30 September 2011

Download Mozilla Firefox 8 Beta All Platform

Hanya beberapa hari setelah Mozilla mengumumkan ketersediaan rilis stabil baru Mozilla Firefox 7, hari ini pengembang web browser populer tersebut kembali mengumumkan ketersediaan untuk pengujian Mozilla Firefox 8 Beta. Firefox 8 beta telah tersedia di beta chanel dan siap diuji coba baik oleh pengguna Linux, Macintosh maupun Windows.


Firefox 8 beta menawarkan sebuah fitur baru, fitur pencarian untuk Twitter. Pengembang mengatakan, fitur pencarian baru tersebut untuk saat ini baru tersedia pada versi bahasa Inggris, Portugis dan Slovenia sementara untuk pengguna bahasa lain akan segera tersedia pada rilis pengembangan berikutnya.




Disamping itu, Firefox 8 juga memuat beberapa fitur menarik lain yang dapat kami sebutkan diantaranya; Pemulihan tab hanya pada yang dipilih, hal ini memungkinkan pengguna dengan banyak tab untuk memuat browser lebih cepat saat dijalankan karena hanya akan membuka secara langsung tab-tab yang telah ditentukan, serta peningkatan-peningkatan lain yang selengkapnya dapat Anda temukan pada halaman pengumuman rilis.


Download Mozilla Firefox Beta:



Dipublikasikan di:

28 September 2011

Download Mozilla Firefox 7 For Linux, Mac Dan Windows

Web browser populer Mozilla Firefox 7 Final resmi diluncurkan hari ini tanggal 28 September 2011. Firefox 7.0 telah melewati masa pengembengan selama beberapa pekan sejak tersedia di saluran naighty, aurora dan beta channel dan selama proses tersebut telah banyak peningkatan dan perbaikan yang dilakukan untuk memastikan Firefox terbaru ini menjadi web browser yang dapat dihandalkan.

Di situs resmi, Mozilla telah membuat paket biner Firefox 7.0 tersedia bagi pengguna sistem operasi Linux, Macintosh dan Windows baik arsitektur 32-bit maupun 64-bit yang sudah dapat didownload mulain hari ini.

Firefox 7 membawa fitur-fitur yang paling ditunggu, performa yang lebih baik, perbaikan bug serta stabilitas yang telah ditingkatkan. Peningkatan-peningkatan dan perubahan tersebut diantaranya dapat kami sebutkan; improvisasi besar-besaran untuk penggunaan memori, dukungan untuk ellipsis, pengelola add-on yang lebih baik, animasi tab, dukungan yang telah ditingkatkan untuk HTML5 dan masih banyak perubahan dan peningkatan lainnya.

Download Mozilla Firefox 7.0:
  • Mozilla Firefox 7.0 for Linux i686 | x86_64;
  • Mozilla Firefox 7.0 for Mac;
  • Mozilla Firefox 7.0 for Windows.

  • Mozilla Firefox 3.6 Terbaru For Linux i686;
  • Mozilla Firefox 3.6 Terbaru For Mac;
  • Mozilla Firefox 3.6 Terbaru For Windows;



Dipublikasikan di:

23 September 2011

Download Ubuntu 11.10 Beta 2

Sesuai jadwal, hari ini tanggal 22 September 2011 (PDT) Canonical kembali merilis beta 2 sekaligus beta terakhir untuk sistem operasi Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot.

Datang dengan beberapa perubahan, termasuk didalamnya adalah telah dihapusnya paket manager Synaptic dari rilis Ubuntu 11.10 beta 2 ini, dan pembaruan paket-paket yang disertakan seperti versi pengembangan terbaru dari web browser populer Mozailla Firefox 7 beta 6, LibreOffice 3.4.3 serta lingkungan desktop Gnome 3.2 RC. Ubuntu 11.10 beta 2 kini telah didukung oleh kernel Linux 3.0.4.

Perbaikan bug dari rilis pengembangan sebelumnya, utamanya perbaikan pada Unity dan Compiz serta diintegrasikannya beberapa fitur baru seperti theme baru login manager LightDM yang menawan, peningkatan pada sektor Unity 2d dan dukungan penuh untuk bahasa China, Jepang dan beberapa script bahasa lainnya.



Kubuntu 11.10 Beta 2 kini telah dikembangkan di atas KDE SC 4.7.1 yang dilengkapi dengan KDEPIM 4.7 baru, serta pembaruan beberapa paket termasuk email client Kmail 2 dan pemutar musik Amarok 2.4.3.

Muon 1.2 kini telah menjadi paket manager baru pada Kubuntu 11.10 beta 2 sebagai utilitas instalasi dan pengelola aplikasi.



Tidak ada perubahan yang berarti pada rilis beta 2 untuk Xubuntu 11.10. Semua masih nampak sama dengan rilis beta pertamanya.




Download Ubuntu 11.10 Beta 2






Disarikan dari: news.softpedia.com




21 September 2011

Google+ ( G+ ) Resmi Dibuka Untuk Umum

Tiga bulan setelah Google memperkenalkan layanan jejaring sosial baru secara tertutup, kini Google+ telah dinyatakan dapat digunakan secara publik.

