yang telah membangkitkan dunia Linux sejak 2004, tetapi tidak pernah benar-benar mampu mencetak keunggulan terhadap Windows. Linux sukses pada server dan perangkat embedded. Dengan Android, sistem smartphone dan tablet dari Google dengan kernel Linux, Dirilis pada tahun 2008, Linux telah lama memantapkan dirinya dalam sistem kontrol industri, Wi-Fi router, pemutar DVD dan sistem satelit navigasi.

Pada bulan Desember 2003, kernel Linux melompat ke versi 2.6. Versi ini memperkenalkan ekstensi keamanan SELinux, sebuah model perangkat baru yang dapat diakses melalui sysfs, dengan solusi manajemen memori yang modern cocok untuk komputer berperforma tinggi, basis kode kernel sepenuhnya direvisi dengan menghapus banyak keterbatasan dan memberikan struktur yang lebih jelas. Para pengembang kernel masih mendapatkan manfaat dari gerakan clean-up mereka hingga sekarang: Mereka telah mampu, tanpa masalah besar, untuk mengintegrasikan sepenuhnya fitur baru seperti virtualisasi dan konsep yang secara substansial meningkatkan skala yang memungkinkan Linux untuk dijalankan bahkan pada superkomputer yang paling kuat.

Dengan Linux 2.6, Torvalds mengubah model pengembangan: Kernel pengembangan tidak lebih sebagai fitur baru dan perbaikan ditambahkan ke kernel secara bertahap melalui pembaruan yang dirilis secara berkala setiap dua sampai tiga bulan. Lompatant versi yang menyebabkan kekacauan selama periode transisi telah digantikan dengan kemajuan yang mantap.

Xen, solusi virtualisasi pertama untuk Linux, yang disebabkan kekacauan yang cukup besar di dunia Linux pada tahun 2005, tetapi itu akan memerlukan pengembangan selama enam tahun lagi untuk mengintegrasikan semua kode Xen ke dalam kernel. Sementara itu, solusi alternatif KVM (Kernel-based Virtual Machines) yang ternyata menjadikan kernel Linux itu sendiri sebagai sebuah hypervisor begitu populer di kalangan pengembang kernel, dan berhasil memasukkannya kedalam kernel versi 2.6.20 pada awal 2007.


Awan gelap dan masa depan yang cerah

Kesuksesan pertumbuhan sistem gratis Linux di area server membawa sebuah saga tampaknya tidak pernah berakhir: Pertempuran hukum antara SCO dan dunia Linux terjadi. Kisah SCO yang agak aneh. Vendor versi Unix komersial untuk PC x86 tersebut telah diambil alih oleh distributor Linux Caldera pada tahun 2000. Bahkan sebelum pergantian milenium, Linux telah mulai menggigit ke pangsa pasar varian Unix komersial itu, dan akibatnya bisnis SCO's Unix memburuk.

Distributor Linux yang berpengalaman tampaknya menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menaklukkan pasar Enterprise Linux. Namun bagi SCO, reorganisi, kerugian, redundansi dan kurangnya kejelasan tentang bagaimana mengawinkan OpenServer SCO dan lini produk Caldera OpenLinux membuat Caldera semakin jatuh tertinggal jauh di belakang pesaingnya seperti Red Hat yang secara konsisten berfokus pada pengembangan Linux dan kode open source. Dua tahun setelah pengambilalihan, Caldera berubah nama menjadi SCO Group, dan setengah tahun kemudian perusahaan beralih dari bisnis Linux menjadi bisnis infringement.

Pada musim semi 2003, Grup SCO menggugat IBM sebesar $1 miliar sebagai akibat kerugian. Tuduhan utamanya adalah bahwa IBM telah diduga mempromosikan Linux dan dalam melakukannya, tidak hanya mencuri kekayaan intelektual SCO tetapi juga membantu sistem operasi bebas tersebut untuk menjadi pesaing utama Unix di urutan pertama. Apa yang dapat dilihat adalah sebuah ancaman dan bukti dugaan, penundaan disebabkan oleh serangkaian gerakan baru pengadilan dan tuntutan terhadap pengguna Linux dan distributor Red Hat serta Novell - sengketa dengan Novell berkisar pada hak cipta untuk Unix, yang diklaim baik oleh SCO maupun oleh Novell dan membentuk dasar dari semua keluhan SCO lainnya. Tahun lalu, pengadilan memutuskan bahwa Novell adalah pemegang hak cipta untuk Unix yag relevan, dan tampaknya menjadi batas akhirnya bagi Grup SCO untuk dinyatakan bangkrut selamanya...