Setelah sebelumnya Google hanya memberi kesempatan pada kalangan terbatas yang memperoleh undangan, Google+ beta saat ini sudah dapat digunakan oleh semua orang tanpa perlu undangan. Layanan baru ini diharapkan bisa menjadi alternatif bagi pengguna jejaring sosial yang telah ada sebelumnya seperti Facebook dan Twitter.

Meski belum ada pernyataan resmi, namun diperkirakan pengguna Google+ kini telah mencapai lebih dari 10 juta. Ini tentu berpotensi menjadi pesaing kuat bagi layanan sejenis yang saat ini sedang berjaya, Facebook. Namun demikian, masih memerlukan beberapa waktu untuk membukitakan apakah Google+ akan lebih digemari dari pada Facebook atau justru sebaliknya, mengingat, tidak mudah bagi sebagian besar pengguna jejaring sosial untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kebiasaan baru.

Sepintas layanan Google+ memang memiliki kemiripan dengan Facebook. Setiap pengguna dapat saling berbagi (foto, video, tautan dan lainnya) demikian pula mengupdate status yang langsung dapat dikomentari oleh komunitas layaknya Facebook. Fitur permainan dan percakapan turut melengkapi layanan ini dan yang mungkin berbeda dengan lainnya adalah telah diintegrasikannya layanan Hangout dalam Google+ yang memungkinkan pengguna melakukan komunikasi secara langsung menggunakan webcam.



Bagi Anda yang berminat bisa langsung mengunjungi halaman https://plus.google.com/ untuk mendaftar atau jika telah memiliki akun di gmail makan Anda hanya perlu mengaktifkan layanan tersebut melalui link google+ di sudut kiri atas halaman Google account setelah login.

Informasi lebih lengkap tentang layanan baru Google ini dapat Anda temukan dalam pengumuman peluncuran Google+.

19 September 2011

Download Linux Mint Debian Edition (LMDE) 201109

Setelah merilis Linux Mint 11 (Katya) dan Linux Mint 11 LXDE beberapa waktu lalu, pengembang Linux Mint kembali meluncurkan Linux Mint edisi Debian.

Linux Mint Debian Edition (LMDE) 201109 datang dengan dua pilihan lingkungan desktop, Gnome dan Xface. Disamping itu, LMDE 201109 juga membawa semua fitur Mint 11, peningkatan pada sektor installer meliputi penambahan untuk beberapa varian keyboard, lokalisasi, perbaikan bug dan beberapa peningkatan lainnya.

Update software dan paket serta dukungan yang lebih baik untuk theme GTK3 juga telah diterapkan pada rilis ini.

Perubahan lain yang dapat kami sampaikan diantaranya, LMDE 201109 kini telah ditenagai dengan kernel Linux 3.0. Sebuah peringatan bagi pengguna arsitektur 32-bit karena kernel yang desertakan dalam paket adalah arsitektur 486. Hal tersebut akan mejamin LMDE berjalan pada hampir semua komputer namun akibatnya fitur multi-core pada kebanyakan prosesor masa kini menjadi diabaikan.

Untuk mendapatkan informasi lebih rinci mengenai rilis Linux Mint edisi Debian ini, dapat Anda temukan dalam pengumuman rilis resmi.

Download Linux Mint Debian Edition (LMDE) 201109;

17 September 2011

Download Google Chrome 14 - All Platform

Google merilis browser terbarunya hari ini (16/09/2011 PDT). Google Chrome 14 telah siap untuk download bagi pengguna Linux, Mac dan Windows demikian pula bagi pengguna Google Chrome frame.

Chrome 14 diluncurkan bersama dua fitur baru, Web Audio API yang memungkinkan pengembang web menggunakan efek suara yang mengagumkan dalam desain situsnya dan Native Client yang memungkinkan eksekusi secara aman kode C dan C++ yang disisipkan dalam browser Chrome.

"Today, we’re happy to ship a new release to the Stable channel of Chrome, following up on last month’s Beta channel release. This release contains two significant technologies which allow developers to create even more powerful web apps and games." - demikian disampaikan dalam pengumuman di blog resmi.

Namun, teknologi Native Client saat ini hanya mendukung aplikasi yang terdaftar pada Google Chrome Web Store, meski demikian pengembang sedang bekerja keras untuk menyingkirkan pembatasan tersebut dimasa mendatang jika memungkinkan.

Rilis Google Chrome 14 juga ditujukan untuk perbaikan sejumlah bug. Daftar perubahan dalam Chrome 14 dapat Anda temukan dalam changelog yang telah disediakan.

Google Chrome 14.0.835.163 tersedia untuk arsitektur 32-bit dan 64-bit dengan paket biner untuk sistem operasi Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) serta paket RPM untuk distribusi Linux lainnya.