Kampanye hukum SCO terhadap Linux membuat hal-hal yang memudahkan Microsoft. Pertama, pencemaran nama baik Linux dan open source sebagai "pekerjaan setan" digantikan oleh argumen seperti administrasi yang lebih mudah dan Total Biaya Kepemilikan (TCO) yang lebih rendah dari Windows. Sejak tahun 2004, Microsoft mengeksploitasi ketidakpastian hukum yang disebabkan oleh tuntutan hukum SCO itu dan memainkan kartu "keamanan hukum yang lebih tinggi" sebagai kampanye hitam. Sugesti bahwa Linux berpotensi melanggar hak paten Microsoft yang disebabkan ketidakamanan hukum di banyak pasar hingga pada tahun 2005, IBM, NEC, Novell, Philips, Sony dan Red Hat mendirikan Open Invention Network untuk menangkal serangan paten di Linux. Namun demikian, vendor yang menjual perangkat seperti smartphone Android tetap harus membayar biaya lisensi untuk Microsoft sampai hari ini. Saat ini, bagaimanapun persaingan di pasar smartphone umumnya cenderung lebih kepada paten, hak cipta, tuntutan hukum dan keluhan persaingan daripada tentang teknologi.

Pada tahun 2006, Microsoft memang mengakui pentingnya Linux di pasar TI: Kerjasama dengan Novell telah mengubah Microsoft menjadi distributor Linux yang sangat berhasil menawarkan pada pelanggan SUSE Linux Enterprise Server. Sejak 2009, Microsoft juga telah berada di antara perusahaan yang bersama-sama mengembangkan kernel Linux - dan baru-baru ini bahkan menyajikan video ucapan selamat ulang tahun kedua puluh.

Linux Foundation yang didirikan dari penggabungan Open Source Development Lab (OSDL) dan Free Standards Group, telah difokuskan pada penguatan posisi kompetitif Linux sejak tahun 2007. Yayasan yang anggotanya mencakup hampir semua perusahaan yang terkaitan dengan Linux dalam berbagai hal, terlihat setelah Linux Standard Base (LSB) membayar pengembang utama seperti Linus Torvalds dan menangani perlindungan merek dagang Linux. Akhirnya, Linux Foundation menawarkan sebuah platform netral yang memungkinkan bahkan perusahaan pesaing pasar untuk bekerja sama - dalam cara yang mirip dengan bagaimana mereka bekerja sama dalam pengembangan kernel.

Dirilis beberapa minggu lalu, kernel terbaru saat ini versi 3.0 sepenuhnya sejalan dengan tradisi kemajuan yang mantap, yang diperkenalkan dengan Linux 2.6: Tidak ada perbedaan lagi antara yang baru dengan pendahulunya - Linux 2.6.39 - dari ada antara dua versi lain 2.6.x. Linux 3.0 hanyalah nama lain untuk kernel versi 2.6.40 yang telah dijadwalkan sejak semula. Perubahan terbesar di Linux 3.0 adalah, skema penomoran dua digit: Kernel versi 3.0 akan diikuti oleh versi 3.1 dan kernel pengembangan akan ditandai dengan kode RC dibelakangnya.

Dan bagaimana dengan ide dominasi dunia yang dilontarkan Linus Torvalds beberapa tahun lalu, ketika Linux masih menjadi proyek hacker eksotis? di sebuah wilayah di mana keberhasilan Torvalds diharapkan pada kemungkinan besar - pada (desktop) PC -, Linux terus melayani permintaan pasar. Cerita ini berbeda di pusat data: Di area ini, sistem operasi bebas telah sejak lama sama pentingnya dengan Windows dan varian Unix komersial. Dalam komputasi kinerja tinggi, Linux jelas mendominasi pasar, dan tidaklah mungkin mantan PC Unix ini dihindari di dunia internet - dari Google dan eBay hingga Facebook - serta di lingkungan awan. Dengan Android, Linux diposisikan dengan baik di pasar smartphone dan tablet.

Linux telah dibuat populer dengan gagasan bahwa pihak yang berkepentingan dapat menggunakan proses yang terbuka untuk bersama-sama mengembangkan perangkat lunak, dan itu telah membuktikan bahwa pendekatan ini tidak hanya bekerja, tetapi bahkan menawarkan keuntungan nyata saat digunakan untuk proyek-proyek besar seperti kernel Linux. Sebagian besar dari booming perangkat lunak open source yang sudah ada sejak pergantian milenium mungkin akan diturunkan pada keberhasilan sistem operasi bebas.

Fleksibilitas memungkinkan Linux untuk beradaptasi dengan perkembangan baru, yang selanjutnya akan mengubah dunia TI di tahun-tahun mendatang. Mengutip CEO Red Hat Jim Whitehurst yang baru-baru ini mengungkapkannya ketika berbicara tentang ulang tahun kedua puluh di LinuxCon: "The power we provide is what we enable them to do with the technology". Dengan pemikiran ini: Sejak sekarang untuk dua puluh tahun mendatang.


Tentang GNU

Proyek GNU diluncurkan pada tahun 1984 untuk mengembangkan sistem operasi GNU, sistem operasi serupa-Unix yang lengkap dengan perangkat lunak bebas - Perangkat lunak yang menghormati kebebasan Anda.

Sistem operasi serupa-Unix yang dibangun dari aplikasi software collection , perpustakaan, dan perangkat pengembangan - plus program untuk mengalokasikan sumber daya dan berkomunikasi dengan perangkat keras, yang dikenal sebagai kernel.

GNU sering digunakan bersama kernel yang disebut Linux, dan ini adalah daftar siap instal distribusi GNU/Linux yang sepenuhnya merupakan perangkat lunak bebas. Hurd adalah kernel GNU, Secara aktif masih dikembangkan, namun membutuhkan beberapa cara agar siap diterapkan dalam penggunaan sehari-hari.

Kombinasi GNU dan Linux adalah sistem operasi "GNU/Linux", sekarang digunakan oleh jutaan orang dan kadang-kadang salah dengan hanya disebut "Linux".

Nama "GNU" merupakan singkatan rekursif dari "GNU's Not Unix!"; itu diucapkan g-noo, sebagai salah satu suku kata tanpa suara vokal antara g dan n.





Disarikan dari h-oline.com dan gnu.org

24 August 2011

Download Fedora 16 (Verne) Alpha

Para pengembang di Proyek Fedora telah mengumumkan ketersediaan satu-satunya versi alpha untuk Fedora 16. Versi yang awalnya dijadwalkan untuk rilis minggu lalu, tapi ditunda sepekan karena dijumpai adanya masalah serius. Akibatnya, Fedora juga menjadwal ulang rilis berikutnya dengan mundur 7 hari. Rilis final Fedora 16 (code name Verne) diharapkan tiba pada 1 November 2011.

Fedora 16Feature freeze sudah ditetapkan, sehingga rilis alpha harus berisi semua perubahan utama dalam daftar pengujian. Itu termasuk peralihan ke penggunaan boot loader GRUB2, meskipun secara resmi masih dalam pengembangan, namun telah lama digunakan oleh distro lain.

Versi Alpha ini menggunakan kernel Linux 3.0, sedang versi yang akan dirilis mulai akhir September atau awal Oktober nanti diharapkan telah menggunakan versi 3.1. Memuat versi alpha dari KDE Plasma Workspace 4.7.0, dan GNOME 3.1.5 yang menjadi pendahulu GNOME 3.2. Tim pengembangan juga telah mengganti init script dengan unit systemd. Sementara itu Systemd diganti upstart di Fedora 15. Rencana beralih ke penggunaan system file Btrfs sebagai default ditangguhkan hingga versi berikutnya (Fedora 17).


Download Fedora 16 Alpha.




Disarikan dari: h-online.com

22 August 2011

Menginstal Nokia PC Suite Di Ubuntu - Dengan Nokuntu

Hingga saat ini nampaknya Nokia belum secara resmi mengeluarkan PC Suite yang dapat dijalankan pada Linux. Hal ini tentu menyulitkan pengguna HP Nokia yang juga pengguna Linux untuk mengelola konten hand phone miliknya.

NokuntuBagi pengguna HP Nokia yang menggunakan sistem operasi Ubuntu kini telah tersedia solusinya. Meski bukan software resmi yang dikeluarkan Nokia, aplikasi berikut sekurangnya dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan konten HP Nokia. Aplikasi yang dimaksut adalah NOKUNTU sebagai pengganti Nokia PC Suite pada Ubuntu.

Dalam tutorial ini kami menginstal Nokuntu pada Ubuntu 11.04. Dua tipe HP Nokia yang kami gunakan dalam uji coba adalah Nokia CDMA 6235 dan 6275i. Untuk menginstal Nokuntu pada Ubuntu, silahkan ikuti tutorial berikut...