Download Google Chrome 14 rilis stabil:



Disarikan dari news.softpedia.com

16 September 2011

Next PCMAV - PCMAV Asgard Beta

Melalui virusindonesia.com, pengembang antivirus PCMAV telah mengumukan versi uji coba antivirus generasi mendatang mereka.


Meski nomor versi untuk PCMAV berikutnya belum resmi diumumkan, PCMAV 6.0 dengan codename "Asgard" itu disebut-sebut akan dilengkapi dengan serangkaian fitur baru.

Dapat kami sampaikan bahwa pada versi beta ini, PCMAV Asgard telah dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai berikut;
  • Extension Manager. Penambahan extension sehingga total tersedia 9 extension siap pakai, yaitu:
    1. Attribute Fixer: menormalkan kembali attribut file/folder yang diubah oleh virus menjadi hidden/system/read only.
    2. Autorun Disabler: menonaktifkan fungsi Autorun pada drive tertentu atau semua drive sehingga mencegah penularan virus melalui manipulasi autorun.
    3. Autorun Remover: menghapus file autorun yang ditemui pada drive system maupun USB.
    4. Delete On Reboot: menghapus file yang dipilih pada reboot selanjutnya, berguna untuk menghapus file yang diproteksi oleh process tertentu sehingga tidak dapat dihapus.
    5. Duplicate Files Finder: mencari file yang sama berdasarkan karakteristik tertentu sesuai dengan metode deteksi yang dipilih.
    6. Registry Fixer: memperbaiki registry Windows yang sering dimanipulasi oleh virus.
    7. Secure Delete: menghapus file dengan aman sehingga tidak dapat di-recover/undelete.
    8. Task Manager: menampilkan process yang sedang aktif di memory dan menghentikannya jika diperlukan.
    9. TCP Viewer: menampilkan koneksi TCP sehingga dapat memantau process mencurigakan seperti virus yang diam-diam menggunakan koneksi Internet.
  • Virus Submit. Mengarahkan browser ke website yang telah disediakan khusus untuk upload file virus atau file mencurigakan agar dapat dianalisa oleh tim PCMAV.
Bagia Anda yang berminat untuk menguji kemampuan PCMAV 6.0 Asgard beta, dapat mendownloadnya melalui link yang tersedia di bagian akhir artikel ini.

"PC Media Asgard Beta merupakan sebuah prototype (purwarupa) untuk versi generasi berikutnya dari PCMAV, yang saat ini sedang dikembangkan secara intensif oleh tim antivirus PC Media. Asgard Beta ini tersedia *HANYA* untuk kepentingan uji coba publik semata. Kecuali Anda seorang advanced user (pengguna berpengalaman) dalam berkomputer, mohon *DIHINDARI* penggunaan PC Media Asgard Beta pada sistem/komputer yang biasa digunakan untuk bekerja sehari-hari." - Disampaikan pengembang PCMAV dalam pengumuman.

Bagi pengguna penguji diharapkan untuk memberikan umpan balik berupa saran, masukan dan laporan jika selama pengujian ditemukan bug melalui forum.virusindonesia.com.


Telah tersedia untuk Download PCMAV 6.0 Asgard Final.

15 September 2011

Google Meninggalkan Domain co.cc - No Search For Domain co.cc

Google, sesuai rencana sebelumnya mengumumkan untuk memblokir massal subdomain services. Termasuk, seluruh subdomain co.cc yang telah dihapus dari index pencarian Google.

R.I.PPada bulan Juni lalu, Google juga mengumumkan telah memodifikasi sistem deteksi malware untuk mengidentifikasi layanan yang memungkinkan penjahat untuk mendaftarkan ribuan domain untuk kedua malware hosting dan perangkat antivirus palsu.

Domain co.cc adalah salah satu layanan domain gratis yang diketahui banyak disalahgunakan oleh para webmaster untuk mengeruk keuntungan, antara lain membuat AGC (auto generate content), blog dummy untuk sumber backlink, ataupun sejumlah blog spam kualitas rendah.

Google belum mengumumkan penghapusan co.cc. Namun, Matt Cutts, kepala tim webspam Google menulis, meskipun ada banyak layanan freehosting berkualitas tinggi di luar sana, jika melihat beberapa situs yang sangat besar, khususnya freehost dengan spam atau berkualitas rendah, kami berhak mengambil tindakan pada keseluruhan freehost.


Sumber: INFO LINUX 08/2011

PCMAV 5.5 + Update Build 4, Clamav 0.97.2, PCMAV September 2011

Rilis terbaru PCMAV 5.5 kini telah tersedia. Bersama peluncuran Majalah PC Media edisi 09/2011 bulan September 2011 PCMAV 5.5 datang membawa beberapa perbaikan diantaranya adalah telah diperbaiki munculnya pesan error pada removable disk dan CD/DVD ROM yang ter-unplug ketika sedang melakukan scanning.

PCMAV 5.5Database pengenalan virus pada PCMAV 5.5 kini telah diupdate dengan penambahan pengenalan 116 virus baru, sehingga PCMAV 5.5 kini mampu mengenali 4.591 virus beserta variantnya yang dilaporkan banyak menyebar di Indonesia.