Meski tidak harus, namun kami sarankan Anda untuk terlebih dahulu mengistal paket "obextool". Anda dapat menginstalnya menggunakan Synaptic atau menggunakan command line pada terminal, pastikan komputer telah terhubung dengan internet lalu ketik perintah berikut...

sudo apt-get instal obextool

Nokuntu

Dowload paket Nokuntu (link download tersedia di bagian akhir artikel ini), saat kami menulis tutorial ini, versi terbaru Nokuntu adalah 0.6.1. Namun demikian, kami gagal menginstalnya pada Ubuntu 11.04 yang kami gunakan. Jika Anda mencoba menginstal Nokuntu versi tersebut dan mengalami hal yang sama, silahkan download Nokuntu versi 0.5.9.1. Klik ganda pada file "nokuntusp_0.5.9-1_all.deb" agar dibuka dan dijalankan oleh Software Center, tekan tombol "Install" untuk menjalankan instalasi...

Nokuntu

Beberapa saat kemudian Software Center akan mendowload lengkap paket Nokuntu, silahkan tunggu hingga proses ini diselesaikan...

Nokuntu

Setelah instalasi selesai, sebaiknya Anda merestart terlebih dahulu komputer yang digunakan. Jalankan Nokuntu melalui menu Applications --> Office --> Nokuntu...

Nokuntu

Geser jendela utama Nokuntu agar Anda dapat menampilkan jendela Nokuntu untuk memasukkan password Anda sebagai root. Masukkan password Anda lalu tekan enter atau menekan tombol "OK"...

Nokuntu

Tekan tombol "Connect" untuk menghubungkan Nokuntu dengan HP Nokia Anda (koneksi ini dapat Anda lalukan menggunakan kabel data atau menggunakan bluetooth)...

Nokuntu

Dalam contoh ini kami akan menjelajah HP Nokia yang digunakan dengan "Data Manager"...

Nokuntu

Jika ditampilkan dialog konfirmasi, silahkan pilih "Nautilus"...

Nokuntu

Kini kita telah dapat menjelajahi konten HP Nokia di Ubuntu dengan Nokuntu...

Nokuntu

Untuk memutus koneksi, silahkan tekan tombol "Disconnect and quit"...

Nokuntu

Selamat mencoba...

Download Nokuntu - Nokia PC Suite for Ubuntu.
Untuk batuan dan informasi lebih lengkap, kunjungi Situs Proyek Nokuntu.

19 August 2011

Download BackTrack 5R1

Pengembang distro Linux populer yang berfokus pada pengujian penetrasi sistem dan jaringan, BackTrack, telah mengumumkan ketersedian rilis terbaru Backtrack 5R1 pada 18 Agustus lalu.

Berbasis Ubuntu 10.04, BackTrack 5R1 kini ditenagai oleh Kernel Linux 2.6.39.4 dan lebih dari 120 bug telah diperbaiki. Disamping itu, disertakan juga tool-tool baru dan pembaruan untuk 70 tool juga telah diterapkan.

Suatu masalah termasuk rfkill pada Vmware dengan chipset rtl8187 juga telah diperbaiki. Seperti biasa, pengembang mengharapkan pada pengguna rilis ini untuk melaporkan bug yang dijumpai guna perbaikan rilis selanjutnya.

BackTrack 5R1 tersedia untuk download dengan desktop Gnome dan KDE ISO image baik untuk arsitektur 32-bit maupun 64-bit, serta Vmware image dengan dektop Gnome untuk arsitektur 32-bit yang telah dilengkapi dengan VMWare Tools pre-installed. Namun BackTrack 5R1 untuk ARM tidak disediakan.

Informasi lebih lanjut tentang rilis BackTrack 5R1 dapat Anda temukan di BackTrack Forum dan juga di Wiki BackTrack.


Tentang BackTrack

BackTrack adalah distribusi Live DVD Linux populer yang disponsori oleh Offensive Security. Berfokus pada pengujian penetrasi sistem dan jaringan, menampilkan analisis dan aplikasi diagnostik yang dapat dijalankan langsung dari DVD. Pada awalnya, BackTrack berasal dari distribusi Whax dan Auditor Security Collection, menggabungkan yang terbaik dari keduanya dalam satu solusi lengkap.

Download BackTrack 5R1:

Via Web:

Direct Link:

Perhatian: Untuk pengguna PC / Laptop / Netbook silahkan download ISO image bukan 7zip.

Download Mozilla Firefox 7 Beta

Mozilla kembali mengumumkan rilis pengembangan Firefox terbaru yang telah tersedia di beta chanel 18 Agustus lalu.