Bagi pengguna PCMAV versi sebelumnya disarankan untuk segera memperbarui dengan mengupdate ke PCMAV 5.5 ini.

Revisi RTPScan Pada PCMAV 5.4/5.5

Apabila diantara pengguna PCMAV 5.4 atau PCMAV 5.5 mendapatkan program-program di dalam komputer tidak dapat berjalan baik, maka sebaiknya Anda mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Jika Anda sudah menjalankan PCMAV, tutup PCMAV sehingga proses PCMAV tidak berjalan di memory.
  • Download file RTPScan.zip di link hxxp://www.sendspace.com/file/tw22dw
  • Ekstrak file RTPScan.zip yang berisi file RTPScan.dll ke dalam folder lib PCMAV (timpa file RTPScan.dll lama dengan RTPScan.dll yang baru di-download).
  • Lakukan restart komputer dan PCMAV akan dapat berjalan baik.

Catatan: Dalam beberapa kasus, pengintegrasian PCMAV bersama Clamav terbaru menyebabkan munculnya pesan "Crash"...


Jika hal ini terjadi pada Anda, kami menyarankan untuk mengintegrasikan PCMAV terbaru ini bersama engine Clamav 0.97.0.


Informasi Update - PCMAV 5.5 Update Build 4 dengan total penambahan 104 pengenalan virus baru dan PCMAV Link Protector Update 5.7 untuk melindungi Anda dari link berbahya selama berinternet serta engine Clamav 0.97.2 terbaru telah tersedia.
Dengan penambahan fitur LinkProtector pada PCMAV 5, database baru bernama url.bad kini telah diperkenalkan. Seperti halnya PCMAV update build, database url.bad juga akan diupdate saat definisi baru LinkProtector tersedia. Untuk PCMAV update build, database update bernama update.vdb sedangkan database update LinkProtector bernama urlupd.bad. Link download file update tersebut tersedia dibagian akhir artikel ini saat keduanya telah tersedia.

Hanya bagi Anda yang belum pernah dan atau baru pertama menggunakan PCMAV, silahkan membaca artikel "Cara menggunakan dan mengupdate PCMAV Terbaru" serta mengintegrasikannya bersama Clamav sebagai plugins.

Distribusi resmi PCMAV 5.5 dapat Anda temukan dalam DVD majalah PCMedia edisi 09/2011 September 2011.
Bagi Anda yang berada di wilayah tak terjangkau distribusi majalah PC Media atau karena suatu hal tidak dapat menggunakan paket PCMAV yang disertakan dalam DVD PC Media namun sangat membutuhkannya, silahkan download PCMAV Terbaru ini melalui halaman download yang telah kami sediakan.

Download PCMAV 5.5 dan Clamav Terbaru;
Untuk mendownload PCMAV terbaru dan plugins Clamav terbaru, silahkan menuju ke halaman download melalui link di bawah ini...


Download manual PCMAV 5.5 update build dan update LinkProtector;
Untuk mendownload PCMAV update build dan update LinkProtector terbaru, silahkan klik link Download yang telah Tersedia. Link download untuk update build yang belum tersedia akan diupdate ketika update build telah dirilis. Kami juga menyediakan link untuk informasi lebih lanjut mengenai masing-masing update build jika halaman rilis telah tersedia di virusindonesia.com. Link download untuk update LinkProtector akan segera kami tambahkan jika urlupd.bad terbaru telah tersedia...

  • Download PCMAV 5.5 ;
    (Status: Tersedia - Informasi selengkapnya: http://virusindonesia.com/2011/09/21/todo-bersembunyi-di-balik-process/)
  • Download PCMAV 5.5 ;
    (Status: Tersedia - Informasi selengkapnya: http://virusindonesia.com/2011/09/26/fontporn-b-please-upgrade-to-a-modern-software/)
  • Download PCMAV 5.5 ;
    (Status: Tersedia - Informasi selengkapnya: http://virusindonesia.com/2011/10/07/craft3-trojan-untuk-para-gamers-warcraft-iii/)
  • Download PCMAV 5.5 ;
    (Status: Tersedia)
  • Download PCMAV 5.5 update build 5;
    (Status: Periksa)

  • Download PCMAV Link Protector ;
    (Status: Tersedia)
  • Download PCMAV Link Protector ;
    (Status: Tersedia)
  • Download PCMAV Link Protector ;
    (Status: Tersedia)
  • Download PCMAV Link Protector ;
    (Status: Tersedia)
  • Download PCMAV Link Protector ;
    (Status: Tersedia)
  • Download PCMAV Link Protector ;
    (Status: Tersedia)
  • Download PCMAV Link Protector ;
    (Status: Tersedia)
  • Download PCMAV Link Protector ;
    (Status: Tersedia)
  • Download PCMAV Link Protector Update 5.8;
    (Status: Periksa)

Catatan: extract file update build zip dan atau urlupd zip yang baru saja didownload sehingga Anda mendapatkan file "update.vdb" dan atau "urlupd.bad" lalu letakkan pada folder "vdb".
Perhatian!!!: Harap membaca README.txt yang disertakan terlebih dahulu sebelum menggunakan PCMAV. Jika PCMAV tidak berjalan sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan keluhan melalui forum resmi di http://forum.virusindonesia.com/.

Hak Cipta PCMAV adalah milik Majalah PC Media - Pinpoint Publications Group.

Informasi yang mungkin Anda butuhkan:

Untuk membersihkan virus sality, ramnit, virut dan virus berbahaya lain yang menginfeksi file-file pentinga Anda, silahkan membaca Cara ampuh membersihkan virus sality...

Jika Anda mengalami kesulitan saat mengikuti tutorial ini atau Anda mendapati link yang tersedia tidak berfungsi sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan pada komentar.

Selamat mencoba...















Dipublikasikan di:

13 September 2011

Download VirtualBox 4.1.2 All Platform

Oracle telah meluncurkan update pemeliharaan untuk Oracle VM VirtualBox 4.1 beberapa pekan silam. VirtualBox 4.1.2 memuat serangkaian peningkatan dan perbaikan bug yang ditemukan pada GUI, Guest control, VBox manager dan perbaikan bug pada beberapa sistem host termasuk perbaikan pada driver WDDM untuk guest Windows 7.

VirtualBox 4.1Beberapa perbaikan pada GUI meliputi perbaikan kesalahan ketikamelakukan perubahan dari VM controller, perbaikan beberapa konflik pustaka dan beberapa perubahan lainnya.

Peningkatan pada guest control meliputi telah diimplementasikan kemapuan untuk menyalin file tunggal dari sistem guest ke host serta pembatasan hingga lebih dari 5 guest berjalan bersaamaan dalam satu waktu.

VirtualBox 4.1

Perbaikan juga dilakukanp pada guest Windows 7 dan Vista yang meliputi perbaikan driver WDDM dan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Disamping itu terjadinya Crash pada WinSAT juga telah diperbaiki.

VirtualBox 4.1

Informasi lebih lanjut dan daftar lengkap perubahan VirtualBox 4.1.2, dapat Anda temukan dalam VirtualBox change log serta mendapatkan dokumentasi dari halaman yang telah disediakan. VirtualBox 4.1.2 dilisensikan di bawah GPL2 dan telah tersedia untuk download dari situs resmi VirtualBox (link download ada di bagian akhir artikel ini). Perubahan ke GPL dimungkinkan pada versi 4.0 dengan memisahkan ekstensi ke modul yang berdiri sendiri. Oracle VM Extension pack tersedia secara cuma-cuma di bawah lisensi Personal Use and Evaluation Licence (PUEL).

11 September 2011

Lintassolusi - GRATIS Hosting, Domain Dan Email

Butuh hosting yang lengkap?. Ada fitur menarinya juga loh.., mendukung PHP, MySQL dan seabrek fitur lainnya. Lintassolusi.com adalah sebuah solusi dan itu ada layanan GRATIS-nya!!!.

Ini adalah apa yang disampaikan Lintas Solusi pada situs resminya...

Perkembangan teknologi informasi dan sumber informasi pada saat ini berasal dari berbagai media. Media teknologi informasi untuk saat ini sangat digemari oleh masyarakat umum. Dengan teknologi informasi, informasi yang didapat selain cepat dan akurat juga dapat digunakan dan diperoleh dari manapun dan kapanpun.

Masyarakat sudah mulai familiar menggunakan internet dalam mencari berbagai informasi yang diperlukan. Fasilitas provider untuk mengakses internet juga semakin banyak, selain dengan telepon rumah, handphone, melalui jaringan ISP dan warnet. Ini membuktikan bahwa masyarakat semakin tidak mau disibukan dengan keterbatasan waktu dan kesempatan untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

CV. Lintas Solusi adalah sebuah usaha yang bergerak dibidang jasa layanan teknologi informasi. Kami merupakan usaha yang dapat membantu instansi anda yang berkeinginan untuk menerapkan teknologi informasi dalam berbagai hal. Bukan hanya pelayanan, tapi kualitas dan harga, menjadi hal terbaik untuk promosi kami.

CV. Lintas Solusi bergerak dibidang:
  • Pembuatan software aplikasi
  • Pembuatan sistem informasi
  • Pembangunan jaringan komputer
  • Pembuatan Website
  • Konsultan Teknologi Informasi
  • Web Hosting
  • Web Domain
Lintassolusi.Com menyediakan fasilitas Free Web Hosting bagi Anda dengan fitur sebagai berikut:
  • 500 MB Disk Space
  • 5 GB Monthly Data Transfer
  • 3 MySQL Databases
  • 3 Parked Domains
  • 3 Sub Domains
  • Control Panel Top Level Domain
  • PHP MyAdmin
  • 3 Mail Accounts
  • 3 FTP Accounts
  • Automatic Installer
  • Browser File Manager POP Email Accounts
  • Password Protected Folders
  • Clustered Servers
  • Free Sub Domain at lintassolusi.com or kantorbiru.com
  • Your Own Domain

Mau? langsung daftar aja ke sini http://freewebhosting.lintassolusi.com/ tinggal ikuti panduannya...