Mozilla Firefox 7 Beta sudah dapat didownload bagi pengguna Windows, Mac, Linux dan Android. Beta ini memuat peningkatan kinerja yang akan memberikan pengalaman berselancar bagi pengguna dan memungkinkan pengembang untuk membuat situs maupun aplikasi Web yang lebih cepat.



Apa yang baru pada Firefox 7 Beta?

  • Optimalisasi penggunaan memori: Mengurangi penggunaan memori dan meningkatkan kinerja termasuk responsifitas, waktu startup dan loading halaman, bahkan dalam website yang kompleks dan aplikasi Web.
  • Peningkatan manajemen memori: Kolektor JavaScript garbage bekerja lebih cepat untuk membebaskan memori dan meningkatkan kinerja ketika Anda membuka banyak tab atau ketika menjalankan Firefox dalam waktu yang lama.
  • Peningkatan Firefox Sync : Sinkronisai data Anda berjalan lebih cepat saat bookmark atau password baru ditambahkan atau diubah.
  • Azure Direct2D untuk kanvas: Membantu Firefox mempercepat rendering animasi HTML5 berbasis kanvas
  • CSS 3 Text-Overflow: ellipsis: Cara tambahan bagi pengembang untuk menampilkan teks CSS 3 yang melampau batas layout.

Jika saat ini Anda sudah menggunakan Firefox Beta versi sebelumnya, Anda akan menerima pemberitahuan update secara otomatis. Anda juga dapat memeriksa menu "About Firefox" untuk menerapkan pembaruan secara manual.

Seperti versi pengembangan lainnya, pengguna dan penguji diharapkan memberikan umpan balik untuk membantu menyempurnakan pengembangan berikutnya.

Informasi lebih lengkap tentang rilis beta ini dapat Anda temukan dalam catatan rilis.

Download Mozilla Firefox:

Mozilla Firefox 7 Beta - semua platform;
Mozilla Firefox 6 Final.

18 August 2011

Download Linux Mint 11 LXDE

Pengembang Linux Mint kembali mengumumkan ketersediaan Linux Mint 11 LXDE yang menawarkan sejumlah perbaikan UI, update manager yang lebih cepat, scrollbar overlay yang lebih baik dan masih banyak lagi perbaikan lainnya.

Mint 11Rilis versi LXDE ini datang kurang dari tiga bulan setelah rilis utama Linux Mint 11 Katya pada bulan Mei lalu. Pada versi LXDE, Software Manager telah dibuat tampilan lebih atraktif dengan ikon yang lebih besar dan tata letak yang lebih baik, serta tema Mint-X bekerja lebih baik dengan aplikasi lainnya. Apa yang Baru dengan Linux Mint 11 dapat dilihat pada screenshot berikut;




Mint 11 Mint 11 Mint 11

Mint 11 Mint 11 Mint 11

Dalam catatan rilis dikatakan, rilis ini tidak direkomendasikan untuk pengguna chipset Intel 855gm karena masalah kompatibilitas. Sebuah bug telah diperbaiki yang menyebabkan Firefox crash. Para pengembang juga menyarankan agar pengguna mengacu pada catatan rilis Ubuntu 11.04. Linux Mint 11 LXDE tersedia untuk download dari sejumlah server mirror di seluruh dunia.

Download Linux Mint 11 LXDE:





Disarikan dari: h-online.com

17 August 2011

PCMAV 5.4 + Update Build 3, Clamav 0.97.2, Link Protector Update 8, PCMAV Agustus 2011 - PCMAV September 2011

Edisi terbaru majalah PC Media edisi 08/2011 bulan Agustus 2011 telah tersedia. Seperti biasa, kedatangannya disertai dengan rilis PCMAV terbaru, PCMAV 5.4.

PCMAV 5.4PCMAV 5.4 kini telah dilengkapi dengan penambahan pengenalan 116 virus baru, sehingga PCMAV 5.4 kini mampu mengenali 4.466 virus beserta variantnya yang dilaporkan banyak menyebar di Indonesia.

Beberapa perbaikan juga telah dilakukan dalam membuka dokumen Office pada removable disk apabila opsi Block Program On USB/Card tidak diaktifkan serta penambahan engine khusus untuk penanganan virus Ramnit variant dan engine untuk perbaikan file JPEG yang rusak karena infeksi virus Parents.

" ADDED! Removal engine khusus untuk membersihkan secara tuntas virus Ramnit.L, Ramnit.M, dan OjanBlank.B yang menyebar luas di Indonesia. " - Demikian ditulis dalam change log yang disampaikan pada pengumuman rilis.