Pilih paket yang Anda kehendaki, yang gratis juga boleh dengan meng-klik link DAFTAR


Nah... di halaman pendaftaran Anda tinggal mengisi formulir dengan lengkap sesuai identitas Anda...


Untuk mengaktifkan akun di Lintas Solusi Anda perlu menunggu email konfirmasi, sehingga pastikan alamat email yang digunakan untuk pendaftaran sudah Anda tulis dengan benar. Beberapa layanan email mungkin menganggap email balasan dari Lintas Solusi sebagai spam, jadi Anda perlu memeriksa email konfirmasi itu di folder spam.

Selamat mencoba... :D

08 September 2011

Membuat Lokal Repository Ubuntu Pada Flashdisk (UFD)

Kemarin telah kami sampaikan cara membuat CD/DVD repositori Ubuntu, kali ini kami akan sampaikan cara membuat repositori pada Flashdisk (FD).

Repositori FD UbuntuBagi kami, ini bukanlah sesuatu yang baru. Ini hanya modifikasi cara membuat repositori lokal pada hardisk, kelebihannya, kita dapat dengan mudah menggunakan repositori tersebut pada komputer yang berbeda.

Mengenai berapa kapasitas flashdisk yang diperlukan untuk membuat repositori Ubuntu ini, tentu semua bergantung pada seberapa besar paket biner yang Anda miliki dan akan dijadikan repositori lokal. Dalam contoh, kami hanya memasukkan paket debian LibreOffice 3.4.3 dari The Document Foundation, yang di dalam paketnya telah lengkap dengan semua dependesi bukan paket yang didistribusikan Canonical.

Yang perlu Anda ketahui sebelum mengikuti tutorial ini adalah bahwa label (penamaan) flashdisk yang kita gunakan memiliki peranan dalam proses pembuatan. Flashdisk yang kami gunakan menggunakan label "T35T3R" sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan label flashdisk Anda masing-masing.

Pertama; Membuat repository pada flashdisk.

Hubungkan flashdisk ke komputer, normalnya secara otomatis Ubuntu akan me-mount flashdisk tersebut pada direktori /media dan menampilkannya di desktop. Apa yang ditampilkan pada desktop kita masing-masing itulah label (nama) fleshdisk kita. Buat sebuah folder baru pada flashdisk tersebut, dalam contoh kami membuat folder bernama "paket", lalu masukkan semua paket yang akan dijadikan lokal repositori ke dalam folder tersebut...

Repositori FD Ubuntu

Jalankan terminal lalu menuju ke direktori /media, ketik perintah "cd /media" lalu enter maka Anda kan dibawa ke lokasi tersebut. Ketik "dir" untuk menampilkan folder yang merupakan nama label flashdisk yang telah di-mount dan akan kita gunakan. Ketik (atau copy paste) perintah berikut untuk membuat index paket;

sudo dpkg-scanpackages T35T3R/paket /dev/null | gzip -9c > T35T3R/Packages.gz

Repositori FD Ubuntu

Ubah "T35T3R/paket" dengan nama label flashdisk dan folder tempat Anda menyimpan paket biner. Maksut dari perintah di atas adalah akan membuat file index paket bernama "Packages.gz" pada flashdisk berlabel T35T3R di mana paket-paket yang di-index tersebut berada di flashdisk berlabel T35T3R dalam folder bernama "paket", ingat, penggunaan huruf besar kecil selalu dipertimbangkan pada sistem Linux, jadi jangan sampai salah ketik.

Repositori lokal Ubuntu pada flashdisk telah selsesai kita buat. Sekarang kami akan mencontohkan cara menambahkan repositori lokal tersebut pada paket manager. Seperti telah disampaikan di atas, kami hanya menambahkan paket LibreOffice 3.4.3 dalam repositori baru. Pada Ubuntu 11.04 yang kami gunakan, Libreoffice yang disertakan adalah LibreOffice 3.3.2 (1:3.3.2-1ubuntu4), versi lengkapnya dapat kita periksa dari Synaptic atau dengan cara menjalankan LibreOffice lalu membuka "About LibreOffice" (lihat gambar untuk lebih jelasnya)...

Repositori FD Ubuntu

Kedua; Menambahkan repositori baru ke dalam paket manager.

Jalankan Synaptic lalu jalankan Software Sources melalui menu Settings --> Software Sources. Pada jendela Software Sources pilih tab "Other Software" lalu tekan tombol "Add..." untuk menambahkan repositori baru. Pada "software-properties-gtk" yang telah dibuka, masukkan baris APT sebagai berikut;

deb file:/media T35T3R/

Repositori FD Ubuntu

Sesuaikan T35T3R dengan label flashdisk yang Anda gunakan lalu tekan "Add Source".

Dua baris APT baru akan ditambahkan dalam daftar. Dalam contoh ini kedua baris APT tersebut adalah "file:/media T35T3R/" dan "file:/media T35T3R/ (Source Code)", pilih baris APT kedua ("file:/media T35T3R/ (Source Code)") lalu tekan tombol "Remove" karena baris APT source tersebut tidak dibutuhkan.

Repositori FD Ubuntu

Tekan tombol "Close" untuk menutup Software Sources dan kembali ke Synaptic...

Pada Synaptic, tekan tombol "Reload" agar paket dalam repositori baru ditambahkan dalam daftar paket...

Repositori FD Ubuntu

Pada gambar di atas nampak paket LibreOffice 3.4.3 yang ada dalam repositori lokal kami telah berhasil ditambahkan.

Tandai semua paket dalam repositori baru yang ingin diinstal, pada gambar berikut nampak paket LibreOffice 3.4.3 yang akan kami instal tidak ada satupun yang perlu didownload dari internet, itu artinya semua paket yang kami tambahkan dalam repositori lokal telah terpenuhi semua dependensinya...

Repositori FD Ubuntu

Kini LibreOffice baru (3.4.3) telah menggantikan LibreOffice lama (3.3.2)...

Repositori FD Ubuntu

Repositori FD Ubuntu

Untuk menggunakan repositori yang telah kita buat di flashdisk tersebut pada komputer atau sistem lain, lakukanlah langkah yang sama pada langkah kedua untuk menambahkan repositori baru ke dalam paket manejer di sistem atau komputer lain yang akan menggunakannya. Lihat screenshoot berikut untuk lebih jelasnya (Klik pada gambar untuk memperbesar)...



Repositori FD Ubuntu Repositori FD Ubuntu Repositori FD Ubuntu

Repositori FD Ubuntu Repositori FD Ubuntu Repositori FD Ubuntu


Selamat mencoba...

07 September 2011

Cara Membuat CD/DVD Repositori (Repository CD/DVD) Ubuntu Dengan APTonCD

Kami pernah menyampaikan cara membuat repositori lokal untuk Ubuntu dimana semua paket biner disimpan pada hardisk, demikian pula tutorial cara membuat file index paket agar repositori lokal yang kita buat dapat ditambahkan pada paket manager.

CD/DVD RepoKali ini kami akan menyampaikan cara membuat repositori Ubuntu, namun paket biner akan kita paketkan ke dalam CD/DVD. Disamping kita dapat membuat repositori dari paket-paket yang telah kita download secara manual, dengan software yang akan kita gunakan nanti juga secara otomatis akan membaca paket-paket yang telah kita instal (termasuk update) secara online yang disimpan pada cache APT.

Langkah ini akan sangat bermanfaat mana kala kita mengelola bayak komputer, sementara koneksi internet yang dimiliki sangat terbatas. Dengan membuat CD/DVD repositori sendiri maka kita akan dapat menghemat kapasitas hardisk serta bandwidth yang digunakan. Kita cukup sekali mendownload repositori secara lengkap atau mengupdate sistem berserta paket aplikasi lainnya pada satu komputer dan hasilnya dapat kita gunakan pada banyak komputer yang kita kelola.

Dengan APTonCD, repositori yang kita buat akan disimpan dalam betuk file ISO image yang selanjutnya dapat kita burning ke dalam CD/DVD atau membiarkannya tetap dalam betuk ISO.

Tutorial ini bukan hanya membahas cara membuat CD/DVD repositori Ubuntu, akan tetapi juga mencakup cara menambahkan/menggunakan CD/DVD yang kita buat ke dalam paket manager, baik yang telah kita burning ke dalam CD/DVD maupun yang masih dalam betuk file ISO.

Sekarang, mari kita mulai tutorial ini. Download paket APTonCD dari sini https://launchpad.net/aptoncd/. Silahkan download APTonCD sesuai dengan versi Ubuntu yang sedang Anda gunakan lalu menginstalnya.

Jalankan APTonCD melalui menu Sytem --> Administration --> APTonCD. Tekan tombol "Create" untuk membuat CD/DVD repositori baru...

CD/DVD Repo

Secara otomatis APTonCD akan memeriksa cache APT, jika kita telah menginstal/mengupdate secara online maka paket biner yang disimpan pada cache akan diikutsertakan pada repositori. Selanjutnya kita dapat menambahkan paket-paket biner yang telah kita kumpulkan. Aktifkan opsi "Allow old versions" melalui menu Edit --> Allow old versions, tujuannya adalah supaya repositori yang kita buat tetap menyertakan paket versi lama yang mungkin ada dalam paket-paket yang telah disiapkan...

CD/DVD Repo

Tambahkan folder tempat kita menyimpan file biner yang akan kita buat repositori dengan menekan tombol "Add" lalu pilih "Folder"...

CD/DVD Repo

Pada contoh ini, kami telah mengumpukan file-file biner pada sebuah folder bernama "repo-ubuntu11-04" yang kami letakkan pada desktop, pilih folder tersebut lalu tekan "Open"...