Catatan: Dalam beberapa kasus, pengintegrasian PCMAV bersama Clamav terbaru menyebabkan munculnya pesan "Crash"...


Jika hal ini terjadi pada Anda, kami menyarankan untuk mengintegrasikan PCMAV terbaru ini bersama engine Clamav 0.97.0.


Informasi Update - PCMAV 5.4 update build 3 dengan total penambahan 70 pengenalan virus baru dan PCMAV Link Protector Update 8 untuk melindungi Anda dari link berbahya selama berinternet serta engine Clamav 0.97.2 terbaru telah tersedia.
Dengan penambahan fitur LinkProtector sejak PCMAV 5.0, database baru bernama url.bad kini telah diperkenalkan. Seperti halnya PCMAV update build, database url.bad juga akan diupdate saat definisi baru LinkProtector tersedia. Untuk PCMAV update build, database update bernama update.vdb sedangkan database update LinkProtector bernama urlupd.bad. Link download file update tersebut tersedia dibagian akhir artikel ini saat keduanya telah tersedia.

Hanya bagi Anda yang belum pernah dan atau baru pertama menggunakan PCMAV, silahkan membaca artikel "Cara menggunakan dan mengupdate PCMAV Terbaru" serta mengintegrasikannya bersama Clamav sebagai plugins.

Distribusi resmi PCMAV 5.4 dapat Anda temukan dalam DVD majalah PCMedia edisi 08/2011 Agustus 2011.
Bagi Anda yang berada di wilayah tak terjangkau distribusi majalah PC Media atau karena suatu hal tidak dapat menggunakan paket PCMAV yang disertakan dalam DVD PC Media namun sangat membutuhkannya, silahkan download PCMAV Terbaru ini melalui halaman download yang telah kami sediakan.

Download PCMAV 5.4 dan Clamav Terbaru;
Untuk mendownload PCMAV terbaru dan plugins Clamav terbaru, silahkan menuju ke halaman download melalui link di bawah ini...


Download manual PCMAV 5.4 update build dan update LinkProtector;
Untuk mendownload PCMAV update build dan update LinkProtector terbaru, silahkan klik link Download di bawah ini. Link download untuk update build yang belum tersedia akan diupdate ketika update build telah dirilis. Kami juga menyediakan link untuk informasi lebih lanjut mengenai masing-masing update build jika halaman rilis telah tersedia di virusindonesia.com. Link download untuk update LinkProtector akan segera kami tambahkan jika urlupd.bad terbaru telah tersedia...

  • Download PCMAV 5.4 update build 1;
    (Status: Telah tersedia - Informasi selengkapnya, kunjungi http://virusindonesia.com/2011/08/16/ultrasurf-memformat-semua-hard-disk/)
  • Download PCMAV 5.4 update build 2;
    (Status: Telah tersedia - Informasi selengkapnya, kunjungi http://virusindonesia.com/2011/08/29/ngrbot-variant-hati-hati-account-facebook-anda/)
  • Download PCMAV 5.4 update build 3;
    (Status: Telah tersedia - Informasi selengkapnya, kunjungi http://virusindonesia.com/2011/09/13/None: Windows ‘Terbaik’ Sepanjang Masa/)
  • Download PCMAV 5.4 update build 4;
    (Status: Belum tersedia)
  • Download PCMAV LinkProtector update 8;
    (Status: Telah tersedia)
  • Download PCMAV LinkProtector update 9;
    (Status: Belum tersedia)
  • Download PCMAV LinkProtector update 10;
    (Status: Belum tersedia)

Catatan: extract file update build zip dan atau urlupd zip yang baru saja didownload sehingga Anda mendapatkan file "update.vdb" dan atau "urlupd.bad" lalu letakkan pada folder "vdb".
Perhatian!!!: Harap membaca README.txt yang disertakan terlebih dahulu sebelum menggunakan PCMAV. Jika PCMAV tidak berjalan sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan keluhan melalui forum resmi di http://forum.virusindonesia.com/.

Hak Cipta PCMAV adalah milik Majalah PC Media - Pinpoint Publications Group.

Informasi yang mungkin Anda butuhkan:

Untuk membersihkan virus sality, ramnit, virut dan virus berbahaya lain yang menginfeksi file-file pentinga Anda, silahkan membaca Cara ampuh membersihkan virus sality...

Jika Anda mengalami kesulitan saat mengikuti tutorial ini atau Anda mendapati link yang tersedia tidak berfungsi sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan pada komentar.

Selamat mencoba...











Nantikan Rilis PCMAV yang akan datang...






Telah tersedia disini PCMAV 5.4 Terbaru, PCMAV 5.4 update build 2, PCMAV 5.4 update build 3, PCMAV 5.4 update build 4, PCMAV 5.4 Valhalla, PCMAV Terbaru, PCMAV Agustus 2011.





Download Mozilla Firefox 6.0 Final - All Platform

Firefox 6 telah tersedia secara resmi dari Mozilla. Dalam postingan rilis di blog Mozilla, nomor versi tidak disebutkan. Perubahan ini akibat dari peralihan ke skema rilis baru yang cepat, yang akan menampilkan versi baru Firefox setiap enam minggu. Setidaknya untuk saat ini, pengguna masih dapat melihat nomor versi di jendela About.

Dalam hal keamanan, Firefox 6.0 memperbaiki 5 masalah kritis dan 2 isu keparahan tinggi termasuk masalah pengamanan memori dan berbagai perbaikan yang terkait dengan webGL dan java script. Sebuah peningkatan besar untuk privasi pada rilis update ini adalah Data Management Window baru yang memberikan hak kontrol lebih pada pengguna ketika mengakses situs web, termasuk cookie, password dan informasi lokasi - dapat diakses dengan mengetik "about:permissions" di URL bar. Peningkatan pada URL bar yang sekarang akan meng-hightlight domain situs yang sedang kita kunjungi.

Dukungan untuk protokol WebSocket telah dikembalikan dan telah diperbarui ke versi 7 setelah Mozilla menghapusnya karena alasan keamanan tahun lalu. Firefox 6.0 memiliki jendela Scratchpad baru yang terletak di bawah menu Web Developer, yang memungkinkan pengembang untuk dengan cepat menulis dan menguji JavaScript snippet dalam browser. Dukungan yang lebih lengkap untuk HTML5, DOM level 3, server-sent events dan teknologi jaringan telah ditambahkan. Sebuah fungsi baru matchMedia akan mempermudah aplikasi web untuk mendeteksi ukuran layar. Halaman rincian perubahan Firefox 6 untuk pengembang juga telah disediakan.

Perubahan lain termasuk fungsionalitas Plugin Check baru dalam Pengelola Pengaya yang secara otomatis memverifikasi kompatibilitas plugin terpasang (termasuk plugin Flash Player), waktu startup yang telah ditingkatkan, serta kemampuan untuk memindahkan Konsol Web ke bagian lain dari jendela atau bahkan ke jendela terpisah.

Download Mozilla Firefox 6.0:
  • Mozilla Firefox 6.0 for Linux i686 | x86_64;
  • Mozilla Firefox 6.0 for Mac;
  • Mozilla Firefox 6.0 for Windows.

  • Mozilla Firefox 3.6 Terbaru For Linux i686;
  • Mozilla Firefox 3.6 Terbaru For Mac;
  • Mozilla Firefox 3.6 Terbaru For Windows;



Disarikan dari: h-online.com

15 August 2011

Konfigurasi BackTrack 5 Ke Mode Grafis Tanpa "startx"

Keinginan kami untuk mendesktopkan BacTrack dan mengurangi kesan BackTrack adalah sistem yang identik dengan command line dan dunia under ground sehingga tidak cocok bagi pengguna pemula telah mendekati kenyataan.

BackTrack 5 mode grafisJika sebelumnya telah kami sampaikan cara menambahkan repositori Ubuntu 10.04 LTS pada BackTrack 5, menginstal beberapa perangkat pengelola desktop dengan mode grafis termasuk menambahkan instalasi OpenOffice untuk kebutuhan kerja sehari-hari, tutorial kali ini masih berhubungan erat dengan tutorial tersebut. Sehingga bagi Anda yang belum membacanya, kami sarankan untuk mengikuti tutorial tersebut agar lebih mudah mengikuti artikel ini.

BackTrack 5 secara default tidak menyertakan desktop manager semacam GDM dalam paket distribusinya, sehingga user harus menggunakan mode text untuk login ke sistem dan menjalankan mode grafis dengan cara memberi perintah "startx".

Langkah-langkah berikut akan memandu Anda menginstal GDM, menginstal perangkat administratif untuk mengaturan user dan group serta melakukan konfigurasi agar BackTrack secara otomatis menjalankan mode grafis dengan GDM sebagai login manager.