CD/DVD Repo

APTonCD akan segera meng-index semua paket dalam folder yang telah kita tambahkan. Jika Anda memiliki lebih dari satu folder penyimpanan, maka ulangilah langkah yang baru saja kita lakukan untuk menambahkan folder yang lain. Setelah semua paket selesai di-index, tekan tombol "Burn..." untuk memulai pembuatan CD/DVD repositori...

CD/DVD Repo

Jika paket yang kita buat repositori melebihi kapasitas CD, maka kita akan diberi pilihan untuk membagi repositori ke dalam beberapa CD atau memilih untuk membuat repositori dalam satu DVD atau lebih dari satu DVD jika total paket melebihi kapasitas sebuah DVD. Tentukan dimana file ISO akan diletakkan (default pada home direktori) serta tentukan nama untuk file ISO repositori yang kita buat. Tekan tombol "Apply"...

CD/DVD Repo

Setelah ISO repositori CD/DVD selesai dibuat, kita akan ditawari untuk langsung memburningnya ke dalam CD/DVD. Jika Anda ingin memburningnya silahkan plih "Yes" atau pilih "No" untuk mengakhiri proses pembuatan ISO repositori CD/DVD Ubuntu tanpa melakukan proses pemburningan...

CD/DVD Repo

Setelah kita berhasil membuat repositori Ubuntu dalam CD/DVD maka kita sudah dapat menggunakannya. Jika Anda telah memburning ISO repositori ke dalam CD/DVD, masukkanlah CD/DVD tersebut ke dalam CD/DVD drive pada komputer yang akan kita tambahkan repositorinya. Secara otomatis Ubuntu akan mendeteksi keberadaan CD/DVD repositori tersebut dan menanyakan apakah kita akan membuka dan menambahkannya ke dalam paket manager, tekan tombol "Start package manager" untuk menambahkannya sebagai repositori paket...

CD/DVD Repo

Synaptic akan dibuka dan CD/DVD repositori telah ditambahkan dalam daftar repositori paket (lihat gambar)...

CD/DVD Repo

Bagai mana jika kita tidak ingin memburning ISO repositori CD/DVD dan ingin menggnakan ISO tersebut sebagai repositori paket?, itu sangat mudah, kita cukup me-mount ISO repositori lalu menambahkannya dalam paket manager.

Pertama, buat folder bernama "cdrom" pada direktori /media. Jalankan terminal lalu ketik perintah berikut;

sudo mkdir /media/cdrom

CD/DVD Repo

Kedua, jalankan Synaptic lalu tambahkan media CD/DVD sebagai repositori melalui menu Edit --> Add CD-ROM...

CD/DVD Repo

Kita akan diminta memasukkan CD/DVD repositori paket.

Ketiga, mount ISO repositori ke dalam folder "cdrom" yang telah kita buat. Untuk melakukannya kita dapat menggunakan command line atau menggunakan mode grafis.

Contoh pertama, kita akan gunakan command line, jalankan terminal lalu ketik perintah berikut;

sudo mount -o loop -t iso9660 /home/bojalinuxer/Desktop/bojalinuxer-repo-20110907-DVD1.iso /media/cdrom

CD/DVD Repo

Sesuaikan "/home/bojalinuxer/Desktop/bojalinuxer-repo-20110907-DVD1.iso" dengan lokasi Anda meletakkan dan nama file ISO repositori yang Anda miliki.

Contoh kedua, me-mount file ISO dengan mode grafis. Kita memerlukan paket Gmountiso terinstal pada sistem, sehingga sebelum menambahkan ISO repositori ke dalam paket manager instal terlebih dahulu gmountiso. Jalankan Synaptic lalu tandai paket gmountiso untuk diinstal...

CD/DVD Repo

Kembali ke langkah kedua, saat kita diminta memasukkan CD/DVD repositori paket, jalankan gmountiso melalui menu Applications --> System Tools --> Gmount-iso...

CD/DVD Repo

Cari dan buka file ISO repositori yang akan kita mount...

CD/DVD Repo

Tentukan lokasi me-mount ISO repositori ke /media/cdrom...

CD/DVD Repo

Tekan tombol "Mount" maka ISO repositori akan di-mount di /media/cdrom. Kembali ke Synaptic, tekan "OK" pada dialog "Please insert a disc in the drive."...

CD/DVD Repo

CD/DVD repositori akan di-index lalu di-unmount. Synaptic akan menanyakan apakah kita akan menambahkan CD/DVD repositori lainnya, tekan "Yes" jika ingin menambahkan lainnya atau "No" untuk mengakhiri proses penambahan CD/DVD repositori.

CD/DVD Repo

Tekan kembali tombol "Mount" pada gmountiso untuk memount ulang ISO repositori, lalu pada Synaptic, tekan tombol "Reload" agar daftar repositori paket diperbarui...

CD/DVD Repo

Kini CD/DVD repositori telah berhasil ditambahkan ke dalam paket manager dan siap digunakan...

Selamat mencoba...