Kami telah menjelajah mencari referensi yang tepat untuk menjalankan GDM pada BackTrack, namun tak satupun referensi yang kami dapatkan. Penggantian sysv dengan upstart pada Ubuntu yang menjadi basis BackTrack 5, memang menyulitkan kita untuk mengkonfigurasi service, sehingga untuk menjalankan service GDM secara otomatis kami menggunakan cara manual. Kami dengan senang hati akan menerima setiap masukan serta koreksi dari rekan-rekan sekiranya dalam kami menyampaikan langkah-langkah ini terdapat kesalahan.

Kami mengasumsikan Anda telah mengikuti tutorial sebelumnya, dimana kita telah menambahkan repositori Ubuntu 10.04 LTS dan menginstal Synaptic sebagai pengelola paket.

Langkah pertama, jalankan Synaptic lalu instal paket GDM...

BackTrack 5 mode grafis

BackTrack 5 mode grafis

Setelah GDM berhasil diinstal, kita akan mendapatkan sebuah menu baru "Login Screen" dibawah menu System -->> Administration...

BackTrack 5 mode grafis

Langkah kedua, menambahkan user baru. Secara default BackTrack menggunakan root sebagai user. Sepertihalnya pada Ubuntu, kami tak menyarankan Anda untuk selalu bekerja dengan user root, ini dimaksutkan untuk menghindara kerusakan sistem jika suatu ketika kita melakukan kesalahan sehingga berakibat fatal. Untuk menambahkan user baru sebenarnya kita dapat menggunakan terminal dengan memberi perintah "adduser" namun bagi pengguna pemula seperti kami, ini akan menyulitkan dalam pengaturan user privileges. Untuk kemudahan, silahkan instal paket "gnome-system-tools"...

BackTrack 5 mode grafis

Jalankan user-admin melalui menu System --> Administration --> Users and Groups untuk membuat user baru. Pada jendela "Users Settings" tekan tombol "Add". Pada jendela "Create New User", silahkan masukkan nama lengkap user yang akan dibuat pada kolom "Name" dan masukkan username yang akan digunakan untuk login pada kolom "Short Name:"...

BackTrack 5 mode grafis

Pada jendela "Change User Password" pilih opsi pertama "Set password by hand" lalu masukkan password yang Anda inginkan pada kolom "New password:" dan ketik ulang password tersebut pada kolom "Confirmation:"...

BackTrack 5 mode grafis

Kini kita telah memiliki user baru, silahkan atur user tersebut agar memiliki hak akses administratif dengan memasukkannya ke dalam group "sudo". Pilih user yang dikehendaki lalu tekan tombol "Manage Groups". Pada jendela "Groups settings" cari group bernama "sudo" lalu tekan tombol "Properties". Pada jendela "Group 'sudo' Properties" centang nama user untuk memasukkan user yang Anda inginkan ke dalam "Group Members" sudo, tekan "OK" lalau tutup semua jendela pengaturan user dan group...

BackTrack 5 mode grafis

Sekarang saatnya melakukan konfigurasi manual agar service GDM dijalankan secara otomatis saat startup. Jalankan terminal lalu ketik perintah berikut;

gedit /etc/rc.local

Sisipkan baris perintah "service gdm start" tepat di atas baris "exit 0" (lihat gambar untuk lebih jelasnya)...

BackTrack 5 mode grafis

Simpan perubahan rc.local lalu tutup jendela gedit.

Silahkan restart komputer, nah kini BackTrack 5 secara otomatis masuk ke mode grafis dengan menggunakan GDM sebagai desktop manager...

BackTrack 5 mode grafis

Pilih user yang telah Anda buat lalu masukkan passwordnya. Tekan enter atau klik tombol "Log In" untuk masuk ke desktop Gnome. Bagai mana cara untuk masuk ke sistem menggunakan user root dengan GDM ini?, itu sangat mudah, silahkan pilih "Other.." lalu masukkan "root" pada "Username:", tekan enter lalu masukkan password root dengan "toor" lalu tekan enter maka Anda akan masuk ke sesi desktop Gnome sebagai root...

BackTrack 5 mode grafis

Nah.. inilah desktop user baru kami "BojaTrack" yang untuk menjalankannya tidak lagi memerlukan perintah "startx"...

BackTrack 5 mode grafis

Catatan: Untuk mengganti theme GDM silahkan merujuk pada artikel kami cara mengganti Theme GDM. Sebagai informasi tambahan, BackTrack 5 tidak menggunakan /usr/share/backgrounds sebagai lokasi penyimpanan wallpaper melainkan berada di /usr/share/wallpapers sehingga jika Anda ingin mengganti background silahkan merujuk ke lokasi tersebut.

Selamat mencoba...